40 Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Mudah Dan Mujarab

40 Cara Menghilangkan Bau Mulut – Sudah menjadi sebuah hal yang wajar, jika seandainya ada orang yang merasa risih dengan bau napas yang sedap. Karena siapa sih yang bisa nyaman mencium bau tak sedap dari seseorang disaat lawan berbicaranya berbicara ? Mengenai faktor penyebabnya memang banyak yang mempengaruhi hal tersebut. Dan apabila tidak segera ditangani maka bau mulut yang kamu derita akan semakin parah dan semakin tercium tak sedap. Lalu apa sih yang menyebabkan bau mulut tersebut ? dan bagaimana cara menghilangkan mulut secara alami dan mujarab ? Berikut adalah penjelasannya. Yuk lihat :

Penyebab bau mulut

Didalam dunia medis masalah bau mulut dikenal dengan istilah oral malador atau helitisis. Dimana ini merupakan sebuah bau yang berasal dari mulut seseorang atau bahkan napasnya. Dan masalah bau mulut ini sendiri sudah dialami sebanyak 25% dari seluruh orang diseluruh dunia. Dari orang-orang yang mengalaminya, penyebab yang sering diketahui ialah karena mereka kurang menjaga kesehatan dan juga kebersihan dari mulutnya sendiri.

Namun selain itu, ternyata bau mulut yang kamu alami bisa menjadi sebuah petanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada kesehatan kamu, atau dengan kata lain ada gangguan kesehatan atau penyakit yang sedang kamu alami. Seperti yang sudah dikemukan oleh seorang peneliti pada tahun 2013 yang bernama Vineet Nair dan rekan-rekannya, yang juga sudah dimuat dalam International Dental Journal of Student Research.

Baca Juga : 16 Cara Menghilangkan Karang Gigi & Plak Gigi Yang Efektif Dan Ampuh

Mengatakan bahwa seseorang yang bisa mengeluarkan sebuah aroma atau bau yang tak sedap didalam mulutnya dikarenakan adanya sebuah bernama volatile sulfur compounds. Dan senyawa ini terlahir karena ulah dari bakteri yang terdapat didalam mulut, serta senyawa bernama Hydrogen Sulfide, Methyl Mercaptan serta Dimethyl Sulfide. Senyawa volatile sendiri memiliki arti bahwa senyawa tersebut dapat dengan mudah menguap di udara sesaat setelah dikeluarkan dari mulut seseorang. Dan inilah yang menjadi penyebab dari mulut menjadi mengeluarkan aroma bau disaat bernafas atau berbicara.

Jenis bau mulut

Ternyata bau mulut juga memiliki jenisnya, dimana dalam hal ini dibagi menjadi dua jenis. Dan pembagian bau mulut berdasarkan jenisnya ini cukup jarang diketahui oleh banyak orang. Dimana rata-rata orang-orang hanya mengetahui satu jenis saja, yaknu bau mulut. Dan berikut ini adalah dua jenis bau mulut yang harus kamu ketahui, yuk lihat :

1. Bau mulut normal

Jenis bau mulut pertama adalah bau mulut normal. Bau mulut ini biasanya dialami oleh seseorang disaat pagi hari akibat dari adanya sekresi alir liur yang kurang. Dan sekresi air liur inilah yang membuat aroma mulut seseorang menjadi berbau. Dan untuk menghilangkannya sangatlah mudah, yakni dengan meminum air pitih, serta menggosok gigi.

Baca Juga : 43 Cara Menghilangkan Kutu Yang Ampuh, Mujarab, Dan Efektif Beserta Telurnya

2. Bau mulut akut

Bau mulut jenis ini terjadi dikarenakan masalah atau penyabab lain dari dalam tubuh. Yang mana biasanya diakibatkan oleh adanya infeksi dari berbagai jenis bakteri yang tedapat didalam tubuh. Dan tentunya perlu penanganan khusus untuk menghilangkannya, karena tidak cukup hanya dengan menggosok gigi atau mengkonsumsi air putih saja.

Cara menghilangkan bau mulut

Bau mulut menjadi salah satu hal yang membuat lawan bicara seseorang menjadi risih. Selain itu, bau mulut juga membuat orang yang mengalaminya mengalami penurunan rasa percaya diri, karena takut aroma mulut yang tak sedap diketahui dicium oleh lawan bicaranya sehingga lawan bicaranya menjadi risih. Namun ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan guna untuk menghilangkan atau mengatasi bau mulut ini. Apa saja ? Yuk lihat berikut ini

1. Gosok gigi

Cara yang paling utama dalam menghilangkan bau mulut ialah dengan menggosok gigi. Memang walaupun cara ini terbilang alami, namun ternyata cukup mujarab dalam mengatasi bau mulut kamu. Namun munggosok gigi disini bukanlah menggosok gigi dengan asal-asalan. Akan tetapi harus sesuai tuntutan dan cara yang benar.

Baca Juga : 19 Cara Mengecilkan Paha Dengan Cepat Dan Alami

Karena jika sampai salah-salah yang terjadi adalah bukannya mengatasi bau mulut. Namun malah mendapatkan efek atau masalah lainnya. Oleh sebab itu menggosok gigi merupakan langkah awal yang bisa kamu coba guna menjadi cara menghilangkan bau mulut yang kamu alami.

2. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Walaupun terkesan sudah begitu umum atau banyak sekali orang yang menyarankan cara ini. Akan tetapi efeknya jika kamu benar-benar terapkan dengan baik maka akan sangat mujarab. Dengan selalu menjaga kesehatan dari gigi dan mulut kamu dengan cara menerapkan cara menggosok gigi yang benar dan membunuh kuman didalamnya menggunakan mouthwash, sekaligus memperhatikan dengan seksama sisa-sisa makanan yang sering terselip di sela-sela gigi kamu. Makanan-makanan yang terselip di sela-sela gigi ini bisa kamu atasi menggunakan benang gigi (dental floss).

3. Benang gigi

Seperti yang sudah kita singgung sendikit pada “Cara menghilangkan mulut pada nomor 2” yakni menjaga kesehatan mulut dan gigi. Dimana menyatakan bahwa penggunakan benang gigi atau detal floss ini sangat disarankan untuk menjaga dan menghilamngkan bau mulut yang datang. Dimana membantu untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tidak bisa dicapai dengan sikat gigi biasa. Selain itu, pembersihan sela-sela gigi dengan benang juga akan membantu kamu agar terhindari dari sakit gigi.

Baca Juga : 7 Cara Diet 8 Jam Yang Benar Dan Aman Untuk Membakar Timbunan Lemak

4. Obat anti bakteri

Salah satu penyebab dari mulut seseorang menjadi bau ialah karena adanya aktivitas bakteri jahat yang terdapat pada mulut. Dan aktivitas dari bakteri ini menyebabkan terjadinya infeksi pada gusi dan gigi. Sehingga pada akhirnya menyebabkan mulut seseorang menjadi bau. Dalam hal ini, kamu bisa mencoba mengatasi bakteri-bakteri bandel tersebut dengan mengkonsumsi obat anti bakteri. Nantinya obat ini akan membantu untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab dari bau mulut.

5. Obat kumur

JIka kamu adalah tipe orang yang tidak suka atau takut mengkonsumsi obat, maka cara menghilangkan bau mulut yang kelima ini bisa kamu coba. Yakni dengan menggunakan obat kumur untuk mengatasi bau mulut penurun percaya diri tersebut. Pemilihan obat kumur yang tepat sangat dianjurkan disini, agar nantinya efek samping yang tidak kamu inginkan bisa di hindarilah.

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Lemak Perut Dengan Minum Jus Mentium Setiap Malam, Beserta Resepnya

6. Alat pembersih lidah

Lidah menjadi salah satu tempat berkumpul dan berkembang biaknya para kuman dan bakteri. Oleh sebab itu menjaga dan membersihkan lidah menjadi cara menghilangkan bau mulut yang efektif untuk dilakukan. Sering kali banyak orang yang melewatkan untuk membersihkan lidah ini. Sehingga masalah bau mulutpun harus mereka derita. Lapisan-lapisa yang terdapat pada lidah merupakan tempat paling nyaman bagi bakteri dan kuman untuk berada disana. Guna untuk membersihkan lidah, kamu bisa menggunakan sebuah alat bernama alat pembersih lidah.

Penerapannya sendiri ialah dengan cara menggosokkan ke permukaan lidah kamu secara perlahan. Walaupun pembersih lidah ini juga bisa kita temukan di beberapa produk sikat gigi. Akan tetapi penggunaan alat pembersih lidah ini memiliki keunggulan lain, yaitu bisa menyesuaikan tekanan yang diterima oleh lidahmu. Sehingga tekanan yang diberikan akan bisa dikontrol dan tak akan membuat lidah kamu menjadi luka.

7. Rokok

Penyebab utama dari bau mulut yang sering dialami olah para pria adalah rokok. Memang, untuk menghentikan kebiasaan ini sangatlah sulit untuk dilakukan. Tapi bagaimanapun kamu harus menghentikannya agar rasa percaya diri kamu bisa kembali lagi disaat berbicara dengan orang lain atau orang terdekat kamu. Karena mereka merasa risih akibat bau mulut kamu yang disebabkan oleh kebiasan buruk merokok tersebut.

Baca Juga : 4 Cara Diet Air Putih Menyenangkan, Yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Tak hanya membuat mulut menjadi bau, rokok juga sudah dikenahui oleh banyak orang sebagai biang dari penyakit-penyakit berbahaya dan mematikan. Oleh itu dengan menghentikan kebiasaan ini sangat banyak dampak baik yang bisa kamu rasakan. Yakni akan menghilangkan bau mulut, serta mencegah kamu dari berbagai macam penyakit mematikan yang disebabkan oleh rokok.

8. Permen karet

Cara mengatasi bau mulut berikutnya ialah dengan cara yang menyenangkan, yakni dengan mengkonsumsi permen karet. Namun perlu kamu ingat, permen karet yang disarankan untuk menghilangkan bau mulut ialah permen karet yang memilki kandungan gula sedikit atau bahkan bebas gula.

Biasanya permen karet yang sering dimanfaatkan oleh banyak orang adalah jenis permen karet mint. Selain membantu untuk mengilangkan bau mulut. Permen karet juga akan membantu melindungi gigi dari penumpukan karang gigi dan plak gigi. Dan karang serta plak ini menjadi salah satu penyebab dari timbulnya masalah bau mulut

9. Hindari permen manis

Jika tadi dianjurkan untuk mengkonsumsi permen karet sebagai cara menghilangkan bau mulut, tapi kali ini kamu disarankan untuk menghindari pengkonsumsian permen yang manis. Hal ini dikarenakan permen yang manis bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan mulut, yaitu memicu kuman dan juga bakteri jahat didalam mulut kamu. Dan akibatnya orang-orang yang sering mengkonsumsi permen manis ini bisa menderita berbagai macam penyakit dan masalah pada giginya.

Baca Juga : 6 Cara Menyembuhkan Demam Secara Alami Menggunakan Bahan Dapur

Untuk itu, mulai dari sekarang usahakanlah untuk menghindari kebiasaan kamu dalam mengkonsumsi permen manis ini. Lebih baik kamu mengkonsumsi permen karet mint bebas gula, ketima permen manis. Karena permen karet mint bebas gula bisa membantu untuk mengatasi bau mulut serta masalah kesehatan gigi dan mulut lainnya.

10. Menghindari dehidrasi

Dengan menghindari terkena dehidrasi maka kamu sudah turut serta menerapkan salah satu cara menghilangkan bau mulut yang mengganggu. Biasanya orang yang sedang mengalami masalah dehidrasi akan memiliki aroma mulut yang tak sedap sang sangat menyengat. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan air putih. Air putih sendiri memang menjadi cara paling ampuh didalam mengembalikan cairan tubuh kita yang sudah terkuras, guna untuk membuat tubuh kembali dalam keadaan yang stabil.

11. Mengobati penyakit gusi

Jika seandainya kamu sedang kami sedang mengalami masalah gusi, maka tak heran jika aroma mulut kamu akan menjadi tak sedap. Semua itu dikarenakan gusi menjadi tempat yang sering dipilih oleh kuman guna untuk berkembang biar disana, selain pada gigi dan juga lidah. Apalagi jika seandainya gusi seseorang sedang bermasalah aliar sedang mengalami sakit gusi. Dan solusinya ialah dengan mengobati gusi anda terlebih dahulu dengan cara pergi ke rumah sakit atau klinik. Agar masalah gusi yang sedang kamu alami bisa teratasi sehingga bau mulut tak sedap, tidak lagi keluar.

Baca Juga : 5 Cara Mencegah Gigi Berlubang Dengan Cara Sederhana Yang Bisa Kamu Coba

12. Memperhatikan kebersihan dari kawat gigi

Kamu para penggunaan kawat gigi atau behel, sangat perlu untuk memperhatikan kebersihan dari behel kamu tersebut. Behel sendiri merupakan sebuah alat yang dipasangkan pada gigi yang memiliki fungsi untuk menjaga kerapian dari gigi seseorang. Namun apabila kebersihan dari behel ini tidak dijaga, maka efek buruk dan masalah pada mulut, gusi dan gigi lah yang akan didapatkan oleh si pemakai.

Kawat gigi sendiri sangat renta untuk terselipnya sisa-sisa makanan, oleh sebab itu sangat perlu memperhatikan secara ekstra dari kawat gigi ini. Masalah bau mulut yang kamu alami juga bisa terjadi karena kuranganya memperhatikan kebersihan dari kawat gigi, oleh sebab itu menjaga behel kamu agar tetap bersih merupakan salah satu cara menghilangkan bau mulut yang mudah untuk kamu terapkan.

13. Mengunjungi dokter

Jika kamu sudah benar-benar risih dengan bau mulut yang tak sedap, maka cara menghilangkan bau mulut ini yang sangat efektif ialah dengan berkonsultasi kedokter. Dokter sendiri nantinya akan memberikan kepadamu sebuah solusi terkait masalah bau mulut yang sedang kamu alami. Namun jika masih belum berhasil, maka dokter akan melakukan pemeriksaan secara lebih spesifik, tentang apakah kamu sedang mengalami sebuah penyakit lain didalam tubuh kamu.

Baca Juga : 13 Cara Menambah Tinggi Badan Dengan Cepat, Secara Alami Dan Tanpa Efek Samping

Jika seandainya iya, maka dokter akan memberikan penanganan khusus terhadap penyakit yang sedang kamu alami sehingga menyebabkan terjadinya bau mulut. Rutinlah untuk berkonsultasi ke dokter ini paling tidak selama enam bulan sekali

14. Spa gigi

Cara menghilangkan bau mulut selanjutnya adalah dengan melakukan spa gigi. Spa sendiri merupakan sebuah cara yang bisa kamu lakukan guna untuk mengatasi bau mulut yang sedang kamu alami.

15. Permen mint

Seperti yang kita ketahui bahwa mengkonsumsi permen mint menjadi salah satu cara yang dapat kamu lakukan guna untuk mengatasi masalah bau mulut sementara waktu. Disaat kamu sedang atau akan berkomunikasi dengan orang lain yang menjadi lawan bicaramu, sebaiknya usahakanlah untuk menyediakan sebuah permen mint, guna untuk membantu dalam meminimalisir bau mulut yang tak sedap. Kandungan mint yang terdapat didalam permen mint bisa membantu untuk mmbuat nafas kita menjadi lebih segar dan tidak menimbulkan bau lagi.

Baca Juga : 26 Cara Menebalkan Alis Secara Alami Dan Cepat, Tanpa Efek Samping

16. Teh hijau

Mengkonsumsi secangkir teh hijau pada setiap paginya, akan menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut mengganggu. Semua itu dikarenakan didalam teh hijau terkandung nutrisi antioksidan yang kaya, sehingga sangat bisa diandalkan untuk mengatasi kuman dan membunuhnya. Sehingga nantinya masalah bau mulut yang disebabkan oleh kuman atau bakteri ini akan teratasi.

17. Rebusan daun sirih

Sudah semanjak lama diketahui bahwa daun sirih menjadi obat yang mujarab dalam mengatasi berbagai masalah kewanitaan. Akan tetapi siapa sangka, bahwa daun sirih yang direbus juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau mulut yang mengganggu. Hal ini dikarenakan daun sirih memiliki sifat alami sebagai antiseptik.

Baca Juga : 29 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Alami Dan Cepat

Yang mana seperti diketahui bahwa antiseptik ini akan membantu untuk membunuh bakteri dan kuman yang menjadi penyebab dari bau mulut. Lalu bagaimana cara penerapnnya ? Caranya hanya dengan menyikat gigi seperti biasa, lalu kemudian kamu bisa menggunakan daun sirih sebagai obat kumurnya.

18. Hindari makanan berbau tajam

Disaat kamu bersosialisasi dengan orang banyak, sebaiknya kamu harus menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki bau tajam. Aroma yang dikeluarkan oleh makanan ini akan mengendap di dalam mulut, sehingga walaupun sudah berjam-jam lamanya kamu diamkan, bau yang dari makanan tersebut akan tetap bisa keluar.

Contoh makanannya seperti mengkonsumsi durian. Memang tak semua orang menyukai durian, oleh sebab itulah kamu sebaiknya menghindari mengkonsumsi makanan ini dan makanan berbau tajam lainnya. Agar nantinya masalah bau mulut tak sedap bisa kamu atasi.

19. Batasi alkohol

Cara menghilangkan bau mulut yang tak sedap lainnya ialah dengan membatasi atau bahkan menghindari mengkonsumsi minuman alkohol. Hal ini dikarenakan alkohol bisa menyebabkan bau mulut yang tak sedap dan tak enak. Semua itu dikarenakan kandungan kimia yang terdapat didalam minuman beralhokol. Para peminum alkohol akan mengalami aroma tak sedap seduah mereka mengkonsumsi minuman ini, dan lama kelamaan akan menyebabkan bau mulut yang keluar.

Baca Juga : 5 Cara Menghitung Usia Kehamilan Dan Manfaatnya Yang Harus Kamu Ketahui

20. Berkumur

Salah satu cara sederhana untuk mengatasi bau mulut yang sedang kamu alami ialah dengan berkumur. Walaupun terdengar kurang mujarab, tapi kamu jangan salah. Berkumur bisa membantu untuk menghilangkan para bakteri dan juga penyebab bau mulut. Walaupun jika dibandingkan dengan menggosok gigi, berkumur-kumur masih belum efektif dibandingkan menggosok gigi.

Jika seandainya kamu habis makan sesuatu yang manis dan menimbulkan aroma yang tak sedap sedangkan kamu jauh dari rumah. Maka sebaiklahnya lakukan berkumur-kumur ini. Agar bisa membantu untuk menetralisir bau yang dikeluarkan dari makanan.

21. Kapsul vitamin C

Vitamin C memang menjadi salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh. Dimana cara mendapatkannya bisa dari buah-buahan atau sayuran yang memiliki kandungan tersebut. Namun untuk yang instannya kamu dapat mengkonsumsi kapsul vitamin C. Vitamin C ini bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi bau mulut yang tak sedap. Kenapa demikian ? Semua itu dikarenakan vitamin C bisa membuat sistem imun seseorang menjadi meningkat, dan membantu untuk mengatasi kuman mulut yang menbjadi penyebab bau mulut.

Baca Juga : 15 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat Serta Efektif

22. Jangan lewatkan sarapan

Guna untuk membantu dalam menghindari masalah bau mulut, sebaiknya kamu jangan sampai melewatkan sarapan pada setiap paginya. Orang yang sarapan di pagi hari, akan memproduksi jumlah air liur yang cukup, ketimbang mereka yang tidak sarapan. Air liur yang berkurang ini akan membuat aroma nafas kamu tidak bau lagi.

23. Kopi hitam

Ternyata kopi hitam bisa kamu andalkan untuk mengatasi dan menghilangkan bau mulut secara alami. Didalam kopi hitam terdapat kandungan yang bermanfaat untuk menetralisir bau mulut yang disebabkan oleh bakteri dan kuman. Kamu bisa menerapkannya dengan cara mengkonsumsi kopi hitam sebanyak 1 kepal secara langsung. Atau juga bisa dengan menyeduhnya seperti biasa dengan ditambahkan satu sendok gula.

Baca Juga : 10 Cara Melancarkan Haid Yang Terlambat Dengan Mudah Dan Alami

24. Susu kental manis

Susu kental manis bisa menjadi salah satu cara mudah untuk mengatasi bau mulut yang menggagu. Hal ini dikarenakan didalamnya terdapat kandungan kalsium, vimitan dan juga mineral yang baik guna untuk mengatasi masalah nafas yang tak sedap yang sedang kamu alami.

25. Mengunyah beras

Beras sering diolah menjadi nasi sebagai salah satu makanan pokok di negara kita. Tapi taukah kamu, selain itu beras juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi nafas bau. Penerapannya sangatlah sedehana, yakni kamu hanya perlu mengambil segenggam beras, lalu kemudian mengunyahnya. Lalu selanjutnya jangan kamu telan, keluarkanlah beras yang sudah dikunyah tersebut. Dan kandungan beras ini dipercaya mampu untuk mengatasi bau mulut mengganggu yang menurunkan rasa percaya diri kamu.

Baca Juga : 11 Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat Dan Alami

26. Air garam

Terdapatnya kandungan yodium didalam garam juga bisa kamu andalkan guna menjadi cara menghilangkan bau mulut. Selain bermanfaat sering dimanfaatkan untuk mengatasi diare, air garam ini juga bisa membantu kamu guna untuk menyingkirkan bau yang mengganggu dari nafas. Caranya ialah dengan mencampurkan air dengan garam. Dan kemudian gunakan campuran tersebut untuk berkumur-kumur.

27. Stroberi

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bau mulut ialah dengan mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran yang mengandung nutrisi vitamin C yang tinggi, salah satunya yaitu stroberi. Kandungan vitamin C didalam stroberi mampu untuk membantu dalam mengatasi serta mencegah pertumbuhan dari kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Oleh sebab itu sering-seringlah mengkonsumsi buah-buahan yang satu ini.

Baca Juga : 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Mujarab

28. Air perasan lemon

Selain stroberi, nutrisi vitamin juga bisa kita termukan pada air perasan lemon. Dimana vitamin C didalam buah lemon ini bisa kita pakai untuk mengatasi bau mulut. Caranya sangatlah sederhana, yakni kamu hanya perlu menyiapkan air mineral, lalu kemudian campurkan dengan air perasan dari dua buah lemon. Gunakanlah campuran ini sebagai obat kumut sebanyak dua kali didalalam seharinya.

29. Mengkonsumsi pir

Selain menjadi salah satu buah-buahan yang banyak diminati karena kesegarannya, buah pir juga dapat diandalkan untuk mengatasi bau mulut. Semua itu dikarenakan pir bisa membantu untuk membersihkan sela-sela gigi secara alami dari berbagai sisa-sisa makanan serta serat makanan yang sering masuk dan menyelip didalam celah gigi kamu.

Baca Juga : 10 Cara Membesarkan Bokong Secara Alami Dan Cepat, Tanpa Operasi Dan Obat Kimia

30. Jeruk nipis dan madu

Kolaborasi antara jeruk nipis dan juga madu bisa menjadi cara alami untuk mengatasi bau mulut. Kandungan vitamin C yang tinggi didalam jeruk nipis dan nutrisi baik didalam madu dipercaya akan mampu untuk menghilangkan bau mulut yang sedang kamu alami. Konsumsilah minuman ini sebanyak tiga kali dalam seharinya

31. Kayu manis

Kayu manis sering dimanfaatkan oleh banyak orang sebagai penyedap pada masakan sehingga rasa masakan akan menjadi lebih sedap. Tapi taukah kamu selain itu, kayu manis juga bermanfaat untuk penghilang nafas tak sedap pada mulut. Dimana masalah ini sering membuat kita menjadi minder disaat berbicara dengan orang lain.

Baca Juga : 14 Cara Memperbanyak ASI Dengan Cepat Dan Alami

Cara pengolahan kayu manis untuk mengatasi bau mulut sangat mudah. Kamu hanya perlu merebus kayu manis bersamaan dengan teh. Selanjutnya konsumsilah ramuan ini sebanyak dua kali didalam seharinya.

32. Kencur

Didalam kencur terdapat kandungan minyak atsiri. Dimana salah satu manfaat dari minyak atsiri ini ialah untuk mengatasi masalah bau mulut. Cara pengolahannya ialah dengan merebus sebanyak 5 gram dari kencur ini. Selanjutnya silahkan kamu campurkan dengan 15 gram daun sirih. Dan silahkan saring lalu kemudian minumlah airnya secara teratur.

33. Jahe dan ketumbar

Selain kencur, kamu juga dapat mengandalkan ketumbar dan juga jahe untuk mengatasi bau mulut yang sedang kamu alamai. Semua itu lagi-lagi karena adanya kandungan minyak atsiri yang baik didalamnya. Minyak inilah yang nantinya bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan bau mulut.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Secara Alami Dan Efektif

Caranya ialah dengan mencampurkan ketumbar dan juga jahe dengan cara merebusnya. Selanjutnya silahkan kamu saring air rebusan tadi dari ampasnya dan kemudian minumlah ramuan tersebut selagi masih dalam keadaan hangat.

34. Yogurt

Yogurt menjadi salah satu jenis olahan makanan yang mampu untuk menciptakan kandungan bakteri baik didalamnya, dan bisa diandalkan dalam membunuh bakteri jahat. Masalah bau mulut yang sedang kamu alami bisa dibantu mangatasinya dengan cara mengkonsumsi yogurt ini. Selain itu yogurt juga akan memberikan pencegahaan terhadap kuman penyebab bau mulut.

35. Lengkuas

Banyak keluarga yang memanfaatkan lengkuas sebagai salah satu bumbu pada masakan. Namun selain itu ternyata lengkuas juga bisa kamu andalkan dalam menghilangkan bau mulut yang tak sedap. Bau harum dari lengkuas inilah yang bisa membantu untuk meminimalisir bau nafas yang tak sedap. Dan cara pengolahannnya sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut secara alami ialah dengan merebus lengkuas ini. Lalu kemudian silahkan kamu minum ramuan ini secara teratur.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Flu Yang Mengganggu

36. Parsley

Mungkin sebagian dari kamu tidak tau apa itu tanaman parsley ? Tanamn parsley sendiri sebenarnya masih satu family dengan tanaman seledri, dimana tanaman ini bisa kamu manfaatkan sebagai cara menyingkirkan bau mulut. Didalam daun parsley terdapat sebuah senyaw aktif yaitu klorofif. Yang mana cukup ampuh dalam mengatasi bau mulut untuk orang yang menderita helitosis atau oral melodor. Penerpannya sangatlah sederhana, yakni kamu bisa mengunyahnya secara langsung, atau mencampurkannya kedalam salad.

37. Fenugreek

Fenugreek adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari Yunani. Dan biasanya orang-orang Indonesia mengenal tanaman ini dengan nama klabet. Fenugreek bisa menjadi salah satu obat herbal guna untuk mengatasi bau mulut yang kamu alamai. Semua itu berkat senyawa antibakteri yang terdapat didalamnya.

Baca Juga : Cara Diet OCD Deddy Corbuzier Yang benar Serta Tips Agar Berhasil

Yang mana akan membantu untuk mengatasi kuman dan bakteri jahat yang terdapat didalam mulut. Cara pengolahannya fenugreek untuk menyegarkan nafas ialah dengan merebus beberapa butir fenugreek denbgan segelas air. Dan minumlah rebusan tersebut secara rutin atau juga bisa kamu gunakan sebagai obat kumur.

38. Cuka apel

Terdapatnya kandungan asam didalam cuka apel, akan membantu untuk merangsang kelenjar bernama saliva. Dimana kelenjar inilah yang akan memproduksi air liur sehingga bisa membantu untuk mengatasi masalah mulut kering yang sedang kamu alami. Selain itu cuka apel ini juga efektif untuk menyeimbangkan pH yang terdapat didalam mulut kamu.

Baca Juga : 17 Cara Mempercepat Haid (Normal dan Terlambat)

Agar nantinya bakteri tidak bisa berkembang biak dengan baik dan melakukan aktivitas yang menyebabkan bau mulut. Pengolahannya adalah dengan cara melarutkan cuka apel didalam segelas ait dan konsumsilah sebelum makan. Selain meminumnya kamu juga bisa menggunakannya sebagai obat kumur.

39. Baking soda

Selain baking soda bisa diandalkan untuk memutihkan gigi, ternyata baking soda juga bisa kamu manfaatkan sebagai cara menghilangkan bau mulut dengan gampang. Semua itu dikarenakan didalam baking soda terkandungan zat yang dpat membunuh kuman penyebab bau mulut yang tertinggal. Sebauh kondisi bernama alkali akan diciptakan oleh baking soda ini.

Sehingga nantinya bisa membantu untuk menetralkan kadar pH didalam mulut seseorang yang biasanya cenderung asam. Dan disaat inilah bakteri tidak bisa hidup. Cara penerapannya ialah dengan mencampurkan baking soda dengan air hangt, selanjutnya silahkan kamu gunakan sebagai obat kumur.

40. Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil memiliki kandungan senyawa antioksidan didalam seperti terpenoid. Yang mana senyawa ini akan membantu untuk membunuh para mikroba dan juga bakteri yang menjadi penyabab bau mulut. Manfaat tea tree oil ini untuk mengatasi bau mulut juga sudah terbektu secara ilmiah.

Baca Juga : 6 Cara Menggunakan Tespek Kehamilan Yang Benar dan Efektif

Oleh sebab itulah banyak dokter sering menyarankan para pasien halitosis untuk menggunakan produk perawata giginya yang memiliki kandungan tea tree oil didalamnya. Cara pemanfaatannya adalah dengan meneteskan beberapa tetes minyak pohon teh didalam segelas air. Dan gunakanlah campuran tersebut sebagai obat kumur.

Tips mencegah bau mulut

Semua orang tentunya sangat tidak ingin terkena masalah bau mulut. Dimana masalah bau mulut hanya akan membuat orang yang menjadi lawan mengobrol kita menjadi tidak nyaman sehingga membuat kita merasa tidak percaya diri. Namun selain beberapa cara menghilangkan bau mulut secara mudah dan alami diatas, ada beberapa juga tips yang bisa kamu terapkan guna untuk mencegah bau mulut datang kembali. Dan berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

1. Selalu menghindari penyebab bau mulut

Cara jitu dalam mencegah bau mulut menghampurimu ialah dengan menjaga diri agar selalu berada jauh dari penyabab bau mulut tersebut. Sangat sederhana bukan ? Oleh sebab itu lakukanlah cara ini mulai dari sekarang.

2. Selalu memeriksakan gigi, gusi dan juga mulut secara teratur

Selain dengan cara menghindari penyebabnya, kamu juga harus melakuka pemeriksana secara rutin terhadap gigi, gusi dan juga mulut kamu. Minimal pemeriksaan ini dilakukan selama tiga bulan atau enam bulan sekali. Gigi, gusi dan mulut yang sehat akan memberikan peluang lebih kecil kamu terkena masalah bau mulut.

Baca Juga : Sering Pusing Dan Lemas ? Atasi Itu Semua Dengan 7 Makanan Penghilang Pusing Dan lemas Yang Ampuh !

Karena gisi, gusi dan mulut menjadi tempat dimana penyebab bau mulut itu muncul. Jika gigi, gusi dan mulut kamu sehat maka otomatis penyabab tidak akan terjadi lagi, atau paling tidak bisa diminalisir.

3. Mengkonsumsi makanan yang bisa memproduksi air liur

Salah satu cara mencegah bau mulut datang menghampirimu ialah dengan mengurangi makanan yang memproduksi air liur. Berkurangnya air liur hanya akan membuat nafas kamu menjadi tidak enak dan membuat orang yang menjadi lawan bicaramu akan merasa risih. Beberapa contoh makanan yang bisa meningkatkan air liur adalah keju serta berbagai produk olahan susu lainnya.

4. Konsultasi ke dokter

Kamu bisa mencegah bau mulut ini dengan rutin melakukan konsultasi ke dokter. Paling tidak lakukanlah konsultasi ini sebanyak sekali dalam enam bulannya, agar masalah bau mulut yang tak sedap bisa kamu atasi dan membuatnya menjahuhimu. Dokter nantinya juga akan memberikan solusi terbaik dan juga detail agar nantinya masalah bau mulut bisa kamu hindari.

Baca Juga : Bisa Dicoba !! 9 Cara Mengobati Ambeien Dengan Cepat Tanpa Operasi !!

5. Jangan memaksakan pakai behel

Jika seandainya kamu tidak mengalami masalah apa-apa dengan gigi kamu, yang mengharuskanmu untuk memakai behel, sebaiklah jangan paksakan untuk memakainya. Behel yang dipasang karena mengikuti tren hanya akan membuat kamu mendapatkan masalah mulut lainnya termasuk bau mulut. Karena penggunaan behel membunuh cara ekstra untuk melakukan pembersihannya, bukan hanya dengan gosok gigi saja.

Itu tadi beberapa cara menghilangkan bau mulut yang mudah dan dapat kamu terapkan beserta beberapa tips untuk menghindari bau mulut. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu butuhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.