21 Cara Memerahkan Bibir Secara Cepat Dan Ampuh

21 Cara Memerahkan Bibir – Jika ditanya “apakah kamu ingin bibir merah merona alami ?” Setiap wanita tentu saja akan menjawab “iya”, karena wanita mana yang tak menginginkan hal tersebut. Bibir yang tampak merah indah alami akan mampu untuk mendongkrak penampilan si wanita tersebut, dan akan dapat menaikkan kecantikan seorang wanita.

Dan tak jarang masalah bibir gelap wanita, sering menjadi sebuah masalah yang menjengkelkan bagi kebanyakan wanita. Bibir yang berwarna gelap sering kali sulit untuk mengsingkronkan dengan berbagai warna lipstik yang lembut, misalnya saja warna merah muda atau pink. Dan yang jadi pertanyaannya, apakah kamu termasuk orang-orang yang merasa risih dengan warna bibir yang gelap dan tak merah merona ?

Baca Juga : 25 Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat Dan Ampuh

Jika iya, mungkin beberapa cara memerahkan bibir gelap berikut ini bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah tersebut. Namun sebelum masuk ke “cara”nya sebaiknya kita melihat sekilas tentang warna bibir, Yuk lihat.

Sekilas tentang warna alami bibir

cara memerahkan bibir dengan cepat

Bibir alami seorang manusia atau labia oris merupakan salah satu bagian wajah, yang menjadi bagian dari depan rongga mulut, dan bibir ini terdiri dari dua bagian, yakni bagian atas dan juga bawah. Bagian pembatas dari bibir dengan kulit wajah lainnya disebut dengan nama vermilion, dan bagian ini hanya dimiliki oleh manusia saja, tidak pada makhluk hidup lainnya.

Akan tetapi, pernahkah terlintas dipikiranmu, kenapa bibir berwarna merah ? Seperti yang dilansirkan oleh situs Livescience.com, yang dikutip dari OhGitu.id, Seorang ahli bernama Dr. Beth Ann Ditkoff, mengatasi bahwa bibir manusia ini memiliki warna merah, dikarenakan adanya pembuluh darah kapiler yang didalamnya membawa darah dari jantung.

Dan pembuluh darah ini berada tepat dibawah kulit bibir yang tipis serta transparan. Dan warna merah dari darah inilah yang membuat bibir tampak berwarna merah.

Penyebab bibir berwarna gelap

cara memerahkan bibir hitam

Walaupun pada dasarnya, bibir manusia memiliki warna alami yakni pink atau merah, namun bibir masih dapat mengalami perubahan warna dan menjadi menggelap. Perubah ini terjadi karena berbagai faktor yang melatarbelakanginya. Dimana faktor-faktor ini ada yang berasal dari dalam maupun dari luar. Dan berikut adalah beberapa faktor yang menyebabkan bibir menjadi gelap.

1. Hiperpigmentasi

Malasma atau hiperpigmentasi merupakan salah satu penyebab dari bibir seseorang menjadi gelap. Masalah hiperpigmentasi ini terjadi karena penumpukan atau akumulasi senyawa dari melamin didalam tubuh seseorang yang pada akhirnya menyebabkan kulit menjadi berwarna gelap. Diketahui bahwa produksi dari melamin ini semakin lama akan meningkat disaat tubuh terlalu lama berada di paparan sinar matahari.

Baca Juga : 26 Cara Menghilangkan Bekas Luka Secara Alami Dan Metode Medis

Bibir seseorang yang mengalami hiperpigmentasi ini biasanya akan memiliki warna gelap hanya pada bagian atas saja, dan noda gelap yang timbulpun biasanya terlihat tidak simetris. Hiperpigmentasi yang terjadi pada bibir, juga mengindikasikan bahwa didalam tubuh orang yang menderitanya sedang ada sebuah kelainan.

2. Gaya hidup

Pola makan dan juga pola tidur yang tidak sehat juga memperngaruhi warna dari bibir kamu. Misalnya saja karena kurangnya asupan dari vitamin B yang didapatkan dari makanan, sehingga memicu terjadinya penggelapan pada warna bibir. Demikian juga hal ini juga terjadi pada orang-orang yang sering mengkonsumsi alkohol, dan makanan yang tak sehat lainnya.

Biasanya gangguan makan seperti bulimia, dan anoreksia nervosa akan menjadi salah satu alasan yang menyebabkan seseorang kekurangan nutrisi sehingga membuat bibirnya memiliki warna gelap.

3. Kosmetik

Kamu perlu berhati-hati dengan kosmetik, karena bisa memberikan masalah berubahnya warna bibir menjadi lebih gelap. Kamu sebaiknya tidak langsung tertarik dengan lipstik-lipstik yang dijual murah dipasaran, karena didalamnya biasa saja terkandunmg bahan kimia yang melimpah, dan bisa jadi lipstik inilah yang menjadi salah satu penyebab bibirmu menjadi mengelap.

Zat kimia yang terdapat didalam lipstik, baik itu berupa parfum ataupun pewarna bisa menyebabkan terjadinya reaksi alergi yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya penghitaman pada warna bibir kamu. Oleh karena itu, sebaiknya jangan sampai kamu menggunakan lipstik sepanjang hari, atau disaat akan tidur.

4. Kelainan dalam tubuh

Salah satu kelainan genetis didalam tubuh seperti sindrom Peutz-Jeghers merupakan salah satu yang menjadi penyebab bibir menjadi gelap. Sindrom ini sendiri merupakan sebuah kelaiann yang menyebabkan terjadinya polip pada usus dan juga menyebabkan terjadinya hiperpigmentasi atau melasma pada kulit bibir si penderitanya.

Baca Juga : 22 Cara Memutihkan Ketiak Secara Cepat Dan Mujarab + 10 Tips Mencegah Ketiak Hitam

Selain itu, sindrom ini terkenal berbahaya karena bisa memicu terjadinya kanker usus. Warna bibir yang menjadi gelap akibat sindrom ini cenderung tidak merata, dan lebih menyerupai benjolan-benjolan atau lingkarang pada bibir si penderitanya.

5. Racun dan zat kimia

Paparan dari asap atau zat kimia bisa memberikan efek rusaknya struktur dari kulit. sehinga menyebabkan terjadinya perubahan warna, terutama pada bibir. Beberapa zat kimia yang bisa menyebabkan bibir gelap mialah, senyawa alkali, kobalt, asam, perak, dan merkuri.

Zat-zat kimia ini menjadi beberapa zat yang bisa membuat warna bibir yang alami menjadi rusak dan terjadinya iritasi. Selain itu, kandungan kafein yang terdapat pada teh dan juga kopi, juga bisa memberikan penggelapan pada bibir, jika dikonsumsi secara berlebihan dan dalam keadaan yang panas.

6. Merokok

Sudah pasti didalam rokok terkandung berbagai bahan kimia yang tak hanya memberikan efek buruk terhadap kesehatan, namun juga terhadap kesehatan kulit kamu. Kandungan seperti nikotin dan juga tar pada rokok bisa mengurangi asupan dari oksigen ke pembuluh darah yang ada didalam bibir, sehingga memberikan dampak menggelapnya warna bibir.

Selain itu panas yang dihasilkan dari rokok disaat menghisapnya, juga bisa memicu produksi melamin pada bibir menjadi meningkat. Melain sendiri merupakan salah satu senyawa didalam tubuh seseorang yang bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan kulit dari paparan panas atau sinar ultra violet.

7. Dehidrasi dan kekeringan

Jangan pernah menganggap remeh bibir kering dan juga dehidrasi, karena kedua masalah ini bisa memberikan dampak buruk terhadap kulit, termasuk juga pada bibir. Karena kurangnya mengkonsumsi cairan bisa memberikan dampak tubuh termasuk juga warna kulit menjadi mengering dan berkurangnya kelembabannya.

Bibir yang mengalami kering akibat dari dehidrasi atau pengaruh dari musim ini juga mudah mengalami pengelupasan dan jika seandainya kulit bibir mengelupas, maka warna maka warna merah perlahan-lahan akan memudar.

Baca Juga : 20 Cara Mengecilkan Lengan Dengan Cepat Dan Efektif + 17 Tips Memiliki Lengan Proporsional

8. Dermatitis

Iritasi kulit atau dermatiti merupakan salah satu jenis perdangan yang bisa membahayakan bibir kamu, karena selain memberikan efek penggelapan dermatitis juga akan merusakan struktur dari haringan kulit pada bibir si penderitanya. Biasanya masalah dermatitis ini terjadi karena pengobatan atau penggunaan kosmetik yang tidak tepat dan sesuai.

Jika seandainya bibir kamu terasa gatal setelah menggunakan kosmtik sebaiknya janganlah melanjutkan penggunaan kosmetik tersebut, karena bisa menimbulkan efek penggelapan warna bibir atau bahkan dermatitis.

9. Anemia

Kekurangan sel darah merah atau anemia didalam tubuh seseorang diakibatkan kurangnya asupan zat besi sehinga salah satu efeknya ialah terjadinya perubahan warna pada bibir. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa warna bibir dipengaruhi oleh pembluh darah kapiler yang terdapat pada kulit bibir.

Dan jika seandainya seseorang mengalami anemia, otomatis dia akan kekurangan hemoglobin dan membuat darah tidak dapat tersalurkan ke seluruh tubuh dengan baik. Dan hal inilah yang membuat para penderita anemia memiliki warna bibir yang hitam atau pucat.

10. Kekurangan perawatan

Bibir yang mengalami perubahan warna menjadi gelap, merupakan tanda dimana tubuh kamu sedang dalam keadaan yang tidak baik. Semua itu dikarenakan kulit yang terdapat di area bibir memiliki sensitifitas yang lebih tinggi ketimbang kulit bagian tubuh lainnya.

Selain itu, kulit pada bibir juga tipis sehingga sangat rentang sekali untuk terluka, jika tidak dirawat dengan baik dan benar. Dan jika kurang diperhatikan perawatannya, bibir akan menjadi kering serta mengelupas. Dari sinilah akan muncul masalah perubahan warna dari bibir menjadi kehitaman.

Baca Juga : 40 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah Dan Mujarab

Cara memerahkan bibir secara alami

cara memerahkan bibir permanen

Mendapatkan bibir yang merah merona dan alami tak harus selalu dengan menggunakan metode medis atau obat khusus. Namun juga bisa kamu dapatkan dengan menerakan cara alami guna untuk memerahkan bibir. Hanya saja cara alami ini haruslah penuh dengan ketekunan dalam merawat bibir secara teratur. Apa saja caranya ? Yuk lihat berikut ini.

1. Lemon

Manfaat dari lemon memang beragam, salah satunya untuk mempercantik kulit. Didalam lemon terkandung nutrisi vitamin C dan juga antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik sekali untuk mencerahkan kulit, termasuk kulit pada bibir kamu. Selain itu, kandungan asam ini juga mampu untuk mengangkat sel kulit mati yang sering menyebabkan timbulnya perubahan warna pada bibir.

Cara memerahkan bibir dengan lemon :

  • Silahkan kamu belah dua bagian buah lemon, kemudian peraslah airnya.
  • Setelah itu kamu tinggal mengoleskannya pada bibir sebelum tidur, dan diamkan selama semalaman.
  • Pada keesokan harinya kamu bisa membersihkannya.
  • Terapkan cara ini secara teratur pada setiap harinya, agar manfaatnya semakin maksimal.

2. Mawar

Bunga mawar menjadi cara ampuh lainnya untuk membantu dalam memerahkan bibir yang gelap secara alami. Kelopak dari bunga ini memiliki senyawa yang bersifat sebagai anti inflamasi dimana bisa membantu untuk mengurangi kerusakan yang terjadi akibat dari papran sinar matahari, serta membantu untuk melembutkan kulit yang mengalami iritasi.

Cara memerahkan bibir dengan mawar :

  • Silahkan haluskan sebanyak dua sendok kelopak bunga mawar dengan satu sendok makan susu atau mentega.
  • Selain bisa menggunakan susu atau mentega, kamu juga bisa mencampurkan air mawar dengan dua sendok madu.
  • Silahkan oleskanlah campuran tadi, kebibirmu dan berikan pijatan lembut sekitar 5 menit, dan kemudian bersihkan.
  • Terapkan cara ini secara rutin, guna untuk mendapatkan hasil yang optimal.

3. Stroberi

Didalam buah ini terkandung berbagai macam senyawa alami yang bermanfaat untuk mencerahkan kembali warna dari bibir yang menghitam. Senyawa alami ini diantaranya seperti vitamin C dan juga Asam Ellagic yang terdapat didalam buah stroberi, dimana selain bisa mencerahkan kulit bibir, kandungan baik ini juga mampu untuk melindungi kulit bibir dari paparan tak sehat sinar UV.

Tak hanya itu, asam folat yang bisa kamu temukan didalam buah stroberi juga cukup ampuh untuk memberikan efek rangsangan terhadap pemnbentukan sel kulit baru dan mempercepat proses dari regenerasi sel tersebut.

Baca Juga : 16 Cara Menghilangkan Karang Gigi & Plak Gigi Yang Efektif Dan Ampuh

Cara memerahkan bibir dengan stroberi :

  • Pertama-tama kamu harus menghaluskan sebanyak 5 sampai 6 buah stroberi, dan kemudian saring dan ambillah sarinya.
  • Setelah itu, silahkan oleskan pada bibir kamu dengan menggunakan bantuan dari kapas.
  • Setelah itu, diamkan sekitar 5 sampai 10 menit lamanya dan kemudian bersihkan dengan air.
  • Terapkan cara ini pada setiap harinya, guna untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

4. Gula

Salah satu khasiat baik dari gula, ialah mampu untuk mengikis sisa-sisa sel kulit mati yang mana dalam hal ini, adalah sel kulit mati pada bibir gelap. Butiran dari gula yang terlihat kasar ini mampu untuk mengangkat sel kulit mati. Dimana sel kulit mati inilah yang menjadi salah satu penyebab bibir menjadi kusam atau gelap.

Cara memerahkan bibir dengan gula :

  • Silahkam campurkan sebanyak dua sendok makan gula pasir, dengan satu sendok makan air.
  • Aduklah kedua bahan ini hingga menjadi seperti pasta.
  • Berikutnya terapkan pasta gula ini pada area bibir kamu, dan diamkan sekitar 5 menit lamanya, lalu silahkan bersihkan.
  • Selain bisa dengan membuat pasta dari campuran air dan gula, kamu juga bisa mencampurkan gula dengan madu atau susu dan juga perasan lemon.
  • Terapkanlah cara ini secara rutin pada setiap harinya.

5. Minyak almond

Didalam minyak almond terkandung beberapa senyawa penting, seperti vitamin B, E, asam amino dan juga asam lemak, yang mana bermanfaat untuk melembabkan kulit kamu dan mencerahkannya, terutama untuk kulit bibir. Selain itu, warna alami dari bibir kamu akan kembali seperti semula, berkat kandungan baik yang terdapat didalam minyak almond ini.

Cara memerahkan bibir dengan minyak almond :

  • Silahkan tuangkan sebanyak beberapa tetes dari minyak almond ke sebuah wadah.
  • Setelah itu, kamu tinggi mencelupkan kapas ke minyak almond tadi.
  • Kemudian kamu bisa mengoleskan pada bibir kamu yang mengalami masalah perubahan warna gelap, sebelum kamu tidur.
  • Diamkanlah minyak almond ini pada bibir selama semalaman.
  • Dan jangan lupa untuk melakukannya secara rutin agar manfaatnya semakin optimal dalam memerahkan bibir.

6. Madu

Mungkin tak ada orang yang tidak mengenal apa itu madu. Selain karena rasanya yang manis, madu juga terkenal berkat manfaat baiknya untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya ialah untuk mencerahkan dan melembutkan bibir.

Didalam madu terkandung nutrisi dan senyawa anti inflamasi dan antioksidan yang bisa memberikan perlindungan terhadap bibir, dari berbagai masalah radikan bebas dan juga sinar UV. Selain itu, madu juga memiliki efek sebagai moisturizer yang akan membantu dalam mengatasi masalah bibir pecah-pecah.

Baca Juga : 43 Cara Menghilangkan Kutu Yang Ampuh, Mujarab, Dan Efektif Beserta Telurnya

Cara memerahkan bibir dengan madu :

  • Ambilah sebanyak satu sendok teh dari madu, dan kemudian kamu bisa langsung mengaplikasikannya pada bibir sebelum tidur.
  • Jangan lupa untuk memberikan sedikit pijatan sekitar 3 menit lamanya dan diamkan selama semalaman.
  • Disaat pagi harinya, silahkan kamu bersihkan bibir kamu dengan menggunakan air hangat, hingga benar-benar bersih.
  • Ulangi cara ini pada setiap harinya secara rutin.

7. Buah delima

Buah delima memiliki kandungan senyawa polifenol yang cukup kaya, dimana senyawa ini merupakan salah satu jenis antioksidan yang kuat dan mempu untuk menangkal berbagai radikal, serta membuat tubuh menjadi terlindungi dari kerusakan sel.

Selain kaya akan antioksidan, buah delima juga memiliki nutrisi vitamin D, pigmen antosianin, dan asam ellegic yang tinggi, dan sangat bisa diandalkan untuk mengembalikan warna alami bibir yang gelap.

Cara memerahkan bibir dengan buah delima :

  • Haluskanlah sebanyak satu sendok buah delima dengan tambahan sedikit susu.
  • Berikutnya terapkan ramuan ini ke bibir kamu, dan diamkan sekitar 2 sampai 3 menit lamanya, sambil diberikan pijatan lembut.
  • Selanjutnya, silahkan kamu bilas dengan air bersih.
  • Biar awet, jika masih ada sisa dari campuran delima dan susu ini, kamu bisa menaruhkan di lemari es, agar awet dan bisa digunakan besoknya.
  • Terapkan cara ini secara rutin pada setiap harinya.

8. Bubuk kunyit

Salah satu khasiat dari bubuk kunyit ialah untuk membantu proses mencerahkan kulit. Dan manfaatnya ini sudah banyak diterapkan oleh masyarakat Asia Selatan dan India. Semua itu berkat kandungan senyawa aktif, salah satunya adalah kurkumin.

Dimana senyawa ini mampu untuk menghembat produksi dari melanin yang merupakan pigmen penyebab kulit menjadi gelap. Tak hanya itu, senyawa anti inflamasi juga terkandung didalam bubuk kunyit, yang mana akan membantu untuk mengatasi masalah bibir yang kering dan mengalami pecah-pecah.

Cara memerahkan bibir dengan bubuk kunyit :

  • Silahkan kamu campurkan sebanyak dua sendok makan bubuk kunyit ini dengan satu sendok makan mentega atau susu.
  • Berikutnya kamu tinggal mengoleskan campuran kedua bahan ini pada bibir kamu, dan kemudian diamkan sekitar 5 menit lamanya.
  • Terapkan cara ini pada setiap harinya, guna untuk membuat bibir kamu kembali merah merona.

9. Minyak zaitun

Minyak zaitun memiliki kandungan berbagai macam senyawa essensial yang baik, seperti dianranya antioksidan dan juga asam lemak yang bermanfaat untuk melembabkan bibir serta mencerahkannya kembali. Dengan cara mengoleskan minyak zaitun ini secara teratur pada bibir kamu, bisa membantu pengembalian warna merah atau pink seperti semula. Selain itu, kandungan bermanfat didalam minyak zaitun ini juga akan mencegah bibir kamu dari masalah pecah-pecah dan bibir kering.

Baca Juga : 19 Cara Mengecilkan Paha Dengan Cepat Dan Alami

Cara memerahkan bibir dengan minyak zaitun :

  • Campurkan sebanyak satu sendok teh gula pasir dengan beberapa tetes minyak zaitun.
  • Selanjutnya kamu bisa mengoleskannya pada bibir, dan kemudian diamkan sekitar 5 menit lamanya, sambil di berikan pijatan lembut.
  • Selanjutnya kamu tinggal membilasnya dengan air hangat
  • Lakukan cara ini sebanyak 1 kali dalam seminggunya.

10. Minyak kelapa

Selain minyak zaitun, ternyata minyak kelapa juga bisa menjadi altenatif lain, guna untuk membuat bibir kamu menjadi cerah dan sehat. Nutrisi didalam minyak kelapa mampu untuk melembutkan dan mencerahkan warna bibir kamu yang gelap.

Selain itu, kandungan vimitan E dan juga bleaching agent didalamnya juga ampuh untuk mengembalikan warna bibir ke warna alami. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa ini sebagai lip mask sebelum tidur, dengan cara mendiamkannya selama semalaman, agar kandungan didalam minyak kelapa bisa meresap kedalam bibir.

Cara memerahkan bibir dengan minyak kelapa :

  • Campurkan sebanyak satu sendok makan gula merah dengan beberapa tetes dari minyak kelapa, aduklah kedua bahan ini hingga membentuk seperti pasta.
  • Berikutnya, kamu tinggal mengoleskannya pada bibir kamu, dan diamkan serta pijat sekitar 5 menit lamanya.
  • Selanjutnya setelah 5 menit, kamu tinggal membersihkannya dengan air, dan oleskan kembali minyak kelapa untuk menjadi pelembabnya.
  • Lakukan cara ini sebanyak dua kali didalam seminggunya, secara teratur.

11. Sari buah bit

Beetroot atau buah bit merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki warna ungu. Dan didalam warna ungunya ini terkandung pigmen karatenoid, antosianin dan juga antioksidan alami. Didalam nutrisi-nutrisi baik ini bermanfaat untuk mencerahkan dan juga memerahkan bibir secara alami. Selain itu, senyawa alami ini juga membantu untuk melancarkan alirah darah didalam tubuh kamu, dan membuat bibir jadi tampak lebih merah merona.

Cara memerahkan bibir dengan buah bit :

  • Silahkan kamu haluskan buah bit menggunakan blender, dan kemudian saring dan ambilah sarinya.
  • Selanjutnya silahkan oleskan sari buah bit tadi ke bibir sesaat kamu sebelum tidur, dan kemudian diamkan selama semalaman.
  • Terapkan cara ini secara berulang, setiap malamnya secara teratur.

12. Mentimun

Jangan pernah menyepelekan sayuran satu ini, dimana mentimun bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah bibir yang gelap. Mentimun ini selain mampu untuk mengatasi masalah kantung mata, ternyata mentimun juga manjut dalam membuat bibir kamu menjadi merah merona kembali.

Semua itu berkat senyawa pencerah alami yang bernama silica, yang aman bermanfat untuk mengembalikan warna cepat alami yang terdapat di bibir. Selain itu kandungan antioksidannya juga sangat efektif untuk mencegah terjadinya pigmentasi pada kulit bibir kamu dan membantu melindungi dari berbagai kerusakan.

Baca Juga : 7 Cara Diet 8 Jam Yang Benar Dan Aman Untuk Membakar Timbunan Lemak

Cara memerahkan bibir dengan mentimun :

  • Silahkan iris 1 buah mentimun menjadi beberapa bagian.
  • Berikutnya silahkan terapkan irissan mentimun ini pada bibir kamu, dengan cara menggosok lembut ke bibir sekitar 5 sampai 7 menit lamanya.
  • Setelah itu, kamu bisa membilasnya hingga bersih menggunakan air.
  • Lakukan cara ini secara rutin pada setiap harinya, agar manfaatnya semakin optimal.

13. Tomat

Buah tomat dipercaya mampu untuk membuat warna merah alami pada bibirmu kembali merona. Semua itu berkat kandungan bernama likopen yang bisa kamu temukan didalam tomat ini. Selain kandungan likopennya, senyawa antioksidan juga terdapat didalam tomat, yang mana akan membantu proses dari regenerasi kulit, sehingga bisa merangsang pembentukan sel kulit yang baru. Selain itu, senyawa antioksidan ini juga mampu dalam meningatkankan sirkulasi darah kamu.

Cara memerahkan bibir dengan tomat :

  • Haluskanlah terlebih dahulu tomat yang sudah kamu siapkan, kemudkan tambahkan sebanyak dua sendok makan mentega.
  • Setelah itu, kamu bisa menerapkan campuran ini pada bibir kamu dengan memberikan sedikit pijatan sekitar kurang lebih 5 menit lamanya pada setiap malamnya.
  • Setelah itu, kamu bisa membiaslah hingga bersih menggunakan air hangat.
  • Perawata ini bisa kamu terapkan sekitar tiga kali didalam seminggunya.

14. Kentang

Kentang memang cukup terkenal karena manfaatnya untuk mencerahkan kulit. Namun tak hanya untuk kulit saja, namun kentang juga bermanfaat untuk mencerahkan bibir. Semua itu dikarenakan kandungan nutrisi yang bersifat sebagai pencerah alami yang mampu untuk mengembalikan warna alami bibir kamu. Selain itu enzim bernama catecholase didalam kentangh juga bermanfaat untuk membuat kulit disekitaran bibir lebih berkilau dan merona.

Cara memerahkan bibir dengan kentang :

  • Silahkan cuci bersih kentang yang sudah kamu siapkan sebelumnya, lalu kemudian irislah kentang tersebut menjadi beberapa bagian.
  • Setelahnya, usapkan pada bibir kamu, sesambil memberikan sedikit pijatan halus.
  • Diamkan sekitar 5 hingga 10 menit lamanya. Dan kemudian bilaslah menggunakan air bersih.
  • Cara ini bisa kamu terapkan secara rutin pada sertiap harinya agar manfaatnya semakin optimal.

15. Yogurt

Terdapatnya asam altat didalam yogurt akan membantu proses pemcerahan pada bibir kamu bisa berjalan dengan semestinya atau semakin cepat. Sehingga masalah bibir gelap yang kamu alami bisa teratasi. Selain bisa mencerahkan, yogurt ini juga bisa melembutkan serta menghaluskan bibir yang pecah-pecah dan kering.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Lemak Perut Dengan Minum Jus Mentium Setiap Malam, Beserta Resepnya

Cara memerahkan bibi dengan yogurt :

  • Tuangkan yogurt yang sudah disiapkan kedalam wadah, kemudian kamu bisa mengoleskannya pada bibir dengan menggunakan bantuan kapas.
  • Setelah itu, diamkan selama semalaman, kemudian di pagi harinya, silahkan bilas menggunakan air bersih.
  • Lakukan cara ini secara rutin pada setiap harinya.

16. Alpukat

Siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini ? Rasa yang khas dari buah alpukat ternyata memiliki manfaat yang cukup baik untuk kesehatan kulit. Termasuk juga untuk kulit pada bibir kita. Semua itu berkat kandungan dan nutrisi baik didalam alpukat ini yang mana akan membantu dalam mencerahkan dan membuat bibir kembali merah merona.

Cara memerahkan bibir dengan alpukat :

  • Silahkan siapkan buah alpukat secukupnya.
  • Lalu kemudian kamu bisa meblendernya atau menghaluskan daging dari buah alpukat tadi.
  • Setelah halus, silahkan aplikasikan pada bibir kamu secara merata.
  • Diamkan selama 5 menit, kemudian bias hingga bersih.
  • Lakukan cara ini pada setiap harinya.

Cara altenatif memerahkan bibir

cara memerahkan bibir secara alami

Selain beberapa cara memerahkan bibir secara alami diatas. Ternyata masih ada cara lain atau cara altenatif yang bisa kamu pilih untuk mencerahkan kembali bibir kamu yang bermasalah. Apa saja caranya ? Silahkan disimak berikut ini.

17. Petroleum jelly

Jika seandainya kamu adalah tipe orang yang tidak memiliki banyak waktu luang, maka kamu bisa menerapkan cara memerahkan bibir dengan metode peroleum jelly ini. Sekarang ini produk petroleum jelly sudah banyak dijual di pasaran.

Dimana manfaat utamanya ialah untuk membuat bibir menjadi lebih cerah, dan melembabkan bibir, serta mengatasi bibir pecah-pecah akibat dari sinar matarahari. Sebaiknya kamu jika ingin menggunakan metode, ini pilihlah produk petroleum jelly yang sesuai dengan jenis kulit kamu, dan juga perhatikanlah kandungan serta tanggal kadarluarsanya.

18. Lips sleeping mask

Selain bisa menggunakan cara petroleum jelly diatas, altenatif lain untuk memerahkan bibir ialah dengan menggunakan lips sleeping mask, dimana cara ini cukup dapat diandalkan untuk mencerahkan bibir dan melembabkannya. Kamu hanya perlu mengoleskan lips mask ini sebelum tidur, dan diamkan hingga kandungannya meresap ke bibir selama kamu terlelap.

Baca Juga : 4 Cara Diet Air Putih Menyenangkan, Yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Banyak sekarang produk dari lips mask yang bertebaran dipasaran sekarang ini. Namun jangan lupa untuk selalu menggunakan produk yang berkualitas dan terjamin keasliannya serta yang terbuat dari bahan-bahan alami.

19. Lips exfoliator

Guna untuk mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan warna dari bibir menjadi gelap. Maka kamu bisa mencoba cara mengatasinya dengan menggunakan lips eksfoliatos, dimana produk ini bisa kamu dapatkan di toko kosmetik atau klinik kecantikan terdekat.

Pilihlah jenis produk lips eksfoliator yang memiliki kualitas terjamin dan jangan sampai menggunakan lebih dari dua kali didalam seminggunya. Karena jika terlalu sering bisa memberikan efek bibir menjadi kering dan mudah terkelupas atau pecah-pecah.

20. Pengobatan topikal

Kamu yang sudah merasa bahwa masalah bibir gelap sudah amat menggangu penampilan, dan kamu menginginkan untuk secepat mungkin mengatasinya. Maka kamu bisa mencoba pengobatan topikal. Tentunya metode pengobatan topikal ini harus sesuai dengan anjuran dokter kulit. Oleh sebab itu, silahkan konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kulit. Metode ini bisa membantu untuk mengembalikan warna merah dari bibir kamu.

Baca Juga : 6 Cara Menyembuhkan Demam Secara Alami Menggunakan Bahan Dapur

21. Fractional laser treatment

Cara memerahkan bibir selanjutnya ialah dengan menerapakan merode fractional laser treatment. Metode ini ialah metode operasi dibagian epidermin dan juga dermin pada bibir yang berwarna gelap. Dan nantinya bagian yang berwarna gelap ini akan diangkat dengan sinar laser, sehingga bibir tampak lebih merona. Biasanya pasien akan melewatkan sebanayk 2 sampai 4 sesi perawatan selama beberapa waktu pada penerapan metode ini.

Itu tadi beberapa cara memerahkan bibir secara alami dan dengan cara altenatif. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari informasi yang sedang kamu butuhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

21 Cara Memerahkan Bibir Secara Cepat Dan Ampuh | Miko Rudiansyah | 4.5