Manfaat dan Khasiat Kulit Kurma Untuk Kesehatan

, , ,

22 Manfaat dan Khasiat Kulit Kurma Untuk Kesehatan

Yuklihat.com – Buah kurma mungkin tidak menjadi lagi sebuah nama buah yang asing di telinga kita. Terutama untuk para umat islam, dimana mereka sering kali menyediakan jenis buah ini pada saat bulan puasa. Dimana buah yang satu ini sangat identik sekali dengan bulan suci umat islam itu. Keunikan dari buah ini bukan hanya bisa dilihat dari bentuknya saja, namun dari rasanya yang begitu khas.

Baca Juga : 6 Manfaat & Khasiat Kulit Petai (pete) Untuk Kesehatan dan Tanaman

Selain itu rasanya manis serta jenisnya yang banyak juga menjadi sebuah hal yang menarik dari buah kurma ini. Walaupun banyak orang yang sudah mengetahui bahwa buah kurma memiliki manfaat dan khasiat yang begitu banyak untuk kesehatan tubuh kita. Dimana bisa didapatkan dari berbagai bagian dari kurma ini.

Baca Juga : 26 Manfaat dan Khasiat Sayuran Jonghe Untuk Kesehatan

Misalnya saja pada bagian buahnya, selain manfaat dan khasiat baik bisa didapatkan pada bagian dagingnya. Ternyata manfaat dan khasiat baik lainnya juga bisa kita dapatkan dari bagian kulitnya. Pada bagian daging buah kurma terdapat kandungan zat gula yang bisa secara langsung dicerna oleh tubuh.

Baca Juga : 26 Manfaat dan Khasiat Komugi (Gandum Jepang) Untuk Kesehatan

Dan begitu juga pada bagian kulitnya, dimana pada bagian yang memiliki bentuk tipis dan transparan ini terkandung berbagai macam senyawa yang begitu baik untuk kesehatan tubuh. Kira-kira apa sajakah manfaat yang bisa kita dapatkan dari kulit buah kurma ini ? Silahkan disimak berikut ini.

Manfaat dan Khasiat Kulit Kurma Untuk Kesehatan

1. Kulit buah kurma bermanfaat untuk membantu dalam menyehatkan usus

Usus memang menjadi salah satu bagian dari tubuh yang memiliki peran penting didalam melakukan proses pencernaan disana. Dan agar usus anda dapat melakukan tugasnya secara maksimal dan baik, maka dia harus membutuhkan kandungan dari serta yang baik dan maksimal. Dan salah satu sumber serat yang bisa anda dapatkan ialah dari kulit kurma, dimana didalam kulit kurma terdapat kandungan serat yang cukup kaya. Serta begitu mudah untuk dicerna oleh lambung kita.

2. Kulit buah kurma bermanfaat untuk mencegah datangnya rematik

Selain pada bagian usus yang mana kulit kurma bisa membuatnya bekerja secara maksimal. Khasiat dan manfat kulit kurma ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah datangnya rematik. Rematik sendiri merupakan sebuah jenis penyakit yang begitu menggangu dan menyakitkan bagi penderitanya, dan apabila sampai ke tahap akut makan akan sangat bebahaya. Salah satu pencegahan yang bisa kita lakukan ialah dengan cara mengkonsumsi kulit buah kurma, yang begitu kaya dengan adanya mineral penting untuk tubuh.

3. Kulit buah kurma bermanfaat sebagai antioksidan yang alami

Tak hanya terdapat kandungan dari mineral yang baik, kulit buah kurma juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat berguna untuk menangkal sebagai radikal bebas yang tentunya sering kali dengan mudah kita jumpai di lingkungan. Apalagi di daerah perkotaan. Anti oksidan ini sangatlah memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita, dari berbagai serangan penyakit.

4. Kulit buah kurma bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker otak

Dikarenakan kulit dari buah kurma ini memiliki kandungan antioksidan yang baik didalam menangkal berbagai serangan dari radikal bebas. Dimana bisa menjadi sumber dari berbagai penyakit mematikan, salah satunya ialah kanker. Penyakit mematikan ini haruslah cepat dicegah dengan sedini mungkin, dengan cara selalu menjaga pila makan kita dengan memakan makanan yang sehat dengan teratur.

5. Kulit buah kurma bermanfaat sebagai sumber energi yang baik

Manfaat lainnya dari kulit buah kurma ini ialah bisa menjadi sumber dari multivitamin yang sangat bagus untuk memberikan peningkatan kekebalan pada tubuh kita. Namun untuk mendapatkanya tidaklah sulit. Anda hanya perlu membeli sirup buah kurma, dimana biasanya banyak dijual di apotek. Dan bisa menjadi obat untuk penguat kekebalan pada tubuh anda, serta membantu untuk memulihkan tubuh yang sedang terkena serangan penyakit.

6. Kulit buah kurma bermanfaat sebagai sumber energi yang baik

Anda yang sering melakukan aktivitas melelahkan dan membutuhkan banyak tenaga di setiap harinya. Maka sumber energi dari kulit kurma ini sangat bisa untuk anda manfaatkan. Didalam kulit kurma juga terdapat sebuah senyawa yang memiliki manfat untuk mengembalikan energi yang sudah terkuras sesudah melakukan aktivitas melelahkah.

7. Kulit buah kurma bermanfaat untuk mencegah datangnya berbagai jenis kanker

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa didalam kulit kurma ini terkandung zat atau senyawa yang bisa bermanfaat untuk pencegah penyakit kanker otak. Dan ternyata tak hanya untuk kanker otak saja yang bisa dicegah, namun juga berbagai macam kanker. Semua itu dikarenakan adanya kandungan seperti sterol, karoten, tannin, dan juga polifenol yang terdapat didalam kulit kurma ini.

8. Kulit buah kurma bermanfaat untuk membantu dalam penyembuhan demam berdarah

Demam berdarah merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya serta harus dengan cepat dilakukan penangan terhadap penyakit ini. Dengan bantuan kulit kurma maka para pendertai demam berdarah akan dibantu untuk lebih cepat untuk pulih. Semua itu dikarenakan adanya kandungan didalam kulit kurma ini dan juga buhnya didalam membantu untuk meningkatkan trombosit secara cepat. Yakni sekitar 23,90%. Dimana ini menjadi persentase peningkatan yang didapatkan saat meminum sari kurma ini.

9. Kulit buah kurma bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung

Jantung ialah sebuah organ yang begitu amat penting bagi tubuh seseorang. Agar organ jantung selalu dalam kondisi yang fit dan sehat, maka anda bisa mengkonsumsi kulit kurma secar rutin. Dimana kantungan kalium didalam kulit kurma bisa membantu jantung untuk dapat berada selalu dalam kondisi yang sehat. Kalium bisa anda termukan pada buah kurma dan juga pada kulitnya.

10. Kulit buah kurma bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah

Selain bisa membantu untuk menyeharkan organ jantung. Ternyata kulit kurma juga bisa membantu melancarkan peredaran darah. Dan lagi-lagi peran dari senyawa kalium lah yang bermanfaat untuk memberikan kelancaran untuk peredaran darah.

11. Kulit buah kurma bermanfaat untuk mencegah resiko stroke

Penyakit stroke memang tidak bisa dianggap remeh, karena jika dibiarkan dapat menimbulkan dampak yang begitu berbahaya. Namun sebelum anda terjangkit penyakit mematikan ini, mengkonsumsi kulit kurma bisa menjadi langkah pencegahan untuk tidak terkena penyakit ini. Selain itu kurma juga bermanfaat untuk mengurangi kolestrol.

12. Kulit buah kurma bermanfaat untuk membersihkan sistem pencernaan

Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya, yakni kulit kurma dapat membantu untuk menyeharkan usus seseorang. Namun menfaat lainnya juga bisa memberikan manfaat untuk menyeharkan pencernaan. Kelebihan kulit kurma ini jika dibantungkan bagian buahnya ialah dari kandungan serat yang terdapat dialamnya. Kandungan serat yang bisa anda dapatkan dari kulitnya, bisa membantu untuk melancarkan BAB, sehingga membuat sistem pencernaan anda menjadi lebih bersih.

13. Kulit buah kurma bermanfaat untuk penderita hipertensi (darah tinggi)

Kurma memiliki kandungan yang tinggi termasuk pada bagian kulitnya, namun rendah akan natrium. Sehingga kurma akan sangat aman bagi mereka penderita hipertensi atay darah tinggi. Hipertensi sendiri memang membuat penderitanya harus memilah makanan yang mereka konsumsi. Karena jika sembarangan saja dalam mengkonsumsi makanan, bisa memberikan dampak yang fatal.

14. Kulit buah kurma bermanfaat untuk mencegah anemia

Dibagian kulit dari buah kurma memiliki kandungan zat besi yang tergolong tinggi. Dimana kandungan baik ini bisa bermanfaat untuk menambah darag merah, sehingga bisa mencegah datangnya penyakit anemia. Selian itu, bagi para ibu hamil, kurma ini sangat baik sekali untuk dikonsumsi.

15. Kulit buah kurma bermanfaat untuk mencegah insomia

Manfaat lainnya dari kulit kurma ialah bisa membantu untuk mencegah dan mengobati mereka yang terjangkit insomia. Gangguan insomnia atau sudah tidur memang menjadi gangguan yang sangat menggagu. Dimana akan menghambat penderitanya untuk melakukan aktivitas kegiatan seharian atau bekerja. Mengkonsumsi kulit buah kurma akan membantu penderita insomnia untuk kembali normal.

16. Kulit buah kurma bermanfaat untuk meningkatkan daya kerja otak

Lagi-lagi kandungan kalium didalam buah kurma yang dibahas. Kalium memang menjadi zat yang memiliki efek baik untuk tubuh. Dimana salah satunya ialah untuk memberikan ketajaman pada daya ingat seseorang. Dan tentunya manfaat ini sangatlah penting, agar otak bisa selalu dalam kondisi yang fresh.

17. Kulit buah kurma bermanfaat untuk kencatikan kulit

Tak hanya untuk kesehatan saja, ternyata kulit buah kurma juga bisa dimanfaat untuk kecantikan, misalnya saka untuk menghaluskan kulit anda. Dimana jika anda menginginkan untuk mendapatkan kulit yang lembab, maka rajinlah untuk mengkonsumsi olahan dari jus kulit kurma.

Manfaat dan Khasiat Kulit Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat lainnya kulit kurma untuk kesehatan

  1. Kulit buah kurma bermanfaat sebagai sumber yang Kaya akan polifenol
  2. Kulit buah kurma bermanfaat sebagai sumber Makanan Bebas Lemak Jenuh
  3. Kulit buah kurma bermanfaat untuk Mencegah penggumpalan Darah
  4. Kulit buah kurma bermanfaat untuk Menguatkan Gigi
  5. Kulit buah kurma bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran tubuh

Ternyata tak hanya dari buahnya saja terkandung nutrisi dan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun dari kulit buahnya-pun juga terdapat berbagai manfaat dan khasiat yang sangat baik untuk tubuh kita. Semoga informasi ini bisa memberikan wawasan kepada anda untuk lebih mengenal tentang khasiat dan manfaat dari kulit buah kurma ini untuk kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *