obat sakit gigi mujarab

, , ,

15 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Yang Terbukti Mujarab, Silahkan Dicoba !!

15 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Yang Terbukti Mujarab – Pernahkah kamu mendengar pepatah mengatakan bahwa sakit gigi lebih sakit dari para sakit hati ? Mungkin itulah sedikit gambaran tentang rasa sakit yang ditimbulkan oleh sakit gigi sendiri, dimana sangat menyakitkan bagi kebanyakan orang. Sakit gigi membuat para penderitanya menjadi sangat kesusahan untuk makanan, dan ujung-ujungnya perut menjadi sangat kelaparan. Belum lagi, dengan adanya rasa seperti berkedut-kedut disaat-saat tertentu, misalnya saja tengah malam yang sangat tidak nyaman.

Baca Juga : Untuk Wanita, Ini Dia, 6 Masalah Kesehatan Yang Bisa Terlihat Dari Kondisi Payud*ra

Tak heran jika sakit gigi bisa membuat mood seseorang menjadi begitu buruk. Dan tak jarang mereka yang sedang mengalami sakit gigi, menjadi menangis karena menahan rasa sakit yang ditimbulkannya. Sakit gigi sendiri sering disebabkan oleh gigi yang berlubang, atau juga bisa gigi yang hendak akan tanggal, dan hal seperti ini biasanya dialami oleh anak-anak yang akan mengalami penggantian gigi susu. Gigi yang berlubang sendiri bisa dialami oleh siapa saja orangnya, mulai dari usia anak-anak hingga sampai orang dewasa dan lansia. Dan mengenai faktor gigi berlubang sendiri cukup banyak, berikut adalah beberapa diantaranya.

Penyebab gigi berlubang

obat sakit gigi

1. Cara sikat gigi yang salah

Jarang sekali dari kita menyadari disaat menyikat gigi, kita menggunakan cara yang salah. Dan bahkan ada juga yang beranggapan bahwa “Yang penting kan sikat gigi, biar ngak bau mulut.” Hal tersebut tentu saja merupakan sebuah pemikiran yang sangat keliru. Disaat kita asal-asalan menerapkan cara menyikat gigi, maka yang terjadinya ialah tidak terbasminya sisa makanan didalam gigi secara sempurna.

Dan hal yang seperti ini menyebabkan timbulnya berbagai kuman-kuman dari sisa-sisa makanan yang kita makan, hingga pada akhirnya menyebabkan gigi menjadi belubang. Maka oleh sebab itu terapkanlah cara menyikat gigi yang benar, serta dilakukan selama minima 2 menit lamanya.

2. Jarang menyikat gigi

Penyebab selanjutnya dari gigi berlubang ialah jarangnya melakukan gosok gigi. Disaat kamu jarang atau malas dalam menggosok gigi, maka disaat itulah bakteri dan juga kuman yang terdapat didalam mulut dari sisa-sisa makanan yang kamu makan akan mulai berkembang biak dengan bak. Hingga dengan cepatnya menyebabkan timbulnya gigi yang berlubang. Dengan selalu rajin menyikat gigi minimal 2 kali dalam sehari, maka kamu sudah turut berperan aktif dalam mencegah gigi berlubang.

3. Alat sikat gigi yang salah

Menggunakan sikat gigi dan juga pasta gigi yang tidak sesuai. Ternyata bisa memberikan dampak yang cukup buruk untuk kesehatan gigi kamu, yakni bisa menimbulkan gigi berlubang. Misalnya saja, disaat kamu kecil namun kamu malah menggunakan sikat gigi yang memiliki ukuran besar. Dan yang terjadi tentu saja sikat gigi tersebut, tidak dapat menjangkau seluruh area dimulut dan sela-sela gigi dengan sempurna. Sehingga tetap saja meninggalkan bekas makanan yang menjadi cikal bakal gigi berlubang.

4. Karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis

Rasanya hampir semua makanan yang tersedia sekarang ini, menggunakan gula atau perasa makanan yang manis didalamnya. Disaat kamu sering mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis, justru membuat bakteri dan kuman gigi semakin nyaman dan betah disana. Bakteri dan kuman berkembang dengan baik, bisa menghasilkan zat asam laktat, dimana pada akhirnya akan mengikis secara perlahan gigi kamu.

5. Karies gigi

Karies gigi, ialah sebuah penyakit infeksi yang terjadi pada area gigi yang mana akan merusak struktur dari gigi itu sendiri. Jika masalah ini tidak segera dilakukan penanganan maka bisa menyebabkan timbulnya gigi berlubang hingga harus berakhir dengan cara mencabut gigi karena infeksi yang terjadi sudah menyebar. Karies gigi ini bisa terjadi karena enamel dari gigi yang tidak bisa terbentuk secara sempurna, masuknya bakteri bernama streptococcus mutans dan juga alctoballi kedalam mulut kita, hingga berbagai macam faktor lainnya.

Baca Juga : Para Pria Wajib Tau, Ini Dia 8 Gejala Kenker Prostat Yang Sering Muncul

Sudah umum rasanya untuk diketahui, bahwa sakit gigi memang sangat tidak mengenakkan dan membuat penderitanya menjadi gelisah dan galau karena rasa sakit yang ditimbulnya. Apalagi jika sudah membuat gigi berlubang dan harus dilakukan pencabutan. Akan tetapu, disaat kamu sudah mulai memasuki tanda-tanda dari sakit gigi ini. Seperti timbulnya rasa ngilu atau berkedut-kedut maka segeralah mengatasinya.

Cara pengobatannya sendiri bisa kamu lakukan dengan bantuan dokter atau juga bisa menggunakan pengobatan secara alami, dan berikut ini adalah pengobatan alami yang dapat kamu terapkan untuk mengatasi sakit gigi.

Cara mengobati sakit gigi secara alami

obat sakit gigi alami

1.Obat sakit gigi dengan garam

Garam dapat kamu manfaatkan untuk mengobati sakit gigi, dan kebanyakan orang yang menggunakannya mengatakan bahwa garam cukup mujarab membantu meringankan sakit gigi. Zat sodium yang tinggi didalam garam, akan membantu untuk mematikan bakteri dan kuman yang menjadi penyebab gigi belubang. Selain itu garam juga memiliki sifat antiseptik yang alami dalam mengatasi bau mulut dan kesehatan mulut kita.

Cara penerapannya, yaitu dengan memasukkan sebanyak 2 sendok makan garam kedalam segelas air hangat, lalu kemudian aduklah hingga garamnya larut. Setelah itu, jadikan air garam tersebut sebagai obat kumur secara rutin, setelah kami selesai menyikat gigi. Guna bakteri yang ada didalam gigi bisa terbasmi seluruhnya.

2.Obat sakit gigi dengan lemon

Asam yang terdapat didalam lemon, dapat berfungsi sebnagai alkali yang alamai, agar nantinya kadar pH yang terdapat didalam mulut dapat seimbang. Selain itu, lemon sendiri juga merupakan antibakteri yang sangat efektif didalam membasmi berbagai bakteri yang menyebabkan timbulnya gigi berlubang. Caranya yaitu dengan memeras 1 buah lemin, dan kemudian memasukkanya kedalam air hangat. Gunakan ramuan ini sebagai obat kumur kamu secara rutin, selepas sikat gigi.

Baca Juga : Yuk Lihat, 6 Cara Mudah Untuk Terhindar Dari Influenza

3.Obat sakit gigi dengan jeruk nipis

Hampir sama dengan lemon, jeruk nipis ini juga cukup mujarab dalam membasmi berbagai kuman dan bakteri jahat yang ada didalam mulit dan gigi. Sehingga kesehatan dari mulut dan juga gigi kamu menjadi lebih terjaga. Caranya yaitu dengan memeras 2 buah jeruk nipis, lalu mencapurkannya dengan air hangat. Dan gunakan sebagai obat kumur kamu.

4.Obat sakit gigi dengan belimbing wuluh

Rasa asam yang terdapat didalam belimbing wuluh sangat bisa diharapkan sebagai antibakteri. Dimana sangat baik dalam membasmi berbagai kuman dan juga bakteri didalam mulut. Penerapannya yaitu dengan menumbuk sebanyak 2 biji belimbing wuluh yang masih belum matang. Selanjutnya tumbukan belimbing wuluh dapat kamu oleskan pada area gigi yang sedang sakit.

Baca Juga : Awas, 4 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Tumit Pecah-Pecah

5.Obat sakit gigi dengan daun jambu biji

Didalam daun jambu biji terdapat senyawa-senyawa dan zat yang memiliki sifat sebagai antibakteri dimana sangat berguna uintuk menjaga kesehatan dari mulut kita. Selain itu daun jambi juga efektif sebagai obat sakit gigi, karena beberapa sifatnya. Selain antibakteri, ada lagi sifat baik lainnya yakni antiinflamasi dan analgesi yang cukup kuat. Dimana untuk cara mengkonsumsinya sendiri kamu hanya perlu mengunyah daun jambu biji ini. Atau juga bisa dengan merebusnya lalu menggunakan sebagai obat kumur.

6.Obat sakit gigi dengan daun sirih

Daun sirih dikenal sebagai salah satu resep tradisional semenjak zaman dahulu yang mana sangat ampuh didalam mengobati sakit gigi. Dimana saat dikunyah daun sirih akan mengeluarkan nutrisi baik untuk gigi. Yakni akan menjadi penguat gigi, menghentikan permasalan pendarahan pada gusi, menghilangkan bau mulut, dan juga bisa menjadi antiseptik yang alami. Untuk penerapannya sendiri dilakukan dengan cara mengunyahnya atau merebusnya guna untuk dijadikan sebagai obat kumur.

Baca Juga : Ini Dia, 8 Alasan Yang Menyebabkan Tubuh Kamu Terus Lelah, Padahal Cukup Tidur

7.Obat sakit gigi dengan bawang merah

Barang merah memiliki sebuah kandungan alami, yakni memiliki sifat antiseptik yang sangat ampuh didalam membunuh kuman. Cara pengolahannya yaitu dengan menumbuk hingga halus 1 siung bawang merah, dan kemudian ditambahkan dengan seperempat sendok teh garam. Lalu silahkan kamu tempelkan pada gigi yang sakit.

8.Obat sakit gigi dengan bawang putih

Bawang putih juga sama dengan bawang merah, yakni memiliki senyawa alami yang memiliki sifat antiseptik alami. Untuk pengolahannya yaitu dengan menumbuk halus sebanyak 1 siung bawang putih dan seperempat sendok teh garam, lalu aplikasikan pada gigi yang sakit.

Baca Juga : 32 Khasiat & Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

9.Obat sakit gigi dengan asam jawa

Didalam asam jawa juga terkanfung sifat antiseptik alami. Untuk cara pengolahannya dalam menyembuhkan sakit gigi, sangatlah mudah, yakni kamu hanya perlu menyangrai biji asam jawa dan tempelkan pada gigi yang sakit.

10.Obat sakit gigi dengan cengkeh

Cengkeh juga menjadi satu dari sekian banyak bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi. Caranya yaitu dengan menumbuk cengkeh hingga halus dan menempelkannya pada gigi yang sakit.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Nasi Jagung Untuk Diabetes Dan Pengolahannya

11.Obat sakit gigi dengan merica

Merica juga memiliki manfaat unutk mengobati sakit gigi, karena sifat antibakteri, analgesik properti, dan juga antiinflamasinya. Caranya yaitu tinggal campurkan merica dengan garam lalu tuangkan sedikit air dan aduk. Hingga nantinya bahan ini akan menjadi seperti pasta. Selanjutnya silahkan oleskan pada gigi kamu yang sakit.

12.Obat sakit gigi dengan serai

Penerapan serai sebagai obat sakit gigi memang juga ampuh dalam mengatasi masalah tersebut. Dimana serai dapat mencegah terjadinya pembengkakan pada gusi. Cara pengolahannya untuk sakit gigi yaitu dengan merebus 2 tangkai serat dengan segelas air. Lalu biarkan airnya hingga berkurang setengah. Dan gunakan ramuan ini untuk berkumur.

Baca Juga : 16 Manfaat & Khasiat Nasi Jagung Untuk Kesehatan

13.Obat sakit gigi dengan jahe

Sifat zat yang terdapat didalam jahe yakni sebagai antibakteri sangat bisa kamu harapkan dalam menghilangkan bakteri jahat yang terdapat didalam mulut. Cara yakni dengan memarut 1 buah jehe lalu peraslah airnya. Dan gunakan ramuan ini untuk berkumur.

14.Obat sakit gigi dengan getah jarak

Beberapa sifat baik yang terdapat didalam getak jarak karena kandungan dan nutrisi baik didalamnya yaitu. Antibakteri, antisepti dan juga antibiotik. Dimana semua sifat baik ini sangat bisa diandalkan dalam mengobati sakit gigi. Caranya yaitu dengan meneteskan getah jarak ke gigi kamu yang sedang sakit.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Fiforlif Untuk Kesehatan

15.Obat sakit gigi dengan air kelapa

Didalam air kelapa terkandung nutrisi dan zat yang bersifat antisepti alami. Dimana bisa kamu manfaatkan untuk ramuan obat sakit gigi. Caranya yaitu dengan berkumur-kumur menggunakan ait kelapa ini, setiap kali kamu selesai menggosok gigi.

Itu tadi sedikit pembahasan tentang “sakit gigi dan obat alaminya yang mujarab“. Semoga informasi dalam artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari solusi dari masalah yang sedang kamu alami. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Sumber : Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *