Manfaat Ubi Ungu untuk kesehatan

, , ,

17 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Yuklihat.com – Manfaat ubi ungu bagi kesehatan memanglah begitu beragam. Tak heran banyak orang yang memilih ubi yang satu ini, selain pengganti ubi biasanya. Warna yang begitu khas dan menggoda, ternyata ubi ungu ini juga memiliki manfaat yang luar biasa dari warnanya tersebut. Kalau biasanya ubi jalar biasa sering hanya sekedar direbus saja, atau dicampurkan kedalam masakan. Namun ubi ungu ini lebih sering dioleh untuk dibuat keripik, atau bahkan olahan yang renyah lainnya.

Baca Juga : 25 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Walaupun begitu, juga tak sedikit orang yang menjadikan umbi-umbian ini sebagai salah satu makanan pokok mereka. Rasanya yang tak jauh berbeda dengan ubi jalar membuatnya bisa diterima oleh banyak orang, yang membedakannya hanyalah dari warnanya yang begitu mencolok. Ubi ungu yang hampir mirip dengan ubi jalar ini, juga tak heran banyak orang yang menganggapnya sebagai makanan orang kampung.

Baca Juga : 21 Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Namun jangan sampai anda salah sangka, karena manfaat yang terkandung didalam ubi ungu ini cukuplah beragam dan tinggi. Misalnya saja, kandungan didalam ubi ungu ini untuk vitamin Anya saja, kurang lebih sekitar 7700mg setiap 100 gramnya. Yang mana kandungan ini tentunya lebih banyak dai para tomat atau bahkan buat bit.

Kandungan Ubi Ungu

Manfaat Ubi Ungu untuk kecantikan

Kandungan ubi ungu ini memanglah begitu beragam dan kaya. Banyak orang yang tidak menyadari akan kandungan yang terdapat didalamnya. Yang mana lebih sering meremehkan ubi yang bewarna khas ini sebagai makanan orang kampung, tanpa sama sekali mengetahui manfaat yang luar biasa dari ubi ini sendiri. Bagi anda yang masih belum tau kandungan-kandungan apa saja yang bisa kita temukan didalam ubi berwarna ungu ini. Berikut adalah kandungannya. Yuk Lihat !

-Ubi ungu mengandung Protein
-Ubi ungu mengandung Kalsium
-Ubi ungu mengandung Serat
-Ubi ungu mengandung Zat Besi
-Ubi ungu mengandung Karbohidrat
-Ubi ungu mengandung Kalori
-Ubi ungu mengandung Vitamin C
-Ubi ungu mengandung Vitamin A
-Ubi ungu mengandung Vitamin B1
-Ubi ungu mengandung Fosfor
-Ubi ungu mengandung Lemak
-Ubi ungu mengandung Antosianin

Manfaat Ubi Ungu

Manfaat Ubi Ungu untuk tubuh

Setelah sebelumnya kita sudah melihat kandungan apa saja yang terdapat didalam ubi ungu ini, selanjutnya kita akan membahas tentang apa saja khasiat dan manfaat yang dimiliki oleh ubi ungu ini. Yang sering banyak orang yang menganggap remehnya, padahal mereka sama sekali tidak mengetahui tentang manfaat dan khasiat tersebut. Kira-kira apa-apa saja khasiat dan manfaat ubi ungu ? Silahkan disimak yang berikut ini.

1. Ubi ungu bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular

Didalam ubi ungu terdapat beberapa nutrisi yang amat berharga untuk tubuh, yakni seperti kandungan Vitamin E dan Vitamin C-nya, yang mana bisa bermanfaat dalam mencegah datangnya penyakit kardiovaskular. Yaitu sebuah penyakit yang masih berkaitan dengan jantung dan juga pembuluh darah seseorang. Dengan selalu mengkonsumsi ubi ini, maka anda akan mendapatkan manfaat yang luar biasa dalam mencegah datangnya penyakit kardovaskular.

2. Ubi ungu bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah

Jika seandainya peredaran darah seseorang sedang mengalami gangguan seperti tersumbat, maka efek buruk bisa saja datang selanjutnya, misalnya saja munculnya penyakit yang menyangkut peredaran darah. Namun masalah ini bisa anda atasi dengan bantuan dari ubi ungu, hanya dengan selalu mengkonsumsi ubi berwarna ungu ini, maka peredaran darah anda akan selalu lancar. Semua itu dikarenakan berbagai kandungan baik yang ada didalam ubi ungu yang memiliki manfaat untuk memperlancar peredaran darah anda, dan nantiya anda akan terhindar dari pembekuan darah dan penyakit lainnya dari masalah peredaran darah.

3. Ubi ungu bermanfaat untuk menyehatkan jantung

Jantung memanglah sebuah organ yang bergitu penting didalam tubuh seseorang. Yang mana perannya sendiri tak bisa dianggap main-main. Oleh sebab itulah menjaga selalu kesehatqan dari jantung begitu amat penting untuk dilakukan. Dan salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk selalu menjaga kesehatan dari jantung ialah dengan secara rutin mengkonsumsi ubi ungu rebus. Kandungan bernama antosianin yang terdapat didalamnya, bisa membuat anda menjadi tercegah dari serangan jantung. Oleh sebab itu mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi ubi satu ini.

4. Ubi ungu bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata

Menjaga kesehatan dari mata anda, bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan secara rutin mengkonsumsi ubi ungu. Anda bisa mengolahnya dengan cara merebusnya, dan menyantapnya secara rutin. Semua itu dikarenakan kandungan vitamin A yang begitu tinggi didalamnya. Menjadikan ubi ungu sebagai salah satu menu pada makan anda, maka bisa membantu untuk menjaga kesehatan dari mata.

5. Ubi ungu baik untuk penderita diabetes

Penyakit diabates memanglah sangat begitu menyeramkan. Namun dengan selalu mengkonsumsi ubi ungu, bisa menjadi solusi untuk penyakit ini. Karena didalam ubi ungu sendiri hanya sedikit memberikan efek dalam meningkatkan gula darah seseorang. Dan jadinya begitu baik dikonsumsi untuk para penderita diabates.

6. Ubi ungu bermanfaat untuk mengatasi asma

Asma sendiri adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh menyempitnya saluran dari pernapasan si penderitanya. Dan dalam mengatasi penyakit ini, bisa dilakukan dengan selalu mengkonsumsi ubi ungu. Karena kandungan yang terdapat didalamnya, terbukti ampuh dalam mencengah dan mengatasi asma agar tidak kambuh lagi. Mengenai cara pengolahannya sendiri, anda hanya perlu merebus ubi ungu ini.

7. Ubi ungu bermanfaat untuk melancarkan pencernaan

Anda yang bermasalah dengan pencernaan, bisa menjadikan ubi ungu sebagai solusinya. Yang mana ubi ungu sendiri memiliki manfaat yang begitu berguna untuk selalu melancarkan pencernaan anda. Hal tersebut karena kandungan fosfor didalamnya yang bisa membantu untuk melancarkan pencernaan anda. Dan dengan memasukkan ubi ungu kedalam menu makan anda, maka anda bisa terhindar dari gangguan pencernaan.

8. Ubi ungu bermanfaat untuk mencegah wasir

Wasir sendiri adalah sebuah penyakit yang ditandai dengan datangnya pembengkakan yang berisikan pembuluh darah yang sedang membesar. Dan solusi yang bisa anda pilih dalam mengatasi masalah ini ialah dengan mengkonsumsi ubi rebus secara rutin. Karena didalam ubi ungu memiliki kandungan serat yang baik dalam mengatasi dan mencegah masalah wasir.

9. Ubi ungu bermanfaat untuk mencegah kanker

Kanker adalah sebuah penyakit kelainan sel yang mana sering kali menjadi momok penyakit mematikan bagi banyak orang. Dan untuk membantu anda dalam mencegah kanker ini, maka salah satu caranya adalah dengan selalu mengkomsi ubi ungu pada seriap harinya. Pengolahnnya sendiri cukuplah sederhana, yakni anda hanya perlu merebusnya. Semua itu dikarenakan kandungan yang bernama selenium didalam ubi ungu, yang baik dan bermanfaat untuk menjadi anti kanker. Sehingga bisa meminimalisir resiko penyakit ini.

10. Ubi ungu bermanfaat untuk mencerahkan kulit

Anda yang ingin mempunya kutli yang cerah, maka bisa dengan selalu mengkonsumsi ubi ungu ini. Caranya hanya cukup merebus ubi ungu ini. Karena kandungan vitamin E yang terdapat didalamnya, bisa membantu untuk membuat kulit anda menjadi tampak lebih cerah dan juga sehat.

11. Ubi ungu bermanfaat untuk menambah berat badan

Untuk anda yang memiliki badan yang terlalu kurus, dan ingin menggemukkan atau mencapai berat badan yang ideal dengan cara yang alami, maka bisa mencoba ubi ungu sebagai solusinya. Kandungan vitamim yang kompleks pada ubi ini bisa membantu anda dalam menambah berat badan.

12. Ubi ungu bermanfaat untuk menjaga ke elastisitasan kulit

Kandungan vitamin yang cukup tinggi pada ubi ungu ini bisa begitu bermanfaat untuk selalu membuat cantik kulit anda. Kandungan vitamin seperti, C, A dan juga E memiliki peran yang cukup besar disini. Oleh sebab itulah konsumsilah ubi yang satu ini agat kulit anda selalu elastis dan indah.

13. Ubi ungu bermanfaat untuk menghaluskan tumit

Masalah yang sering dikeluhakan oleh banyak wanita ialah masalah kulit tumit mereka. Yang mana sering kali karena berbagai alasan, membuat tumit menjadi kering dan pecah-pecah. Namun air rebusan dari ubi ini bisa anda jadikan solusi dalam mengatasi masalah ini. Biarkan air rebusan ubi ungu menjadi hangat, lalu kemudian rendamlah kaki anda disana.

14. Ubi ungu bermanfaat untuk mengatasi lingkaran gelap pada mata

Ternyata tidak hanya timun yang memiliki manfaat cukup besar dalam menghilangkan lingkaran gelap pada mata. Namun ubi ungu bisa mengatasi masalah ini juga. Caranya, anda hanya cukup mengambil satu ubi ungu, lalu memotongnya, lalu kemudian tempelkanlah di mata anda. Dan diamkanlah selama beberapa menit, agar nutrisinya bisa terserap masuk.

15. Ubi ungu bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit berminyak

Kulit berminyak memang menjadi masalah tersediri bagi mereka yang mengaminya. Namun ternyata ubi ungu bisa membant anda dalam mengatasi masalah ini. Caranya rebuslah ubi ungu ini, hingga menjadi halus, lalu haluskan. Setelah itu tambahkan madu secukupnya, selanjutnya jadikan bahan ini sebagai masker pada wajah anda.

16. Ubi ungu bermanfaat untuk membentuk otot

Selain ubi ungu bermanfaat sebagai umbi-umbian yang bisa menambah berat badan, ternyata dengan ubi ungu ini juga akan membantu anda untuk membentu otot. Dengan selalu mengkonsumsi ubi ini secara rutin maka masalah anda untuk ingin membentuk otot akan terbantu. Namun tentunya tetap harus di iringi dengan olahraga teratur.

17. Ubi ungu bermanfaat untuk anti bakteri

Manfaat lainnya yang terdapt didalam ubi ungu ini ialah sebagai anti-banteri. Yang mana bisa mengatasi aktivitas bakteri yang jauh lebih baik dari pada buah blueberry dan juga varietas. Oleh sebab itu sering-seringlah mengkonsumsi ubi ungu ini pada setiap harinya.

Cara Pengolahan Ubi Ungu

Manfaat Ubi Ungu untuk diabetes

Merebusnya :

  • Siapkan ubi ungu yang sudah cicuci bersih
  • Selanjutnya panaskan air
  • Dan resbulah ubi ungu ini hingga matang
  • Tiriskan dan hidangkan

Mengambil Air Rebusannya :

  • Rebuslah ubi ungu seperti cara yang diatas
  • Selanjutnya, pisahkan ubi ungu dari air rebusannya
  • Tunggulah air rebusan tersebut menjadi hangat dari panas
  • Dan gunakan air tersebut untuk merendam kaki anda

Membuat jadi masker :

  • Rebuslah ubi ungu sampai matang
  • Lalu siapkan di piring dan haluskan dengan sendok
  • Selanjutnya jika sudah halus tambahkan madu lalu aduk
  • Dan jadikan masker pada wajah anda kedua bahan tersebut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *