20 Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Yuklihat.com – Bunga matahari mungkin sudah begitu familiar di telinga banyak orang. Yang mana memiliki ciri khas warnanya yang begitu mencolok serta bentuknya yang begitu menarik. Tak heran bunga yang satu ini begitu fenomenal di dunia termasuk salah satunya di Indonesia. Namun ternyata dibalik keindahan dari bunga matahari ini, tersimpan sejumlah manfaat dan khasiat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Yang mana kerap kali masih banyak orang yang belum mengetahui tentang itu semua. Dan salah satu bagian yang begitu fenomenal dari bunga matahari ini ialah bagian bijinya. Yang lebih dikenal dengan sebutan kuaci atau kwaci. Kuaci sendiri kerap kali diolah dalam jajanan yang memiliki rasa yang gurih dan khas.

Baca Juga : 20 Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Biasanya didalam pengolahannya sering kali ditambahkan rasa-rasa lainnya, seperti misalnya susu, dan rasa bumbu lainnya. Kuaci atau biji bunga matahari ini sudah dikenal luas diberbagai negara termasuk Indonesia sendiri, yang mana sering dimasukkan kedalam jajanan anak-anak yang begitu populer. Selain dari kuaci yang diolah dalam bentu jajanan, ternyata ada bentuk olahan lainnya yang sering kali dimanfaatkan karena khasiat dan kandungan baik didalamnya.

Baca Juga : 14 Manfaat Bunga Mawar Untuk Kecantikan

Yakni biji bunga matahari ini juga bisa diolah menjadi minyak, karena produksi minyaknya didalam kuaci atau biji bunga matahari yang cukup banyak. Pengolahan biji bunga matahari menjadi minyak bisa didapatkan dengan melakukan pengekstrakan dari bijinya sendiri. Kira-kita apa saja manfaat dan khasiat yang terkandung didalam minyak biji bunga matahari ini untuk kesehatan dan kecantikan tubuh ? Mari kita lihat dibawah. Namun sebelum itu alangkah lebih baik jika kita melihat terlebih dahulu apa saja kandungan yang terdapat didalam minyak biji bunga matahari ini. Yuk Lihat dibawah ini !

Kandungan Minyak Biji Bunga Matahari

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari untuk kecantikan

Seperti yang sudah diketahui, bahwa betapa terkenalnya bunga matahari ini di mata masyarakat Indonesia. Selain bunganya biji dari bunga matahari ini juga begitu dikenal baik oleh masyarakat Indonesia. Yang mana kerap kali di olah dengan menambahkan beberapa rasa lain didalamnya, yang tentu saja akan semakin nikmat untuk di cicipi. Namun dibalik rasanya yang enak ini, biji bunga matahari juga bisa diolah dalam bentuk lain.

Yakni didalam proses pengektrakan guna untuk mendapatkan minyak yang terkandung didalamnya yang mana sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan. Sebelum membahas tentang manfaat dan khasiat minyak biji bunga matahari ini, terlabih dahulu kita akan melihat apa saja kandungan yang terdapat didalamnya. Seperti dibawah ini, Silahkan disimak.

– Minyak biji bungan matahari mengandung Betakaroten
– Minyak biji bungan matahari mengandung Vitamin C
– Minyak biji bungan matahari mengandung Vitamin A
– Minyak biji bungan matahari mengandung Vitamin E
– Minyak biji bungan matahari mengandung Vitamin K
– Minyak biji bungan matahari mengandung Omega 6
– Minyak biji bungan matahari mengandung Omega 3
– Minyak biji bungan matahari mengandung Asam Folat
– Minyak biji bungan matahari mengandung Kalsium
– Minyak biji bungan matahari mengandung Kalium
– Minyak biji bungan matahari mengandung Zat Besi
– Dll

Minyak biji bunga matahari memang tak semua orang mengetahuinya, namun ternyata banyak sekali kandungan nutrisi baik didalam nya yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan tubuh kita. Beberapa kandungan yang terdapat didalam minyak biji bunga matahari ialah seperti yang diatas. Walaupun masih banyak lagi kandungan lainnya, hanya saja tidak begitu dominan dari kandungan diatas. Setelah kita melihat apa saja kandungan yang terdapat didalam minyak biji bunga matahari mari kita lihat manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan kita. Yuk Lihat !

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari untuk pengobatan

Bunga matahari atau yang memiliki nama latin Helianthus annuus ini memang dari dulunya sudah dikenal, selain dikarenakan bentuknya yang menarik dan indah. Bunga matahari ini juga terkenal berkat bijinya yang mana sering diolah menjadi sebuah cemilan yang enak. Yang mana orang-orang Indonesia sering menyebutnya dengan nama kuaci atau kwaci. Namun selain itu, biji dari bunga matahari ini juga bisa diolah dalam bentuk minyak setelah sebelumnya dilakukan proses pengektrakan. Dan minyak ini juga mengandung banyak sekali nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan kecantikan. Berikut ini adalah khasiat dan manfaat minyak biji bunga matahari. Silahkan disimak.

1. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat

Kolesterol jahat memang menjadi pemicu dari berbagai penyakit yang mengerikan didalam tubuh. Seperti Stroke atau jantung. Namun kandungan didalam minyak biji bunga matahari ini ternyata bisa bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat yang ada didalam tubuh seseorang. Semua itu berkat kandungan dari omega 3 serta 6 yang biasanya dapat ditemukan pada ikan, yang mana sangat berperan penting dalam mengatasi permasalahan kolesterol tinggi. Oleh sebab itu janganlah sampai lupa untuk mengkonsumsi minyak biji bunga matahari ini agar kolesterol anda selalu stabil.

2. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk mencegah kanker

Pada umumnya banyak orang yang sama sekali tidak menyadari tentang tanda-tanda yang dibawa dari penyakit kanker yang mematikan. Yang mana disaat memasuki stadium awal tidak memperlihatkan tanda-tanda yang berarti dari penyakit mengerikan ini. Namun resiko datangnya kanker ini bisa dibantu dicegah dengan mengkonsumsi minyak biji bunga matahari.

Semua itu dikarenakan kandungan Vitamin E yang menjadi antiokdidan alami yang bisa menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh seseorang. Dimana seperti yang diketahui bahwa radikal babas ini sangatlah bisa memberikan dampak buruk untuk menyebabkan terjadinya kanker dan penyakit kekacauan sel lainnya.

3. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk kesehatan dan keindahan kulit

Selain bermanfaat untuk menjadi antioksidan alami dalam mengatasi kanker, ternyata kandungan nutrisi vitamin E yang terdapat didalam minyak biji bunga matahari juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan serta keindahan kulit anda. Fungsi dari vitamin E ini yakni sangat berperan dalam menangkal paparan secara langsung sinar UV pada matahari yang berbahaya bagi kesehatan kulit seseorang. Selain itu, kandunjgan vitamin C nya juga bisa membantu dalam mencegah kerusakan dari sel-sel kulit yang begitu sensitif dari sinar ultraviolet.

4. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk rambut serta kulit kepala

Minyak biji bunga matahari juga memiliki khasiat lain yang begitu menguntungkan. Yakni dalam mejaga kesehatan dari rambut dan juga kulit kepala. Semua itu dikarenakan nutri dari beberapa jenis vitamin, seperti vitamin A, B, C, E serta Asam lemak dan juga asam folat. Selain itu kandungan dari beberapa jenis mineral seperti zat besi, kalium serta kalsium juga bisa bermanfaat dalam memperkuat rambut anda, agar tak mudah untuk rontok.

Dan tak hanya itu saja, beberapa penelitian juga membuktikan bahwa minyak biji bunga matahari juga bisa membantu dalam melindungi rambut dan kulit kepala dari paparan sinar matahari secara langsung. Oleh sebab itu, janganlah ragu untuk mengaplikasikan minyak biji bunga matahari ini untuk kesehatan dan keindahan rambut anda.

5. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk mengatasi masalah jerawat

Masalah jerawat sering kali timbul karena adanya kotoran serta minyak yang berlabih, dari folikel di wajah seseorang. Selain itu jerawat juga bisa muncul akibat kurangnya aktifnya dalam mencuci dan membersihkan muka, apalagi jika sudah berada di jalanan yang panas dan banyak debu.

Namun masalah ini bisa diatasi dengan bantuan kandungan vitamin dan asam lemak esensial yang terdapat didalam minyak biji bunga matahari. Yang mana fungsinya akan membantu dalam mengatasi, mencegah jerawat. Selain itu kandungan ini juga bisa membantu dalam mengatasi peradangan dan infeksi lainnya.

6. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung

Kandungan beberapa jenis lemak sehat didalam minyak biji bunga matahari memanglah begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya bisa berkhasiat untuk menjaga selalu kesehatan dari jantung. Nutrisi lemak ini diantaranya seperti kandungan vitamin E yang tinggi, dan juga jenis lemak tak jenuh yang tunggal maupun ganda.

Dengan selalu menjaga asupan makan yang sehat serta seimbang, dan juga keteraturan dalam mengkonsumsi lemak sehat akan bisa menurunkan resiko dari penyakit jantung, serta bisa untuk selalu menjaga agar jantung selalu dalam kondisi sehat.

7. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk menenangkan sarat dan juga otot tubuh

Didalam minyak biji bunga matahari ini juga terkandung magnesium, yang mana salah satu fungsinya ialah untuk menjaga selalu seimbang zat kalsium didalam tubuh manusia. Dengan keseimbangan dari kadar kalsium didalam tubuh, tentu saja bisa memberikan manfaat positif didalam memberikan ketenangan pada saraf dan juga otot tubuh. Kandungan dari magnesium ini juga bisa membuat saraf pada pembuluh darah menjadi dapat berjala dengan normal dan sehat.

8. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang

Selain untuk saraf dan otot, manfaat magnesium juga akan dirasakan guna untuk kesehatan dari tulang. Karena asupan magnesium yang cukup bisa membuat perkembangan tulang dan ketahanannya semakin baik. Hingga pada akhirnya akanb membuat tulang bisa tumbuh dengan sehat.

9. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk mencegah datangnya depresi

Kandungan magnesium didalam minyak biji bunga matahari memang cukup tinggi. Salah satu khasiat dari magnesium ini ialah guna untuk menstablislan perasaan, dan sehingga bisa untuk menjaga mood seseorang, dan bermanfaat untuk mencegah datangnya depresi serta rasa cemas yang berlebihan sewaktu-waktu.

10. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk kulit wajah

Manfaat lain dari minyak biji bunga matahari ialah sebagai pencagah dari terjadinya kulit kering. Selain itu minyak biji bunga matahari ini juga bisa dalam mengatasi masalah peradangan yang terjadai pada kulit, maupun kulit wajah. Kandungan betakarotennya juga bisa berfungsi sebagai pengontrol datangnya radikal bebas yang bisa saja sewaktu-waktu menyerang, agar nantinya tidak memberikan dampak yang semakin para pada kulit.

11. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk pembersih kulit secara alami

Manfaat minyak biji bunga matahari memang beragam sekali untuk dunia kecantikkan. Salah satunya bisa dimanfaatkan sebagai pembersih kulit secara umum dan alami. Pemanfaatan minyak biji bunga matahari ini sebagai pembersih kulit, nantinya bisa membantu untuk menghilangkan beragam sel-sel dari kulit mati. Selain itu juga bisa untuk selalu menjaga kekenyalan kulit agar tetap terjaga, sehingga nantinya bisa mencegah datangnya penuaan dini.

12. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk mencegah arthritis

Kemampuan lainnya dari minyak biji bunga matahari ialah bisa mencegah datangnya beragam peradangan dan juga inflamasi yang terjadi. Selain itu kandungan senyawa lipid utama yang berupa asam linoleat juga bisa bekerja dalam mengurangi terjadi peradangan yang muncul pada area kulit anda. kandungan ini sendiri bisa bekerja dengan cara mengaktifkan peroksisom proliferatif-activated receptor-alpha (PPAR-α).

13. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk mencegah asma

Fungsi lain dari minyak biji bunga matahari ialah bisa berperan baik sebagai anti dari inflamasi, yang mana banyak para ahli kesehatan yang menyatakan bisa membantu dalam menurunkan tingkat keparahan sebuah penyakit asma bagi mereka yang menderita. Semua itu dikarenakan sifat minyak biji bunga matahari ini sebagai anti inflamasi.

14. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk mencegah datangnya penuaan dini

Terdapatnya kandungan vitamin E didalam minyak biji bunga matahari memanglah bisa memberikan efek yang banyak. Salah satunya bisa menjadi pencegah dari penuaan dini pada kulit anda, karena terjadinya kerusakan akibat dari paparan sinar matahari. Jika anda bisa memanfaatkan minyak biji matahari ini secara berkala, maka juga akan dapat memberikan dampak dalam mengurangi keriput pada kulit anda.

15. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Didalam minyak biji bunga matahari juga terdapat sebuah kandungan yang bernama asam linoleat, yang mana cukup encukupi didalam pemeliharaan respon atas imun tubuh. kandungan ini sangat diperlukan oleh tubuh seseorang, guna untuk tetap menjaga sistem dari kekebalan tubuh agar dapat berjalan dengan normal dan semestinya.

16. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk menyehatkan sistem pencernaan

Didalam minyak biji bunga matahari memang terdapat kandungan dari asam lemak tak jenuh ganda atau PUFA dalam jumlah yang tinggi. Kandungan ini sendiri bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan daya cerna tubuh anda, agar nantinya anda bisa memiliki sistem pencernaan yang dapat terjaga dengan begitu baik kesehatannya.

17. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Didalam sebuah penelitian yang dimuat pada halaman Medindia.net disana terdapat sebauh pernyataan yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi minyak biji bunga matahari bisa membantu dalam meningkatkan kadar dari adiponektin untuk wanita pasca-menopause, yang mana ini sama artinya dapat menurunkan berat badan. Selain itu fungsi lain dari adiponektin ini juga dapat memecah asam lemak pada tubuh.

18. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk mengilaukan rambut

Rambut memang menjadi salah satu hal yang sangat bisa untuk meningkatkan atau menuruankan PD seseorang, terutama untuk mereka pada wanita. Yang kerap kali menganggap rambut ini sebagai hal yang begitu amat penting bagi tubuh untuk dijaga setiap saat. Namun anda bisa mengkonsumsi minyak biji bunga matahari dalam membantu merawat rambut anda. Manfaat lainnya dari minyak biji bunga matahari ialah dapat memberikan tekstur kilau pada rambut yang membuatnya semakin normal dan sehat.

19. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk mencegah kerontokan pada rambut

Kandungan baik didalam minyak biji bunga matahari selain bisa untuk memberikan kilauan para rambut dan membertahankan teksturnya, ternyata minyak biji bunga matahari ini juga bisa dalam mencegah penipisan dari rambut. Yang mana kerap kali menjadi penyebab terjadinya masalah rambut rontok. Semua itu berkat sebuah kandungan yang bernama gamma alpha linolenic acid (GLA), yang dapat begitu diandalkan dalam mengatasi kebotakan akibat rambut yang rontok.

20. Minyak biji bunga matahari bermanfaat untuk meningkat energi

Menurut sebuah pernyataan yang dimuat pada laman Organicfacts.net, mengatakan bahwa kandungan asam lemak yang terkandung didalam minyak biji bunga matahari memanglah banyak sekali manfaatnya. Salah satunya bisa untuk memberikan peningkatakn terhadap energi tubuh seseorang. Selain itu kandungan lemak tak jenuh ini malah justru berbalik fungsi dari lemak jeruh, yang mana bisa bermanfaat dalam memberikan energi pada seseorang yang mengkonsumsinya.

Pengelolahan Minyak Biji Bunga Matahari

Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari untuk tubuh

Mengkonsumsinya secara langsung

  • -Siapkan minyak biji bunga matahari
  • -Lalu tuangkap kedalam sendok makan
  • -Lalu konsumsilahkan secara teratur guna mendapatkan manfaat lebih

Menjadikannya minyak goreng

  • Siapkan minyak biji bunga matahari seperlunya
  • Panasnya wajan
  • Dan masukkan minyak biji bunga matahari ini
  • Lalu silahkan gunakan untuk menumis atau menggoreng

Mengoleskan pada area tertentu

  • Siapkan minyak biji bunga matahari seperlunya
  • Anda bisa mencampurnya dengan bahan lain, seperti minyak vitamin E, atau madu
  • Lalu anda juga bisa mengaplikasinya secara langsung atau juga bisa dengan mememaskanya sedikit
  • Dan aplikasikan pada area yang anda inginkan
20 Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan dan Kecantikan | Miko Rudiansyah | 4.5