Khasiat & Manfaat Jagung Hitam Untuk Kesehatan Dan Anti Diabetes

Yuklihat.com – Kebanyakan dari kita mungkin hanya mengenal jagung dengan warna yang kuni atau orange. Namun pada tahun 2012 lalu munculah sebuah warna baru dari jagung yakni adalah warna hitam yang memiliki manfaat baik untuk kesehatan. Warna hitam yang terdapat pada jagung ini terjadi karena adanya kandungan antosianin dimana ini adalah sejenis senyawa flavanoid yang terdapat didalam jagung hitam ini. Pada awalnya jagung hitam pertama kali dikembangkan oleh negara Peru dan juga Chili.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Fiforlif Untuk Kesehatan

Dan walaupun penampakan dari jagung hitam sendiri memiliki warna yang hitam cukup pekat, akan tetapi untuk rasanya sendiri tidaklah berbeda jauh dengan jagung biasa. Biasanya orang-orang sering mengolahan jagung hitam ini menjadi puding. Dimana warnanya yang unik serta rasanya yang tak beda jauh dengan jagung pada umumnya akan membuat puding menjadi lebih terlihat unik. Namun tentu saja kandungan nutrisi dan gizi didalam puding tadi tetap baik dan bermanfaat untuk tubuh.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Teh Basi Untuk Rambut Rontok Serta Pengolahannya

Lalu, dari keunikan jagung hitam ini. Apakah manfaat jagung hitam ini untuk kesehatan dan tubuh ? Serta bagaimana dengan khasiat jagung hitam untuk menjadi obat penyakit ? Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang itu semua. Namun sebelum itu mari kita lihat terlebih dahulu kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat didalam jagung hitam ini.

Baca Juga : Khasiat kesehatan & Manfaat Teh Basi Untuk Wajah Serta Pengolahannya

Manfaat jagung hitam yang beragam tentunya tidak bisa dilepaskan dari nutrisi baik yang terdapat didalamnya. Nutrisi dan kandungan baik tersebut tentunya sangat ber khasiat didalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Beberapa diantaranya yaitu, niasin, asam filkat, ptasium, selenium, zinc, zat besi, kalsium, asam amino, serat dan lemak. Berikut adalah manfaat jagung hitam ini untuk kesehatan. Silahkan disimak.

Manfaat jagung hitam

1. Manfaat jagung hitam untuk menyembuhkan diabetes

Dengan cara mengkonsumsi jagung hitam ini secara terartu, maka akan membantu tubuh kita agar tetap menjaga kadar dari gula darah tubuh tetap stabil. sehingga masalah diabates yang dialamai, maka akan mampu untuk diatasi dengan bertahap. Selain itu jagung hitam juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak memiliki kadar gula yang tingggi. Cara lain yang dilakukan oleh jagung hitam ini dalam menurunkan kadar gula darah seseorang ialah dengan menurunkan berat badannya terlebih dahulu.

Baca Juga : Khasiat Kesehatan & Manfaat Teh Basi Untuk Mata Serta Caranya

Tentunya seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa tubuh yang terlalu gemuk atau obesitas bisa memberikan pengaruh cukup tinggi terhadap kadar gula darah yang ada didalam tubuh. Insulin seseorang akan menjalan dengan semestinya jika berat badan berada dalam tahap yang ideal. Sering kali gaya hidup yang tidak sehat, misalnya saja seperti mengkonsumsi makanan yang menyebabkan timbulnya berat badan berlebih hingga meningkatkan resiko terjangkitkan diabates tipa 2. Dan jagung hitam ini bisa anda jadikan solusi karena memiliki kandungan antosianin yang baik, dimana zat ini memiliki sifat anti diabetes.

2. Manfaat jagung hitam untuk mengurangi resiko terserang kanker usus besar

Zat bernama antosianin yang ada didalam jagung hitam ternyata tak hanya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi penyakit diabetes saja namun juga sekaligus bisa dimanfaatkan untuk mencegah datangnya penyakit kanker usus besar. Nutrisi-nutrisi yang terkandung didalam sebuah sayuran, biji-bijian, atau bahkan buah-buahan memang bisa ditunjukan dari warnanya. Dan dari pengujian ilmiah yang dilakukan selam ini warna hitam yang terdapat didalam jagung serta beberapa jenis tanaman lainnya memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya kanker. Serta juga dapat untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

3. Manfaat jagung hitam untuk meningkatkan sistem imun

Didalam jagung hitam terdapat juga kandungan zat mineral misalnya saja zat besi dan juga seng didalam jumlah yang cukup tinggi. Zat besi sendiri memiliki manfaat untuk memproduksi sel darah merah, sedangkan seng untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita. Kandungan lainnya yang bisa kita temukan didalam jagung hitam ini seperti kalsium, potasium, elenium, niasi, asam folat dan lain sebagainya juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh kita.

4. Manfaat jagung hitam sebagai sumber protein

Jagung hitam ini, ternyata juga menjadi salah satu sumber protein untuk tubuh yang cukup kaya. Dimana kandungan protein didalam jagung hitam ini lebih banyak 20% jika dibandingkan dengan jagung kuning. Dimana tentu saja nutrisi baik ini sangat membantu tubuh didalam memenuhi nutrisi protein ini. Selain itu didalam jagung hitam juga terdapat sebuah kandungan bernama triptophan dan juga lysine, dan juga asam amino yang lebih tinggi jika dibandingakan dengan jagung kuning.

5. Manfaat jagung hitam sebagai sumber antioksidan yang kaya

Kandung baik antioksidan juga dapat kita temui didalam jagung hitam ini. Dimana nutrisi antioksidan sendiri bisa dibilang cukup tinggi didalam jagung hitam. Antioksidan ini memiliki fungsi sebagai suplemen gizi yang bisa membantu untuk menghambat terjadinya penuaan, mencegah, serta menagtasi masalah yang terjadi akibat dari peradangan yang dialami oleh banyak otang. Selain itu jagung hitam ini juga bisa mengatasi masalah kesehatan yang terjadi di berbagai tubuh kita. Beberapa masalah kesehatan yang bisa diatasi dengan bantuan jagung hitam diantaranya yaitu :

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Rebusan Daun Salam Dan Bawang Bombay Untuk Obat

  • Manfaat jagung hitam didalam mengatasi masalah penglihatan akibat katarak
  • Manfaat jagung hitam untuk mengatasi glaukoma otak
  • Manfaat jagung hitam didalam meningkatkan kekebalan tubuh
  • Manfaat jagung hitam untuk membantu menurunkan kolesterol, lemak darah, dan tekanan darah
  • Manfaat jagung hitam untuk mengatasi kandker dan tumor, karena memiliki funsi anti kanker dan anti tumor
  • Manfaat jagung hitam untuk memperbaiki fungsi hati
  • Manfaat jagung hitam untuk mengatasi masalah sembelit dan wasir
  • Manfaat jagung hitam untuk mengurangi varises menurunkan demam dan juga mengatasi alergi
  • Manfaat jagung hitam untuk mengurangi terjadi peradangan pada saluran pernapasan

Itu tadi beberapa khasiat & Manfaat jagung hitam untuk kesehatan. Semoga informasi yang ada pada artikel ini bisa membantu anda didalam mencari informasi yang anda butuhkan, dan semoga juga dapat menambah wawasan anda. Terima kasih.