31 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Yuklihat.com – Jahe ialah sebuah jenis rempah-rempah yang sering kali digunakan oleh para ibu didalam masakan mereka. Sbenarnya ada banyak jenis jahe yang beredar dan diketahui oleh banyak orang. Salah satu dari beragam jenis jahe tersebut diantaranya adalah jahe merah. Jahe merah memiliki nama latin sebagai zingiber officinale var rubrum, yang menjadi salah satu jenis jahe yang memiliki kandungan yang cukup tinggi didalamnya. Dan kandungannya ini sangatlah memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan seseorang.

Baca Juga : 33 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Pengolahannya

Jahe merah memanglah terlihat memiliki ukuran yang lebih kecil ketimbang jenisan jahe-jahe yang diketahui. Namun anda tak usaha meremehkan manfaat dan khasiat yang diberikan oleh jahe merah ini untuk kesehatan. Jika dibandingkan dengan jenis-jenis jahe lainnya, maka jahe merah inilah yang memiliki manfaat dan khasiat yang palking banyak. Misalnya saja kandungan minyak asirin didalam jahe merah yang lebih banyak dari pada jahe lainnya. Lalu kira-kira apa sajakah manfaat yang diberikan oleh jahe merah ini untuk tubuh ? Yuk lihat dibawah ini.

Baca Juga : 20 Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Jahe Merah

Manfaat Jahe Merah untuk mengobati penyakit

Jahe merah walaupun termasuk jahe yang memiliki ukuran paling kecil jika dibandingkan dengan jenis jahe-jahe lainnya. Namun anda jangan sampai salah sangka dengan itu semua. Karena didalam jahe merah ini terkandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh seseorang. Dan jika dibandingkan dengan jenisan jahe lainnya, jahe merah ini bahkan lebih kaya manfaat dari pada jahe-jahe lainnya. Seperti apa saja manfaatnya ? Silahkan disimak.

1. Jahe merah bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Salah satu manfaat baik dari jahe ialah bisa membantu untuk melenarkan pembuluh darah seseorang, yang mana menjadikannya sebagai panas didalam tubuh. Selain itu, jahe juga mengandung sedikit kalori, sehingga tidak akan menyebabkan naiknya berat badan, walaupun dikomsumsi secara terus-menerus.

2. Jahe merah bermanfaat untuk menjaga kondisi jantung

Jika seandainya tubuh seseorang banyak menyinpan kandungan koleterol yang tidak baik didalamnya. Yang mana kolesterol tersebut berasal dari lemak hewani serta nabati, yang bisa memberikan dampak buruk pada jantung. Maka kandungan didalam jahe ini malahan sebaliknya, yaitu bisa membantu dalam menurunkan kadar trigliserida dan juga kolesterol yang berlebihan didalam tubuh.

3. Jahe merah bermanfaat untuk mengatasi mabuk perjalanan

Masalah mabuk disaat melakukan sebuah perjalanan memanglah sangat menggangu dan tidak membuat penderitanya nyaman. Namun dengan meminum wedang dari jahe merah, sebelum anda memulai perjalanan jauh, maka bisa membantu dalam menurunkan resiko anda terkena mabuk nantinya. Semua itu dikarenakan jahe memiliki sifat alami sebagai anti mual, serta nantinya akan membuat tubuh menjadi lebih hangat disaat mengkonsumsinya.

4. Jahe merah bermanfaat untuk mengatasi gangguan pada pencernaan

Sistem pencernaan seseorang yang sedang terganggu memang akan membuat aktivitas mereka menjadi terhambat. Misalnya saja seperti rasa sakit dan juga kram yang muncul disat datang bulan. Maka salah satu solusi alaminya ialah bisa mengkonsumsi air dari jehe merah secara rutin dalam membantu mengatasi masalah ini.

5. Jahe merah bermanfaat untuk mengatasi Morning Sickness

Biasa para ibu hamil akan merasakan rasa mual disat pagi hari, atau yang sering juga dikenal dengan istilah Morning sickness. Semua ini bisa diatasi dengan bantuan dari jahe merah. Anda hanya cukup meminum wedang yang terbuat dari jahe merah pada setiap paginya guna untuk membantu dalam mengatasi gangguain ini.

6. Jahe merah bermanfaat untuk mencegah kanker usus

Penyakit kanker memang menjadi sebuah mimpi buruk yang nyata bagi penderitanya. Namun salah satu penelitian yang dilakukan di Amerika serikat telah menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi jahe merah, maka bisa membantu untuk mengatasi masalah kanker, terkhususnya untuk kanker usus besar.

7. Jahe merah bermanfaat untuk mengobati masalah sakit kepala

Bekerja sepanjang hari, terkadang menimbulnya stres yang berlebih, dan hal ini juga bisa menjadi pemicu dari munculnya beragam penyakit, salah satunya ialah penyakut sakit kepala. Cobalah untuk mengkonsumsi secangkir wedang jahe yang beguna untuk membuat otak anda menjadi lebih fresh dan membantu tubuh untuk merasa lebih nyaman.

8. Jahe merah bermanfaat untuk mengobati alergi

Selain manfaat untuk mengatasi sakit kepala, ternyata jahe juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati alergi yang sedang anda derita. Semua itu dikarenakan didalam jahe terdapat senyawa yang memiliki sifat anti alergi. Yang mana bisa membantu anda dalam mengatasi masalah alergi.

9. Jahe merah bermanfaat untuk dan masuk angin

Masalah yang sering kali timbul pada sistem pencernaan ialah perut menjadi mual dan rasanya jadi ingin muntah. Kondisi yang seperti ini biasanya terjadi disaat seseorang mengalami masalah masuk angin. Dan salah satu solusi alami yang bisa dipilih ialah menggunakan air jehe. Yang mana nantinya akan membuat lambung anda menjadi lebih nyaman dan hangat.

10. Jahe merah bermanfaat untuk meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jika seandainya tubuh lebih kebal dari serangan penyakit, tentu saja sistem yang ada pada tubuh menjadi lebih terjaga dan sehat. Sistem kekebalan yang dikenal dengan nama sistem imun, bisa membantu dalam melawan bakteri jahat yang masuk ketubuh. Dan salah satu cara yang bisa anda lakukan guna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh ialah dengan mengkonsumsi wedang jahe secara teratur.

Manfaat Lainnya :

  1. Jahe merah bermanfaat untuk menyembuhkan rematik
  2. Jahe merah bermanfaat untuk menghilangkan gatal pada tenggorokan
  3. Jahe merah bermanfaat untuk mengontrol gula darah
  4. Jahe merah bermanfaat untuk melancarkan sistem peredaran darah
  5. Jahe merah bermanfaat untuk menangkal radikal bebas
  6. Jahe merah bermanfaat untuk membasmi bakteri dan zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh
  7. Jahe merah bermanfaat untuk obat kompres untuk menurunkan suhu tubuh
  8. Jahe merah bermanfaat untuk mengobati migraine atau sakit kepala sebelah
  9. Jahe merah bermanfaat untuk mengobati batuk berdahak dan kering
  10. Jahe merah bermanfaat untuk mengatasi masalah perut kembung yang diakibatkan oleh usus yang teriritasi
  11. Jahe merah bermanfaat untuk mengobati sakit gigi dengan dibuat berkumur
  12. Jahe merah bermanfaat untuk mengobati luka akibat bisa ular
  13. Jahe merah bermanfaat untuk mencegah peradangan
  14. Jahe merah bermanfaat untuk meringankan rasa nyeri saat haid
  15. Jahe merah bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada otot
  16. Jahe merah bermanfaat untuk mengatasi jerawat dengan cara mengoleskan karena yang berjerawat
  17. Jahe merah bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan pada anak
  18. Jahe merah bermanfaat untuk melegakan pernafasan
  19. Jahe merah bermanfaat untuk mengatasi gangguan seksual
  20. Jahe merah bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang
  21. Jahe merah bermanfaat untuk mengobati mual

Itulah tadi beberapa manfaat dan khasiat yang terkandung didalam tanaman jahe merah yang begitu bermanfaat bagi tubuh kita. Untuk itu janganlah takut lagi dalam mengkonsumsi jahe merah ini sebagai obat, atau penangkat berbagai masalah kesehatan yang sering kali diselepekan yang mana nantinya bisa menimbulkan bahaya yang lebih lanjut.

31 Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan | Miko Rudiansyah | 4.5