khasiat bawang dayak, bawang dayak dan khasiatnya, apa khasiat bawang dayak

, , , , , , ,

Manfaat & 40 Khasiat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Yuklihat.com – Bawang dayak merupakan salah satu jenis bawang yang berasal dari daerah Kalimantan Barat. Dimana bawang ini dipercaya oleh banyak orang karena memiliki manfaat dan khasiat yang cukup dasyat didalam menjadi berbagai obat guna untuk menyembuhkan beragam penyakit. Namun walaupun demikian, bawang dayak ini masih belum banyak orang yang mengenalnya di berbagai daerah. Sehingga hanya sebagian orang saja yanhg baru mengetahui tentang keampuhan yang dimiliki oleh bawang dayak ini. Padahal sebananya, banyak sekali manfaat dan khasiat yang bisa kita peroleh dari bawang dayak ini untuk kesehatan tubuh, serta membantu dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Baca Juga : Khasiat & 13 Manfaat Jagung Bagi Ibu Hamil Dan Bayinya

Masyarakat dayak biasanya lebih sering menyebut bawang yang satu ini dengan nama, bawang hutan atau juga bawang kabe. Dimana tanaman umbi ini sudah lama dipakai oleh masyarakat setempat didalam menjadi obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kandungan dan senyawa baik yang terdapat didalam bawang dayak ini bisa di katakan lengkap, sehingga sangat wajar sekali bahwa bawang dayak memiliki khasiat dan manfaat baik tersebut. Beberapa senyawa itu diantaranya yaitu, saponin, tanin, fenolik, flavanoid, glikosida, steroid, dan juga alkaloid.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Jagung Hitam Untuk Kesehatan Dan Anti Diabetes

Dan salah satu dari kesemua senyawa tadi yakni flavanoid memiliki khasiat dalam menjadi anti kanker, anti-inflamasi, mengurangi resiko terjadinya penyakit kardiovaskular dan bahkan sampai bisa membantu untuk menangkal radikal bebas yang berbahaya untuk kesehatan. Lalu apa hanya itu saja khasiat dan manfaat bawang dayak ini untuk kesehatan ? tentu saja tidak. Berikut adalah manfaat dan khasiat bawang dayak lainnya untuk kesehatan dan pengobatan Silahkan disimak.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Fiforlif Untuk Kesehatan

Manfaat & khasiat bawang dayak untuk kesehatan dan pengobatan

fungsi dan khasiat bawang dayak, khasiat air rebusan bawang dayak, khasiat bawang dayak bagi kesehatan

1. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk menyembuhkan penyakit amandel

Amandel sendiri adalah salah satu jenis penyakit peradangan yang sering kali menyerang pada anak-anak hingga sampai ke orang dewasa. Jika penyakit ini dibiarkan begitu saja, maka semakin lama akan semakin membesar. Dan pada akhirnya akan menyebabkan si penderitanya sulit dalam menelan makanan. Salah satu zat baik yang terdapat didalam bawang dayak ternyata bisa berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit ini.

2. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengobati sakit perut

Manfaat dan khasiat lainnya dari bawang dayak ialah bisa bermanfaat untuk membantu pengobatan didalam sakit perut yang dialami oleh seseorang. Selain sakit perut, bawang dayak ini juga mampu untuk meredakan rasa nyeri yang terjadi, dan rasa mual yang ada pada area perut.

3. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengobati masalah flu

Bawang dayak ini juga sering digunakan oleh masyarakat suku dayak didalam mengobati penyakit flu, dimana mereka menggunakan bawang ini sebagai obat herbal. Dan kandungan baik didalamnya salah satunya yang memiliki sifat antibakteri akan sangat efektif dimanfaatkan untuk menghambat bakteri yang menjadi penyebab utama dari penyakit flu ini.

4. Manfaat & khasiat bawang dayak dalam mengobati penyakit hepatitis

Tak hanya penyakit ringan-ringan saja yang bisa disembuhkan dengan bantuan bawang dayak ini. Penyakit berat dan kronis seperrti hepatitis dan penyakit kuning juga bisa dibantu pengobatannya secara alami menggunakan bawang dayak.

5. Manfaat & khasiat bawang dayak dalam membantu mencegang kanker dan tumor

Kanker atau tumor adalah salah satu penyakit yang begitu memberikan mimpi buruk bagi banyak orang, serta memberikan rasa kawatir yang cukup berat. Semua itu tak lain, karena penyakit ini adalah salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian paling banyak.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Teh Basi Untuk Rambut Rontok Serta Pengolahannya

Akan tetapi, guna untuk mencegah penyakit mengerikan ini, kita bisa memanfaatkan salah satu bahan alami, yaitu adalah bawang dayak. Selain bawang dayak memiliki nutrisi antioksidan yang tinggi, ternyata kandungan yang bernama naphtoquinones juga menjadi salah satu senyawa alami yang bisa mencegah datangnya sel kanker ataupun tumor didalam tubuh kita

6. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Didalam bawang dayak terkandung nutisi vitamin C dan juga antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga bawang dayak memiliki khasiat yang begitu beragam. Salah satunya berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika kita rutin mengkonsumsi bawang dayak ini, maka akan membantu tubuh dalam meningkatkan daya tahan tubuh kita. Salah satu cara pengolahan yang bisa anda pilih ialah memasukkan bawang dayak kedalam bahan masakan.

7. Manfaat & khasiat bawang dayak dalam membersihkan tubuh dari bakteri

Bawang dayak memiliki nutrisi yang terdapat sifat antibakteri yang begitu baik didalam membunuh berbagai bakteri buruk penyakit munculnya berbagai penyakit. Selain itu, kandungan ini juga sangat aktif didalam membersihkan tubuh dari serangan bakteri tersebut. Sehingga nantinya tubuh menjadi lebih sehat karena bisa terhindari dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh bakteri jahat.

8. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mencegah terjadinya infeksi

Bawang dayak juga memiliki khasiat didalam mencegah terjadinya infeksi. Dimana infeksi sendiri bisa terjadi dibagian dalam maupun luar tubuh kita. Oleh sebab itu jika anda memiliki luka, dan merasa kawatir dengan infeksi yang bisa saja terjadi pada luka itu. Maka anda bisa memilih bawang dayak ini untuk dikonsumsi, guna untuk meminimalisir resiko infeksi yang bisa terjadi

9. Manfaat & khasiat bawang dayak dalam mencegah pertumbuhan virus, mikroba dan bakteri

Virus, mikroba dan juga bakteri merupakan salah satu masalah utama yang menjadi penyebab dari timbulnya penyakit-penyakit berbahaya didalam tubuh kita. Jika seandainya penanganan yang kurang maksimal guna untuk memberantasi virus, mikroba, dan bakteri yang jahat didalam tubuh, maka tubuh bisa mendapatkan ancaman yang serius dari mereka. Dan salah satu solusi alami yang bisa dipilih ialah dengan mengkonsumsi bawang dayak.

10. Manfaat & khasiat bawang dayak sebagai pencegah untuk terjadinya peradangan

Bawang dayak juga memiliki khasiat baik sebagai pencegah untuk terjadinya peradangan pada tubuh kita. Dimana masalah ini biasanya sering kali menyerang tubuh di bagian lambung, usus dan juga tenggorokkan.

30 Manfaat dan khasiat bawang dayak lainnya untuk kesehatan

Baca Juga : Khasiat kesehatan & Manfaat Teh Basi Untuk Wajah Serta Pengolahannya

  1. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk menyembuhkan penyakit insomnia atau susah tidur
  2. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk meringankan sesak nafas
  3. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mempercepat penuaan pada bisul
  4. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk menurunkan kadar asam urat
  5. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk membentuk sel darah merah
  6. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengobati penyakit bronchitis
  7. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk menurunkan kadar gula didalam darah
  8. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengatasi masalah pada lambung
  9. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk menormalkan kinerja dari ginjal
  10. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk menyembuhkan epilepsy
  11. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk membantu dan pengobati penyakit kista
  12. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengobati penyakit gondok
  13. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengatasi ganggaun seksual
  14. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk melancarkan BAB
  15. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mencegah radang usus
  16. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk menjaga kesehatan jantung
  17. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk meringankan sakit kepala
  18. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk peluruh muntah
  19. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk meningkatkan kinerja otak
  20. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk menurunkan kadar kolesterol jahat
  21. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengobati vertigo
  22. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengembalikan stamina atau tenaga
  23. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk meringankan penyakit rematik
  24. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mencegah dan mengobati TBC
  25. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengatasi masalah keputihan pada wanita
  26. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengobati penyakit kista
  27. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengatasi migrain atau sakit kepala sebelah
  28. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mebantu dalam pengobati stroke
  29. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk menyembuhkan ambeien
  30. Manfaat & khasiat bawang dayak untuk mengatasi myom

Itu tadi Manfaat & khasiat bawang dayak untuk kesehatan dan pengobatan. Dan pada bagian selanjutnya kita akan melihat tentang cara pengobahan bawang dayak sebagai obat. Apa saja pengolahannya dan bagaimana cara pembuatannya ? Silahkan simak berikut ini.

Cara pengolahan bawang dayak untuk obat herbal

khasiat bawang dayak dan cara mengkonsumsi, khasiat bawang dayak dan cara penggunaannya, khasiat bawang dayak kalimantan

Bagian dari bawang dayak yang biasanya dikonsumsi, dan dipercaya memiliki manfaat dan khasiat yang begitu baik untuk menjadi obat herbal ialah seluruh bagian dari tanaman ini. Mulai dari daunnya, akar dan juga umbinya. Dan anda bisa mengkonsumsi bawang dayak ini yang masih segar dalam menjadi teh, dibuat manisan, atau bahkan sampai dibuat menjadi kapsil. Dan beberapa hasil pengolahan yang dapat dilakukan dari bawang dayak ini diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Cara mengkonsumsi bawang dayak untuk pengobatan

Bawang dayak ini dapat anda konsumsi dalam keadaan yang segar (tanpa adanya pengolahan) sebagai obat. Caranya sendiri sangatlah mudah.

  • Siapkan sekitar 3-4 buah bawang dayak. Lalu silahkan anda cuci bawang dayak tersebut hingga bersih.
  • Selanjutnya setelah dicuci, silahkan iris menjadi bentuk tipis.
  • Setelah itu anda bisa langsung menyeduhkan dengan segelas air mendidih (200 ml).
  • Tunggu hingga hangat dan dapat diminum. Minumlah rebusan bawang dayak ini sekitar 2-3 kali didalam seharinya.

2. Cara membuat simplisia bawang dayak

  • Silahkan anda siapkan seluruh bagian dari bawang dayak, yaitu akar umbinya dan juga daunnya terlebih dahulu.
  • Setelah itu anda bisa mencucinya sampai bersih.
  • Selanjutnya potonglah dan juga iris tipis bahan tadi.
  • Lalu jemurlah dibawah sinar terik matahari hingga kering.
  • Atau juga bisa untuk cara cepatnya, anda bisa mengoven bahan tadi dengan suhu 50 derajat C.
  • Setelah kering, maka simplisia bawang dayak ini siap untuk dikemas dan dikonsumsi.
  • Untuk cara pengkonsumsiannya sendiri, anda hanya cukup menyeduhnya dengan air mendiih, dan meminumnya.

Baca Juga : Khasiat Kesehatan & Manfaat Teh Basi Untuk Mata Serta Caranya

3. Cara membuat bubuk bawang dayak

  • Cucilah seluruh bagian dari bawang dayak ini.
  • Mulai dari akar umbi, hingga daunnya hingga bersih.
  • Selanjutnya potong dan irislah bagian-bagian tadi.
  • Selanjutnya silahkan anda keringkan dengan cara menjemurnya atau mengovennya.
  • Setelah kering, silahkan haluskan bahan tadi dengan cara ditumbuk atau di blender.
  • Selanjutnya ayak tumbukan bawang dayak tadi hingga halus.
  • Dan anda bisa mengkonsumsinya dengan cara menyeduhnya dengan aiar mendidih, dan meminumnya.

4. Cara membuat kapsul bawang dayak

Cara ini merupakan cara yang pengawetan dari bubuk bawang dayak tadi sehingga bisa menjadi lebih praktis.

  • Caranya silahkan siapkan bubuk bawang dayak.
  • Atau jika belum , anda bisa menerapkan cara no 3 didalam membuat bawang dayak menjadi bubuk.
  • Selanjutnya siapkan kapsul kosong.
  • Dan silahkan anda masukkan bubuk bawang dayak ini kedalam kapsul tersebut.
  • Membuat bawang dayak menjadi kapsul akan membantu anda dalam melakukan proses pengawetan aman dan baik.

5. Cara membuat bawang dayak instan

  • Siapkan dan cuci bersihlah seluruh bagian dari bawang dayak. Mulai dari umbi akar, hingga daunnya.
  • Selanjutnya, potong dan irislah bahan-bahan tadi.
  • Selanjutnya silahkan anda tambahkan air bersih dengan perbandingan 1:2 ( 1 kg bawang dayak + 2 liter air)
  • Selanjutnya silahkan anda blender bawang dayak dan saringlah.
  • Berikutnya rebuslah ramuan tadi hingga mendidih, sambil terus diaduk-aduk.
  • Lalu tambahkan juga gula 1 kg untuk 1 kg bawang dayak.
  • Teruslah aduk selama proses memasak hingga bahan tadi menjadi kristal.
  • Dan bawang dayak instan bisa anda konsumsi dengan air mendidih.

6. Cara membuat manisan bawang dayak

  • Siapkan seluruh bagian dari bawang dayak, mulai dari akar umbi hingga daunnya.
  • Berikutnya silahkan cuci bahan tadi.
  • Dan potong serta irislah tipis-tipis sekitar 1-2 mm.
  • Siapkan juga sebanyak 1 kg gula dan larutkan dengan 1 liter air.
  • Selanjutnya kukuslah bagian dari bawang dayak tadi sekitar 5 menit.
  • Dan masukkanlah kedalam larutan gula tadi sambil terus diaduk.
  • Masaklah bahan tersebut hingga mengental dan kering (sampai berbantuk seperti kristal gula)
  • Dan manisan siap untuk anda konsumsi.

Demikianlah beberapa “Pengolahan bawang dayak untuk obat” yang bisa anda lakukan. Sekaligus sebelumnya kita juga melihat tentang “Manfaat dan khasiat bawang dayak untuk kesehatan dan pengobatan. Semoga artikel ini bisa membantu anda dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *