cara menghilangkan bau kaki terbaru

,

29 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami Dan Cepat

29 Cara Menghilangkan Bau Kaki – Bau kaki merupakan sebuah yang yang biasa terjadi, disaat kita menggunakan sepatu yang tertutup dalam waktu yang cukup lama. Disaat menggunakan sepatu memang kita tidak menyadari akan bau yang dikeluarkan, namun disaat sudah dilepas, barulah kita sadari bahwa bau dari kaki cukup mengganggu. Masih mendingan jika kamu membuka sepatu saat sampai dirumah, namun bagaimana jika kamu membuka sepatu yang bau kaki di tempat umum ?

Baca Juga : 5 Cara Menghitung Usia Kehamilan Dan Manfaatnya Yang Harus Kamu Ketahui

Tentunya akan mengganggu orang-orang disekitar kamu. Dan bahkan yang lebih buruk lagi, orang-orang bisa saja berfikir bahwa kamu adalah seorang yang jorok akibat bau kaki kamu yang menyengat tadi. Tentunya sangat tidak enak sekali, jika orang-orang sekitar kita mencap demikian, yakni orang yang jorok karena bau kaki yang menyengat. Masalah bau kaki ini memang bisa diderita oleh siapa saja, tapi taukah kamu apa yang menyebabkan bau kaki tersebut bisa keluar ? Berikut adalah penyebabnya. Silahkan disimak.

Penyebab bau kaki

cara menghilangkan bau kaki pada sepatu

  • Karena menggunakan sepatu yang sama pada setiap harinya, tanpa menjemur atau bahkan membersihkan kaki sebelum dan juga seusah menggunakan sepatu
  • Karena kurangnya menjaga kebersihan baik itu kebersihan dari kaki, sepatu, maupun kaos kaki
  • Karena perbubahan hormon yang terjadi, sehingga menyebabkan timbulnya produksi keringan yang meningkat. Biasanya hal ini sering terjadi pada mereka yang masih remaja
  • Karena keadaan stress yang berlebihan
  • Karena kondisi khusus misalnya seperti hyperhidrosis, yang mana biasanya akan membuat keringat si penderitanya lebih banyak dari pada orang pada umumnya.

Jika seandainya kamu sudah terlanjur memiliki bau dari kaki yang menyengat, maka sebaiknya kamu segera mencari cara untuk menghilangkan bau kaki kamu tersebut. Supaya kamu jadi lebih percaya diri dan juga orang-orang yang berada disekitar kamu tidak terganggu oleh bau kaki kamu yang menyengat. Dan berikut ini silahkan langsung disimak tentang cara menghilangkan bau kaki menyengar secara alami dan cepat.

Cara menghilangkan bau kaki secara alami dengan merendam kaki menggunakan :

Baca Juga : 15 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat Serta Efektif

1. Lemon

cara menghilangkan bau kaki pada sepatu secara alami

Cara menghilangkan bau kaki pertama yaitu dengan cara merendam kaki kamu menggunakan lemon. Ternyata lemon tak hanya bermanfaat untuk perawatan kecantikan saja, akan tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Lemon bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki karena kandungan sifat anti-bakterial yang terdapat didalamnya.

Yang mana sifat ini akan membantu dalam membunuh kuman yang menjadi penyebab bau kaki kamu. Penerapannya sendiri sangatlah mudah, kamu tinggal memeras sebanyak 6 buah lemon. Lalu kemudian silahkan kamu campurkan dengan 1 baskom air hangat. Selanjutnya rendamlah kaki kamu didalamnya selama 15 menit lamanya, agar nantinya bakteri penyebab bau kaki bisa mati sepenuhnya.

2. Baking soda

cara menghilangkan bau kaki dengan garam

Soda kue atau baking soda memang terbukti ampuh dalam menghilangkan bakteri. Salah satunya sebagai cara menghilangkan bau kaki akibat kuman dan bakteri. Selain itu, soda baking soda juga sering dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan dan juga lainnya. Lalu bagaimana cara menggunakan soda kue untuk menghilangkan bau kaki ?

Baca Juga : 10 Cara Melancarkan Haid Yang Terlambat Dengan Mudah Dan Alami

Caranya ialah, kamu tinggal mencampurkan sebanyak 1/4 gelas beking soda dengan sebanyak 1 baskom air. Selanjutnya tunggulah baki soda tersebut hingga larut sepenuhnya. Kemudian silahkan kamu rendam kaki selama beberapa menit. Dan setelah itu biaslah menggunakan handuk bersih.

3. Obat kumur

cara menghilangkan bau kaki alami

Walaupun terdengar sedikit aneh, akan tetapi pada kenyataannya obat kumur bisa menjadi cara menghilangkan bau kaki. Semua itu dikarenakan obat kumur memiliki fungsi untuk menghilangkan bakteri yang terdapat didalam mulut dan juga bau mulut. Oleh sebab itu obat kumur juga bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bau kaki yang efektif. Caranya sendiri adalah dengan mencampurkan sebanyak 1/2 botol obat kumur yang berkemasan 250 ml dengan sebanyak 1 baskom air. Selanjutnya silahkan kamu rendam kaki didalamnya selama 15 menit.

4. Cuka

cara menghilangkan bau kaki dengan teh

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya ialah dengan menggunakan cuka. Didalam cuka terkandung kadar asam yang tinggi sehingga sangat efektif menjadi solusi pembunuh kuman yang menyebabkan bau pada kaki kamu. Caranya hanya dengan mencampurkan sebanyak 1/2 gelas cuka dengan 1 baskom air lalu kemudian rendamlah kaki kamu selama 15 menit.

Baca Juga : 11 Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat Dan Alami

5. Garam

cara menghilangkan bau kaki dengan baking soda

Memanfaatkan garam sebagai cara menghilangkan bau kaki, memang sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Hal tersebut karena garam bisa berfungsi untuk mengurangi kelembapan pada kaki kamu, dan juga bisa diandalkan dalam membasmi bakteri pengganggu penyebab bau kaki. Caranya cukup dengan mencampurkan garam kedalam 1 baskom air hangat. Dan selanjutnya silahkan kamu rendam kaki kamu didalamnya selam 20 menit. Lakukakan kebiasaan ini setiap harinya.

Cara menghilangkan bau kaki secara alami dengan membersihkan kaki menggunakan :

Baca Juga : 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Mujarab

6. Sabun anti bakteri

cara menghilangkan bau kaki di sepatu kulit

Sesuai dengan label yang tertera, sabun anti bakteri diperuntukan untuk membasmi dan membunuh bakteri serta kuman penggangu. Salah satunya sebagai cara menghilangkan bau kaki akibat bakteri penyebab bau. Kamu perlu rajin-rajin membersihkan kaki kamu menggunakan sabun ini. Yakni setiap hari sebanyak 2 kali dalam sehati. Bersihkanlah kaki kamu hingga betul-betul bersih hingga kesela-sela kaki kamu.

7. Sabun mint

cara menghilangkan bau kaki dengan cuka

Mint sudah banyak diktahui menjadi salah satu bahan yang lazim digunakan untuk menyegarkan mulut. Memang, cara ini tidak bisa digunakan untuk menyegarkan kaki. Akan tetapi dengan rutin mencuci kaki menggunakan sabun mint, akan menjadi cara menghilangkan bau kaki yang membandel. Oleh sebab itu gunakanlah sabun ini sebagai solusi menghilangkan bau kaki.

Baca Juga : 10 Cara Membesarkan Bokong Secara Alami Dan Cepat, Tanpa Operasi Dan Obat Kimia

8.Deodoran

cara menghilangkan bau kaki secara tradisional

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya ialah menggunakan deodoran. Ya, kamu tak salah dengar. Walaupun terdengar sedikit aneh, karena yang biasanya deodoran digunakan untuk ketiak. Akan tetapi fungsi deodoran sebagai penghilang bau ketiak, juga bisa kamu terapkan sebagai penghilang bau kaki. Gunakanlah deodoran ini pada kaki kamu secara rutin. yakni setiap kali kamu hendak menggunakan sepatu.

9. Antiperspirant

cara menghilangkan bau kaki dan sepatu

Perlu diketahui, bahwa antiperspiran dengan deodoran adalah dua hal yang saling berbeda satu sama lain. Deodoran sendiri hanya diperuntukan untuk mencegah bau atau menghilangkan bau saja. Dan sedangkan antiperspirant sendiri digunakan sebagai penghilang bakteri penyebab bau badan dan juga memberikan kontrosl terhadap keringat. Oleh sebab itu antiperspirant ini bisa juga kamu jadikan cara menghilangkan bau kaki yang cukup efektif. Gunakan sebelum kamu hendak menggunakan sepatu kamu.

Baca Juga : 14 Cara Memperbanyak ASI Dengan Cepat Dan Alami

10. Spray penghilang bau kaki

cara menghilangkan bau kaki akibat sepatu

Cara menghilangkan bau kaki selanjutnya ialah dengan menggunakan spray penghilang bau kaki. Sesuai namanya, spray ini berfungsi untuk menghilangkan bau kaki yang menggangu dan juga menyengat. Gunakanlah spray ini secara rutin, guna untuk menghilangkan bau kaki yang membuat percaya diri kamu turun.

11. Kopi

cara menghilangkan bau kaki dengan cepat

Siapa yang tak kenal kopi ? Kopi biasanya sering dikonsumsi menjadi minuman penghilang kantuk. Namun ternyata manfaat kopi tak hanya itu saja. Dimana kopi ini bisa menjadi cara menghilangkan bau kaki yang efektif untuk dicoba. Caranya ialah dengan mencapurkan kopi dengan air hingga nantinya akan menjadi seperti adonan pasta. Berikutnya kamu tinggal membalurkan pasta ini ke kaki kamu hingga merata. Dan diamkanlah sekitar 15 menit lamanya, dan kemudian bilas hingga bersih.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Secara Alami Dan Efektif

12. Teh

cara menghilangkan bau kaki tradisional

Cara menghilangkan bau kaki berikutnya adalah dengan memanfaatkan teh. Didalam teh terkandung berbagai macam zat dan juga kashiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Salah satunya untuk menghilangkan bau kaki. Zat-zat yang memiliki sifat antioksidan, antibakteri dan juga antiinflamasi didalam teh akan membantu untuk menghilangkan bau kaki yang mengganggu secara efktif. Penerapannya sendiri ialah dengan membasuh kaki kamu dengan seduhan dari air teh hangat. Dan lalukan kebiasaan ini sebanyak 2 kali dalam seharinya.

13. Tepung maizena

cara menghilangkan bau kaki bekas sepatu

Tak hanya sering dimanfaatkan sebagai salah satu bahan campuran pada kue. Ternyata tepung maizena juga bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bau kaki yang cukup mujarab. Penerapannya sendiri sangatlah sederhana, yakni kamu hanya perlu meratakan tepung maizena ini kesetiap sudut kaki kamu. Seperti menggunakan sebuah bedak.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Flu Yang Mengganggu

14. Jeruk nipis

cara menghilangkan bau kaki busuk

Didalam jeruk nipis terkandung tingkat keasaman yang tinggi, dan juga kandungan vitamin C yang kaya. Kandungan ini memiliki sifat sebagai antibakterial yang sangat ampuh dan juga efektif sebagai cara menghilangkan bau kaki. Kamu hanya perlu mengoleskan air jeruk nipis ini yang sebelumnya sudah dibelah ke kaki kamu secara merata. Berikutnya diamlah selama beberapa menit lamanya.

Cara menghilangkan bau kaki secara alami dengan memperhatikan kebersihan :

Baca Juga : Cara Diet OCD Deddy Corbuzier Yang benar Serta Tips Agar Berhasil

15. Bersihkan kulit mati di kaki secara rutin

cara menghilangkan bau kaki berlubang

Kulit mati yang menumpuk dan tidak dengan segera dibersihkan dan disingkirkan pada kaki, akan menjadi sarang dari bakyeri penyebab bau kaki. Oleh sebab itu salah satu cara menghilangkan bau kaki ialah dengan rajin membersihkan kulit mati yang terdapat pada kaki kamu pada setiap harinya. Kamu bisa menghlangkan kulit mati ini dengan menggunakan scrub.

16. Potong kuku kaki

cara menghilangkan bau kaki bekas memakai sepatu

Perawatan kuku kaki sangatlah perlu diperhatikan. Karena kuku kaki menjadi tempat besarang bakteri penyebab bau kaki. Oleh sebab itu memotong dan membersihkan kuku kaki menjadi salah satu cara menghilangkan bau kaki dengan sederhana. Jangan lupa untuk membersihkan juga pada bagian penggir-pinggir dari kuku kaki kamu.

Baca Juga : 17 Cara Mempercepat Haid (Normal dan Terlambat)

17. Cuci kaos kaki dengan bersih

cara mengatasi bau kaki berlebihan

Kaos kaki merupakan salah satu bentu yang sering digunakan pada setiap harinya. Terutama untuk kamu yang bekerja dikantoran atau yang masih anak sekolah. Tentunya penggunaan kaos kaki ini sangatlah diperlukan. Namun akan tetapi perawatan terhadap kaos kaki haruslah diperhatikan dengan seksama. Jangan sampai kaos kaki yang kamu gunakan menjadi tempat bersarang berbagai macam bakteri dan juga kuman penyabab bau. Oleh sebab itu menjaga kebersihan dengan selalu mencuci kaos kaki sesuai dengan waktunya merupakan cara menghilangkan bau kaki sederhana yang bisa terus kamu terapkan.

18. Teratur mengganti kaos kaki

cara menghilangkan bau kaki akibat cantengan

Selain sering-sering menjaga kebersihan kaos kaki. Kamu juga harus memperhatikan penggantian kaos kaki secara rutin. Agar kamu bisa lebih mudah untuk menerapkan cara menghilangkan bau kaki dengan mudah dan efektif. Dikarenakan kaos kaki sering digunakan pada tempat yang lembab, tertutup dan juga memiliki sirkulasi udara yang kurang. Maka mengganti kaos kaki secara rutin sangatlah dianjurkan disini. Kamu bisa menggantinya sebanyak dua kali dalam seharinya. Agar kaos kaki tersebut tidak menjadi sarang kuman dan bakteri.

Baca Juga : 6 Cara Menggunakan Tespek Kehamilan Yang Benar dan Efektif

19. Menggunakan kaos kaki berbahan katun

cara menghilangkan bau kaki akibat kaos kaki

Penggunaan kaos kaki yang memiliki bahan dari katun akan membantu untuk menyerap keringat pada kaki dengan sempurna. Maka keringat yang keluar dari kaki kamu tidak akan menempel pada kaki sehingg membuat kaki kamu tidak menjadi bau. Oleh sebab itu cara menghilangkan bau kaki dengan cara menggunakan kaos kaki berbahan katun sangat dianjurkan disini.

20. Memasukkan arang dalam sepatu

cara menghilangkan bau kaki yang busuk

Memasukkan sejumlah arang merupakan cara menghilangkan bau kaki yang bisa kamu coba dan cukup ampuh. Hal ini dikarenakan para arang terdapat zat yang bisa menyerap bau yang tidak sedap yang dikeluarkan dari sepatu kamu. Caranya dengan memasukkan arang pada sepatu kamu pada setiap kali kamu gunakan. Dan biarkanlah arang tersebut selama semalaman.

21. Taburi sepatu dengan baking soda

cara menghilangkan bau kaki atau sepatu

Baking soda juga bisa kamu gunakan untuk menyerap bau yang terdapat didalam sepatu, serta menjadi cara menghilangkan bakteri penyebab bau kaki yang bersarang didalamnya. Silahkan kamu taburkan baking soda ini pada sepatu kamu, lalu kemudian ratakan dengan cara menggoyangkan sepatu selama beberapa saat. Selanjutnya diamkanlah semalaman. Lakukan penaburan baking soda ini setiap hari.

Baca Juga : Sering Pusing Dan Lemas ? Atasi Itu Semua Dengan 7 Makanan Penghilang Pusing Dan lemas Yang Ampuh !

22. Cuci sepatu seminggu sekali

cara menghilangkan bau kaki akibat kutu air

Dengan mencuci sepati setidaknya paling kuranh sekali dalam seminggu akan menjadi cara menghilangkan bau kaki yang datang nantinya. Hal ini dilakukan untuk menghambat dari pertuhan kuman dan bakteri yang terdapat didalam sepatu kamu. Dan lebih bagus lagi jika kamu mencuci sepatu sebanyak 2 kali dalam seminggunya.

23. Menjemur sepatu dibawah sinar matahari

cara menghilangkan bau kaki akibat bersepatu

Setelah kamu memakai sepatu, maka segeralah untuk menjemur sepatu tersebut dibawah sinat matahari. Hal ini bertujuan agar nantinya kuman dan juga bakteri tidak bisa berkambang. Dengan begini sepatu kamu tidak akan menjadi lembab dan bau lagi.

24. Cuci kaki sebelum dan sesudah memakai sepatu

cara menghilangkan bau kaki dengan bubuk kopi

Cara menghilangkan bau kaki alami berikutnya adalah dengan selalu mencuci kaki sebelum dan juga sesudah menggunakan sepatu. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir perkembangan dari bakteri yang ada pada kaki kamu. Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin.

Baca Juga : Bisa Dicoba !! 9 Cara Mengobati Ambeien Dengan Cepat Tanpa Operasi !!

25. Keringkan kaki sebelum kamu memakai sepatu

cara menghilangkan bau kaki saat memakai sepatu

Sebelum kamu menggunakan sepatu, pastikanlah terlebih dahulu bahwa kaki kamu sedang dalam keadaan yang benar-benar kering. Hal ini bertujuan agar nantinya bakteri yang bisa tumbuh pada kaki yang lembat tidak tumbuh. Oleh sebab itu mengeringkan kaki ini menjadi cara menghilangkan bau kaki pada sepatu.

26. Ketika kehujanan, segeralah untuk mencuci kaki, kaos kaki dan juga sepatu

cara menghilangkan bau kaki akibat pake sepatu

Hujan memang tidak dapat diprediksi dengan tepat kedatangannya. Akan tetapi alangkah lebih baik jika kamu usai kehujanan langsung segra mengeringkan dan juga mencuci kaos kaki, kaki kamu serta sepatu dengan segera. Agar perkembang biakan bakteri tidak dapat terjadi.

Baca Juga : Ini Dia 7 Ramuan Kunyit Untuk Obati Berbagai Penyakit Tubuh, Apa Saja ? Yuklihat !!

27. Jangan menggunakan kaos kaki dan sepatu dalam keadaan basah

cara menghilangkan bau kaki karena sepatu

Jika seandainya kaos kaki kamu sedang basah. Janganlah sampai kamu menggunakannya. Karena kaos kaki yang lembab hanya akan menimbulkan bau yang semakin menyerat.

Cara menghilangkan bau kaki secara alami dengan pola hidup sehat

Baca Juga : Wajib Tau, Ini Dia 8 Tanda Kanker Yang Sering Diremehkan Banyak Orang

28. Konsumsilah makanan yang mengandung magnesium

bagaimana cara menghilangkan bau kaki

Cara menghilangkan bau kaki secara ampuh ialah dengan menrapkan pola hidup sehat dengan memenuhi asupan makanan yang mengandung magnesium. Hal ini dilakukan agar keringat yang keluar dari kaki kamu bisa lebih terkontrol. Sehingga proses pengeluaran keringan berlebih tidak terjadi. Makanan yang memiliki kandungan magnesium tinggi bisa kamu termukan pada beberapa jenis makanan. Seperti tahu, coklat, ikan, alpukat, pisang dan juga berbagai sayuran berwarna hijau gelap lainnya.

29. Hindari mengkonsumsi makanan penyebab bau kaki

bagaimana cara menghilangkan bau kaki pada sepatu

Menghindari makanan yang menjadi penyebab bau kaki, merupakan cara menghilangkan bau kaki secara alami yang harus kamu lakukan. Agar masalah bau kaki tidak kamu alami lagi. Beberapa diantaranya yaitu daging merah, rempah-rempah, kafein, alkohol, dan junk food. Makanan-makanan ini bisa membrikan pengaruh terhadap proses produksi keringat kamu, yang mana akan menghasilkan bau jika berlebihan.

Baca Juga : Sering Alami Masalah Di Wajah ? Yuklihat, 10 Cara Membaca Kesehatan Dari Wajah !

Itu tadi beberapa cara menghilangkan bau kaki secara alami dan mujarab yang bisa kamu terapkan sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *