cara menghilangkan pori pori ketiak

,

22 Cara Memutihkan Ketiak Secara Cepat Dan Mujarab + 10 Tips Mencegah Ketiak Hitam

22 Cara Memutihkan Ketiak – Memang sih, ketika yang hitam tidak menjadi sebuah masalah kesehatan yang membahaya tubuh. Akan tetapi ketiak hitam ini merupakan sebuah hal yang amat mengganggu penampilan bagi kebanyakan orang, terutama untuk para wanita. Walaupun ketiak hitam masih bisa kita sembunyikan dan tak terlihat, namun tetap saja disaat kita mengenakan pakaian yang tanpa lengan atau disaat sedang mengambil foto yang mengharuskan kamu untuk mengangkat tangan.

Maka menyembunyikan ketiak tidak dapat kamu lakukan lagi. Masalah ketiak hitam atau menghitam memang sangat sulit untuk dihilangkan dengan cepat dan mudah, akan tetapi bukan berarti kamu tidak bisa melakukan apa-apa untuk mengatasi ketiak hitam tersebut. Masih ada beberapa yang bisa kamu pilih guna untuk membantu dalam membuat ketiak kamu kembali seperti semua.

Baca Juga : 20 Cara Mengecilkan Lengan Dengan Cepat Dan Efektif + 17 Tips Memiliki Lengan Proporsional

Yang mana ketiak yang tak indah dipandang ini sering kali menurunkan rasa percaya diri para wanita. Dan apa saja cara memutihkan ketiak hitam ? Berikut adalah pembasahannya. Namun sebelum masih kedalam cara memutihkan ketiak , terlebih dahulu, yuk lihat sekilas tentang kulit ketiak. Silahkan disimak.

Sekilas tentang kulit ketiak

cara bersihkan ketiak hitam

Ketiak merupakan sebuah bagian tubuh yang terletak dibawah dari lengan seseorang, dan letaknya sendiri cukup tersembunyi serta memiliki karakteristik kulit yang sifatnya begitu sensitif. Kulit pada bagian ketiak ini memiliki banyak sekali kelenjar keringan dan juga folikel rambut dari pada bagian kulit lainnya. Dan hal ini membuat kulit ketiak akan sangat mudah untuk teriritasi akibat dari penggunaan deodoran, krim ketiak atau bahan lainnya untuk perawatan ketiak yang memiliki kandungan bahan kimia didalamnya.

Sehingga dari hal tersebut, berakibat pada berubahnya warna pada area ketiak yang membuatnya menjadi cepat menghitam. Walaupun hal ini bukanlah menjadi sebuah masalah kesehatan yang series, akan tetapi ketiak seseorang yang mengalami penghitaman, bisa menjadi tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan kesehatan orang yang mengalaminya.

Baca Juga : 40 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah Dan Mujarab

Oleh sebab itulah, kamu harus lebih mememahami dan memperhatikan dengan seksama serta tidak menganggap remeh ketiak yang menghitam ini. Dan sebaiknya disaat kamu mengalami kondisi ketiak menghitam, segeralah untuk konsultasi dengan para dokter serta ahli dermatologi.

Penyebab ketiak hitam

penyebab ketiak hitam saat hamil

Setelah kita melihat sekilas tentang kulit dibawah lengan ini, tentunya kamu penasaran tentang, Apa sih yang menyebabkan kulit ketiak menghitam ? Dan berikut adalah beberapa penyebab atau faktor yang membuat kulit ketiak kamu mengalami perubahan warna menjadi hitam. Apa saja ? Yuk lihat :

1. Terlalu sering mencukur

Memang sih, kebiasaan ini sering kali dilakukan oleh banyak orang. Terutama untuk mereka yang merasa risih dengan bulut ketiak. Namun akan tetapi, ternyata kebiasan ini bisa menjadi penyebab ketiak menghitam lho. Disaat kamu mencurkur, kamu hanya akan menghilangkan bulu pada ketiak saja, dan bukan akar dari bulu tersebut.

Dan akibatnya, dari sisa akar bulu tersebutlah yang memberikan sebuah efek seperti noda hitam yang terlihat cukup jelas. Guna untuk mengatasi dan menghindari masalah ini kembali terjadi. Seharusnya kamu menggunakan wax dan bukan sebuah pisau cukur.

2. Hiperpigmentasi

Penggelapan kulit atau istilah kerennya hiperpigmentasi merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan kulit ketiak seseorang menjadi menghitam. Dan masalah ini biasanya disebabkan oleh produksi sebuah pigmen bernama melamin secara berlebihan. Dan hal yang menyebabkan pigmen melamin ini menjadi diproduksi secara berlebihan adalah karena sinar matahari dan faktor-faktor lainnya.

Baca Juga : 16 Cara Menghilangkan Karang Gigi & Plak Gigi Yang Efektif Dan Ampuh

3. Kelainan

Kelain didalam tubuh seperti kelainanacanthosis nigricans sering kali menjadi faktor pemicu dari berubahnya warna kulit ketiak. Kondisi ini biasa terjadi pada mereka yang memiliki kekurangan insulin yakni pada penderita diabetes dan juga pada mereka yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Kelain ini, tak hanya menyerang pada bagian ketiak saja, namun juga bisa pada area leher, lengan dan bahkan bagian-bagian tubuh lainnya yang sering kali terkena paparan sinar matahari.

4 Penggunaan deodoran

Memang deodoran menjadi salah satu cara yang sering diambil untuk menghilangkan bau ketiak, dan cara inipun cukup ampuh untuk diterapkan. Akan tetapi ternyata penggunaan deodoran yang kebanyakan memiliki kandungan antiperspirant didalamnya, bisa memicu untuk terjadinya diskolorasi atau perubah warna pada bagian ketiak.

Bahan-bahan kimia inilah yang menimbulkan sebuah reaksi serta memberikan hasil pigemen yang berwarna gelap pada ketiak kamu. Para pakar kesehatanmu juga menyarankan untuk tidak menggunakan antiperspirant deodoran yang mana, hanya memberikan dampak para ketiak yang menjadi menghitam.

5. Penumpukan sel kulit mati

Menurut keterangan dari para ahli dermatologi, mangatakan bahwa penumpukan sel kulit mati pada area ketiak bisa menjadi salah satu penyebab dari timbulnya warna hitam pada ketiak. Dan guan untuk mengatasi penumpukan sel kulit mati ini, langkah yang bisa kamu ambil ialah dengan sering-sering untuk melakukan eskfoliasi atau pengelupasan pada sel kulit mati ini sendiri.

Baca Juga : 43 Cara Menghilangkan Kutu Yang Ampuh, Mujarab, Dan Efektif Beserta Telurnya

6. Infeksi bakteri

Selain penumpukanb sel kulit mati, masalah kulit ketiak yang menghitam juga bisa disebab oleh infeksi dari bakteri. Infeksi bakteri ini bisa memberikan dampak pada timbulnya noda atau sebuah spot hitam yang terdapat pada kulit, terutama untuk kulit pada bagian ketiak, atau dalam istilah ilmiahnya dikenal dengan nama erythrasma. Seperti yang dilansirkan pada laman Livestrong.com yang dikutip dari Ohgitu.id, menyebutkan bahwa ada beberapa jenis dan bekteri yang bisa menimbulkan noda pada ketiak.

Salah satunya ialah bakteri bernama orynebacterium Minutissimum, dimana bakteri ini bisa menimbulkan noda yang berwarna pink pada awalnya, dan kemudian setelah sekian lama akan berubah menjadi warna hitam. Dan berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan di National Institutes of Health.

Menyebutkan bahwa infeksi ini sering kali di alami oleh mereka yang tinggal pada daelrah yang memiliki iklim yang cenderung panas jika dibandingan dengan orang-orang yang tinggal pada iklim yang dingin.

Cara memutihkan ketiak hitam secara alami

Kamu yang memiliki masalah dengan warna kulit ketiak yang menghitam tak perlu kawatir lagi. Karena ternyata ada beberapa cara memutihkan ketiak dengan mudah yang bisa anda terapkan sendiri dirumah. Dan cara memutihkan ketiak hitam ini tentunya sangatlah murah karena menggunakan bahan alami yang mudah didapatkan. Bagaimana caranya ? Yuk lihat berikut ini :

1. Kentang

kentang, cara menghilangkan noda hitam di ketiak

Cara memutihkan ketiak hitam pertama yaitu dengan memanfaatkan kentang. Didalam kentang terdapat kandungan asam alami yang bisa membantu untuk menghilangkan warna kehitaman pada ketiak, dimana warna hitam ini disebabkan oleh berbagai macam faktor. Asam alami ini akan berperan sebagai bleaching agent atau sebuah senyawa yang bisa membantu untuk melunturkan warna hitam pada kulit ketiak kamu.

Baca Juga : 19 Cara Mengecilkan Paha Dengan Cepat Dan Alami

Selain mudah untuk diterapkan penggunakan kentang sebagai bleaching alami juga sangat aman untuk kamu lakukan jika dibandingakan dengan menggunakan bleaching yang menggunakan bahan kimia didalamnya. Lalau bagaimanaya cara pemanfaatannya ? Berikut adalah caranya, silahkah disimak.

Cara penerapannya :

  • Pertama-tama kamu harus memotong tipis kentang yang sudah disiapkan yakni sebanyak 1 buah kentang yang memiliki ukuran sedang.
  • Berikutnya oleskanlah irisan kentang yang sudah kamu siapkan tadi, ke bagian ketiak kamu, dan tunggulah sekitar 15 menit lamanya.
  • Selanjutnya silahkan bilas menggunakan air bersih, lalu keringkan.
  • Selain bisa menggunakan irisan dari kentang, kamu juga bisa mengolah kentang untuk memutihkan ketiak dengan cara lain, yakni dengan memarutnya, lalu mengaplikasikan pada ketiakmu.
  • Perawatan ini sendiri sebanyaknya kamu lakukan sebanyak dua kali dialam seharinya, agar hasilnya nantinya bisa maksimal.

2. Lemon

lemon, cara mengatasi ketiak hitam saat hamil

Lemon memiliki kandungan sebuah senyawa yang bernama whitening agent yang mana senyawa ini hampir sama dengan vitamin C serta asam sitrat. Karena memiliki peran yang sama, yakni sebagai cara memutihkan kulit ketiak yang hitam, sekaligus membantu untuk mengangkat sel kulit mati.

Selain adanya senyawa agent whitening, lemon juga memiliki kandungan antibakteri serta antiseptik didalamnya. Yang mujarab untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab dari diskolorasi dan juga bau badan pada ketiak kamu.

Cara penerapannya :

  • Silahkan kamu iris 1 buah lemon menjadi 4 bagian.
  • Lalu kemudian, oleskanlah lemon yang sebelumnya sudah diiris tadi ke ketiak kamu, dan tunggu selama 10 menit.
  • Selanjutnya silahkan bilas menggunakan air bersih.
  • Dan kemudian ulangilah perawatan ini secara rutin pada setiap harinya, agar manfaat dan hasilnya semakin optimal.

3. Mentimun

mentimun, cara memutihkan ketiak dan menghilangkan bulu ketiak

Didalam mentimun terkandungan senyawa bernama astrigent dan juga bisa menjadi bleaching alami yang bisa membantu untuk meredakan iritasi yang terjadi pada area kulit. Oleh sebab itulah mentimun cukup ampuh dalam menjadi cara memutihkan kulit ketiak secara alami. Selain itu, mentimun juga sering dipilih karena sangat mudah dan murah untuk mendapatkannya. Lalu bagaimana cara penerapannya ? Berikut adalah caranya.

Baca Juga : 7 Cara Diet 8 Jam Yang Benar Dan Aman Untuk Membakar Timbunan Lemak

Cara pemakaian :

  • Silahkan iris 1 buah mentimun dengan cara memotongnya dengan ukuran yang cukup tebal.
  • Berikutnya terapkanlah pada area ketiak kamu yang hitam.
  • Dan kemudian tunggu 10 menit lamanya
  • Selain dengan cara mengiris mentium, kamu juga bisa melakukan pengolahan mentimun ini dengan cara mengambil sari yang terdapat didalam mentimun.
  • -Lalu kemudian menerapkannya pada ketiakmu.
  • Guna untuk mendapatkan manfaat yang optimal, lakukanlah cara ini sebanyak dua kali didalam seharinya.

4. Baking soda

cara memutihkan kulit badan dengan baking soda

Penumpukan sel kulit mati yang terdapat pada area ketiak menjadi salah satu penyebab dari menghitamkan ketiak kamu. Oleh sebab itu kamu harus menggunakan bahan yang bisa membersihkan sel kulit mati tersebut. Salah satunya adalah pada baking soda, baki soda bisa menjadi cara memutihkan ketiak mujarab untuk diterapkan.

Caranya kerjanya nanti baking soda atau juga dikenal dengan nama natrium bikarbonat akan mengangkat tumpukan sel kulit mati yang terdapat pada area ketiak kamu, dan sekaligus membantu untuk menghilangkan bakteri yang berada disana. Penerapannya sendiri adalah sebagai berikut.

Cara pengolahannya :

  • Pertama-tama, silahkan buatlah pasta baking soda dengan cara mencampurkan satu sendok teh air mawar atau air biasa, dengan bakin soda.
  • Selanjutnya oleskanlah pasta yang sudah kamu buat tadi pada ketiakmu
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit, lalu kemudian bilaslah.
  • Lakukan penerapannya sebanyak 3 sampai 4 kali didalam seminggunya.

5. Kulit jeruk

kulit jeruk, cara memutihkan ketiak secara alami

Jangan terlalu cepat untuk membuang kulit jeruk, karena kulit jeruk masih bisa kamu manfaatkan sebagai cara memutihkan ketiak secara alami dan efektif. Tekstur yang terdapat di kulit jeruk yang cukup kasar ini bisa membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang berada pada area ketiak kamu. Selain itu kulit jeruk juga bisa kamu jadikan sebagai bleaching alami yang bisa mencerahkan kembali kulit kamu, seperti manfaat yang terdapat pada vitamin C.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Lemak Perut Dengan Minum Jus Mentium Setiap Malam, Beserta Resepnya

Cara pengolahannya :

  • Silahkan kamu jemur kulit jeruk dibawah sinar matahari hingga kering. Setelah itu kamu tinggal menghaluskannya sampai menjadi bubuk.
  • Berikutnya, campurkanlah sebanyak dua sendok makan bubuk dari kulit jeruk tadi dengan satu sendok air mawar atau juga bisa menggunakan air biasa, hingga nantinya membentuk seperti pasta.
  • Setelah itu kamu dapat mengoleskannya pada area ketiak, dan biarkanlah selama kurang lebih 15 menit lamanya
  • Selanjutnya biaslah menggunakan air bersih, dan keringkan
  • Terapkan cara ini sebanyak 2 sampai 3 kali didalam seminggunya.

6. Minyak kelapa

minyak kelapa, cara memutihkan ketiak alami

Minyak kelapa yang masih murni memiliki kandungan vimitan E yang cukup tinggi, sehingga sangat efektif untuk menjadi cara memutihkan kulit ketiak kamu. Selain mencerahkan, minyak kepala murni juga bisa diandalkan untuk menghilangkan masalah bau badan kamu, yang mana disebabkan oleh adanya bakteri yang tertinggal di permukaan kulit. Berikut adalah cara pemakaiannya.

Cara menerapkannya :

  • Silahkan kamu siapkan minyak kepala secukupnya.
  • Dan kemudian oleskanlah pada area ketiak kamu, sekaligus memberikan sedikit pijatan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit lamanya.
  • Berikutlah kamu tinggal membilasnya dengan air hangat serta sabun yang memiliki kandungan formula lembut.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2 sampai 3 kali didalam 1 harinya.

7. Susu

susu, cara memutihkan ketiak alodokter

Terdapatnya kandungan asam laktat didalam susu, terbukti dapat diandalkan sebagai cara mencerahkan kulit ketiak, dan juga sebagai cara menghilangkan noda hitam pada ketiak. Tak hanya itu saja, senyawa asam lemak dan juga vitamin didalam susu ini juga berperan haik didalam menhaluskan kembhali kulit kamu, serta membantu untuk memperlambat proses dari penggelaman yang terjadi pada kulit kamu, terutama pada kulit bagian ketiak kamu.

Baca Juga : 4 Cara Diet Air Putih Menyenangkan, Yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Cara pengolahannya :

  • Pertama, kamu harus mencampurkan sebanyak dua sendok makan susul full cream dengan satu sendok makan tepung dan juga satu sendok makan yogur hingga nantinya campuran kesemua bahan ini membentuk pasta.
  • Berikutnya kamu tinggal mengoleskannya pada ketiak kamu, dan diamkan selama 15 menit.
  • Setelah itu kamu tinggal membilasnya menggunakan air hangat, dan terapkan cara ini pada setiap harinya.

8. Cuka apel

cuka apel, cara memutihkan ketiak akibat deodoran

Kamu yang biasanya menggunakan cuka apel sebagai salah satu bahan dapur mungkin kurang mengetahui tentang manfaat cuka apel yang satu ini. Cuka apel bisa menjadi salah satu cara mencerahkan kulit ketiak. Dimana dalam cuka apel terdapat kandungan bahan alami yang mampu untuk mengusir warna ketiak yang menghitam.

Selain itu cuka apel juga mengandung senyawa yang dimanfaatkan untuk mengusir bakteri-bakteri yang sering menghinggapi ketiakmu, sekaligus akan membantu untuk mengangkat sel kulit mati. Lalu bagaimana cara penerapannya ? Berikut adalah caranya.

Cara penerapan :

  • Kamu harus mencampurkan sebanyak satu sendok makan cuka apel dengan tepung beras, hingga nantinya kedua bahan ini membentuk seperti pasta.
  • Setelah itu kamu tinggal mengoleskannya pada bagian kulit ketiak kamu yang menghitam, dan kemudian silahkan biarkan hingga mengering selama kurang lebih 15 sampai 20 menit lamanya.
  • Berikutnya silahkan kamu bilas menggunakan air hangat
  • Terapkanlah perawatan ini pada setiap harinya atau sebanyak 4 kali didalam seminggunya.

9. Minyak zaitun

cara memutihkan ketiak dengan minyak zaitun

Minyak zaitun atau yang juga sering disebut dengan olive oil ternyata memiliki kandungan antioksidan yang cukup baik dan dapat diandalkan. Minyak zaitu bisa menjadi salah satu cara memutihkan ketiak yang menghitam. Selain memutihkan minyak zaitun juga bisa untuk menghaluskannya.

Kamu bisa menerapkan minyak zaitun ini disaat malam harinya sebelum kamu tidur. Dimana semua itu bertujuan agar nantinya nutrisi serta manfaatnya bisa terserap dengan baik. Berikut adalah cara penerapannya.

Baca Juga : 6 Cara Menyembuhkan Demam Secara Alami Menggunakan Bahan Dapur

Cara menggunakannya :

  • Silahkan siapkan minyak zaitun, lalu kemudian oleskan pada bagian ketiak kamu, dan kemudian berikan sedikit pijatan.
  • Tunggulah selama kurang lebih 10 sampai 15 menit lamanya
  • Lakukan penerapan ini setiap kamu mau tidur, dan kamu bisa membilasnya pada pagi harinya.

10. Apel

apel, cara memutihkan ketiak alami dan permanen

Buah yang cukup banyak digemari ini ternyata tak hanya enak untuk disantap. Namun juga memiliki manfaat lain, yakni sebagai cara memutihkan ketiak hitam. Didalam apel terkandung sebuah senyawa bernama AHA, atau nama lainnya asam alpha hidroksi yang mana bisa membantu untuk membunuh bakteri penyebab ketiak yang menjadi gelap. Selain itu zat ini juga bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang terdapat pada ketiak seseorang.

Cara penggunaanya :

  • Silahkan kamu potong-potong terlebih dahulu apelnya, setelah itu haluskanlah menggunakan blender atau alat bantu lainnya
  • Setelah halus, maka usapkanlah buah apel yang sudah halus tadi ke ketiak kamu, dengan sedikit memberikan pijatan lembut.
  • Lakukan cara ini selama beberapa menit.
  • Setelah itu diamkanlah sekitar 15 menit lamanya, dan kemudian kamu bisa membilasnya menggunakan air bersih

11. Madu

madu, cara memutihkan ketiak agar tidak hitam

Siapa yang tak kenal madu, cairan yang memiliki nutrisi tinggi ini memang sudah sejak lama terkenal berkat khasiat dan manfaatnya. Salah satunya manfaatnya ialah sebagai cara memutihkan kulit ketiak kembali.

Didalam madu terkandung senyawa yang memiliki sifat sebagai anti inflamasi dan juga anti bakteri. Dimana nantinya akan membantu untuk menyingkirkan bakteri-bakteri serta juga iritasi yang menyebabkan kulit ketiak menjadi menghitam.

Baca Juga : 5 Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Cara Sederhana Yang Bisa Kamu Coba

Cara penggunaan :

  • Siapkan madu, dan kemudian oleskanlah pada ketiakmu hingga mengering
  • Selanjutnya silahkan kamu bilas menggunakan air hangat
  • Lakukan cara ini pada setiap hari, agar manfaatnya bisa cepat terasa

12. Pepaya

pepaya, cara memutihkan ketiak ala artis

Didalam pepaya terkandung sebuah enzim yang bernama papain. Dimana enzim ini memiliki khasiat untuk mencerahkan kulit, dan juga sekaligus mampu untuk mengatasi masalah kulit ketiak gelap dan menghitam, akibat dari hiperpigmentasi atau penyebab lainnya.

Selain kandungan enzim papain, pepaya juga memiliki kandungan berharga lainnya. Yakni asam alpha hidroksi yang mana bisa menjadi salah satu cara memutihkan ketiak secara alami dan efektif.

Cara pemakaian :

  • Silahkan kamu potong-potong serta haluskan buah pepaya hingga nantinya berubah menjadi bubur.
  • Berkutnya oleskanlah pada ketiakmu, dan diamkan selama 15 sampai 20 menit lamanya
  • Setelah itu silahkan bias menggunakan air bersih, dan keringkanlah
  • Terapkan cara sebanyak 3 sampai 4 kali didalam seminggunya, agar kulit ketiakmu cepat putih kembali

13. Lidah buaya

lidah buaya, cara memutihkan ketiak akibat dicukur

Gel dari lidah buaya memiliki kandungan bernama anthraquinone. Dimana senyawa ini efektif untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit menjadi lebih cepat. Termasuk juga kulit ketiak kamu. Selain itu kandungan lignin gel aloe vera juga akan membantu melembabkan kulit kamu dan membantu untuk mencegah terjadinya iritasi yang bisa terjadi pada kulit ketiak yang menghitam

Baca Juga : 13 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat, Secara Alami Dan Tanpa Efek Samping

Cara pemakaian :

  • Oleskanlah gel dari lidah buaya ke ketiak kamu, dan kemudian diamkan selama kurang lebih 20 menit lamanya
  • Selanjutnya bilaskan menggunakan air hangat dan kemudian keringkan.
  • Lakukan cara ini secara rutin pada setiap harinya agar hasil yang didapatkan bisa maksimal.

14. Tomat

tomat, cara memutihkan ketiak akibat iritasi

Tomat diketahui memiliki sebuah senyawa baik bernama likopen. Dimana senyawa ini tergolong kedalan zat antioksidan yang kuat dalam menangkat berbagai radikan bebas yang bisa memicu terjadinya hiperpigmentasi pada kulit kamu. Selain itu dalam tomat juga terdapat kandungan zat whitening agentnya dimana zat ini memiliki fungsi untuk mencerahkan kembali kulit.

Serta membantu untuk mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab dari ketika menjadi menghitam. Oleh sebab itu, tomat bisa menjadi cara memutihkan ketiak yang efektif dan tentunya murah.

Cara penerapan :

  • Haluskanlah buah tomat dan kemudian silahkan kamu oleskan pada ketiakmu.
  • Selanjutnya diamkan hingga mengering, selama kurang lebih 20 menit lamanya.
  • Setalah itu kamu bisa membilasnya dengan menggunakan air hangat.
  • Terapkanlah cara ini sebanyak 3 sampai 4 kali didalam 1 minggunya.

15. Gula

gula, cara alami memutihkan ketiak

Cara memutihkan ketiak selanjutnya ialah dengan memanfaatkan gula. Disaat kamu sering mencukur ketiak tidak dengan cara yang benar, maka yang terjadi hanyalah membuat timbulnya noda hitam pada ketiakmu. Namun kamu bisa memanfaatkan gula untuk membantu menghilangkannya. Berikut caranya.

Baca Juga : 26 Cara Menebalkan Alis Secara Alami Dan Cepat, Tanpa Efek Samping

Cara penerapannya :

  • Siapkan sebuah wadah, dan kemudian masukkan gula dan air perasan lemom.
  • Selanjutnya kamu bisa mengoleskannya pada kulit ketiak kamu yang menghitam.
  • Berikutnya diamkanlah selama kurang lebih 5 sampai 10 menit lamanya.
  • Setelah itu, basahilah jarimu, dan kemudian gosok ketiakmu yang sebelumnya sudah dioleskan dengan campuran gula dan air lemon tadi selama beberapa meni.
  • Terakhir, silahkan bias menggunakan air dan kemudian keringkan.

16. Kacang

kacang, cara alami memutihkan ketiak hitam

Kacang bisa kita manfaatkan sebagai cara memutihkan kulit ketiak yang menghitam karena tumpukan dari sel kulit mati. Karena kacang memiliki sifat sebagai exfoliator alami. Namun kamu harus berhasil-hati dalam mengikisnya karena bisa menyebabkan iritasi. Caranya sebagai berikut

Cara penerapannya :

  • Silahkan giling beberapa butir kacang walnut atau juga bisa dengan kacang tanah
  • Berikutnya campurkan sebanyak 1 sendok makan air lemon, dan juga 1 sendok teh madu.
  • Kemudian kamu dapat mengoleskannya pada ketiak, dan selanjutnya diamkan selama 10 menit.
  • Selanjutnya silahkan bilas menggunakan air bersih.
  • Terapkan cara ini dengan melakukan metode scrubbing alami secara rutin, yakni 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

17. Yogurt

yogurt, cara alami memutihkan ketiak dengan cepat

Kolaborasi dari yoghurt dan juga madu memang terkandung manfaat yang luar biasa banyak. Kedua dari bahan ini bisa kamu terapkan sebagai cara memutihkan ketiak dengan mujarab dan efektif. Selain itu yoghurt juga akan membantu untuk menghilangkan bau tak sedap dari ketiak. Caranya sebagai berikut.

Baca Juga : 29 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami Dan Cepat

Cara penerapannya :

  • Silahkan ambil sebanyak 1 sampai 2 sendok makan yoghurt, lalu kemudian tambakan dengan 1 sendok makan madu (bila punya).
  • Slanjutnya kamu bisa langsung mengoleskannya pada ketiakmu
  • Dan kemudian jangan lupa untuk menggosok-gosok secara perlahan agar merata ke seluruh bagian ketiakmu.
  • Diamkan selama beberapa menit lamanya
  • Dan kemudian silahkan bilas menggunakan air, terapkan cara ini secara rutin pada setiap harinya.

18. Bubuk kayu cendana

bubuk kayu cendana, cara alami memutihkan ketiak secara permanen

Cendana atau nama kerennya sandalwood, merupakan salah satu tanaman yang memiliki kandungan whitening agent dan juga deodoran alamai. Sehingga tumbuhan ini sangat bisa diharapkan untuk mengatasi bau badan yang berlebihan karena keringat. Selain itu, bubuk dari kayu cendana juga bisa menjadi salah satu cara memutihkan ketiak kamu secara alami. Berikut adalah caranya.

Cara pemakaian :

  • Silahkan campurkan sebanyak 2 sendok makana bubuk cendana dan 1 sendok makan air mawar.
  • Berikutnya aduk ratalah kedua bahan tersebut, sampai membentuk seperti adonan pasta.
  • Setelah itua terapkanlah pada ketiakmu, dan diamkan selama 15 menit lamanya
  • Terapkan pada setiap harinya, agar manfaatnya bisa semakin maksimal.

19. Kapsul vitamin E

kapsul vitamin E, cara alami memutihkan ketiak secara cepat

Biasanya kapsul vitamin E ini bisa kamu konsumsi untuk membantu proses penghilangan warna hitam pada ketiak kamu. Selain itu vitamin E sendiri juga memiliki manfaat untuk mencerahkan sekaligus membuat kulit kamu lebih lembab dan halus, terutama pada bagian ketiak. Oleh sebab itu mengkonsumsi kapsul vitamin E ini bisa menjadi cara memutihkan ketiak secara alami dan sehat. Lalu bagaimanya cara penerapannya ? Silahkan lihat dibawah ini.

Baca Juga : 5 Cara Menghitung Usia Kehamilan Dan Manfaatnya Yang Harus Kamu Ketahui

Cara penerapannya :

  • Silahkan kamu siapkan kapsul vitamin E, dan kemudian bisa mengoleskan minyaknya ke bagian kulit ketiak.
  • Setelah itu diamkan semalam beberapa jam hingga mengering. Atau juga bisa ditinggal tidur, apabila kamu mengaplikasikannya sebelum tidur.
  • Keesokan harinya silahkan bilas hingga bersih menggunakan air bersih.
  • Terapkanlah cara ini setiap harinya, agar kulit ketiak kamu bisa menjadi cepat cerah.

Cara altenatif memutihkan ketiak yang cepat dan ampuh

Selain bisa menggunakan bahan-bahan alami diatasi, sebagai cara memutihkan ketiak tanpa ada efek samping, ternyata kamu juga bisa memilih beberapa obat dan metode yang cukup bisa diandalkan, dan tentunya lebih cepat efeknya ketimbang bahan alami diatas. Apa saja ? Berikut adalah diantaranya.

20. Krim topikal

krim topikal, cara memutihkan ketiak bayi

Tentunya sudah banyak orang yang mengenal nama krim topikal ini. Krim topikal merupakan sebuah krim yang dioleskan pada permukaan kulit tertentu, dalam kasus ini ialah pada kulit ketiak, guna menjadi cara memutihkan ketiak secara cepat. Cara kerja dari krim ini ialah dengan menghambat proses dari produksi hormon melamin dimana inilah yang menjadi penyebab utama dari kulit menjadi gelap.

Menurut New Zealand Dermatological Society, disaat seseorang menggunakan krim topikal, baik itu krim sebaiknya menghindari krim yang memiliki kandungan senyawa merkuri, corticosteroids, retinoids, dan juga hydroquinone lebih dari enam bulan lamanya, karena bisa memberikan efek samping yang cukup mengganggu.

21. Chemical peeling

chemical peeling, cara memutihkan ketiak bahan alami

Kamu yang memiliki budget lebih, dan bisa melakukan perawatan kulit ke klinik kecantikan. Maka kamu bisa memilih untuk menerapkan metode peeling atau pengangkatan terhadap sel kulit yang sudah mati.

Dan cara ini dilakukan menggunakan sebuah bahan kimia bernama asam alpha hidroksi atau juga sering disebut dengan nama asam beta hidroksi. Pengelupasan atau peeling ini memang sangat ampuh untuk menjadi cara memutihkan ketiak yang cepat dan mujarab.

Baca Juga : 15 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat Serta Efektif

22. Laser skin lightening

laser skin lightening, cara memutihkan ketiak bekas cukur

Selain bisa menerapkan metode chemical peeling atau peeling dengan kimiawi. Kamu juga bisa memilih metode lainnya sebagai cara memutihkan kulit ketiak kamu, yaitu dengan menggunakan metode bedah laser.

Nantinya para ahli dermatologi akan menggunakan bantuan sinar laser pada area ketiak kamu, dan akan membantu untuk menghambat proses dari pigmentasi alami yang bisa terjadi pada tubuh seseorang. Namun tentu saja cara ini memiliki budget yang lebih ketimbang cara alami.

Tips/cara mencegah ketiak menghitam

ketiak wanita hitam

Guna untuk mendapatkan kulit ketiak yang indah dan putih, tentunya kita harus menerapkan beberapa tips serta cara yang bisa membantu keinginan kamu tersebut. Dan berikut ini adalah beberapa tips atau cara mencegah kulit ketiak agar tidak menghitam. Silahkan disimak dan diterapkan.

Baca Juga : 10 Cara Melancarkan Haid Yang Terlambat Dengan Mudah Dan Alami

  1. Selalu mandi sebanyak dua kali dalam seharinya, guna untuk menghilangkan bakteri pada kulit kamu, terutama pada area ketiak.
  2. Selalu menggunakan pakaian yang longgar atau tidak ketat. Karena pakaian ketat hanya akan membuat kulit kamu sudah bernafas, dan bakteri akan dengan mudah menjadi tumbuh, terutama pada area tertutup seperti ketiak.
  3. Selalu memilih pakaian yang terbuat dari bahan-bahan yang bisa menyerap ketingat, misalnya saja katun.
  4. Terapkan diet sehat guna untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Lemak yang terdapat pada bagian ketiak akan terakumulasi sehingga gesekan kulit dengan pakaian bisa dihindari.
  5. Gunakanlah pelembab minimal 2 kali dalam sehatinya, yang terbuat dari bahan alami.
  6. Selalu menjaga kesehatan dan bekersihan dari ketiak menggunakan exfoliating secara rutin agar tidak ada penumpukan sel kulit mati.
  7. Konsultasikan secara rutin ke dokter jika seandainya kamu mengalami masalah ketiak hitam yang tak kunjung sembuh. Terutama bagi kamu pengidap diabetes atau yang sudah mengkonsumsi pil kb atau kehamilan.
  8. Jangan mencukur kulit ketiak, namun lakukan waxing saja. Agar rambut ketiak bisa tercabut hingga keakar.
  9. Jangan menggunakan hair removal cream atau krim untuk penghilang rambut yang memiliki kandungan bahan kimia berbahaya didalamnya.
  10. Jangan menggunakan antiperspirant deodoran yang didalamnya terdapat kandungan bahan kimia berbahaya.

Itu tadi beberapa cara memutihkan ketiak secara alami dan metode altenatif berserta juga tips mencegah ketiak hitam. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari informasi yang sedang kamu butuhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *