manfaat ubi jalar untuk kecantikan

, , ,

21 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Yuklihat.com – Ubi jalar menjadi salah satu jenis umbi-umbian yang begitu populer di Indonesia. Walaupun terkadang jenis umbian ini sering kali dipandang sebelah mata, karena dianggap sebagai makanan yang diperuntukan bagi orang kampung. Namun padahal manfaatnya tidaklah seremeh itu. Banyak dari kita yang masih belum menyadari akan manfaat dan khasiat yang diberikan oleh ubi jalar terhadap kesehatan kita. Tanaman ubi jalar, atau juga dikenal dengan nama ubi rambat, memiliki nama latin Ipomea batatas L.

Baca Juga : 17 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Yang mana termasuk kedalam tanaman umbi-umbian yang sering dibudidayakan untuk dijadikan makanan. Di beberapa wilayah, ubi jalar ini sering dijadikan pengganti dari nasi. Karena efek kenyang yang didapatkan sesudah mengkonsumsi ubi ini. Semua itu dikarenakan kandungan karbohidrat yang tertanam didalamnya cukup tinggi, dan hingga membuat kita kenyang jika memakannya. Selain dijadikan makanan pokok di beberapa wilayah, ternyaa ubi jalar ini juga kerap dimasukkan kedalam masakan dan dijadikan sebagai sayur.

Baca Juga : 25 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dan tentunya rasanya akan semakin lebih lezat. Namun selain itu kandungan manfaat didalam ubi jalar ini tidaklah bisa dipandang sebelah mata saja, yang mana bisa memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, dan juga mencegah berbagai macam penyakit pula. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang apa saja manfaat yang terkandung didalam ubi jalar ini. Alangkah lebih baiknya jika kita melihat terlebih dahulu tentang apa saja kandungan nutrisi baik yang ada didalam ubi jalar. Yuk Lihat !

Kandungan Ubi Jalar

manfaat ubi jalar untuk obat

Ubi jalar memiliki beragam manfaat dan khasiat yang sering jali dilupakan banyak orang, karena status dari umbi-umbian ini yang kerap kali dianggap sebagai makanan kampung. Karena itulah banyak orang kurang melirik salah satu jenis umbi-umbian ini, padahal tanpa mereka sadari sudah meninggalkan sebuah jeni ubi yang begitu bermanfaat bagi tubuh kita. Sebelum lebih jauh kita membahas tentang apa saja manfaat yang terdapat didalam Ubi Jalar ini, berikut adalah kandungan yang ada didalam ubi jalar, silahkan dilihat.

-Ubi jalar memiliki kandungan Vitamin C
-Ubi jalar memiliki kandungan Zat Besi
-Ubi jalar memiliki kandungan Vitamin B6
-Ubi jalar memiliki kandungan Magnesium
-Ubi jalar memiliki kandungan Vitamin B12
-Ubi jalar memiliki kandungan Kalsium
-Ubi jalar memiliki kandungan Vitamin D
-Ubi jalar memiliki kandungan Vitamin A
-Ubi jalar memiliki kandungan Protein
-Ubi jalar memiliki kandungan Karbohidrat
-Ubi jalar memiliki kandungan Kalium
-Ubi jalar memiliki kandungan Lemak
-Ubi jalar memiliki kandungan Kalori

Manfaat Ubi Jalar

manfaat ubi jalar untuk diabetes

Manfaat yang ada didalam ubi jalar ternyata cukuplah banyak dan juga beragam. Yang mana manfaat-manfaat ini tentunya sangat berperan penting sekali bagi tubuh kita. Misalnya saja menyembuhkan berbagai penyakit, menjaga kesejatan beragam sistem tubuh, hingga sampai ke manfaat dalam bidang kecantikan. Kira-kira apa saja manfaat yang bisa kita dapat dari ubi jalar ini untuk kesehatan dan kecantikan ? Yuk lihat manfaatnya dibawah ini.

1. Ubi jalar bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Didalam meningkatkan kekebalan dari tubuh kita, salah satu solusi yang tepat dalam menangani ini adalah dari ubi jalar. Karena didalam ubi jalar sendiri terkandungan beberapa jenis vitamin yang kompleks misalnya saja Vitamin C, B dan juga zat besi serta juga ada fosfor. Oleh sebab itulah sangat baik untuk menjadi imun booster.

2. Ubi jalar bermanfaat untuk mengatasi peradangan

Walaupun ubi jalar sendiri termasuk kedalam keluarga dari kentang-kentangan, namaun efek yang disebut anti-inflamasi yang ada didalamnya masih cukup kuar dalam menjadi anti peradangan. Selain itu, dukungan senyawa lain, yakni betakaroten, magnesium seta citamin C, juga turut berperan antif dalam menyembuhkan berbagai masalah peradangan

3. Ubi jalar bermanfaat untuk memperbaiki bronkitis

Nutrisi baik yang terdapt didalam ubi jalar dapat berkhasiat untuk membantu mengatasi masalah bronkitis. Karena didalam ubi jalar sendiri yang memegag tanggung jawab dalam mengatasi masalah ini ialah beragam nutrisi baik yang ada didalamnya. Seperti beberapa jenis vitamin, betakaroten dan juga magnesium

4. Ubi jalar bermanfaat untuk meringankan asma

Masalah kesehatan asma memanglah begitu menggangu baru mereka yang mengalaminya. Disaat-saat yang penting tentunya banyak penderita asma yang tidak menginginkan asmanya kambuh. Dan salah satu solusi yang terbaik adalah dengan menggunakan ubi jalar. Aroma yang khas dari ubi jalar memiliki peranan yang baik untuk meringankan asma.

5. Ubi jalar bermanfaat untuk meredakan sakit Arthritis

Dengan adanya beberapa komposisi penting didalam ubi jalar, seperti misalnya magnesiem, sengm betakaroten, dan juga vitamin B kompleks, maka ubi jalar dijadikan sebagai salah satu solusi terbaik dalam mengatasi masalah radang sendiri atau Arthritis. Mengenai penerapannya sendiri, cukuplah mudah, anda hanya perlu mengomprs bagian-bagian yang mengalami masalah nyeri dengan menggunakan air rebusan dari ubi jalar.

6. Ubi jalar bermanfaat untuk melancarkan pencernaan

Kandungan baik yang tertanam didalam ubi jalar memanglah bermanfat baik untuk tubuh. Misalnya kandungan serat yang cukuyp tinggi didalamnya. Kandungan baik tersebutlah yang bisa membantuk kita dalam melancarkan pencernaan, dan meringankan masalah radang pada perut. Oleh sebab itulah janganlah sungkan untuk mengkonsumsi ubi jalar.

7. Ubi jalar bermanfaat untuk penderita kanker

Vitamin C, dan betakaroten didalam ubi jalar memanglah menjadi kandungan yang begitu banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Salah satunya bagi penderita kanker. Dengan selalu mengkonsumsi ubi jalar maka masalah kanker mereka bisa dibantu dengan ini. Terutama untuk kanker di area, usus, ginjal, usus besar, dan kanker lainnya.

8. Ubi jalar bermanfaat untuk menjaga keseimbangan buang air

Serat yang begitu baik bagi tubuh dan sistem pencernaan, tentunya akan sangat bermanfaat sekali dalam menjaga keseimbangan air dan cairan dari tubuh manusia. Dan manfaat ini bisa dengan mudah anda temukan didalam ubi jalar.

9. Ubi jalar sumber karbohidrat diabetesi

Diabetesi memanglah memiliki beragam aturan yang begitu ketak didalam memilih makanan yang dikonsumsi. Dan makanan yang baik adalah makanan yang bisa sejauh mungkin mengurangi manis. Dan salah satu sumber karbohidrat yang kerap dipilih ialah ubi jalar. Yang mana selain mengenyangkan, ubi jalar juga bermanfaat dalam mengatur kadar gula darah si penderita.

10. Ubi jalar bermanfaat untuk menaikkan berat badan

kandungan unsur hara yang tertanamn didalam ubi jalar memanglah sangat bermanfaat. Yang mana salah satunya adalah kandungan karbohidrat yang baik dan digunakan sebagai sumber energi pada setiap harinya. Oleh sebab itulah masukkan ubi jalar ini kedalam salah satu menu makanan anda setiap paginya, agar sumber energi anda tercukupi dan juga baik untuk menaikkan berat badan.

11. Ubi jalar bermanfaat untuk menghilangkan kecanduan

Manfaat yang ada didalam ubi jalar ternyata juga berperan aktif dalam menghilangkan kecanduan pada seseorang, misalnya seperti kecandukan narkotika, rokok dan minuman keras. Selain itu, manfaatnya juga baik dalam menjaga kesehatan pembuluh dara arteri dan juga vena.

12. Ubi jalar bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata

Kandungan pada ubi jalar ternyata juga berasal dari warna kuningnya ini. Yang mana memiliki nutrisi dari vitamin A yang cukup tinggi. Dan sangat berperanguh sekali didalam menjaga kesehatan organ indra penglihatan anda. Dengan selalu memasukkan kedalam daftar menu pada setiap harinya, maka anda tidak perlu kawatir lagi kekurangan vitamin A.

13. Ubi jalar bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi

Selain kaya akan vitamin A, ubi jalar juga memriliki vitamin lainnya, yang cukup kaya. Yakni vitamin C, yang mana bisa untuk memenuhi sekitar 70% RDA pada setiap harinya. Selain itu vitamin C juga bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi anda yang longgar atau bermasalah nantinya.

14. Ubi jalar bermanfaat untuk memperkuat tulang

Manfaat ini didapatkan dari kandungan mineral yang cukup baik pada ubi jalar. Yakni memiliki kandungan Mangan yang bisa untuk memenuhi sekitar 44% dari RDA setiap harinya. Selain itu, kandungan Mangan ini juga dapat berperan aktif dalam menjaga kesehatan dari sendi dan tulang anda.

15. Ubi jalar bermanfaat untuk mengatur kadar kolesterol

Ubi jalar memiliki kandungan yang bisa mengatur kadar kolesterol yang ada didalam tubuh. Semua itu karena kandungan serat yang bisa memenuhi sekitar 33% RDA setiap harinya. Yang mana diketahui serat sendiri adalah jenis karbohidra yang terbukti dapat menurunkan kolesterol didalam darah.

16. Ubi jalar bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung

Ubi jalar memiliki manfaat lain, didalam membantu untuk menjaga kesehatan dari jantung. Semua itu dikarenakan adanya kadungan vitamin B6 dialam ubi jalar. Yang mana bisa memberikan 27 persen AKG pada setiap harinya. Selain itu Vitamin B6 juga memiliki fungsi untuk mencegah penumpukan dari homosistein didalam darah. Yang mana jika homosistein ini tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung dan stroke.

17. Ubi jalar bermanfaat untuk mengatur tekanan darah

Selain memiliki manfaat untuk mengatur kolesterol pada darah. Ternyata ubi jalar juga memiliki manfaat yang bisa mengatur tekanan darah. Semua itu dikarekan adanya kandungan dari Kalium yang ada didalamnya. Kalium ini diketahui bisa memenuhi sekitar 22 persen AKG, dan kandungan lainnya adalah potassium hingga sampai 22 persen. Dan ini semua sangat;ah baik untuk penderita hipertensi.

18. Ubi jalar bermanfaat untuk mengobati stres

Masalah stres memang begitu mudah untuk datang dan menyerang siapa saja. Namun kandungan vitamin B yang ada didalam ubi jalar dapat membentuk sebuah zat bernama Pantotenat yang mana bisa memproduksi hormon stres. Sehingga nantinya tubuh tidak akan kekurangan hormon ini.

19. Ubi jalar bermanfaat untuk mencegah keriput

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ubi jalar juga memiliki manfaat yang begitu luar biasa bagi kecantikan. Yakni dapat mencegah penuaan dan keriput. Semua itu dikarenakan kandungan vitamin E yang ada didalam ubi jalar. Vitamin E ini berfungsi sebagai penutrisi kulit, agar tidak terjadi penuaan atau bahkan oksidasi pada kulit.

20. Ubi jalar bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula dalam darah

Lagi-lagi magnesium yang memiliki peran baik didalam ubi jalar. Yang mana dapat membantu dalam mengontrol kadar gula darah yang ada didalam tubuh. Sehingga mereka yang mengkonsumsi diet yang tinggi magnesium, maka persentase untuk terkena diabetes tipe 2 sangat jarang.

21. Ubi jalar bermanfaat sebagai sumber energi

Zat besi yang tertanam didalam ubi jalar, bisa memberikan penambahan energi yang cukup baik bagi tubuh. Sehingga nantinya anda tidak akan lesu atau bahkan lelah. Selain itu zat besi ini juga memiliki pengaruh baik dalam meningkatkan distribusi oksigen kedalam tubuh kita.

Cara Pengolahan Ubi Jalar

manfaat ubi jalar untuk kesehatan

Merebusnya :

  • Siapkanlah ubi jalar yang sudah bersih
  • Selanjutnya masukkan kedalam panci berisi air
  • Rebuslah ubi tadi hingga matang
  • Lalu sajikan

Mengambil air rebusannya :

  • Setelah anda selesai merebus ubi jalar
  • Pisahkan ubinya dengan air
  • Lalu ambilah air tersebut, untuk dijadikan kompres
  • Atau juga sebagai redaman

Menjadi masker :

  • Siapkan ubi jalar yang sudah matang direbus
  • Lalu masukkan ke mangkok
  • Tambhakan madu dan bahan lainnya
  • Lalu tumbuk dan halus dengan sendok
  • Jadikan masker ramuan tadi, pada kulit atau wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *