Manfaat & Khasiat Kulit Petai (pete) Untuk Kesehatan dan Tanaman

, , ,

6 Manfaat & Khasiat Kulit Petai (pete) Untuk Kesehatan dan Tanaman

Yuklihat.com – Petai merupakan salah bsatu jenis pohon yang bisa dimanfaatkan setiap tahunnya yang tergolong kedalam suku polong-polongan. Hal yang sangat begitu khast dari petai ini ialah aromanya yang bagi sebagian orang tidak sedap yang layaknya seperti aroma pada jengkol. Pada bagian kulit petai sendiri memiliki bentuk yang lebih tebal dan besar, layaknya seperti pada jenis petai cina atau lamtoro. Hampir sama dengan lamtoro, tanaman petai ini juga sering diolah dalam bentuk lalapan dan cukup banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga : 26 Manfaat dan Khasiat Sayuran Jonghe Untuk Kesehatan

Selain lalapan olahan lainnya yang bisa dimasukkan petai atau yang bisa disebut dengan nama pete ini ialah seperti pada masalakan tumisan sayur, londeh, bahkan juga menjadi teman disaat makan sambal. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa banyak orang yang tidak menyukai buah ini karena aroma dan bau yang begitu menggangu bagi sebabagian orang. Namun pada kenyataannya juga tak sedikit orang yang menjadi peminat dari buah yang satu ini.

Baca Juga : 26 Manfaat dan Khasiat Komugi (Gandum Jepang) Untuk Kesehatan

Buah petai ini memiliki banyak sekali manfaat, misalnya saja sebagai obat untuk anemia, meningkatkan kemampuan dari otak, mencegah datangnya stroke, mengobati masalah sembeli dan berbagai hal lainnya. Berbagai cara orang mengkonsumsi buah pete ini kebanyakan dengan hanya mengambil bagian bijinya saja untuk dikonsumsi. Sehingga kulitnya tidak dimanfaatkan dan hanya dibuang saja ke tempat sampah. Namun ternyata bagian kulit pada petai ini juga memiliki manfaat yang begitu berguna bagi tubuh kita.

Baca Juga : 26 Manfaat Junggul Untuk Kesehatan

Salah satunya ialah sebuah senyawa yang bernama fenolik, yang fungsinya untuk menjadi antioksidan alami, yang bisa membantu untuk menangkal radikal bebas yang masuk ketubuh kita. Jadi janganlah sampai anda terlalu buru-buru untuk membuang kulit dari tanaman petai ini setelah sebelumnya sudah mengambil isinya. Karena anda akan melewatkan manfaat yang terkandung didalam kulit petai ini. Berikut ini kami akan membahas beberapa manfaatnya untuk anda. Silahkan disimak.

Manfaat & Khasiat Kulit Petai (pete) Untuk Kesehatan dan Tanaman

1. Kulit petai bermanfaat untuk menjadi anti penuaan

Anda yang memiliki masalah pada penuaan, dan menginginkan untuk bisa lebih lama terlihat awet muda mungkin menjadi impian yang sangat ingin diwujudkan oleh banyak orang, termasuk anda. Selain bisa menggunakan media olahraga untuk selalu menejaga tubuh agar selalu sehat dan awet muda, anda juga harus memperhatikan juga tentang makanan apa saja yang anda konsumsi. Salah satunya ialah mengkonsumsi obat penuaan alami yang didapatkan dari kulit petai.

Didalam kulit dari buah yang memiliki aroma khas ini terkandungan sebuah senyawa yang bernama asam fenolik, dimana fungnya ini sangat berguna dan bermanfaat untuk menjadi anti penuaan alami bagi tubuh kita. Selain itu senyawa ini juga bisa mengisi peran sebagai pencegah untuk tumbuhnya bergam sel yang tidak nolmal pada tubuh anda. Khasiat lainnya seperti bisa meningkatkan kekebalan tubuh, dan memberikan kelancaran pada sirkulasi darah, juga bisa anda dapatkan dari kulit yang sering kali tidak dimanfaatkan oleh banyak orang ini.

2. Kulit petai bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular

Selain didalam kulit petai terkandung zat yang dapat menjadi anti penuaan, ternyata kulit petai petai juga bisa untuk memberikan manfaat sebagai anti inflamasi, anti pembekuan, serta lainnya yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular anda. Untuk kardiovaskular sendiri merupakan sistem dari tubuh manusia yang terdiri dari beberapa organ penting, seperti jantung, komponen darah, dan juga pembuluh darah.

Dimana perannya sendiri sebagai memberi suplai terhadap oksigen dan juga nutrisi untuk masuk kesemua jaringan tubuh disaat terjadinya proses metabolisme pada tubuh seseorang. Lalu sedangkan untuk penyakit kardiovaskular sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung.

3. Kulit petai bermanfaat untuk menjadi penjernih pada minyak goreng

Anda yang doyan masak, mungkin minyak goreng menjadi salah satu bahan yang sangat penting disaat melakukan kegiatan masak memasak anda. Dan pastinya nantinya sesudah memasak dengan cara menggoreng menggunakan minyak goreng secara berulang akanmenyisakan minyak bekas. Dimana didalam minyak goreng bekas ini terkandung berbagam sumber penyakit berbahaya karena ulah dari radikan bebas yang ada didalamnya.

Namun terkadang cara membuang minyak goreng, akan menjadi terasa sayang untuk dilakukan karena sisanya dalam jumlah banyak. Namun jika digunakan bisa mengancam kesehatan kita dan orang-orang terdekat kita. Namun masalah ini bisa dibantu dengan adanya kulit dari petai atau pete, buah yang memiliki aroma khas ini bisa membantu untuk menjernihkan minyak goreng kas anda sehingga nantinya akan tersaring dan menjadi bisa digunakan lagi. Senyawa yang bernama fenolik yang badad didalamnya bisa menghilangkan radikan bebas dengan cepat serta akan menjernihkan kembali minyak goreng anda.

Selain bisa memberikan efek menjernihkan. Kulit petai juga akan menghilangkan bau tengik yang ada pada minyak goreng bekas. Dengan adanya bantuan dari petai yang memiliki bau yang cukup banyak tidak sukai oleh banyak orang ini, minyak goreng bekas anda bisa kembali digunakan untuk memasak dan menggoreng.

4. Kulit petai bermanfaat untuk mengobati diabetes

Penyakit diabetes merupakan mimpi buruk bagi kebanyak orang diberbagai negara. Penyakit yang terjadi karena tingginya kadar gula darah karena ketidaknormalan insunlin sekresi insulin ini, bisa dibantu pengobatannya menggunakan kulit dari tanaman yang memiliki bau tak sedap, yakni ialah petai atau pete. Untuk cara pengolahannnya sendiri ialah dengan cara memotong menjadi bentuk kecil-kecil kulit petai, lalu setelah itu silahkan anda masukkan kedalam ketupa.

Dan kemudian rebuslah ketupat tersebut kedalam 3 gelas air panas sehingga nantinya air tersebut hanya menyisakan 1 gelas saja, selainjutnya tambahkanlah gula merah. Dan kemudian setelah selesai saringlah air tersebut, kemudian konsumsilah ramuan sehar ini secara teratur yakni sekitar dua kali didalam seharinya, untuk mendapatkan khasiat yang maksimal.

5. Kulit petai bermanfaat untuk menyuburkan tanaman

Jika seandainya anda tidak menyukai pengkonsumsian kulit petai atau pete, secara langsung begitu saja. Sebaliknya anda tidak membuang terlebih dahulu kulit dari tanaman yang memili aroma khas ini. Karena sebetulnya anda masih dapat memanfaatkannya untuk hal yang lebih bermanfaat lainnya. Yakni bisa membantu untuk menyuburkan tanaman anda.

Kulit dari buah tanaman petai yang memiliki terkstur tebal dan juga kaku ini bisa memiliki peran positif didalam menjadi insektisida dan juga fungisida yang alamai. Sehingga nantinya tanaman anda akan menjadi lebih sehat dan juga dapat tumbuh dengan cepat, karena hama yang sering menghinggapi tanaman anda jadi lenyap dengan cepat.

6. Kulit petai bermanfaat untuk mengobati masalah asam urat

Masalah asam urat bisa menyebabkan timbulnya rasa nyeri yang sangat kuat. Terjadinya pembengkakan, dan juga rasa panas yang terdapat pada area persendiran. Kebanyak laki-laki yang sudah berusia diatas 30 tahun mengalami penyakit yang bergitu amat mengganggu ini. Namun tidak menutup juga kemungkinan terhadapa para wanita yang berusia sama.

Namun penyakit yang amat menggangu penderitanya ini bisa dibantu meredakannya dengan bantuan dari kulit tanaman yang cukup banyak tak sukai oleh banyak orang yakni ialah kulit dari petai atau juga banyak menyebutkan dengan nama pete. Kulit buah petai bisa dimanfaatkan untuk mengobati masalah sakit asam urat.

Dengan cara selalu mengkonsumsi air rebusan dari kulitnya secara teratur, yakni sekitar 4 sampai 7 hari. Setalah itu, nantinya anda akan merasakan manfaatnya pada tubuh anda. Yakni pada penyakit asam urat anda, yang akan membuatnya menjadi terasa lebih baik.

Ternyata kulit dari buah yang memiliki aroma yang begitu menggangu. Dan tak disukai oleh sebagian orang ini memiliki berbagai manfaat dan juga khasiat yang sangat bisa diandalkan didalam kesehatan dan fungsi lainnya. Semoga nantinya anda bisa lebih menghargai kulit dari buah ini, dengan cara tidak membuangnya begitu saja. Dan memanfaatkan segala manfaat baik yang terkandung didalam kulit petai atau pete ini. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan terhadap anda. Agar lebih mengenal manfaat dan khasiat yang bisa kita ambil dari kulit petai atau kulit pete.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *