cara menghitung usia kehamilan dalam hitungan minggu, cara menghitung usia kehamilan berdasarkan hpht, cara menghitung usia kehamilan bidan

, , ,

5 Cara Menghitung Usia Kehamilan Dan Manfaatnya Yang Harus Kamu Ketahui

5 Cara Menghitung Usia Kehamilan – Bagi setiap pasangan suami istri, kebanyakan setelah mereka menikah akan menanti kelahiran dari sang bvuah hati. Hal ini dikarenakan sebuah momen kebahagiaan yang amat tak terkira. Dan disaat diketahui bahwa sang istri sedang dalam kehamilan, tentunya banyak dari para calon ibu dan calon ayah akan mempersiapkan dengan baik dan menjaga kesehatan dari si calon ibu dan bayinya.

Baca Juga : 15 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dengan Cepat Serta Efektif

Selain itu, disaat seorang wanita sedang hamil, sering kali muncul pertanyaan seperti ini, berapakah usia kehamilannya ? Sudah berapa bulan ? Dan sejenisnya. Lalu bagaimanakah cara kamu menjawabnya ? Apakah kamu merasa kebingungan dengan jawaban seperti ini ? Dan apakah kamu sendiri tidak mengetahui berapa usia sebenarnya dari kehamilan kamu tersebut ?

Baca Juga : 10 Cara Melancarkan Haid Yang Terlambat Dengan Mudah Dan Alami

Wah, jangan sampai kamu benar-benar tidak mengetahuinya. Karena pada kenyataannya hal ini sangatlah penting bagi seorang istri calon ibu yang sedang menjalani masa kehamilan. Kenapa ? Berikut adalah alasan dan manfaat menghitung usia kehamilan. Silahkan disimak.

Alasan dan manfaat menghitung usia kehamilan

Baca Juga : 11 Cara Menghilangkan Cegukan Dengan Cepat Dan Alami

1. Memberikan asupan gizi yang tepat yang sedang dibutuhkan oleh calon janin

cara menghitung usia kehamilan yg akurat, cara menghitung usia kehamilan dari awal, cara menghitung usia kehamilan secara akurat

Cara menghitung usia kehamilan sangat perlu kamu ketahui untuk setiap calon ibu. Karea dari ini semua kamu bisa lebih menentukan asupan gizi yang tepat dan dibutuhkan oleh si janin. Selama masa kehamilan tentu saja ada yang namanya makanan yang harus dikonsumsi guna untuk memenuhi kebutuhan gizi untuk si calon bayi dan ibunya.

Baca Juga : 14 Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami Dan Mujarab

Dan juga ada pula makanan-makanan yang harus dihindari oleh ibu dan janinnya guna untuk menjaga kesehatan dari mereka berdua. Makanan yang boleh serta tidak boleh untuk dikonsumsi bisa jadi lebih mudah untuk kamu bedakan jika kamu mengetahi cara menghitung usia kehamilan. Oleh sebab itu, sangat penting bagi seorang calon ibu untuk mengetahui berapa usia dari kehamilannya.

2. Beraktifitas sesuai yang diperbolehkan

bagaimana cara menghitung usia awal kehamilan, bagaimana cara dokter menghitung usia kehamilan, cara menghitung usia kehamilan cara menghitung usia kehamilan

Dengan menerapkan cara menghitung usia kehamilan maka kamu akan lebih bisa melakukan aktifitas yang diperbolehkan dan mana yang tidak diperboleh disaat hamil. Hampir sama halnya dengan makanan, aktivitas juga memiliki hal-hal yang harus disesuaikan dengan usia janinnya. Disaat kehamilan memasuki trisemester pertamanya.

Baca Juga : 10 Cara Membesarkan Bokong Secara Alami Dan Cepat, Tanpa Operasi Dan Obat Kimia

Ada beberapa jenis aktivitas yang harus kamu hindari karena bisa memberikan efek goncangan yang tentunya sangat membahayakan bagi si janin. Semua itu haruslah kamu ketahui dan dihindari saat memasuki masa hamil muda. Semua ini bisa kamu terapkan dengan baik apabila sudah emasuki usia trisemester kedua dan ketiga, serta sudah mengetahui usia kehamilanmu.

3. Mengetahui hari perkiraan lahir (HPL)

cara menghitung usia kehamilan berdasarkan hpht dan tanggal kunjungan, cara menghitung usia kehamilan bayi tabung, cara menghitung usia kehamilan berapa minggu

Penerapan cara menghitung usia kehamilan bisa memberikan manfaat untuk lebih mudah bagi kamu dalam mengetahui HPL, atau hari perkiraan lahir. Tentu saja hal ini sangatlah penting, karena kelahiranlah yang paling dinanti-nanti oleh banyak pasangan suami istri. Dan dengan cara menghitung usia kehamilan, maka HPL ini bisa kamu prediksi.

Baca Juga : 14 Cara Memperbanyak ASI Dengan Cepat Dan Alami

4. Mempersiapkan kebutuhan bayi

cara menghitung usia kehamilan cepat, cara menghitung usia kehamilan yang cepat, cara menghitung usia kehamilan dan contohnya

Menerapkan cara menghitung usia kehamilan bisa memberikan manfaat untuk lebih mudah dalam mempersipkan kebutuhan bayi nantinya. Maksudnya ialah kamu jadi lebih tahu kapan harusnya kamu mempersiapkan keperluan dan kebutuhan kamu nantinya yang akan lahir. Dan kamu tidak lagi menjadi tergesa-gesa dalam mempersipkan kebutuhan bayi kamu karena terlalu mendadak dan terlambat mengetahui usia kehamilan kamu.

Baca Juga : 11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat, Secara Alami Dan Efektif

Cara menghitung usia kehamilan

Ada sebagian dari para wanita yang disaat hamil dia rutin sekali untuk pergi kedokter guna untuk mengetahui tentang berapa usia sebenarnya dari kehamilan yang sedang dia jalani. Namun ada juga yang jarang untuk menemui dokter, karena alasan tidak memiliki waktu dan terlalu banyak mengeluarkan biaya. Dan kali ini, kamu bisa melakukan perhitungan sendiri tanpa harus repot-repot ke klinik atau rumah sakit untuk mengetahui usia kehamilan kamu. Seperti apa saja caranya ? Berikut adalah cara menghitung usia kehamilan dengan mudah. Silahkan disimak.

1. Menggunakan kalkulator kehamilan online

cara menghitung usia kehamilan dgn cepat, cara menghitung umur kehamilan dengan cepat, cara menghitung usia kehamilan dengan pita cm

Didalam zaman sekarang ini, kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk pergi ke dokter guna agar bisa mengetahui usia kehamilan kamu. Karena kamu bisa menggunakan cara menghitung kehimlan menggunakan kalkulator kehamilan online. Silahkan kamu cari di google dengan dua kata yakni “kalkulator kehamilan” pada browser kamu.

Baca Juga : Cara Menyembuhkan Flu Yang Mengganggu

Maka nantinya akan keluar berbagai tautan yang bisa kamu pilih dan gunakan untuk menghitung usia kehamilan secara online. Disana kamu akan dimintai untuk mengisi kolom tanggal bulan dan tahun dari hari pertama haid terakhir kamu atau HPHT dan juga sirklus dari haid kamu. Tautan itu nantinya akan menghitung dan juga mengeluarkan pemberitahuan kepada kamu tentang usia kehamilan kamu sekarang ini.

2. Hitung kalender (Rumus Naegele)

cara menghitung usia kehamilan berdasarkan haid terakhir, bagaimana cara menghitung usia kehamilan, bagaimana cara perhitungan usia kehamilan

Cara menghitung usia kehamilan kedua ialah dengan menggunakan rumus naegele. Dimana untuk penggunaan rumus ini kamu harus terlebih dahulu mengetahui tentang sirklus haid kamu. Hal tersebut dikarenakan menghitung dengan cara ini biasanya hanya digunakan untuk para wanita yang mendapatkan sirklus haid yang teratur misalnya saja setiap 28 hari atau 30 hari. Dan hal pertama kali yang harus kamu lakukan ialah mengetahui tentang hari pertama haid terakhir kamu atau HPHT. Lalu kemudian masuk ke cara ini :

Baca Juga : Cara Diet OCD Deddy Corbuzier Yang benar Serta Tips Agar Berhasil

  • Tanggal HPHT yang ditambah 7(+7)
  • Bulan HPHT yang dikurang 3(-3
  • Tahun HPHT yang ditambah 1(+1)

Contohnya :

  • HPHT kamu pada tanggal 16 Agustus 2017
  • Maka tanggal HPHT-nya ialah 16 ditambah 7 16+7=23
  • Maka bulan HPHT-nya ialah 8 dikurang 3 8-3=5
  • Dan tahun HPHT-nya ialah 2017 ditambah 1 2017+1=2018
  • Maka hari perkiraan lahir adalah 23 Mei 2018

Akan tetapi jika seandainya kamu tidak bisa mengurangi bulan HPHTnya, misalnya seperti Januari (1-3=?) maka kamu hanya cukup dengan bulan HPHT saja yang ditambah 9 tanpa penambahan tahun.

  • Tanggal HPHT-nya ditambahn 7(+7)
  • Bulan HPHT-nya ditambah 9(+9)
  • Tahun HPHT tetap

Contohnya :

  • HPHT-nya 20 Januari 2017
  • Maka tanggal HPHTnya 20+7=27
  • Bulan HPHT-nya 1+9=10
  • Tahunnya tetap
  • Dan hari perkiraan lahir adalah 27 Oktober 2017

Lalu bagaimanya dengan usia kandungan ? Untuk ini kamu hanya perlu menambahkan HPHT saja. Misalnya HPHT kamu 16 Agustus 2017 maka bulan pertama kelahirannya adalah 17 September 2017.

3. Sistem Fundus Uteri

cara menghitung usia kehamilan sejak awal, cara menghitung usia kehamilan jika lupa hpht, cara menghitung usia kehamilan jika haid tidak teratur

Cara menghitung usia kehamilan selanjutnya ialah dengan menggunakan sitem Fundus Uteri. Fundus Uteri sendiri adalah puncak rahim. Dimana puncak rahim akan meninggi seiring dengan perkembangan janin kamu. Caranya adalah cengan cara menual. Silahkan kamu raba puncak rahim kamu yang terasa menonjol pada bagian perut. Dan kemudian hitunglah jaraknya mulai dari tulang kemaluan hingga ke puncak rahim. Jika jaraknya 17 cm maka usia kehamilan kamu 17 minggu.

Baca Juga : 17 Cara Mempercepat Haid (Normal dan Terlambat)

4 Deteksi gerakan janin

cara menghitung usia kehamilan berdasarkan tanggal kunjungan, cara menghitung usia kehamilan bulan pertama, cara menghitung usia kehamilan bagi haid tidak teratur

Deteksi gerakan lahir juga termasuk cara menghitung usia kehamilan yang bisa kamu lakukan. Cara ini merupakan cara manual yakni dengan mendeteksi gerakan janin kamu. Namun yang perlu kamu ketahui disini ialah cara ini tidak 100 persen akurat. Penerapannya ialah kamu hanya perlu merasakan gerakan janin kamu.

Baca Juga : 6 Cara Menggunakan Tespek Kehamilan Yang Benar dan Efektif

Jika kamu raba dan janin kamu sudah mulai bergerak maka diperkirakan usia dai kehamilan kamu sekitar 18 hingga 20 minggu. Semua ini juga berlaku bagi wanita yang baru saja hamil. Bagi para wanita yang sebelumnya sudah pernah hamil. Maka jika sudah merasakan gerakan janinnya maka diperkirakan usia dari janinnya sekitar 16 hingga 18 minggu.

5. Rumus 4⅓

cara menghitung usia kehamilan askeb, cara menghitung usia kehamilan alodokter, cara menghitung usia kehamilan adalah

Cara menghitung usia kehamilan selanjutnya ialah dengan cara menual, yakni menggunakan rumus 4⅓. Berikut caranya :

Umur dari kehamilan {(Tanggal Sekarang-HPHT)x(4⅓)}

Contohnya :

  • Tanggal Sekarang 22 September 2017 (22-8-2017)
  • HPHT tanggal 16 Juli 2017 (16-6-2017)

Maka perhitungannya :

  • (tanggal-tanggal, (bulan-bulan)x4⅓
  • (22-16)(8-6)x4⅓
  • 7 hari 2 bulan x 4⅓
  • Kemudian hanya bulannya saja yang dilakukan menjadi : 2 x 4⅓
  • (2×4)+(2x⅓)
  • 8+0,7
  • 8,7 minggu
  • Kemudian ditambahn dengan 7 hari dalam minggu berarti selama 1 minggu
  • Maka usia dari kehamilannya adalah 9,7 hampir 20 minggu

Perlu untuk kamu ketahui, bahwa rumus ini tidaklah 100 persen akurat. Akan tetapi bisa kamu jadikan patokan dalam mempersiapkan hari kelahiran nantinya.

Baca Juga : Sering Pusing Dan Lemas ? Atasi Itu Semua Dengan 7 Makanan Penghilang Pusing Dan lemas Yang Ampuh !

Itu tadi beberapa cara menghitung usia kehamilan dengan mudah yang bisa kamu coba sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu butuhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *