cara menghilangkan cegukan bayi, cara menghilangkan cegukan buat bayi, cara menghilangkan cegukan berlebihan

, ,

11 Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat Dan Alami

11 Cara Menghilangkan Cegukan – Hiccup atau yang lebih familiar dengan sebutan cegukan, terjadi disaat kondisi menutupnya puta suara seseorang secara tiba-tiba karena adanya pemicu dari kontraksi yang terdapat pada diafragma dan pada akhirnya menghasilkan bunyi “hik”. Diafragma sendiri merupakan sebuah membran oto yang menjadi pemisah dari rongga dada dan juga perut dimana perannya sangatlah penting didalam sebuah sistem pernapasan manusia. Masalah cegukan sendiri bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari bayi hingga orang-orang yang lanjut usia.

Baca Juga : 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Mujarab

Dan untuk durasinya sendiri sangatlah bermacam-macam, ada orang yang mengalamainya sebentar yakni beberapa menit saja, akan tetapi ada juga orang yang mengalaminya hingga berhari-hari lamanya. Jika kita melihat pengerti cegukan secara medis ialah, cegukan adalah sebuah keadaan dimana diafragma yang berklontraksi karena terdapatnya kejang.

Baca Juga : 10 Cara Membesarkan Bokong Secara Alami Dan Cepat, Tanpa Operasi Dan Obat Kimia

Yang mana menyebabkan timbulnya pergerakan menutup dan membukan secara sangat cepat pada pita suara. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari seseorang yang mengalami masalah cegukan ini, yang mana tentu saja hal tersebut tidak dapat diprediksi kedatangannya. Apa saja penyebabnya ? Berikut adalah diantaranya.

Penyebab cegukan

cara menghilangkan cegukan bayi 1 bulan, cara menghilangkan cegukan berkelanjutan, cara menghilangkan cegukan berlebih

Baca Juga : 14 Cara Memperbanyak ASI Dengan Cepat Dan Alami

  • Mengkonsumsi makanan pedas
  • Makan dengan cepat atau terburu-buru
  • Makan dengan porsi terlalu banyak
  • Mengkonsumsi minuman bersoda
  • Mengkonsumsi minuman beralkohol
  • Mengkonsumsi minuman yang panas
  • Masuk angin
  • Terjadinya perubahan suhu yang eksrim secara tib-tiba
  • Perut mengalami kembung
  • Merokok atau menghisap asap rokok

Cegukan tebagi menjadi 2 jenis : cegukan ringan dan cegukan berat

  1. Cegukan ringan menjadi jenis cegukan yang banyak dialami oleh kebanyakan orang. Cegukan jenis ini hanya berlangsung dalam waktu beberapa menit saja atau hanya sebentar.
  2. Cegukan berat memiliki perbedaan yang kentara dengan cegukan ringan. Cegukan berat ini dialami oleh seseorang selam berjam-jam hingga berhari-hari lamanya. Bagi kamu yang mengalami cegukan jenis ini sangat perlu diwaspadai. Karena mungkin ada sesuatu yang salah didalam tubuh kamu. Hal yang mungkin saja terjadi disaat cegukan seseorang menjadi keras dan lama ialah terdapatnya gangguan pada otak, infeksi, penyakit kronis, herpes, gangguan pada sistem metabolisme tubuh, atau karena seseorang sedang dalam proses pengaruh obat-obatan. Jika kamu mengalaminya, maka segeralah periksakan kedokter.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Secara Alami Dan Efektif

Cara menghilangkan cegukan

bagaimana cara mengatasi cegukan, bagaimana cara mengobati cegukan, bagaimana cara mengatasi cegukan yang terus menerus

Disaat kita mengalami cegukan, sering kali orang memberikan cara menghentikan cegunakan dengan cara yang berbeda-beda satu sama lain. Sehingga akan membuat kita semakin kebingungan karena terlalu banyaknya cara menghentikan cegukan tersebut. Tapi taukah kamu, pada kenyataannya cara menghentikan cegukan memanglah banyak macamnya dan beragam.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Flu Yang Mengganggu

Semua itu dikarenakan efek dari cara menghentikan cegukan pada setiap orang juga berbeda-beda. Ada orang yang dengan mudah hilang cegukannya hanya dengan menahan napas, dan ada juga yang menghilangkan cegukannya dengan cara minum air. Dari pada kamu bingung, berikut adalah beberapa cara menghentikan cegukan yang efektif. Silahkan disimak.

1. Menahan nafas

bagaimana cara menghilangkan cegukan, bagaimana cara menghilangkan cegukan pada bayi, bagaimana cara menghilangkan cegukan saat puasa

Menahan nafas merupakan cara menghilangkan cegukan yang paling umum diketahui banyak orang. Dengan menahan nafas dipercaya sebagai salah satu cara menghilangkan cegukan yang cukup ampuh. Semua itu dikarenakan kadar karbondioksida yang terdapat didalam tubuh akan bertambah. Caranya sendiri, anda hanya cukup menahan napas selama beberapa waktu, yakni selama anda sanggup untuk melakukannya.

Baca Juga : Cara Diet OCD Deddy Corbuzier Yang benar Serta Tips Agar Berhasil

2. Benapas dengan kantong pasti atau kertas

cara mengatasi cegukan bayi, cara mengatasi cegukan berkepanjangan, cara mengatasi cegukan bayi baru lahir

Cara menghilangkan cegukan selanjutnya ialah dengan cara bernapas dengan kantong plasti atau kertas. Tujuannya sama dengan cara menghilangkan cegukan dengan menahan napas. Yakni agar nantinya kadar barbondioksida menjadi lebih meningkat. Karena dengan bernapas menggunakan kantong plasti atau kertas maka anda hanya akan menghirup karbondioksida kembali yang sebelumnya sudah anda keluarkan. Caranya hanya bernapas seperti biasa, namun kali ini anda menggunakan kantong plastik atau kertas di depan mulut dan hidung anda, buatlah seperti semaca ruang.

Baca Juga : 17 Cara Mempercepat Haid (Normal dan Terlambat)

3. Minum air hangat

cara menghilangkan cegukan anak bayi, cara menghilangkan cegukan dengan cepat, cara menghilangkan cegukan orang dewasa

Cara menghilangkan cegukan berikutnya adalah dengan minum air hangat. Air hangat bisa membantu untuk melancarkan peredaran darah seseorang dan juga oksigen. Sehingga nantinya oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh menjadi terpenuhi. Caranya ialah dengan meminum air hangat lalu selanjutnya menahan napas dengan posisi tubuh yang membungkuk selama yang anda bisa. Kemudian kembalikan tubuh kedalam posisi semua sambil tetap menahan napas. Barulah selanjutnya meminum air hangat tersebut dan benapas seperti semula.

Baca Juga : 6 Cara Menggunakan Tespek Kehamilan Yang Benar dan Efektif

4. Mengatur pernapasan

cara mengatasi cegukan akut, cara mengatasi cegukan anak, cara mengatasi cegukan alami

Cara menghilangkan cegukan keempat ialah dengan mengatur pernapasan. Bernapas dengan cara teratur dan benar akan membantu tubuh untuk secara bergantian memasukkan oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dengan kadar dan komposisi yang tepat. Caranya kamu bisa menarik napas dalam-salam dan kemudian tahan sekuat yang kamu bisa. Lalu kemudian kamu bisa menghembuskannya.

Baca Juga : Sering Pusing Dan Lemas ? Atasi Itu Semua Dengan 7 Makanan Penghilang Pusing Dan lemas Yang Ampuh !

5. Menahan napas dengan menekuk kedua lutut

cara menghilangkan cegukan cepat, cara menghilangkan cegukan.com, cara mengatasi cegukan.com

Cara menghilangkan cegukan kelima dengan menahan napas dan sambil menekuk kedua lutut. Cara ini bisa langsung kamu praktekkan guna untuk menghilangkan cegukan yang kamu alami.

Baca Juga : Bisa Dicoba !! 9 Cara Mengobati Ambeien Dengan Cepat Tanpa Operasi !!

6. Headstand

bagaimana cara menghilangkan cegukan bayi, bagaimana cara menghilangkan cegukan dengan cepat, bagaimana cara menghilangkan cegukan pada bayi baru lahir

Cara menghilangkan cegukan selanjutnya ialah dengan melakukan headstand. Melakukan headstand memanglah tidak mudah. Namun jika kamu bisa melakukan cara ini maka akan membalikkan peredaran darah dan juga oksigen. Sehingga akan membantu untuk mengatasi cegukan yang kamu alami.

Baca Juga : Ini Dia 7 Ramuan Kunyit Untuk Obati Berbagai Penyakit Tubuh, Apa Saja ? Yuklihat !!

7. Menjulurkan lidah

cara menghilangkan cegukan saat puasa, cara menghilangkan cegukan pd bayi, cara menghilangkan cegukan berhari hari

Cara menghilangkan cegukan berikutnya ialah dengan cara menjulurkan lidah kamu. Dengan menjulurkan lidah akan membantu untuk merangsang nasofaring dan juga saraf vagus. Saraf inilah yang memberikan pengaruh terhadap otot-otot pada mulut, tenggorokan dan juga memberikan pengaturan terhadap kontraksi yang terjadi pada diafragma kamu.

Baca Juga : Wajib Tau, Ini Dia 8 Tanda Kanker Yang Sering Diremehkan Banyak Orang

8. Gula

cara menghilangkan cegukan anak, cara menghilangkan cegukan ampuh, cara menghilangkan cegukan akut

Cara menghilangkan cegukan yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan gula. Mengemut atau mengulum gula batu atau juga bisa sesendok gula pasir bisa memberikan efek baik dalam menghilangkan cegkan kamu. Semua itu terjadi karena disaat kamu mengemut atau mengulum gula akan memberikan rangsangan terhadap otot diafragma. Caranya sangatlah muda, kamu tinggal mengulum atau mengemut gula selama 5 menit lalu selanjutnya telan atau juga bisa kamu keluarkan.

Baca Juga : Sering Alami Masalah Di Wajah ? Yuklihat, 10 Cara Membaca Kesehatan Dari Wajah !

9. Es batu

cara menghilangkan cegukan akibat asam lambung, cara menghilangkan cegukan alami, cara mengatasi cegukan anak bayi

Cara menghilangkan cegukan yang ke sembilan ialah dengan menggunakan es batu. Kamu hanya perlu mengusapkan es batu pada tenggorokan kamu secara perlahan-lahan. Tujuannya adalah untuk membantu sarah agar lebih santai sehingga bisa membantu menghilangkan cegukan kamu.

Baca Juga : Waspada !! Selain Makanan, Ini Dia 7 Benda Yang Mengandung Gluten

10. Minyak kayu putih

cara menghilangkan cegukan pada anak bayi, cara menghilangkan cegukan yg membandel, cara menghilangkan cegukan tanpa air

Dengan mengoleskan minyak kayu putih pada area leher dan juga bagian perut kamu bisa menjadi salah satu cara menghilangkan cegukan yang kamu alami. Semua itu karena kandungan minyak atsiri yang terdapat didalam minyak kayu putih. Dan juga sensasi panas yang terdapat didalam minyak kayu putih akan membantu kamu untuk menghilangkan cegukan.

Baca Juga : Mengenal Vasektomi, KB steril Untuk Pria, Serta 5 Fakta Mengejutkan Tentang Vasektomi Yang Jarang Diketahui !!

11. Jeruk nipis

cara menghilangkan cegukan pada bayi, cara menghilangkan cegukan terus menerus, cara menghilangkan cegukan pada anak

Cara menghilangkan cegukan terakhir ialah dengan menggunakan jeruk nipis. Didalam jeruk nipis terdapat berbagai kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh, salah satunya untuk menghilangkan cegukan. Caranya adalah dengan meminum langsung air perasa jeruk nipis, jadi kamu bisa langsung memeraskan di mulut. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis akan membantu untuk menghilangkan gangguan pada saraf vagus kamu.

Baca Juga : Pengen Anak Kembar ? Yuk Lihat, 10 Cara Mendapatkan Anak Kembar Secara Alami

Itu tadi beberapa cara menghilangkan cegukan dengan cara alami dan mudah. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu butuhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *