bagaimana cara memakai tespek kehamilan, bagaimana cara memakai test pack kehamilan, bagaimana cara menggunakan tespek kehamilan, bagaimana cara menggunakan tespek sensitif

, ,

6 Cara Menggunakan Tespek Kehamilan Yang Benar dan Efektif

6 Cara Menggunakan Tespek Kehamilan – Mendeteksi kehamilan semenjak dini, merupakan sebuah hal yang memang perlu untuk dilakukan. Semua itu bertujuan untuk membuat kesehatan janin tetap terjaga selalu. Selain itu seseorang perempuan yang memasuki masa kehamilan akan brbeda jauh nutrisi yang dibutuhkannya dengan saat dia tidak hamil. Disaat seorang wanita hamil, yakni pada masa-masa trisemester pertama, maka keadaan janinnya memang sangatlah lemah. Dan bahkan dengan sedikit guncangan saja bisa menyebabkan keguguran.

Baca Juga : Sering Pusing Dan Lemas ? Atasi Itu Semua Dengan 7 Makanan Penghilang Pusing Dan lemas Yang Ampuh !

Dan tentu saja hal yang demikian tidak diinginkan oleh para calon ibu dan ayah, yang sedang menunggu untuk memiliki momongan. Oleh sebab itu, penjagaan ekstra serta pemenuhan nutrisi pada saat hehamilan trisemester pertama ini merupakan kunci utama yang menentukan kesehatan dari janin nantinya. Oleh sebab itu, alasan kuat ini menjadi salah satu hal yang mendukung mengalami sangat perlu melakukan pendeteksian awal kehamilan sedini mungkin.

cara mengetes kehamilan dengan menggunakan tespek, cara mengetes kehamilan menggunakan tespek, cara menggunakan alat tespek kehamilan, cara menggunakan tespek cek kehamilan

Hal yang paling mudah untuk menentukan apakah seseorang wanita hamil atau tidaknya ialah melihat jadwal kedangan haid yang tak kunjung datang. Namun ternyata cara ini masih terlalu tradisional tak tidak memiliki kepastian yang jelas tentang kehamilan. Sekarang ini sudah ada sebuah alat yang digunakan untuk menguji apakah seseorang benar-benar hamail atau tidak, dan alat itu bernama test pack.

Baca Juga : Bisa Dicoba !! 9 Cara Mengobati Ambeien Dengan Cepat Tanpa Operasi !!

Test pack atau orang-orang Indonesia menyebutnya dengan sebutan tespek, merupakan sebuah alat uji kehamailan yang memiliki tingkat keakuratan pembacaannya hingga 99 persen. Semua itu dikarenakan tespek sendiri bekerja dengan cara mendeteksi kandungan dari hormon kehamilan yakni adalah hormon chorionic gonadotropin (hCG), dimana biasanya hormon ini bisa ditemukan dengan mudah pada urin atau air kencing.

Disaat seorang sel telur seorang wanita berhasil dibuahi dan menempel pada dinding rahim, maka nantinya wanita tersebut akan memperoduksi hormon hCG ini, yang mana baru bisa dideteksi setelah 7 hingga 14 hari setelah masa pembuahan terjadi.

Tips memilih tespek

cara menggunakan tespek kehamilan, cara menggunakan tespek kehamilan yang benar, cara menggunakan tespek kehamilan yg benar, cara menggunakan tespek merk sensitif

1. Sebelum kamu benar-benar membeli tespek, lihatlah terlebih dahulu kapan tanggal kadaluwarsa dari produk tersebut. Dimana, pada tespek yang sudah kadarluawa bisa memberikan pengurangan terhadap tingkat keakuratan pembacaan kehamilan.

Baca Juga : Ini Dia 7 Ramuan Kunyit Untuk Obati Berbagai Penyakit Tubuh, Apa Saja ? Yuklihat !!

2. Konsultasikan ke apoteker, tentang tespek mana yang membutuhkan pendeteksian kadar hCG yang lebih sedikit. Karena, tak semua perempuan atau wanita bisa memproduksi hCG dalam kadar yang banyak.

Hindarilah, kesalahan menggunakan tespek

cara memakai test pack merk sensitif, cara memakai test pack sensitif compact, cara mengecek kehamilan menggunakan tespek, cara mengetahui kehamilan dengan menggunakan tespek

1. Melakukan tes terlalu cepat

Melakukan sebuah pengujian kehamilan menggunakan alat tespek tidaklah bisa dengan sembarangan. Semua itu karena tespek bekerja dengan cara mendeteksi hormon kehamulan hCG didalam tubuh urin seorang wanita. Dan HCG sendiri baru akan bekerja setelah 7 hingga 14 hari sesudah pembuahan terjadi. Oleh sebab itu kamu bisa melakukan pendeteksian kehamilan dengan menggunakan tespek pada 1 minggu setelah kamu tidak kunjung haid padahal sudah memasuki waktunya.

Baca Juga : Wajib Tau, Ini Dia 8 Tanda Kanker Yang Sering Diremehkan Banyak Orang

2. Terburu-buru membaca hasil tespek

Terkadang karena terlalu senangnya dan bahagia, karena tidak kunjung haid padahal sudah masuk jadwalnya. Dan langsung memutuskan untuk menggunakan tespek dalam mendeeksi kehamilan, dan langsung memutuskan hasil setelah usai menggunakan tespek. Tapi taukah kamu, cara ini bisa memberikan pengaruh yang cukup tinggi terhadap hasil tespek nantinya. Alat tespek sendiri membutuhkan waktu beberapa menit lamanya, sebelum menunjukkan hasil yang benar.

3. Terlalu lama membaca hasil tespek

bagaimana cara menggunakan test pack kehamilan, bagaimana cara menggunakan test pack sensitif, cara cek kehamilan menggunakan tespek, cara cek kehamilan tanpa menggunakan tespek

Selain kesalahan bisa timbul karena terlalu cepat membaca tespek, ternyata terlalu lama juga bisa mempengaruhi hasil dari tespek sendiri. Sering kali karena terlalu bosan untuk menunggu hasilnya, maka pada akhirnya tespek tersebut ditinggalkan, dan setelah itu barulah dilihat hasilnya. Dan ternyata cara ini juga bisa mengakibatkan kesalahan dalam hasil tespek.

Baca Juga : Sering Alami Masalah Di Wajah ? Yuklihat, 10 Cara Membaca Kesehatan Dari Wajah !

4. Tidak melakukan tes pada saat buang air kecil pertama kali

Kadar dari urin seseorang memang bisa berbeda-beda. Dan semua itu terjadi karena pengaruh dari makanan dan minuman yang dikonsumsinya. Dan urin pertama kalilah yang menjadi kencing yang paling banyak mengandung hCG.

5. Tidak memeriksakan lebih lanjut

Disaat seseorang mendapatkan hasil tespek yang negatif, namun dia tetap tidak datang masa menstruasi. Maka tindakan pemeriksakan diri kedokter adalah langkah yang paling tepat. Semua itu bertujuan untuk mendapatkan kejelasan dari kondisi kamu saat ini, apakah benar-benar sedang hamil, atau malahan ada gangguan kesehatan lainnya.

Baca Juga : Waspada !! Selain Makanan, Ini Dia 7 Benda Yang Mengandung Gluten

Cara menggunakan tespek

cara melihat kehamilan menggunakan tespek, cara memakai alat tespek kehamilan, cara memakai tespek merk sensitif, cara memakai tespek sensitif

  1. Pilihlah tespek yang tidak kadaluwarsa, dan juga jangan lupa disaat membeli tespek untuk memeriksakan tanggal kadaluwarsanya dengan seksama.
  2. Silahkan kamu cermati dan baca petunjuk penggunakan tespek tersebut. Setiap jenis tespek memiliki cara dan penggunaan yang berbeda-beda. Apakah kamu membeli tespek yang membutuhkan wadah untuk menampung urin, ataukan jenis tespek yang secara langsung dikenakan ke urin disaat kencing.
  3. Lakukan pengujian kehamilan ini, pada saat kamu pertama kali kencing. Dan ingatlah, bahwa kadar urin tiap orang sangat berbeda-beda pada ssetiap saat. Oleh sebab itu, waktu yang tepat ialah disaat pertama kali kencing.
  4. Tunggulah hasil dari tespek tersebut sesuai dengan berapa lama waktu penungguan hasil yang tertulis didalam tespek tersebut. Jangan sampai kamu terburu-buru, atau terlalu lama.
  5. Disaat hasil yang keluar adalah negatif, namun kamu masih saja tidak menstruasi, maka segeralah lakukan pemeriksaan kedokter atau melakukan tes lagi menggunakan tespek, minimal setelah 3 hari dari hari pertama kamu melakukan tesnya.
  6. Jika hasilnya positif, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan yang lebih lanjut ke dokter kandungan.

Baca Juga : Mengenal Vasektomi, KB steril Untuk Pria, Serta 5 Fakta Mengejutkan Tentang Vasektomi Yang Jarang Diketahui !!

Itu tadi beberapa “Cara menggunakan tespek kehamilan” yang benar dan tepat. Semoga informasi pada artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari informasi yang sedang kamu butuhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Sumber : Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *