25 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat Dan Ampuh

25 Cara Memanjangkan Rambut – Memiliki rambut yang indah serta panjang dan lebat merupakan keinginan yang banyak di impikan oleh para wanita. Selain hal tersebut bisa mendongkrang penampilan seorang wanita, yakni membuat mereka lebih terlihat cantik, rambut yang panjang juga memberikan kesan feminim terhadap wanita.

Walaupun tak semua orang menyukai rambut panjang, seperti mereka pecinta model rambut bob yang cukup menjadi tren, akan tetapi terkadang model rambut panjang inilah yang membuat seseorang menjadi rindu dan ingin memilikinya lagi. Dan apakah kamu termasuk orang yang merasakan hal demikian ? dan kepengen memiliki rambut panjang kembali ?

Baca Juga : 26 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Metode Medis

Jika iya, mungkin beberapa cara memanjangkan rambut berikut ini bisa membantu kamu dalam mewujudkan keinginan kamu tersebut. Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara memanjangkan rambut, alangkah lebih baiknya jika kita melihat dulu atau melihat sekilas tentang rambut panjang berikut ini. Silahkan disimak.

Sekilas tentang rambut panjang

cara memanjangkan rambut dalam seminggu

Rambut merupakan sebuah mahkota bagi seorang manusia, termasuk juga wanita. Akan tetapi, apa sih yang kamu ketahui mengenai rambut ini ? Seperti yang dilansirkan oleh WebMD, yang kamu kutip dari OhGitu.id, rambut seseorang manusia terbagi menjadi dua bagian, dimana adalah bagian folikel atau juga sering dikenal dengan nama akar rambut.

Dimana pada bagian ini terdapat didalam kulit kepala seseorang dan satu lagi, ialah helaian rambut yang bisa kamu lihat dengan mudah. Rambut seseorang manusia mulai tumbuh disaat janin masuk berusia 22 minggu dan disaat inilah jumlah dari folikel rambut didalam kulit kepala mencapai angka lima juta.

Dan seiring dengan bertambahkan usia, folikel yang terdapat pada rambut ini semakin lama mulai berkurang, dan pertumbuhannya semakin lama semakin melambat. Pada setiap tahunnya, rambut seseorang bisa memiliki pertambahan panjangnya sekitar 6 inchi atau 12,5 cm.

Baca Juga : 22 Cara Memutihkan Ketiak Secara Cepat Dan Mujarab + 10 Tips Mencegah Ketiak Hitam

Sejarah rambut panjang wanita

cara memanjangkan rambut dengan alami

pada zaman dahulunya, rambut panjang tak hanya identik dengan wanita saja. Namun pada pria juga menerapkan hal yang sama pada rambutnya. Beberapa bangsa yang para prianya menerapkan rambut panjang ialah bangsa Eropa. Para pria dari bangsa ini membiarkan rambut dan jambangnya tumbuh panjang. Akan tetapi tetap saja para wanita dizaman itu memiliki rambut yang lebih panjang ketimbang kaum laki-laki.

Dimana semua itu dikarenakan rambut panjang menjadi simbo dari feminimitas dan identitas dari seorang wanita di kala itu. Seperti yang dimuat dalam jurnal yang ditulis oleh Peter Frost dari Departeman Antropologi, Universitas Lavel, Quebeq Kanada yang sudah diterbitkan didalam Scientific Research Publishing menyebutkan bahwa didalam tradisi memiliki rambut yang panjang sudah ada semenjak 60.000 tahun yang lalu. Dan seleksi alam serta evolusilah yang menyebabkan para wanita lebih mudah memiliki rambut panjang ketimbang para pria.

Dan tentunya semua itu sangat berkaitan erat dengan aktivitas yang dilakukan oleh para pria. Dimana pria lebih cenderung melakukan aktivitas yang lebih banyak dari para wanita, serta pria juga sering melakukan banyak antivitas diluar rumah. Sehingga rambut yang panjang hanya akan menghambat pada pria dalam melakukan aktivitasnya tersebut.

Fakta dan mitos rambut

cara memanjangkan rambut dengan cepat dengan cara tradisional

Kamu tentunya pernah mendengar beberapa pernyataan dibawah ini. Dimana pernyataan-pernyataan tersebut termasuk kedalam salah satu mitos dan fakta mengenai rambut. Kira-kira pernyataan yang kamu dengar itu termasuk kedalam mitos atau fakta sih ? Yuk lihat dibawah ini.

Baca Juga : 20 Cara Mengecilkan Lengan Dengan Cepat Dan Efektif + 17 Tips Memiliki Lengan Proporsional

Mitos: Memangkas ujung rambut secara rutin bisa mempercepat pertumbuhan dari rambut.

Fakta: Seperti yang dilansirkan oleh Health.com, seorang ahli dermatologi dari rumah sakit Mount Sinai, New York, bernama Joshua Zeichner, MD menyatakan bahwa pemangkasan terhadap rambut tidak akan memberikan efek pemanjangan terhadap rambut, namun pemotongan di ujung rambut itu akan menghambat dari kerusakan yang semakin menjalar pada rambut kamu. Dan hal inilah yang akan menghambatan kerusakan pada rambut, sehingga tidak menjalar dan bisa meminimalisir panjang rambut rusak yang harus kamu potong.

Mitos: Menyisir rambut dengan sering hingga 100 kali dalam seharinya bisa membuat rambut menjadi lebih cepat panjang.

Fakta: Menysir rambut hingga ratusan kali tak akan memberikan efek rambut lebih cepat panjang. Akvitasi menyisir rambut ini pada dasarnya memiliki tujuan untuk menyalurkan minyak yang dihasilkan oleh kulit kepala ke ujung helai rambut kamu, dan membuatnya selalu dalam keadaan lembab.

Mitos: Mencuci rambut dengan menggunakan shampo secara berulang disaat keramas akan membuat rambut cepat panjang.

Fakta: Disaat melakukan keramas, kamu tidak perlu mengulanginya secara berkali-kali karena hal demikian tak akan memberikan efek memanjangkan rambut dengan cepat.

Mitos: Tidur dengan posisi rambut terurai bisa membuat rambut lebih cepat panjang.

Fakta: Belum ada penelitian terkait dengan hal ini, yakni tidur dengan rambut terurai. Namun sebagian orang merasa sulit untuk tidur dengan rambut terurai karena akan mengurangi kenyamanan disaat tidur. Oleh sebab itu kamu bisa mengingat rambutmu disaat tidur.

Baca Juga : 40 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah Dan Mujarab

Mitos: Rambut yang lebat dan panjang hanya dipengaruhi oleh penggunaan produk perawatan rambut dan faktor cuaca.

Fakta: Menurut pendapat Dr Melissa Piliang, seorang ahli dermatologi dan therapist rambut dari Cleveland Clinic, Amerika Serikat didalam laman Health.com, yang menjadi faktor utama yang membuat rambut seseorang lebih cepat untuk tumbuh ialah nutrisi yang berasal dari pengkonsumsian makanan. Beberapa diantara zat nutrisi baik untuk rambut ialah zat besi, zinc dan juga Vitamin D. Dimana nutrisi ini sangat diperlukan untuk pertumbuhan rambut seseorang.

Mitos: Beberapa ras wanita, seperti Afro Amerika atau wanita keturunan Afrika dan juga Amerika tidak akan pernah memiliki rambut yang panjang.

Fakta: Setiap wanita memiliki peluang memiliki rambut panjang, tak peduli dari mana ras dan sukunya. Selama wanita tersebut tidak gangguan atau kelainan yang berkaitan dengan rambutnya.

Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut

cara memanjangkan rambut dengan cepat

Berbagai hal didalam tubuh manusia termasuk juga rambutnya, tentunya memilikiu faktor-faktor yang mempengaruhi, dan dalam hal ini adalah rambu, apa saja faktor yang memperngaruhi pertumbuhan rambut ? Silahkan disimak berikut ini.

1. Genetis

Faktor genetis sendiri adalah faktor penting yang memberikan pengaruh terhadap intensitas, warna, pertumbuhan dan jenis rambut seseorang. Seperti yang dilasnrikan dalam laman Sciencedaily, sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuan dari Universitas Umea, Swedia, Leif Carlsson berhasil menemukan sebuah gen yang memiliki pengaruh besar didalam pertumbuhan panjang rambut.

Baca Juga : 16 Cara Menghilangkan Karang Gigi & Plak Gigi Yang Efektif Dan Ampuh

Dan gen ini diberi nama Lhx2. gen Lhx2 akan bekerja semenjak seseorang manusia dilahirkan, dan seiring denganm bertambahnya usia, maka gen ini akan mengalami penurunan akvitasnya. Diketahui, bahwa pertumbuhan rambut yang optimal ialah pada rentang usia 15 hingga 30 tahun. Dan akan mengalami penurunan pertumbuhannya pada usia 40 tahun.

2. Hormonal

Selain dikarenakan faktor genetis, faktor internal lainnya yang sangat memperngaruhi pertumbuhan rambut seseorang adalah karena faktor hormonal. Seperti yang diketahui, bahwa tingginya kadar hormon estrogen didalam tubuh, seperti pada saat kehamilan akan memberikan pengaruh cukup kuat terhadap pertumbuhan rambut.

Biasanya para wanita yang sedang hamil akan merasa bahwa rambutnya tumbuh lebih panjang dengan cepat. Dan hal ini juga dipengaruhi oleh aktivitas kerontokan rambut yang semakin menurun disaat hamil. Pada normalnya rambut seorang manusia akan mengalami kerontokan sebanyak 50 sampai 100 helai didalam seharinya.

3. Nutrisi

Sebagai salah satu jaringan tubuh yang mengalami pertumbuhan paling cepat, tentu saja rambut memerlukan nutrisi untuk bisa melakukan itu semua. Seperti yang dilansirkan oleh situs HairScience.com, agar dapat tumbuh secara optimal, maka rambut memerlukan asupan seperti asam lemak omega3, protein, zat, besi, vitamin D, zinc, dan vitamun B12.

Oleh sebab itu, jika kamu menginginkan agar rambutmu dapat tumbuh dengan cepat, jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi diatas, seperti pada buah-buahan, sayur-sayuran dan daging.

Baca Juga : 43 Cara Menghilangkan Kutu Yang Ampuh, Mujarab, Dan Efektif Beserta Telurnya

4. Perawatan

Walaupun nutrisi merupakan faktor utama yang memberikan pengaruh besar terhadap pertumbuhan rambut seseorang, akan tetapi kamu masih bisa mempercepatnya lagi dengan cara melakukan perawatan yang baik secara rutin. Perawatan ini seperti mencuci dua kali didalam seharinya, menggunakan bahan alami seperti masker alami atau minyak rambut guna untuk melindungi rambut kamu dari kerusakan cuaca, polusi dan paparan sinar matahari.

5. Pengobatan

Beberapa jenis dari obat yang dikonsumsi secara rutin ternyata juga memiliki peranan penting terhadap pertumbuhan rambut dan menghentikannya. Beberapa jenis obat yang bisa membuat rambut jadi lambat tumbuh ialah, anti hipertensi, anti depresi, kemoterapi dan batu ginjal. Namun selain itu beberapa jenis obat yang tergolong methorexate yang sering digunakan untuk mengobati penyakit rematik, lithuium pada pengobatan bipolar disoder, serta ibuprofen juga memiliki efek yang sama pada rambut sehingga obat-obat ini digolongkan kedalam obat anti depresi.

6. Penyakit

Rambut yang sehat juga dipengaruhi oleh kondisi kesehatan yang sehat. Beberapa jenis penyakit seperti disgungsi tiroid, anemia diketahui bisa memberikan efek terhadap kesulitan rambut untuk tumbuh. Jika seandaikan kamu adalah seorang penderita anemia sebaiknya penuhilah terlebih dahulu kebutuhan zat besi kamu, agar nantinya pertumbuhan dari rambut kamu bisa kembali tumbuh denfgan baik. Misalnya saja dengan cara mengkonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan lain sebagainya.

Baca Juga : 19 Cara Mengecilkan Paha Dengan Cepat Dan Alami

7. Stress

Ternyata stres tak hanya memiliki dampak buruk pada sistem tubuh. Namun juga memperngaruhi pertumbuhan dari rambut seseorang. Stres fisik maupun mental memberikan efek seperti layaknya trauma karena kecelakaan. Selain itu depresi yang timbul karena stres juga memberikan efek sistem butuh yang menjadi shock dan akibatnya terjadilah sebuah kerontokan pada rambut. Dan ini dikenal dengan istilah telogen effluvium. Kerontokan yang ini akan terhenti disaat seseorang sudah tidak lagi mendertita stres.

Cara memanjang rambut secara alami yang mujarab

cara memanjangkan rambut anak

Kamu yang menginginkan untuk mendapatkan rambut panjang indah dan lebat bisa mencoba cara memanjangkan rambut secara alami berikut ini. Bahan-bahan yang terdapat pada cara alami ini sangat mudah untuk kamu dapatkan, bahkan ada yang bisa kamu temukan di dapur. Apa saja caranya ? Yuk lihat berikut ini.

1. Bawang

Bawang merupakan salah satu bahan yang sering dimasukkan kedalam masakan. Tentunya bawang sendiri sudah sangat sering kamu temui setiap harinya. Dan ternyata bawang bisa kamu manfaatkan untuk memanjangkan rambut kamu lho. Semua itu dikarenakan zat sulfur didalam bawang, yang mana membantu untuk merangsang pembentukan kolagen di kulit kepala kamu. Dan kolaghen inilah yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dari rambut kamu, dan membuat rambut panjang kamu selalu terjaga. Berikut adalah caranya.

Cara memanjangkan rambut dengan bawang :

  • Silahkan kamu ambil beberapa buah bawang bombay dan juga bawang merah, kemudian iris dan haluskanlah kedua jenis bawang ini.
  • Selanjutnya peraslah sari kedua bawang tersebut yang sebelumnya sudah kamu haluskan.
  • Berikutnya oleskanlah pada kulit kepala kamu, sekaligus berikut sedikit pijatan disaat mengoleskannya sekitar 15 menit lamanya
  • Setelah itu, kamu tinggal keramas rambut kamu menggunakan shampo hingga benar-benar bersih.
  • Lakukan perawatan menggunakan bawang ini sebanyak dua kali didalam seminggunya.

2. Telur

Telur memang terkenal dengan kandungan dan nutrisinya yang baik untuk rambut yang mengalami ketombe. Akan tetapi ternyata telur tak hanya bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan ketombe saja, namun juga untuk mempercepat pertumbuhan dari rambut kamu. Semua itu karena peranan nutrisi zinc, protein, sulfur, zat besi, yodium dan juga selenium didalam terlur. Dimana zat-zat ini begitu dibutuhkan oleh rambut kamu, agar pertumbuhan dari akar rambut dapat menjalan dengan baik dan cepat.

Baca Juga : 7 Cara Diet 8 Jam Yang Benar Dan Aman Untuk Membakar Timbunan Lemak

Cara memanjangkan rambut dengan telur :

  • Silahkan siapkan telur yang sudah di kocok.
  • Setelah itu tambahkan sebanyak satu sendok makan minyak zaitun kedalamnya, dan aduklah hingga merata.
  • Berikutnya kamu hanya perlu mengoleskannya pada kulit kepala kamu, dan diamkan sekitar 20 menit lamanya.
  • Setelah itu, cucilah rambutmu hingga bersih menggunakan shampo dan air dingin.
  • Terapkan cara ini secara teratur setiap minggunya agar hasilnya semakin optimal.

3. Lidah buaya

Selanjutnya adalah lidah buaya. Lidah buaya memang terkanal karena khasiatnya yang amat baik untuk rambut. Semua itu berkat senyawa enzim proteolitik yang membantu untuk mempebaiki kerusakan dari sel rambut yang terdapat pada kulit kepala kamu. Sekaligus membantu untuk merangsang pertumbuhan dari folikel di rambut sehingga nantinya rambut kamu akan semakin cepat panjangnya. Penulis buku Aloe Vera: Nature’s Soothing Healer, Diane Gage, menyebutkan bahwa lidah buaya mengandung senyawa yang mirip dengan keratin dimana ini adalah sebuah protein alami yang membantu penyusunan helai rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan lidah buaya :

  • Siapkan gel lidah buaya
  • Berikut campurkanlah dengan sedikit minyak kelapa guna untuk mendapatkan hasil maksimal.
  • Selanjutnya kamu tinggal mengoleskannya pada rambut kamu sebelum keramas selama kurang lebih 20 menit lamanya.
  • Kemudian cucilah rambut dengan menggunakan shampo seperti biasanya.
  • Lakukan cara ini sebanyak dua kali didalam seminggunanya untuk mendapatkan hasil yang optimal.

4. Alpukat

Tak heran jika alpukat dikenal dengan julukan Superfood, karena memiliki manfaat dan khasiat yang amat beragam. Salah satunya ialah alpukat dapat diandalkan untuk memanjangkan helaian rambut kamu. Didalam buah alpukat terkandung beberapa nutrisi dan senyawa yang amat kaya, seperti vitamin B6, A, E, D, potassium, zat besi, dan asam folat. Dimana zat-zat ini mampu untuk menjaga keindahan alami dari rambut kamu sekaligus membantu untuk merangsang pertumbuhannya.

Cara memanjangkan rambut dengan alpukat :

  • Haluskanlah setengah buah dari daging alpukat
  • Berikutnya kamu tinggal mencampurkannya dengan satu buah kuning telur yang tentunya sudah di kocok secara merata.
  • Setelah itu kamu tinggal mengoleskannya pada rambut kamu yang sudah dibasahkan.
  • Diamkan sekitar 15 menit lamanya
  • Kemudian cucilah kembali dengan air dingin.
  • Terapkan cara ini sebanyak dua kali dalam seminggunya.

5. Pisang

Jangan pernah sepelekan buah pisang. Selain karena rasanya yang enak buah pisang juga memiliki manfaat yang cukup efektif untuk memanjangkan rambut kamu, serta membuatnya lebih sehat. Pisang mengandung beberapa senyawa seperti karbohidrat, potassium, minyak alami dan beberapa jenis vitamin yang mempu untuk memberikan perlindungan rambut dari berbagai kerusakan yang bisa terjadi pada rambut kamu. Selain itu buah pisang juga mampu untuk mengatasi masalah ujung rambut kamu yang bercabang.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Lemak Perut Dengan Minum Jus Mentium Setiap Malam, Beserta Resepnya

Cara memanjangkan rambut dengan pisang :

  • Silahkan haluskan satu buah pisang (hanya daging)
  • Setelah itu tambahkan dengan dua sendok makan minyak zaitun dan aduk hingga merata.
  • Berikutnya terapkan campuran ini ke rambut kamu dan diamkan sekitar 15 menit lamanya.
  • Selanjutnya kamu tinggak keramas dengan air hingga benar-benar bersih.
  • Gunakan masker pisang ini sebanyak dua kali didalam seminggunya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Madu

Selain memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, madu juga bisa diandalkan untuk kecantikan salah satunya untuk mempercepat proses pertumbuhan rambut kamu. Madu sendiri bertindak sebagai emollient, atau sebuah zat yang mampu untuk mengunci dan menjaga kelembaban dari rambut kamu. Selain itu madu juga akan membantu dalam melindungi rambut dari berbagai macam kerusakan sehingga pertumbuhan dari rambut kamu akan berjalan dengan optimal.

Cara memanjangkan rambut dengan madu :

  • Silahkan larutkan sebanyak dua sendok makan madu dengan dua sendok air.
  • Berikutnya kamu tinggal menambahkan sebanyak dua sendok minyak zaitun dan aduk hingga merata.
  • Setelah itu terapkan pada kepala kamu, dan pijatlah sekitar 5 sampai 10 menit lamanya
  • Selanjutnya kamu tinggal membilaskan hingga bersih.
  • Lakukan cara ini sebanyak dua sampai tiga kali didalam seminggunya.

7. Minyak kelapa

Memanfaatkan mintyak kepala untuk rambut kamu sambil memberikan pijatan lembut kekulit kepala bisa memberikan efek baik untuk rambut kamu. Minyak kepala mengandung nutrisi protein dan juga asam lemak yang secara alami bisa membantu untuk mengatasi ketombe, mengurangi kerontokan, dan mengatasi berbagai masalah rambut lainnya sehingga nantinya rambut kamu bisa terjaga dan tumbuh dengan lebih cepat dan optimal. Sebaiknya dalam penerapannya, kamu menggunakan minyak kepala murni atau asli atau juga sering disebut dengan Virgin coconut oil.

Cara memanjangkan rambut dengan minyak kelapa :

  • Ambillah sebanyak dua sampai tiga sendok minyak kelapa dan kemudian hangatkan sebentar.
  • Setelah itu kamu bisa menerapkannya ke kulit kepala kamu dan pijat lembut sekitar 15 menit.
  • Berikutnya bilas menggunakan air dingin dan silahkan keramas seperti biasa.
  • Lakukan cara ini sebanyak dua sampai tiga kali didalam seminggunya.

8. Yogurt

Yogurt sendiri memiliki kandungan senuyawa asam amino dan juga protein yang cukup baik. Sehingga yogurt bisa menjadi salah satu pelindung alimi pada bagian kutikula di rambut kamu, dan dapat memberikan pencegahan terhadap kerusakan dan ujung rambut yang bercabang. Tanpa adanya masalah ujung rambut yang bercabang, tentu saja akan membuat kamu tidak repot-repot lagi untuk melakukan pemangkasan terhadap ujung rambut kamu tersebut. Sehingga nantinya rambut kamu akan tampak bersinar, halus dan tentunya dapat panjang dengan cepat.

Baca Juga : 4 Cara Diet Air Putih Menyenangkan, Yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Cara memanjangkan rambut dengan yogurt :

  • Silahkan ambil sebanyak dua sendok makan yogurt kental.
  • Setelah itu tambahkanlah sebanyak satu buah kuning telur yang sebelumnya sudah dikocok, aduk kedua bahan ini hingga merata.
  • Terapkan pada rambutmu, dan diamkan sekitar 20 sampai 30 menit lamanya.
  • Berikutnya silahkan kamu cuci dengan menggunakan shampo
  • Terapkan cara ini secara rutin sebanyak dua sampai tiga kali dalam seminggunya.

9. Cuka apel

Salah satu khasiat dari cuka apel ialah untuk mempercepat pertumbuhan dari rambut. Dimana kamu hanya perlu menggunakan cuka apel untuk membilas rambut setelah kamu melakukan keramas. Hal ini ditujukan untuk membersihkan folikel di rambut yang sering mengalami penyumbatan sehingga secara tidak langsung bisa memberikan peningkatan terhadap sirkulasi darah yang terdapat didalam kulit kepala kamu. Dengan memberikan peningkatan terhadap sirkulasi darah didalam kulit kepala, maka nantinya nutrisi akan lebih mudah terserap dan rambut kamu akan lebih cepat untuk tumbuh panjang.

Cara memanjangkan rambut dengan cuka apel :

  • Larutkanlah sebanyak dua sendok cuka apel didalam satu gelas air, atau sekitar 1/3 gelas cuka apel didalam satu liter air.
  • Berikutnya kamu bisa menerapkan cuka apel ini sebagai pembilas rambut yang sebelumnya sudah keramas.
  • Cara ini bisa kamu terapkan pada setiap harinya, guna mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

10. Seledri

Seledri merupakan salah satu bahan masakan yang sering digunakan oleh masyarakat Asia, terutama untuk negara China. Selain banyak digunakan, seledri diketahui memiliki manfaat untuk mengatasi masalah pada rambut dan mempecepat pertumbuhan rambut. Semua itu berkat kandungn baik didalamnya. Seperti mineral, vitamin, antioksidan, dan anti bakteri. Jika kamu memiliki banyak pasokan seledri didapurmu, maka bisa memanfaatkannya untuk mempercepat pertumbuhan dari rambut kamu.

Cara memanjangkan rambut dengan seledri :

  • Siapkanlah sebanyak 5 helai daun seledri, dan kemudian silahkan haluskan beserta dengan batang-batangnya.
  • Berikutnya kamu tinggal menambahkan sebanyak 5 sendok makan minyak zaitun dan aduk hingga merata.
  • Silahkan terapkan masker ini pada rambut dan kulit kepala kamu hingga merata dari ujung rambut sampai ke akar rambut, diamkan sekitar 20 menit lamanya.
  • Setelah itu cuci dan bilas rambutmu menggunakan air dingin.
  • Terapkan cara ini sebanyak 1 kali didalam seminggunya, agar mendapatkan hasl maksimal.

11. Kentang

Mungkin sebagian dari kamu masih belum tau bahwa kentang bisa dimanfaatkan sebagai masker rambut, dimana manfaatnya cukup efektif dalam menjaga dan menstimulasi pertumbuhan dari rambut. Semua itu berkat beberapa kandunagn baik didalam kentang, seperti mangan, zinc, niasi, vitamin C, vitamin V, dan juga zat besi. Dimana semua kandungan ini akan menstimulasi pertumbuhan folikel rambut serta membantu dalam membersihkannya dari berbagai macam minyak, bakteri dan debu yang menyumbat folikel rambut kamu.

Baca Juga : 6 Cara Menyembuhkan Demam Secara Alami Menggunakan Bahan Dapur

Cara memanjangkan rambut dengan kentang :

  • Silahkan kamu haluskan sebanyak empat buah kentang yang berukuran sedang dimana sebelumnya kentang tersebut sudah dikupas dan dicuci.
  • Setelah itu blendernya dengan 10ml air.
  • Berikutnya sesudah halus, kamu tinggal gunakan kain untuk memeras sarinya yang sebelum sudah kamu haluskan.
  • Selanjutnya kamu bisa mengoleskan sari kentang pada kulit kepala dan helaian rambut kamu.
  • Pijat selama beberapa saat, dan diamkan sekitar 20 menit lamanya.
  • Setelah itu, cuci dan bilas seperti biasanya.
  • Terapkan cara ini sebanyak dua sampai tiga kali didalam seminggunya.

12. Santan

Selain minyak kelapa, bagian lainnya yang bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut ialah santan kelapa. Santan kelapa bisa membantu untuk menyuburkan rambut, karena mengandung nutrisi potassium, asam lemak alami, protein, dan zat besi yang dibutuhkan oleh rambut guna untuk pertumbuhannya. Selain menpercepat proses pemanjangan rambut, santan juga akan membuat rambut kamu tampak lebih berkilau dan juga halus.

Cara memanjangkan rambut dengan santan :

  • Hangatkanlah sebanyak 50 ml santan murni, lalu kemudian tuangkan didalam wadah.
  • Berikutnya kamu tinggal mengoleskannya pada kulit kepala dan rambutmu.
  • Setelah itu tunggu selama beberapa saat, dan biarkanlah santan tersebut meresap ke kulit kepalamu sekitar 15 hingga 20 menit lamanya.
  • Kemudian bilas dan keramas seperti biasa.
  • Lakukan perawatan ini sebanyak dua sampai tiga kali didalam seminggunya.

13. Minyak zaitun

Minyak zaitun semenjak zaman Romawi kuno sudah dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya bermanfaat untuk pertumbuhan rambut. Semua itu berkat kandungan omega 6, omega 3 serta senyawa aktif lainnya yang terdapat didalam minyak zaitun. Minyak zaitun mampu untuk menghambat produksi dari hormon bernama dihydrotestosterone didalam tubuh kita. Dimana hormon ini menjadi penyebab dari lemahnya pertumbuhan sel folikel rambut serta pada kulit kepala kita.

Cara memanjangkan rambut dengan minyak zaitun :

  • Pertama-tama hangatkanlah sebanyak dua sendok makan minyak zaitun, dan kemudianm silahkan tuangkan pada sebuah wadah yang sudah disiapkan.
  • Berikutnya kamu tinggal mengoleskan minyak ini pada rambut dan kulit kepala kamu. Jangan lupa untuk memberikan pijatan lembut selama 5 menit, sebelum kamu tidur, dan kemudian biarkan selama malamam.
  • Pada keesokan harinya, kamu bisa mencuci rambutmu dengan cara keramas seperti biasanya.
  • Lakukan cara ini sebanyak dua sampai tiga kali didalam seminggunya.

14. Minyak argan

Minyak argan berasal dari ekstrak’an biji argan atau kernel yang mana merupakan salah satu tanaman asli asal Maroko. Tanaman argan ini dikenal sebagai salah satu bahan alami yang dapat membantu untuk merangsang pertumbuhan dari rambut dan menjaga keindahannya tetap utuh. Didalam minyak arganpun terkandung beberapa nutrisi penting, seperti asam amino, asam lemak, dan juga berbagai senyawa aktif lainnya yang mampu untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada ujung rambut kamu, serta membantu untuk mengurangi masalah rambut bercabang.

Baca Juga : 5 Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Cara Sederhana Yang Bisa Kamu Coba

Cara memanjangkan rambut dengan minyak argan :

  • Silahkan siapkan sebanyak 4 sendok teh minyak argan.
  • Berikutnya kamu bisa menambahkan sebanyak 2 sendok makan madu dan juga 2 sendok makan minyak kelapa agar manfaatnya semakin maksimal.
  • Selanjutnya, kamu bisa mengoleskan pada kulit kepala dan juga rambut kamu. Berikutnya bungkuslah menggunakan shower cap atau handuk sekitar 30 menit lamanya.
  • Selepas itu, kamu tinggal keramas dan mencuci bersih dengan shampo.
  • Terapkan cara ini sebanyak dua kali didalam seminggunya.

15. Teh hijau

Teh hijau memang terkenal sebagai salah satu olahan yang memiliki banyak manfaat dan khasiat. Dan zat yang kaya didalam teh hijau ini ialan kandungan antioksidannya. Dimana untuk rambut sendiri akan membantu untuk melancarkan peredaran darah di kulit kepalamu, membantu untuk melindungi rambut dari berbagai zat-zat atau radikal bebas, serta menjaga kesehatan rambut. Sehingga dengan ini pertumbuhan rambut kamu tidak akan terganggu lagi, dan akan berjalan dengan semestinya.

Cara memanjangkan rambut dengan teh hijau :

  • Pertama-tama, silahkan kamu siapkan dan seduh teh hijau seperti biasanya.
  • Kemudian diamkanlah teh hijau yang sudah diseduh tersebut selama beberapa puluh menit.
  • Setelah itu cucilah rambutmu dengan sampo terlebih dahulu, guna untuk menghilangkan kotoran yang melekat.
  • Barulah selepas itu kamu oleskan seduhan teh hijau ke rambut dan kulit kepala kamu.
  • Diamkan selama beberapa saat, dan bilaslah hingga bersih.
  • Kemudian keringkan rambutmu dengan handuk.

16. Kulit apel

Biasanya bagian dari apel yang serinmg dimanfaatkan adalah buahnya. Namun ternyata banyak orang yang tidak tau, bahwa kulit dari buah apel memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan rambut. Semua itu berkat senyawa dan kandungan baik didalam kulit apel. Diantaranya yaitu seperti kandungan polifenol dan juga antioksidan yang kaya didalamnya.

Cara memanjangkan rambut dengan kulit apel :

  • Siapkan kulit apel secukupnya
  • Setelah itu tumbuk hingga halus dan membentuk seperti pasta.
  • Selain menumbuknya kamu juga bisa menggunakan blender untuk menghaluskannya dengan menambahkan sedikit air didalamnya.
  • Jangan lupa untuk menambahkan minyak zaitu atau madu guna untuk mendapatkan manfaatkan lebih optimal.
  • Selepas itu oleskalah pada rambumut, dan diamkan sekitar 25 sampai 30 menit lamanya.
  • Kemudian bilaslah menggunakan air bersih, lalu keramas seperti biasa hingga bersih.
  • Terakhir, silahkan keringkan dengan handuk.

17. Kopi

Selain sering menjadi teman bergadang, kopi juga bermanfat untuk mengatasi permasalah rambut dan mempercepat pertumbuhannya. Kandungan kafein didalam kopi memang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan, asalkan tidak berlebihan saja. Selain itu antioksidan didalam kopi bersamaan dengan zat-zat baik lainnya akan membantu untuk merangsang dan menstimulasi pertumbuhan dari folikel pada rambut kamu.

Baca Juga : 13 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat, Secara Alami Dan Tanpa Efek Samping

Cara memanjangkan rambut dengan kopi :

  • Cucilah hingga bersih rambut kamu dengan cara keramas terlebih dahulu
  • Kemudian, siapkan kopi bubuk murni secukupnya.
  • Seduhlah bubuk kopi tadi sepertri biasa.
  • Dan kemudian diamkan selama beberapa saat, hingga kopi menjadi hangat (tidak panas lagi)
  • Selanjutnya oleskan seduhan kopi tadi pada kulit kepala dan rambut kamu hingga merata.
  • Diamkan selama 20 sampai 25 menit lamanya.
  • Kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
  • Terakhir, keringkan dengan handuk.

18. Minyak kemiri

Minyak kemiri sudah semenjak lama dimanfaat untuk menyuburkan rambut. Dan secara ilmiah, didalam minyak kemiri, terkandung beberapa nutrisi baik, seperti omega 6, omega 3, dan juga asam oleic yang sangat baik untuk pertumbuhan dari rambut kita.

Cara memanjangkan rambut dengan minyak kemiri :

  • Pertama-tama silahkan rebuslah air hingga mendidih.
  • Selepas itu, rebuslah kemiri hingga nantinya minyak keluar dari kemiri tersebut.
  • Selanjutnya pisahkanlah antara minyak dari air.
  • Dan minyak inilah yang nantinya akan kita manfaatkan untuk memanjangkan rambut.
  • Kamu tinggal mengoleskannya pada rambut (sebelum keramas)
  • Setelah itu, pijatlah dengan lembut hingga merata.
  • Diamkan sekitar 30 menit
  • Bilas menggunakan air bersih, dan cuci rambut menggunakan shampoo
  • Keringkan rambut kamu dengan handuk
  • Selain bisa dengan mengolahnya sendiri, kamu juga bisa membeli minyak kemiri botol yang sudah disediakan di apotik dan toko sekitaran tempat tinggal kamu.

19. Jeruk nipis

Jika mendengar nama jeruk nipis, tentunya yang terlintas didalam pikiran kita adalah buah yang asam. Namun dibalik itu jeruk nipis memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Yakni beberapa kandungan baik didalam jeruk nipis bisa membantu untuk merangsang pertumbuhan dari rambut.

Cara memanjangkan rambut dengan jeruk nipis :

  • Siapkan buah jeruk nipis secukupnya
  • Peraslah airnya dan masukkan kedalam wadah
  • Selepas itu kamu tinggal mengoleskannya pada rambut kamu, mulai dari pangkal sampai ujung rambut hingga merata.
  • Selanjutnya jangan lupa untuk memberikan pijatan lembut hingga nantinya jeruk nipis bisa menyebar secara menyeluruh.
  • Setelah beberapa saat, silahkan bilas dan bersihkan dengan cara keramas hingga bersih.
  • Keringkan rambut kamu dengan handuk.

Cara altenatif memanjangkan rambut dengan cepat dan ampuh

cara memanjangkan rambut alami

20. Hair mask

Disaat sekarang ini kita bisa dengan mudah menemukan berbagai mcaram varian dari hair mask yang bertebaran dipasangan. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk menerapkan cara alami memanjang rambut, maka cara ini bisa menjadi altenatif kamu untuk memanjangkan rambut. Atau juga bisa dengan cara mengunjungi berbagai salon kecantikan yang menerapkan hair mask atau hair spa yang menggunakan bahan alami.

Baca Juga : 26 Cara Menebalkan Alis Secara Alami Dan Cepat, Tanpa Efek Samping

Walaupun biaya yang kamu keluarkan akan sedikit mahal, jika dibandingkan dengan cara alami dan perawatan sederhana diatas. Pada hair spa atau hair mask ini kamu bisa mendapatkan perawatan ekstra seperti dengan pemberikan vitamin untuk rambut, dan juga pijatan yang membuat rileks dan nyaman. Sama dengan cara-cara memanjangkan rambut dengan cara alami, hair mask ini juga harus secara rutin kamu terapkan, agar rambut panjang kamu kamu inginkan bisa cepat terwujud.

21. Suplemen dan pengobatan

Rambut yang sudah tumbuh tebal dan panjang mungkin akan sangat terbantu sekali dengan cara memanjangkan rambut altenatif ini. Yakni dengan memanfaatkan suplemen rambut dan juga vitamin yang baik untuk rambut itu sendiri. Suplemen dan vitamin rambut ini bisa kamu dapatkan di tempat obat, atau juga bisa dengan menggunakan resep dokter.

Beberapa jenis suplemen tersebut ialah seperti nioxi, kalium carbonicum, finasteride, minoxidile. Tapi sebelum memutuskan untuk menggunakan obat dan suplemen ini sebaiknya kamu harus berkonsultasi terlebih dahulu ke ahli dermatologi.

22. Tonik rambut dan vitamin

Penerapan tonik dan juga vimitan rambut menjadi cara altenatif memanjangkan rambut selanjutnya. Dimana sekarang ini sudah banyak jenis tonik ramnut dan vitaminnya yang bertebaran dipasaran. Dan sebaiknya gunakanlah tonik rambut atau vitamin rambut yang didalamnya memiliki kandungan bahan alami.

Seperti minyak argan, lidah buaya, minyak zaitun, dan lainnya. Penggunana tonik rambut yang memiliki kandungan bahan kimia yang sifatnya keras sangat tidak dianjurkan untuk digunakan, karena akan memberikan efek merusakan helaian rambut kamu, dan memperlambat pertumbuhan dari rambutmu.

23. Hair extension

Metode hair extension ini sangat populer sebagai cara altenatif memanjangkan rambut secara instan. Kamu tidak perlu lagi menunggu selama berbulan-bulan guna untuk mendapatkan rambut panjang yang kamu inginkan. Metode ini cara kerjanya ialah dengan menyambungkan rambut pender dengan rambut sintetis ataupun rambut asli dengan cara lem atau menggunakan sebuah teknik khusus.

Baca Juga : 29 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami Dan Cepat

Kamu hanya perlu datang langsung ke salon kecantikan, dan kamu bisa menerapkan cara ini. Hanya dengan hitungan jam saja, rambut panjang yang kamu inginkan bisa segera didapatkan. Namun, pilihlah salon yang menyedikan bahan-bahan berkualitas agar rambutmu bisa tetap sehat dan juga cantik.

24. Laser treatment

Cara altenatif memanjangkan rambut berikutnya adalah dengan metode lase treatment. Cara ini dikhususkan untuk mereka yang mengalamai masalah kerontokan yang parah, atau pertumbuhan rambut yang benar-benar lambat.

Menurut Dr Tamim Hamid, pencetus produk Theradome, bahwa forton atau energi bisa dihasilkan melalui sinar laser yang akan diserap oleh sel folikel pada rambut yang lemah. Sehingga nantinya rambut bisa kembali normal. Guna untuk menerapkan cara ini, kamu harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal.

25. Injeksi kortison

Inejksi kortison adalah salah satu cara pengobatan yang cukup efektif dalam merangsang pertumbuhan dari rambut, sehingga rambut bisa cepat panjang. Selain itu cara ini juga efektif dalam mencegah terjadinya kerontokan. Kortison sendiri merupakan salah satu senyawa yang biasanya digun akan pada pengobatan arthritis, tendonitis, jerawat, dan batu ginjal.

Dan jenis pengobatan ini biasanya digunakan untuk mengatasi kebotakan atau mempercepat pertumbuhan rambut yang lamban. Dan dalam sekali suntik saja, kamu harus siap mengeluarkanbiasa sekitar Rp.300.000 sampai Rp.1.000.000.

Baca Juga : 5 Cara Menghitung Usia Kehamilan Dan Manfaatnya Yang Harus Kamu Ketahui

Itu tadi beberapa cara memanjangkan rambut secara alami, dan juga dengan cara altenatif. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari informasi yang sedang kamu butuhkan. Terima kasih atas kunjungannya, dan semoga bermanfaat.

25 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat Dan Ampuh | Miko Rudiansyah | 4.5