Manfaat & Khasiat Bunga Ekor Kucing Untuk Kesehatan dan Pengobatan

, , , ,

7 Manfaat & Khasiat Bunga Ekor Kucing Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Yuklihat.com – Tanaman bunga ekor kucing memang tidak semua orang mengetahuinya. Karena tumbuhan ini masih begitu asing ditelinga banyak orang. Biasanya tanaman bunga ekor kucing sering ditanaman sebagai tanaman hias karena kecantikan yang terpancar dari bunga ini. Namun ternyata tanaman bunga ekor kucing ini tak hanya memiliki nilai yang baik didalam estetika saja. Dimana didalam bunga ekor kucing ini terkandung berbagai khasiat dan manfaat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh kita. Tanaman bunga ekor kucing memiliki nama ilmiah Acalypha hispida.

Baca Juga : 34 Manfaat & Khasiat Buah Bit Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dimana karena bentuknya yang begitu unik maka banyak orang mengenalnya dengan sebutan bunga ekor kucing, ekor kera, luncuran, ikan kutung, lofiti, atau bahkan wungu. Didaerah jawa sendiri biasanya orang-orang menyebut bunga ini dengan nama bunga buntut kucing, sedanglah untuk wilayah Sunda masyarakat sana mengenalnya dengan nama bunga tali anjing, dan begitu juga dengan masyarakat di Bali yang menyebutnya dengan nama bunga ikut lutung.

Baca Juga : 21 Manfaat & Khasiat Daun Kemangi Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Walaupun namanya banyak sekali, tapi bunganya tetaplah sama. Sebenarnya tanaman ini berasal dari daerah Hindia Barat dan memiliki bentuk pada bagian bunganya yang sangat mirip dengan ekor kucing dengan warna yang tampak kemerahan tua dan juga muda. Bagian-bagian dari tumbuhan bunga ekor kucing ini yang sering kali dimanfaatkan ialah pada bagian bunga dan juga daunnya. Lalu apa sajakah manfaat yang terkandung didalam bunga ekor kucing untuk kesehatan dan pengobatan ? Silahkan disimak berikut ini.

Baca Juga : 22 Manfaat dan Khasiat Kulit Kurma Untuk Kesehatan

Manfaat & Khasiat Bunga Ekor Kucing Untuk Kesehatan dan Pengobatan

1. Manfaat bunga ekor kucing untuk mengobati muntah darah

Bunga ekor kucing dipercaya dapat digunakan untuk menghentikan muntah darah yang diderita oleh seseorang. Cara penerapannya sendiri cukuplah mudah, yakni hanya dengan mengambil beberapa bunga ekor kucing, lalu cucilah bersih bunga yang sudah diambil. Selanjutnya campurkan dengan beberapa bahan lainnya, yakni pinang puting, sedikit campuran jahe, daun pulai muda, dan juga kencur.

Selanjutnya kunyahlah mentah-mentah, dan kemudian telanlah. Konsumsilah bahan-bahan tersebut setiap harinya sampai muntah darah mereda. Penambahan sedikit gula bisa dilakukan, jika seandainya anda tidak tahan dengan rasanya.

2. Manfaat bunga ekor kucing untuk membantu penyembuhan vitiligo

Vitiligo merupakan suatu keadaan yang mana kulit seseorang menjadi kehilangai pgmentasi, dan menyebabkan munculnya bercak-bercak yang berwarna putih yang sama sekali tidak merata. Penyakit ini memanglah tidak berbahaya atau bahkan mematikan, namun sangat memberikan dampak buruk pada penampilan si penderitanya. Sering kali para penderita penyakit ini merasa kurang pede dengan bercak yang ditimbulkan oleh penyakit ini.

Namun bunga ekor kucing dapat membantu untuk meningkatkan kembali pigmentasi pada kulit si penderita, dan membantu untuk meratakan warna dari kulit si penderita. Penerapannya sendiri, ialah dengan cara mengambil segengam daun ekor kucing, lalu kemudian haluskan secara bersama dengan kencur yang sebelumnya sudah dicuci hingga bersih sebesar setengah ruas ibu jari. Selanjutnya bubuhkanlah pada kulit yang memiliki bercak putih, dan selanjutnya balutlah dengan perban. Lakukan pengobatan ini secara rutin, agar efeknya semakin maksimal.

3. Manfaat bunga ekor kucing untuk menghentikan eliran darah yang terjadi pada luka terbuka

Jika seandainya anda pernah mengalami luka yang mengeluarkan banyak sekali darah. Maka dengan bantuan bunga ekor kucing bisa membantu masalah ini. Dimana bunga ekor kucing akan dengan cepat menghentikan pendarahan yang sedang mengalir. Caranya ialah dengan mengambil beberapa bunga ekor kucing, dan kemudian mencucinya hingga bersih. Selanjutnya tumbuklah hingga sampai menjadi lembut. Lalu tempelkan bunga ekor kucing yang sudah ditumbuk tadi pada bagian luka anda. Dan jangan lupa untuk memberikan perban yang bersih.

4. Manfaat bunga ekor kucing untuk mengobati diare parah (disentri)

Disendiri sendiri terjadi karena adanya infeksi yang menyerang bagian salurah usus yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya diare yang parah, yang disertai dengan keluarnya lendir dan juga darah. Disaat mengalami disentri ini biasanya pada penderita akan sering merasakan mau buang air besar, namun feses si penderita akan menjadi cair, menyerupai air.

Gejala yang biasanya timbul dari penyakit pencernaan ini ialah, seperti adanya rasa mual yang pada akhirnya menjadi muntah, demam, rasa kram yang terjadi pada bagian perut. Salah satu bahan yang dapat dimanfaatkan untuk mengobato disentri ini ialah bunga ekor kucing. Caranya cukup cuci bersihlah bunga ekor kucing secukupnya, lalu kemudian rebus dengan air mendidih. Selanjutnya diamkan hingga dingin. Dan minumlah ramuan tersebut hingga disentri menjadi mereda.

5. Manfaat bunga ekor kucing untuk mengobati radang usus

Manfaat lainnya dari bunga ekor kucing ialah bisa untuk menyembuhkan rada pada area usus yang biasanya sering kali menyerang para penderita maah yang parah. Penyakit radang usus ini biasanya muncul dengan disertai gejala rasa mual dan muntah. Rasa kram pada perut, dan diare yang tak kunjung sembuh.

Tanaman bunga ekor kucing ini bisa membantu untuk mengobati radang usus. Yakni dengan cara menyiapkan sekitar 20 gram tanaman bunga ekor kucing, lalu cucilah hingga bersih. Selanjutnya silahkan rebus didalam satu gelas air dan tunggu hingga mendidih. Diamkan hingga dingin, dan minumlah air rebusan tersebut secara rutin.

6. Manfaat bunga ekor kucing untuk membantu mengobati cacingan

Penyakit cacingan biasanya sering diderita oleh anak-anak. Namun tidak menutup kemungkinan untuk diderita oleh orang dewasa. Biasanya pada anaknya, sering kali menunjukkan gejala seperti badan yang semakin kurus, walaupun mereka sudah banyak makan. Cacing yang menyebabkan cacingan ini biasanya tumbuh pada bagian pencernaan sesorang anak.

Dan mereka akan menyerap berbagai nutrisi yang terdapat didalam makanan yang masuk kedalam tubuh anak-anak. Salah satu obat alami yang bisa dipilih untuk mengobati cacingan ialah dengan bunga ekor kucing. Caranya ialah dengan menyiapkan sebesar 15 gram bunga ekor kucing. Selanjutnya cucilah hingga bersih serta rebuslah bunga tersebut. Selanjutnya saringlah airnya, dan minumlah secara rutin pada setiap pagi.

7. Manfaat bunga ekor kucing untuk membantu penyembuhan penyakit kusta

Penyakit kusta atau juga disebut lepra, merupakan sebuah penyakit yang menyerang area kulit, bagian mata, selaput lendir pada saluran pernapasan atas, hingga sistem saraf perifer. Sistem saraf yang diserang oleh penyakit ini akan menjadi mati rasa. Namun penyakit ini bisa dibantu penyembuhannya dengan tanaman bunga ekor kucing. Yakni dengan cara mengambil daun bunga ekor kucing secukupnya, sera dengan satu siung kecil dari kencur.

Kemudian cucilah bahan tersebut hingga bersih. Lalu kemudian tumbuklah hingga menjadi lembut yang menyerupai seperti pasta. Selanjutnya silahkan oleskanlah ramuan tersebut kebagian yang terkena penyakit kuasta. Lakukanlah perawatan ini secara rutin, yakni sekitar 2 kali didalam sehari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *