Manfaat & Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

, , ,

21 Manfaat & Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Yuklihat.com – Daun kemangi memang sudah tidak begitu asing di telinga kita, karena masyarakat Indonesia sendiri sering kali menggunakan daun ini sebagai salah satu bahan masakan mereka, atau bahkan dimasukkan kedalam salah satu menu dari lalapan. Sesuai dengan namanya sendiri, aroma dari daun kemangi memanglah wangi apabila tercium, jadinya jika masuk kedalam masakan tentu aroma dari masakan yang menggunakan daun ini sebagai salah satu bahannya akan semakin tercium nikmat.

Baca Juga : 22 Manfaat dan Khasiat Kulit Kurma Untuk Kesehatan

Selain itu, untuk bentuknya sendiri daun ini memiliki bentuk kecil-kecil dan jika dilihat sekilas bentuknya jampir mirip dengan seledri. Akan tetapi bagi sebagian orang, ada juga yang tidak menyukai daun kemangi ini, semua itu disebabkan oleh rasanya yang begitu getir. Padahal didalam daun kemangi ini terdapat manfaat dan khasiatnya yang begitu baik untuk kesehatan tubuh kita.

Baca Juga : 6 Manfaat & Khasiat Kulit Petai (pete) Untuk Kesehatan dan Tanaman

Lalu apa sajakah manfaat yang terkandung didalam daun kemangi ini ? Sebelum kita membahas lebih jauh dari manfaat daun kemangi, alangkah lebih baik jika kita melihat tentang kandungan yang terdapat didalam daun kemangio ini. Berikut adalah kandungan daun kemangi. Silahkan dilihat

Kandunan gizi dari daun kemangi

Baca Juga : 26 Manfaat dan Khasiat Sayuran Jonghe Untuk Kesehatan

Tumbuhan yang termasuk salah satu anggota dari keluarga daun mint ini sudah semanjak lama digunakan sebagai tanaman obat. Dimana jika daun ini diambil ekstak minyaknya, maka didalam minyaknya tersebyut terkandung berbagai kandungan yang baik, seperti misalnya antioksidan dan juga anti bakteri. Apakah itu saja ? tentu saja tidak, masih banyak kandungan-kandungan baik lainnya dari daun kemangi ini, berikut adalah penjambarannya. Didalam satuan per 100grm nya.

-Daun kemangi mengandung Energi = 43 kkal
-Daun kemangi mengandung Protein = 5,5 gr
-Daun kemangi mengandung Lemak = 0,3 gr
-Daun kemangi mengandung Karbohidrat = 7,5 gr
-Daun kemangi mengandung Kalsium = 35 mg
-Daun kemangi mengandung Zat Besi = 1 mg
-Daun kemangi mengandung Vitamin A = 1017 IU
-Daun kemangi mengandung Vitamin B1 = 0,06 mg
-Daun kemangi mengandung Vitamin C = 30 mg
-Daun kemangi mengandung Vitamin Fosfor = 106 mg
-Dll

Sebenarnyak masih banyak lagi kandungan yang terdapat didalam daun kemangi ini, hanya saja jumlahnya tidak terlalu dominan dari beberapa kandungan diatas atau masih belum ada informasi terkait yang jelas menyatakan jumlah dari kandungan-kandungan tersebut. Berikutnya mari kita lihat manfaat dan khasiat daun kemangi untuk kesehatan. Silahkan disimak dibawah ini.

Manfaat & Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1. Manfaat daun kemangi untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Manfaat dan khasiat yang pertama dari daun kemangi ini ialah bisa memberikan peningkatakan terhadap kekebalan tubuh seseorang. Semua itu dikarenakan adanya kandungan bernama beta karoten didalam daun kemangi ini. Dimana kandungan ini memiliki fungsi untuk meningkatakan respon antibodi didalam tubuh kita. Selain itu kandungan bernama beta karoten tersebut juga memiliki fungsi lain, yakni untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang sudah mengalami kerusakan.

2. Manfaat daun kemangi untuk mengatasi kanker

Seperti yang dikutip dari draxe.com, sebuah studi klinis yang sudah diterbitkan didalam Nutrition and Cancer menyatakan bahwa didalam daun kemanngi terdapat sebuah zat yang bernama phytochemical, dimana fungsinya sendiri bisa membantu secara alami untuk mencegah penyakit kanker seperti, kanker hari, kanker kulit, kanker lidah, dan juga kanker paru-paru. Selain itu, daun kemangi juga bisa untuk meningkatkan aktivitas dari antioksidan, yang berguna untuk menghentikan terjadinya tumor kanker yang teru menyebar.

3. Manfaat daun kemangi untuk melancarkan aliran darah

Selanjutnya manfaat dan khasiat daun kemangi bisa untuk melancarkan aliran darah yang terdapat didalam tubuh kita. Daun kemangi ini akan membantu pembuluh darah dan juga jantung untuk lebih rileks, serta membuat aliran darah yang ada didalam tubuh tetap dalam kondisi lancar. Semua itu dikarenakan didalam daun kemangi ini terdapat kandungan bernama magnesium.

4. Manfaat daun kemangi untuk mencegah adanya kemandulan

Daun kemangi yang memiliki aroma khas ini terkandung sebuah zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh yang bernama zat arginin, dimana fungsinya sendiri dapat membuat sp*rma menjadi lebih kuat daya hidupnya, sehingga bisa menurunkan resiko terjadinya kemandulan.

5. Manfaat daun kemangi untuk manjaga kesehatan organ jantung

Didalam daun kemangi ini terdapat kandungan magnesium dan juga beta karoten yang memiliki peran penting didalam menjaga kesehatan dari jantung kita. Magnesium sendiri ialah jenis mineral yang sangat dibutuhkan oleh jantung. Daun kemangi yang kaya akan antioksidan juga memiliki peran baik untuk kesehatan dari jantung kita. Menurut beberapa penelitian yang sudah dilakukan, daun kemangi bisa melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang sangat berbahaya bagi organ tubuh kita.

6. Manfaat daun kemangi untuk mengobati sariawan

Anda yang mengalami masalah sariawan mungkin akan merasakan gangguan yang sangat menghambat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Namun semua itu bisa dibantu mengatasinya dengan bantuan dari daun kemangi. Penerapannya sendiri cukuplah mudah, anda hanya perlu mengunyah darun kemangi sekitar kurang lebih 3 menit lamanya, yang tentu saja sebelumnya daun kemangi haruslah dicuci bersih. Lalu terakhir minumlah air hangat, lakukan kebiasaan ini sekitar 1 sampai 3 kali didalam seharinya.

7. Manfaat daun kemangi untuk membantu perkambangan tulang

Pada daun kemangi terkandung zat yang dapat bermanfaat untuk membantu perkembangan tulang, karena didalamnya terkandung fosfor dan juga kalium yang cukup banyak. Dimana manfaatnya dari kedua zat ini ialah untuk membantu dalam pembentukan dan perkembangan tulang pada tubuh seseorang. Sehingga nantinya masalah seperti keroposan pada tulang bisa diatasi dengan baik.

8. Manfaat daun kemangi untuk mengobati panu

Penyakit panu ternyata juga bisa dibantu penyembuhannya dengan bantuaan dari daun kemango. Dimana untuk penerapannya sendiri sangatlah mudah. Anda hanya perlu menghaluskan daun kemangi yang sebelumnya sudah dicuci bersih, selanjutnya campurkanlah dengan sedikit kapur sirih, dan yang terakhir oleskanlah pada bagian tubuh anda yang terkena panu.

9. Manfaat daun kemangi untuk mengurangi bau keringat

Jika seandainya anda sedang mengalami masalah dengan bau keringat, maka daun kemangi bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi masalah ini dengan cukup baik. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah, anda tinggal mengkonsumsi daun kemangi ini sebagai lalapan, dan lihatlah manfaatnya sesudah itu.

10. Manfaat daun kemangi untuk mencegah dan menghilangkan jerawat

Banyak orang yang merasa sangat terganggu dengan adanya jerawat pada wajah mereka. Namun masalah ini bisa anda bantu mengatasi dan pencegahannya dengan bantuan dari daun kemangi. Didalam daun kemangi ini terkandung yang memiliki sifat sebagai anti bakteri dan juga anti jamur, dimana manfaatnya bisa mencegah datangnya peradangan pada jerawat. Untuk penerapannya ialah denagn cara menghaluskan daun kemangi dan mencampurnya dengan air panas. Setelah itu aduklah keduanya sampai sari dari daun kemangi keluar. Selanjutnya tunggulang hingga dingin, dan saring/peras dan oleskan pada wajah anda.

Manfaat & Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Lainnya daun kemangi untuk kesehatan dan kecantikan

  1. Manfaat daun kemangi untuk Pencegahan komedo
  2. Manfaat daun kemangi untuk Mencegah rambut beruban
  3. Manfaat daun kemangi untuk Mencegah rambut rontok
  4. Manfaat daun kemangi untuk Mencerahkan kulit kusam
  5. Manfaat daun kemangi untuk Obat alami untuk ketombe
  6. Manfaat daun kemangi untuk Anti Aging
  7. Manfaat daun kemangi untuk Kesehatan gigi dan mulut
  8. Manfaat daun kemangi untuk Mengobati rasa gatal akibat gigitan serangga
  9. Manfaat daun kemangi untuk Mencegah batu ginjal
  10. Manfaat daun kemangi untuk Meredakan demam & masuk angin
  11. Manfaat daun kemangi untuk Pengobatan Infeksi Kulit

Itulah tadi berapa manfaat dan juga kashiat yang bisa didapatkan dari daun kemangi ini untuk kesehatan dan juga kecantikan. Ternyata daun yang sering dimanfaatkan sebagai lalapan ini sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan anda tentang manfaat dan juga khasiat yang bisa didapatkan dari daun kemangi ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *