cara memperbanyak asupan asi, cara memperbanyak air asi ibu menyusui, cara memperbanyak asi sewaktu hamil

, ,

14 Cara Memperbanyak ASI Dengan Cepat Dan Alami

14 Cara Memperbanyak ASI – Memang tidak semua para ibu disaat dia sudah selesai melahirkan memiliki produksi terhadap ASI yang cukup untuk bayinya nanti. Disaat seorang ibu sudah melahirkan dan ternyata baru diketahui bahwa sang ibu tersebut tidak bisa memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup untuk sang bayi, tentu saja dari sini akan timbul sebuah perasaan kawatir terhadap sang bayi yang tidak mendapatkan asupan ASI yang optimal. Dan ibu yang tidak bisa memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup tersebut akhirnya memilih untuk mengambil beberapa altenatif lain seperti beralih ke susu formula.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Secara Alami Dan Efektif

Padahal makanan utama yang baik untuk sang bayi adalah ASI sendiri. Oleh sebab itu ASI haruslah bisa diberikan secara ekslusif terhadap sang bayi didalam jangka waktu yang cukup panjang. Dengan cara selalu rutin untuk memberikan ASI kepada bayi kamu yakni selama 6 bulan pertama kelahiran, maka akan membantu sang bayi untuk bisa terminimalisir dari berbagai macam alergi yang bisa saja diderita oleh bayi. Selain itu ASi sendiri juga memiliki peranan penting lainnya yang untuk membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh bayi kamu, semua itu karena zat baik yang memiliki sifat antibodi.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Flu Yang Mengganggu

Dan yang jadi permasalahannya sekarang. Apakah kamu termasuk dari sekian banyak ibu yang tidak bisa memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup ? Jika iya, maka janganlah terburu-buru terlebih dahulu untuk memilih pengganti untuk ASI kamu. Karena pada kenyataaan ada beberapa cara memperbanyak ASI dengan alami dan cepat yang bisa kamu coba terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menggunakan susu formula. Apa saja, dan bagaimana caranya ? Silahkan disimak berikut ini.

Cara memperbanyak ASI

Baca Juga : Cara Diet OCD Deddy Corbuzier Yang benar Serta Tips Agar Berhasil

1. Memijat payud*ra

cara memperbanyak air asi ibu hamil, cara memperbanyak asi bagi ibu menyusui, cara memperbanyak asi baru melahirkan

Ternyata melakukan pijatan yang benar pada payud*ra seorang ibu bisa membantu untuk meningkatkan produksi ASI dari ibu tersebut. Dimana ini menjadi salah satu cara memperbanyak ASI secara alami yang bisa kamu lakukan. Pemijatan ini berada pada bagian pangkal dari payud*ara. Dan tekanlah di nding payud*ra tersebut dengan menggunakan dua buah jari yakni ialah jari telunjuk dan juga jari tengah. Lakukan juga gerakan melingkar pada bagian luar dari payud*ra sekitar kurang lebih 30 detik lamanya.

Baca Juga : 17 Cara Mempercepat Haid (Normal dan Terlambat)

Dan selanjutnya buatlah gerakan seperti memutari payud*ra hingga nantinya menuju ke puting seperti bentuk obat nyamuk. Lakukan pemijatan ini hanya mulai dari bagian pangkal menuju ke puting saja. Dan bukan sebaliknya, dan yang harus diingat bahwa pemijatan ini hanya bertujuan untuk memberikan peningkatan produksi ASI agar bisa bertambah jumlahnya dan juga memberikan kelancaran.

2. Memompa ASI

cara memperbanyak asi yang berkurang, cara memperbanyak asi ibu bekerja, bagaimana cara memperbanyak asi

Cara memperbanyak ASI selanjutnya ialah dengan melakukan pemompaan pada payud*ra. Hal seperti ini akan berguna untuk membuat payud*ra agar selalu terangsang dalam memproduksi ASI dalam jumlah yang optimal. Pompa ASI ini harus dilakukan secara kosisten dan juga berkala pada waktu masa-masa menyusui. Kamu bisa melakukan pemompaan pada masing-masing payud*ra sekitar 10 menit lamanya. Dan perlu diketahui juga bahwa produksi dari ASI seorang ibu akan meningkat apabila sudah memasuki pukul 2 hingga 5 pagi. Dan jika memungkinkan kamu bisa melakukam pompa ASI pada waktu tersebut.

Baca Juga : 6 Cara Menggunakan Tespek Kehamilan Yang Benar dan Efektif

3. Jangan berhenti menyusui

bagaimana cara menambah produksi asi, bagaimana cara menambah volume asi, cara memperbanyak asi cepat

Walaupun kamu merasa bahwa ASI sudah sedikit jumlahnya, akan tetapi jangan langsung menghentikan proses menyusui. Teruslah lakukan proses menyusui itu, karena ini menjadi salah satu cara memperbanyak ASI yang sering diabaikan oleh banyak ibu. Dengan terus rajin dan juga konsisten didalam menyusui, maka akan memberikang rangsangan terhadap payud*ra agar selalu memproduksi ASI dalam jumlah yang cukup. Dan jangan lupa untuk menggunakan kedua payud*ra disaat melakukan proses menyusui secara bergantian.

Baca Juga : Sering Pusing Dan Lemas ? Atasi Itu Semua Dengan 7 Makanan Penghilang Pusing Dan lemas Yang Ampuh !

4. Skin to skin nurse

cara menambah asi biar banyak, cara memperbanyak asi untuk bayi, cara memperbanyak asi yang berkualitas

Disaat proses menyusui dilakukan, usahakanlah untuk sesering mungkin kulit ibu bertemu dengan kulit bayinya. Atau kulit sang bayi bersentuhan dengan kulit ibunya. Karena ini merupakan cara memperbanyak ASI selanjutnya yang bisa kamu terapkan. Jangan sampai kamu menghalangi kulit dengan menggunakan sebuah kain, baik itu dari kaos maupun bra. Demikian juga untuk si bayi, biarkan saja di hanya menggunakan popok. Selain cara ini bisa membantu untuk merangsang produksi ASI, hal ini juga akan memberikan peningkatan secara emosional diantara anak dan juga ibunya.

Baca Juga : Bisa Dicoba !! 9 Cara Mengobati Ambeien Dengan Cepat Tanpa Operasi !!

5. Ciptakan suasana yang tenang disaat menyusui

cara memperbanyak asi dengan domperidone, cara memperbanyak asi dengan pompa, cara memperbanyak asi dengan alami

Bayi akan sangat sensitif terhadap berbagai hal. Semua itu dikarenakan indera pendengaran si bayi sudah matang. Dan bayi juga akan merasa terganggu dengan suara-suara bising yang didengarnya. Oleh sebab itu usahakan untuk menciptakan sebuah suasana yang tenang disaat menyusi si bayi. Karena ini merupakan salah satu cara memperbanyak ASI yang bisa kamu lakukan. Dengan menciptakan suasana tenang ini si bayi akan lebih rileks sehingga bisa menyusui didalam bahwa yang lebih lama hingga akhirnya tertidur.

Baca Juga : Ini Dia 7 Ramuan Kunyit Untuk Obati Berbagai Penyakit Tubuh, Apa Saja ? Yuklihat !!

6. Biarkan bayi menyusu selama yang dia inginkan

bagaimana cara memperbanyak asi yang kering, bagaimana cara memperbanyak asi kembali, bagaimana cara memperbanyak asi ibu

Janganlah sesekali ibu menghentikan bayi yang sedang menyusui. Jika seandainya tiba-tiba ada tamu yang sedang datang, maka tutupilah bayi yang sedang menyusu dentan menggunakan kain, lalu kamu bisa menyambut tamu. Ini merupakan salah satu cara memperbanyak ASI untuk dikonsumsi oleh si bayi. Dan juga ibu tidak perlu tergesa-gesa dan panik disaat ada keadaan genting agar tidak mengganggu si bayi yang sedang manyusu. Disaat dia sudah kenyanng dia akan berhenti dengan sendirinya dari proses menyusu.

Baca Juga : Wajib Tau, Ini Dia 8 Tanda Kanker Yang Sering Diremehkan Banyak Orang

7. Menyusui setiap 2-3 jam

cara memperbanyak asi bagi ibu bekerja, cara memperbanyak asi berkualitas, cara memperbanyak asi bagi ibu

Cara memperbanyak ASI selanjutnya ialah dengan cara menyusui setiap 2-3 jam sekali. Jadwal menyusui yang teratur nantinya akan membantu untuk merangsang produksi ASI dan si ibu. Terutama disaat sang bayi baru lahir. Bayi setidaknya harus mendapatkan ASI hingga 12 kali didalam seharinya. Maka berikanlah ASI sekitar 2-3 jam, bahkan disaat si bayi sedang tidurpun. Semua itu bertujuan agar nutrisi si bayi bisa tercukupi.

Baca Juga : Sering Alami Masalah Di Wajah ? Yuklihat, 10 Cara Membaca Kesehatan Dari Wajah !

8. Jangan menggunakan dot atau botol

cara memperbanyak asi ekslusif, cara memperbanyak produksi asi eksklusif, cara efektif memperbanyak asi

Cara memperbanyak ASI berikutnya ialah dengan tidak menggunakan dot atau botol. Dimana pada 6 bulan pertama bayi, proses menyusui menjadi satu-satunya cara bayi agar bisa mendapatkan asupan dari makanan dan juga minumannya. Dan disaat anda memompa ASI dan memilih untuk menggunakan dot atau botol, maka nantinya akan memberikan kebingungan kepada bayi, tentang manakah puting ibunya, apalagi aliran dari botol atau dot lebih lancar dan kencang. Bisa-bisa yang terjadi selanjutnya ialah si bayi malah menolak untuk disusui oleh ibunya. Dan hal ini hanya akan memberikan pengurangan terhadap produksi ASI bahkan bisa berhenti.

Baca Juga : Waspada !! Selain Makanan, Ini Dia 7 Benda Yang Mengandung Gluten

9. Menstabilkan emosi

cara memperbanyak asi pasca caesar, cara memperbanyak asi dg cepat, cara perbanyak asi dengan cepat

Memilik seorang bayi memang dituntut untuk memiliki tenaga ekstra, apabila disaat sang ibu melakukan banyak tugas lainnya. Baik itu tugas dari rumah tangga maupun dari karirnya. Oleh sebab itu sang ibu harus bisa untuk menstabilkan emosi karena ini menjadi cara memperbanyak ASI yang sering diremehkan. Disaat kamu mengalami stres maka hal tersebut hanya akan membuat produksi dari ASI kamu menjadi tergganggu. Karena hormon dalam tubuh sedang terguncang. Ibu bisa meminta tolong kepada pasangannya atau keluarga agar bisa membantu dalam mengurus keperluan sehari-hari, dan teman kerja untuk membantu dalam mengerjakan tugas kantoran.

Baca Juga : Mengenal Vasektomi, KB steril Untuk Pria, Serta 5 Fakta Mengejutkan Tentang Vasektomi Yang Jarang Diketahui !!

10. Mencukupkan waktu tidur

cara memperbanyak asi.com, cara memperbanyak asi setelah caesar, cara memperbanyak asi ibuhamil.com

Cara memperbanyak ASI berikutnya ialah mencukupkan waktu tidur kamu. Walaupun terdengat mustahil untuk seorang ibu bisa tidur dengan optimal, karena seringnya bayi terbangun tiba-tiba. Oleh sebab itu kamu harus atur jadwa tidur kamu. Misalnya saja disaat bayi tidur maka ibu juga bisa ikut tidur. Selain itu ibu juga bisa memilih untuk mengurangi kegiatan didalam maupun di luar rumah.

Baca Juga : Pengen Anak Kembar ? Yuk Lihat, 10 Cara Mendapatkan Anak Kembar Secara Alami

11. Makan makanan bergizi

cara memperbanyak asi disaat hamil, cara memperbanyak asi dengan suami, cara memperbanyak asi waktu hamil

Selama masa menyusui yang eksklusif maka sang ibu dituntut untuk mencukup asupa kalori sebesar 300 hingga 500 kalori didalam setiap harinya. Karena ini menjadi salah satu cara memperbanyak ASI yang harus kamu lakukan. Dengan memakan makanan bergizi dan juga sehat akan membantu secara alami dalam meningkatkan produksi dan juga kualitas ASI seorang ibu. Tidak ada jenis makanan yang harus dikonsumsi, yang penting makanan itu bergizi dan juga sehat.

Baca Juga : Depresi dan Skizofrenia Bisa Disembuhkan Dengan Yoga lho !! Yuk Lihat, 5 Gangguan Mental Yang Bisa Disembuhkan Dengan Yoga !!

12. Banyak mengkonsumsi air mineral

bagaimana cara memperbanyak asi saat hamil, bagaimana cara memperbanyak air asi, bagaimana cara memperlancar dan memperbanyak asi

Cara memperbanyak ASI selanjutnya ialah dengan cara rutin untuk memenuhi kebutuhan air meneral. Karena cara ini akan membantu ASI untuk tetap bisa diproduksi secara teratur. Dan tak hanya dari air mineral, minuman jus yang tanpa gula baik itu dari buah maupun dari sayuran juga harus kamu konsumsi untuk memperbanyak ASI. Dan juga hindarilah minuman yang mengandung bahan kimia dan juga kafein, karena hanya akan memberikan dampak buruk terhadap bayi.

Baca Juga : Yuk Kenali, 5 Faktor Yang Menyebabkan Tekanan Darah Rendah (Hipotensi)

13. Meminum suplemen penambah ASI

cara memperbanyak asi dengan pijatan, tips dan cara memperbanyak asi, cara memperbanyak asi eksklusif

Meminum suplemen penambah ASI merupakan salah satu cara memperbanyak ASI yang bisa kamu pilih. Jika kamu merasa jumlah ASI kamu sedikit maka cara ini adalah yang paling cepat. Namun tentu saja kamu harus terlebih dahulu untuk berkonsultasi dengan para dokter kandungan atau bidan. Tentang suplemen mana yang cocok untuk kamu konsumsi.

Baca Juga : Sering Susah Bangun Pagi ? Ternyata Ini Dia 8 Penyebabnya !!

14. Tidak mengonsumsi obat-obatan selain suplemen ASI

cara cepat memperbanyak produksi asi, cara cepat memperbanyak air asi, cara memperbanyak asi dengan cepat

Cara memperbanyak ASI terakhir ialah dengan tidak mengonsumsi obat-obatan selain dari suplemen ASI. Biasanya dokter kandungan maupun bidan akan menyarankan para ibu untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan baik disaat masa hamil maupun sudah memasuki masa menyusui. Semua itu karena zat kimia didalam obat yang bisa memberikan dampak buruk tergadap kesehatan bayi. Dan jika seandainya sang ibu benar-benar sudah dalam keadaan darurat untuk mengkonsumsi obat-obatan ataupun pil KB didalam masa menyusui. Maka konsultasikanlah terlebih dahulu kepada bidan maupun dokter.

Baca Juga : Susah Berhenti Merokok ? Ini Dia 4 Emosi Penyebabnya !!

Itu tadi beberapa cara memperbanyak ASI yang bisa kamu lakukan sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu butuhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Sumber : Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *