manfaat daun sirih untuk kesehatan, manfaat daun sirih bagi kesehatan, manfaat daun sirih merah

, , , , ,

32 Khasiat & Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Yuklihat.com – Semenjak lama nenek moyang sudah mengenal bahwa daun sirih memiliki khasiat dan manfaat yang dapat diandalkan untuk kesehatan tubuh. Bahkan mereka juga mempercayai bahwa daun sirih ini dapat dijadikan obat untuk menyembuhkan dan mengatasi berbagai jenis penyakit. Dimana pada waktu itu masih belum ditemukan obat dan teknologi yang canggih seperti saat sekarang ini. Seperti yang banyak diketahui, bahwa daun sirih ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan gigi, dengan cara mengunyahnya.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Nasi Jagung Untuk Diabetes Dan Pengolahannya

Walaupun dikala itu teknologi masih belum maju, akan tetapi mereka menetapkan bahwa daun sirih tersebut memiliki manfaat dan khasiat karena mereka telah mencobanya sendiri, yakni dari pengalaman mereka sendiri. Sering kali banyak kita temukan berbagai jenis obat yang terdapat di apotik, menggunakan daun sirih ini didalam komposisinya. Dan hal ini juga sekaligus menunjukkan bahwa khasiat dan manfaat dari daun sirih ini benar-benar nyata keberadannya.

Sebelum kita membahas lebih mendalam tentang khasiat & manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan. Alangkah lebih baiknya kita melihat juga beberapa kandungan baik yang ada didalam daun sirih ini. Daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri yang meliputi beberapa minyak lainnya. Seperti minyak terbang (batlephenol), pati, seskuiterpen, gula, diatase, dan zat samak serta kavikol. Dimana salah satu khasiat dari minyak ini diketahui bisa bergunna untuk mematikan kuman, berbagai jenis jamur, dan juga antioksidasi serta fungsida.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Nasi Jagung Untuk Diet Dan Cara Pengolahannya

Selain itu daun sirih ini memiliki manfaat dan khasiat luar yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang, dan juga dijadikan obat kumur yang dapat bermanfaat untuk mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, obat sariawan, hemostatik, radang ternggorokan dan lain sebagainya. Lalu apa cuman itu saja khasiat dan manfaat daun sirih untuk kesehatan ? Tentu saja tidak, berikut adalah manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan.

Manfaat daun sirih untuk kesehatan

manfaat daun sirih, khasiat daun sirih, manfaat dan khasiat daun sirih untuk kesehatan

1. Manfaat daun sirih untuk mengobati asma

Langkah yang dapat anda lakukan untuk membuat daun sirih menjadi ramuan obat untuk penyakit asma ialah dengan menyiapkan sekitar 4-5 lembar daun sirih, lalu merebusnya kedalam dua gelas air hingga hanya menyisakan 1 gelas saja. Lalu kemudian minumlah air rebusan daun sirih ini secara rutin sekitar 2-3 gelas didalam seharinya.

2. Manfaat daun sirih untuk mengobati radang tenggorokkan

Penerapannya sendiri, sangatlah sederhana, anda hanya tinggal mengikuti cara pembuatannya, yang sama dengan manfaat nya untuk penyakit asma diatas.

3. Manfaat daun sirih untuk meredakan dan mengobati batuk

Cara pengolahan daun sirih untuk menyembuhkan dan meredakan batuk ialah dengan cara menyiapkan sebanyak 5 lembat daun sirih, kemudian rebuslah kedalam 300ml air, dan minumlah ramuan ini tiga kali didalam seharinya untuk meredakan batuk.

4. Manfaat daun sirih untuk mengobati demam berdarah

Silahkan anda siapkan sebanyak 5 hingga 6 lembat daun sirih. Lalun kemudian rebuslah didalam dua gelas air, hingga nantinya hanya mengisakan sebanyak 1 gelas saja. Selanjutnya silahkan anda minum ramuan tersebut secara rutin sebanyak 2x sehari.

5. Manfaat daun sirih untuk mengobati iristasi atau merah pada mata, dan sakit mata

Khasiat daun sirih selanjutnya ialah bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah iritasi yang terjadi pada mata, hingga sakit mata. Caranya sendiri ialah dengan merebus sebanyak 2 lembar daun sirih dengan 1 cangkir air hingga warnanya menjadi kemerahan dan hanya menyisakan setengahnya saja. Dan untuk penerapannya, silahkan anda gunakan menjadi obat tetes, atau juga bisa dengan mencuci mata dengan air ramuan ini.

6. Manfaat daun sirih untuk melancarkan haid

Bagi kaum wanita, masalah haid memang sangat mengganggu. Dimana salah satu solusi alami, yang dapat dilakukan ialah dengan memanfaatkan daun sirih. Dimana, anda hanya cukup menyiapkan sebanyak 3 lembar daun sirih. Lalu 10 gram mahkota dewa, dan juga 15 gram ibu dewa yang semuanya direbus didalam 2 gelas air hingga hanya menyisakan 1 gelas saja. Minumlah ramuan ini secara rutin pada setiap harinya. Agar manfaat daun sirih ini bisa lebih terasa.

7. Manfaat daun sirih untuk mengatasi keputihan

Keputihan pada area kewanitaan merupakan sebuah gangguan yang sering dialami oleh kebanyakan wanita. Keputihan sendiri biasanya berbuntut pada timbulnya rasa gatal yang amat menggangu sekali. Dan anda sama sekali tidak boleh menganggap remeh keputihan ini, karena merupakan salah satu gejala dari kanker serviks. Keputihan sendiri bisa dibantu mengatasinya dengan bantuan daun sirih. Yakni anda hanya perlu menyiapkan sebanyak 10 lembat daun sirih yang masih dalam keadaan hijau tua. Lalu rebuslah daun ini didalam 250 ml air. Setelah dingin, silahkan cuci organ kewanitaan anda, setiap 1 kali didalam seharinya.

8. Manfaat daun sirih untuk obat penyakit bronchitis

Penerapan daun sirih untuk menjadi obat penyakit bronchitis ialah dengan cara merebus sebanyak 10 lembar daun sirih ini didalam 300 ml air hingga matang. Dan hanya menyisakan setengahnya saja. Dan minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali didalam sehari dengan rutin setiap 2 harinya.

Baca Juga : 16 Manfaat & Khasiat Nasi Jagung Untuk Kesehatan

9. Manfaat daun sirih untuk mengobati luka bakar ringan

Caranya sendiri, ialah dengan menghaluskan sebanyak 5 lembar daun sirih dengan cara menumbuknya. Selanjutnya tambahkan sebanyak 2 sendok teh madu. Urapkanlah ramuan ini ke luka bakar secara merata, dan terapkanlah cara ini sebanyak 2 sampai 3 kali didalam seharinya pada saat pagi, siang, dan juga malam harinya menjelang sebelum tidur.

10. Manfaat daun sirih untuk menghilangkan bau mulut yang tak sedap

Seseorang yang rajin menggosok gigi, belum tentu memiliki aroma mulut yang baik. Akan tetapi masalah ini bisa anda bantu mengatasinya dengan daun sirih. Dimana daun sirih memiliki manfaa dan khasiat untuk mengatasi bau mulut. Caranya ialah dengan berkumur-kumur dengan rebusan daun sirih ini. Atau juga bisa meminumnya sebagai jamu.

11. Manfaat daun sirih untuk obat penyakit jantung

Salah satu manfaat yang cukup mengejutkan, ialah daun sirih bisa dimanfaatkan untuk mengobati penyakit jantung. Caranya ialah dengan menghaluskan sebanyak 3 lembar daun sirih, 3 siung bawang merah, 1 sendok jintan putih, dan juga biji kemukus sebanyak 7 pasang. Dan selanjutnya tambahkan sebanyak beberapa sendok air panas. Saringlah ramuan ini, dan minum sebanyak 2 kali didalam seharinya.

12. Manfaat daun sirih untuk mengobati gusi berdarah

Masalah gusi yang berdarah bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit, termasuk salah satunyta panas dalam. Tapi semua ini bisa anda bantu mengatasinya dengan bantuan daun sirih. Karena daun sirih memiliki manfaat dan khasiat untuk mengatasi gusi berdarah ini. Caranya ialah dengan merebus 10 lembar daun sirih dan 4 gelas air, hingga mendidih. Gunakanlah air ini untuk berkumur-kumur sebanyak 3 kali didalam sehari.

13. Manfaat daun sirih untuk sakit gusi dan sariawan

Anda yang mengalami masalah gusi dan juga sariawan, bisa menerapkan cara no 12 sebagai obat untuk mengatasi masalah tersebut.

14. Manfaat daun sirih untuk menghilangkan bau badan

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Fiforlif Untuk Kesehatan

Selain bisa memberikan khasiat dan manfaat untuk bau mulut yang tak sedap, ternyata daun sirih juga bisa diandalkan dalam menghilangkan bau badan yang menngganggu. Caranya yaitu dengan menyiapkan sebanyak 10 lembar daun sirih serta 4 gelas air, yang nantinya kedua bahan ini akan direbus sehingga hanya menyisakan 2 gelas saja. Minumlah ramuan ini secara rutin sebanyak 2x didalam seharinya, agar efek penghilang bau badan bisa lebih maksimal.

15. Manfaat daun sirih untuk membersihkan kuman dari mulut

Kuman memang menjadi penyabab dari gangguan yang sering dirasakan oleh banyak orang, misalnya saja seperti masalah radang tenggorokkan, sariawan, hingga bau mulut tak sedap. Namun dengan memanfaatkan daun sirih, anda bisa membantu untuk mengurangi kuman jahat yang terdapat di mulut, yakni dengan berkumur-kumur mengguanakan air daun sirih, atau meminumnya.

16. Manfaat daun sirih untuk menghilangkan keringat berlebih

Keringat merupakan cairan tubuh yang sering menyebabkan hadirnya aroma yang tak sedap. Apalagi jika keringat yang keluar dalam jumlah yang berlebihan, dan masalah ini sering kali dialami oleh kaum pria. Solusinya ialah dengan memanfaatkan daun sirih, untuk mengatasinya.

17. Manfaat daun sirih untuk mengatasi payud*ra yang membengkak

Jika seandainya anda merasakan nyeri pada area payud*ra maka langkah yang bisa anda lakukan untuk mengatasi nyeri tersebut ialah, dengan mengambil beberapa lembat daun sirih. Dan kemudian memanggangnya hingga layu, dan menempelkannya pada area payud*ra anda yang nyeri dan bengkak.

18. Manfaat daun sirih untuk mengurangi produksi ASI yang berlebih

Sebenarnya produksi ASI yang berlebih, tidak memiliki dampak buruk baik untuk ibu maupun sang anak. Akan tetapi terkadang para ibu sering merasa risih dengan ini semua. Dan cara mengatasinya yaitu dengan mengambil sebanyak 4 lembar daun sirih, lalu mengoleskannya dengan minyak kelapa. Lalu kemudian pangganglah hingga hangus. Setelah itu anda bisa menerapkan ke area payud*ra dalam keadaan yang masih hangat.

19. Manfaat daun sirih untuk ramuan selama masa nifas atau setelah melahirkan

Caranya silahkan siapkan sebanyak 2-5 lembat daun sirih yang masih hijau tua. Selanjutnya rebuslah dengan 4 gelas air hingga menyusut menjadi setengahnya. Setelah itu minumlah rebusan itu setiap 1x seharinya.

20. Manfaat daun sirih untuk diare

Baca Juga : Manfaat & 40 Khasiat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Diare menjadi salah satu masalah yang sangat menggangu bagi kebanyakan orang. Dan salah satu solusi alami yang dapat anda terapkan ialah dengan memanfaatkan daun sirih. Caranya yaitu siapkan sebanyak 4-6 lembat daun sirih, minyak kelapa sebanyak 1 sendok, dan juga 6 biji lada yang ditumbuk bersamaan hingga halus. Lalu selanjutnya gosokan pada perut, hingga diare anda menjadi berhenti.

21. Manfaat daun sirih untuk obat mimisan darurat

Pendarahan yang terjadi pada area hidung, atau yang lebih sering disebut dengan memimisan bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Dan dengan bantuan daun sirih, akan membantu mimisan anda untuk diatasi. Caranya yakni dengan menggulung daun sirih dan memasukkannya kedalam hidung yang sedang mengalami mimisan secara perlahan-lahan hingga sampai mimisan bisa berhenti.

22. Manfaat daun sirih untuk obat maag

Anda yang penderita maag, terkadang disaat kambuh memang begitu mengganggu dan menyakitkan. Dan salah satu ramuan alami yang bisa anda coba yakni dengan memanfaatkan daun sirih. Caranya, siapkan sebanyak 7 lembar daun sirih rebuslah dan minum selagi masih hangatnya.

23. Manfaat daun sirih untuk obat radang paru-paru

Silahkan siapkan sebanyak 5-7 lembar daun sirih merah yang masih tua. Selanjutnya tambahlam sebanyak 500ml air dan rebus sampai menyisakan setengahnya saja. Dan minumlah secara rutin sebanyak 3x dalam seharinya.

24. Manfaat daun sirih untuk mengobati sakit gigi berlubang

Disaat sakit gigi mulai kambuh, biasa sering dipicu oleh gejala panas dalam. Dan obat yang cukup ampuh dan alami dalam mengatasi sakit disaat gigi berlubang yaitu dengan bantuan daun sirih. Caranya rebuslah sebanyak 5 lembat daun sirih didalam 2 gelas air hingga mendidih. Dan gunakan rebusan daun sirih ini untuk berkumur-kumur. Lakukan secara rutin, agar masalah sakit gigi dapat teratasi.

25. Manfaat daun sirih untuk gatal-gatal karena alergi

Caranya, silahkan anda sediakan sebanyak 6 lembat daun sirih, 1,5 sendok makan minyak kayu putih, dan 1 potong jahe. Berikutnya tumbuklah bahan tadi secara bersamaan hingga halus, dan kemudian silahkan anda oleskan ke kulit yang sedang mengalami gatal-gatal karena alergi

26. Manfaat daun sirih untuk obat asam urat

Baca Juga : Khasiat & 13 Manfaat Jagung Bagi Ibu Hamil Dan Bayinya

Penerapannya yaitu, dengan merebus sebanyak 8 lembar daun sirih muda, dengan 500 ml air hingga hanya menyisakan 3 gelas aja. Dan minumlah ramuan yang sudah di buat ini sebanyak 3 kali didalam seharinya yaitu sebanyak 75ml.

Manfaat daun sirih untuk kecantikan kulit dan wajah

manfaat daun sirih untuk mata, manfaat daun sirih untuk wajah, manfaat daun sirih bagi wanita

27. Manfaat daun sirih untuk menghaluskan kulit wajah yang kasar.

Didalam mengatasi masalah kulit wajah yang kasar dengan bantuan daun sirih, caranya yaitu dengan menumbuk 5 lembat daun sirih yang masih segar, dan kemudian menambahkannya dengan 1 sendok teh madu murni, selanjutnya aduk merata hinngga menyerupai pasta atau bahkan masker wajah. Dan silahkan anda terapkan ramuan ini kebagian wajah anda hingga leher anda, sekitar kurang lebih 15 menit lamanya. Dan kemudian akhirnya dengan mencuci kembali menggunakan air hangat. Silahkan terapkan cara ini sekitar seminggu 2x.

28. Manfaat daun sirih untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat

Daun sirih juga dikenal ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cara membuat ramuan yang sangat sederhana. Yaitu siapkanlah 10 lembar daun sirih hikau, dan tumbuklah hingga halus. Sesudah itu siapkan 1 liter air dan rebuslah bahan tadi hingga bersana kemerahan. Dan silahkan anda lakukan cuci wajah secara rutin menggunakan ramuan yang sudah dibuat ini.

29. Manfaat daun sirih untuk mengatasi kulit berminyak

Anda bisa mengatasi masalah kulit yang mengeluarkan minyak secara berlebihan dengan memanfaatkan khasiat dari daun sirih. Caranya yaitu dengan merebus sebanyak 10 lembar daun sirih didalam 1 liter air hingga mendidih. Setelah cukup dingin, silahkan anda cuci wajah anda pada pagi dan sore harinya. Dan silahkan lihat hasilnya selama seminggu.

30. Manfaat daun sirih untuk mencerahkan kulit wajah kusam

Masalah kulit kusam juga menjadi masalah yang sering dialami oleh kebanykan orang. Namun anda tak perlu kawatir. Karena anda bisa memanfaatkan kandungan baik didalam daun sirih yang berkhasiat untuk mengatasi wajah kusam. Caranya sama dengan membuat ramuan untuk mengatasi kulit berminyak diatas.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Jagung Hitam Untuk Kesehatan Dan Anti Diabetes

31. Manfaat daun sirih untuk mencegah penuan dini

Masalah keriput yang terjadi pada wanita merupakan sebuah hal yang umum untuk terjadi. Namun anda bisa mencegah dan memperlambatnya dengan bantuan ramuan dari daun sirih. Caranya yaitu silahkan anda siapkan sebanyak 6 lembat daun sirih merah, 100 gram kacang hijau, serta 10 biji kurma, dan 40 gram gingseng talinum. Dan rebuslah kesemua bahan mengguanakn 4 gelas air hingga nantinya hanya menyisakan 2 gelas saja. Jangan lupa tambahkan dengan 2 sendok makan madu dan juga jeruk. Aduk ratalah kesemua bahan ini. dan minum ramuan ini sekali dalam 1 minggu, sebanyak 1 gelas saja.

32. Manfaat daun sirih untuk mencegah munculnya jerawat

Banyak sekali hal yang menjadi faktor penyebab munculnya jerawat. Baik itu dari makanan yang dikonsumsi, hingga faktor internal dan eksternal lainnya. Namun masalah jerawat yang begitu menggangu percaya diri ini bisa anda atasi dengan bantuan daun sirih.

Itu tadi pembahasan kita tentang “Khasiat dan manfaat daun sirih untuk kesehatan dan kecantikan” Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mencari infomasi yang anda maksud. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *