Khasiat Daun Suruhan (Daun Tumpangan Air) Untuk Kesehatan

, , ,

17 Manfaat Daun Suruhan (Daun Tumpangan Air) Untuk Kesehatan

Yuklihat.com – Daun suruhan atau yang juga sering dikenal dengan nama daun tumpangan air ternyata memiliki bergam khasiat dan manfaat bagi tubuh manusia. Penamaannya daun ini sebagai daun tumpangan air dikarenakan bentuk dari daunnya yang terlihat lebat dan seolah-olah seperti sedang menampung air. Ukurannya yang tidak terlalu besar, membuat tumbuhan ini begitu mudah untuk diambil dan dimanfaatkan. Biasanya anda bisa dengan mudah menemukan daun yang memiliki akar pendek ini di area persawahan serta taman, dengan catatan area tersebut memiliki tanah yang cukup lembab.

Baca Juga : 22 Manfaat Buah Jambu Monyet (Jambu Mete) Untuk Kesehatan

Tanaman suruhan ini ternyata memiliki manfaat yang cukup banyak orang yang masih belum mengetahuinya. Bahkan orang dulu sering menyebut tanaman ini sebagai daun herbal yang alami. Semua itu dikarenakan didalam daun suruhan atau daun tumpangan air, memiliki beragam senyawa yang terdapat didalamnya, dimana senyawa-senyawa ini memiliki beragam manfaat yang sangat berperan aktif untuk tubuh. Dan tentu saja senyawa-senyawa yang terdapat didalam tumbuhan ini sangat alami. Beberapa senyawa-senyawa dan zat alami didalam tanaman suruhan atau tumbuhan air yang bisa bermanfaat untuk kesehatan ialah, oksalat, minyak arsiri, dan juga alkaloid.

Dan kandungan-kandungan baik ini memiliki peran penting bagi kesehatan tubuh kita. Beragam pengobatan herbal dan tradisional sering kali menggunakan daun suruhan ini sebagai salah satu ramuan yang ada didalamnya, biasanya mereka sering mengolahnya dengan cara menghaluskannya. Pemanfaatan daun suruhan sebagai tanaman obat dikarenakan khasiat dan kandungan baik didalamnya, bisa dengan mudah anda terapkan dirumah anda.

Baca Juga : 16 Manfaat Jambu Air Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Anda bisa mengambil beberapa batang tumbuhan ini, lalu mulai menanamnya di perkarangan dan halaman anda, sangat mudah bukan, penerapannya ? Lalu apa sajakah manfaat dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari tanaman ini untuk kesehatan kita ? Berikut adalah beberapa rincian dari manfaat yang bisa diberikan oleh daun suruhan atau daun tumpangan air ini. Silahkan disimak.

Manfaat Daun Suruhan (Daun Tumpangan Air) Untuk Kesehatan

1.Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat sebagai anti inflamasi

Daun suruhan bisa dengan mudah dimanfaatkan sebagai salah satu obat didalam menyembuhkan masalah peradangan yang sedang diderita seseorang. Semua itu dikarenakan didalam daun suruhan terdapat senyawa yang bernama anti inflamasi, dimana sangatlah berperan penting didalam mengatasi maasalah peradangan. Selain itu daun suruhan juga bisa memberikan pencegahan agar peradangan tersebut tidak lagi menyerang tubuh.

2.Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk mengatasi rasa sakit

Daun tumpangan air atau daun suruhan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu obat untuk meredakan rasa sakit. Dimana pemanfaatannya sendiri bisa anda gunakan untuk beberapa jenis gejala rasa sakit dan juga nyeri yang menyerang pada tubuh. Misalnya saja, disaat seseorang wanita memasuki masa Menstruasi, dan adanya rasa nyeri yang timbul dari rutinitas ini, maka bisa dibantu dengan daun tumpangan air ini.

3.Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk membunuh kuman bakteri

Khasiat dan manfaat lainnya dari daun suruhan ialah bisa memberikan perlindungan terhadap tubuh anda dari beragam kuman dan bakteri. Dengan mengurangai penyerangan dari beragam kuman dan bakteri ini, maka tubuh tidak akan dengan mudah diserangan oleh beragam penyakit infeksi maupun yang menular.

4.Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk menyembuhkan sakit perut

Daun tumpangan air, bisa dimanfaatkan dengan baik untuk mengarasi rasa sakit yang muncul pada perut. Jika seandainya anda merasakan kram ataupun bahkan rasa nyeri pada bagian perut anda, maka salah satu solusi alami yang bisa anda pilih ialah menggunakan daun tumpangan air ini. Agar masalah rasa nyeri dan kram anda segera teratasi.

5.Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat sebagai obat sakit kepala

Daun suruhan ternyata juga bisa membantu dalam mengatasi sakit kepala yang sedang anda derita. Penyakit ini bisa diatasi karena adanya senyawa baik yang bisa membantu dalam mengurangi masalah dari sakit kepala. Dan bahkan daun suruhan ini bisa menjadi obat alami yang bisa anda pilih didalam mengatasi masalah ini.

6.Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk mengatasi pusing

Gejala yang biasanya muncul, jika seseorang sedang pusing, ialah kepala yang terasa berputar-putar dan begitu mengganggu. Oleh sebab itulah sangat perlu untuk diatasi, karena bisa menghambat beragam aktifitas anda. Salah satu solusi yang dapat anda pilih untuk mengarasi masalah ini ialah dengan menggunakan daun tumpangan air atau daun suruhan. Karena didalam tanaman ini terdapat zat yang sangat bisa membantu untuk mengatasi pusing. Dan jangan lupa anda juga harus beristirahat dengan teratur.

7.Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat sebagai obat nyeri

Daun suruhan memiliki kelebihan lain, dimana bisa membantu dalam menjadi obat yang cukup ampuh didalam mengrasi rasa nyeri. Yang biasanya masalah ini sangat begitu menggangu jika datangnya disaat anda sedang melakukan aktifitas. Beberapa penyakit nyeri yang sering kali mengganggu, seperti, nyeri pada sendi, nyeri otot dan lainnya, bisa dibantu pengobatannya dengan menggunakan daun tumpangan air ini.

8.Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran kemih

Manfaat yang sering kali tak banyak orang yang menyadarinya dari daun suruhan ialah bisa menjadi obat yang bisa membantu untuk selalu menjaga salurah kemih seseorang. Daun suruhan ini bisa membantu untuk mengusir beragam kotoran dan juga bakteri, yang sering kali menempel disaluran kemih seseorang, dimana ini akan sangat membantu untuk menjaga kesehatan saluran kemih.

9.Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk mengatasi pegal linu

Rasa lelah dan juga lebih yang muncul disaat melakukan aktifitas yang berlebihan, akan membuat tubuh serasa tidak berenergi dan lemas. Untuk itu salah satu solusi yang bisa membantu didalam mengatasi rasa pegal linu ini ialah dengan mengkonbsum daun tumpangan air dengan terarut, agar stamina kembali ke kondisi semula.

10.Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk obat asam urat

Penyakit asam urat bisa dibantu penyembuhannya dengan menggunakan daun suruhan atau daun tumpangan air. Dimana semua itu dikarenakan adanya beragam kandungan dan zat yang bisa bermanfaat sebagai obat dari asam urat. Untuk pengolahannya sendiri, caranya cukup mudah, anda hanya prlu merebus daun ini, lalu meminum air rebusannya secara teratur pada seriap harinya. Daun ini bisa membantu untuk mengatasi masalah asam urat, dan embuatnya tidak datang kembali.

Manfaat lain daun suruhan atau daun tumpangan air untuk kesehatan

Manfaat dan khasiat Daun Suruhan (Daun Tumpangan Air) Untuk Kesehatan

  1. Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk Mengatasi jerawat
  2. Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk Menyehatkan kulit
  3. Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat sebagai Obat luka bakar ringan
  4. Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk Menyehatkan ginjal
  5. Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk Mengatasi kolik pada bayi
  6. Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk mengatasi migraine
  7. Daun suruhan atau daun tumpangan air bermanfaat untuk mengobati vertigo

Itulah tadi beberapa manfaat yang bisa dengan mudah kita dapatkan dari daun suruhan atau yang juga sering disebut dengan daun tumpangan air ini. Walaupun masih banyak orang yang masih belum mengetahui tentang manfaat dan khasiat yang bisa didapatkan dari tanaman ini, setidaknya beberapa manfaatnya diatas bisa menjadi pengetahuan untuk anda. Dan bisa diterapkan pada setiap harinya agar manfaat dan khasiatnya semakin maksimal untuk tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *