manfaat nasi jagung untuk penderita diabetes, olahan nasi jagung untuk diabetes, resep nasi jagung untuk diabetes

, , , , ,

Khasiat & Manfaat Nasi Jagung Untuk Diabetes Dan Pengolahannya

Yuklihat.com – Nasi jagung atau juga sering disebut dengan nama nasi empog merupakan salah satu makanan yang cukup banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Dan makanan yang memiliki bahan dasar jagung tua yang ditumbuk ini cukup populer di berbagai kalangan. Mulai dari masyarakat biasa hingga sampai ke orang-orang ternama. Semua itu tak terlepas karena khasiat & manfaat nasi jagung untuk diabates. Nasi jagung biasanya cukup familiar oleh masyarakat yang berasa dari pulau Timor, Sumbawa, Flores, Jawa Timur, Jawa Tengah, Hingga seluruh pulau jawa.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Nasi Jagung Untuk Diet Dan Cara Pengolahannya

Namun walaupun begitu masyarakat yang berasal dari Sumatera, Kalimantan, Maluku dan Papua juga banyak yang meminati makanan ini. Biasanya masyarakat memiliki mengkonsumsi nasi jagung disaat harga beras naik dan mahal. Sehingga memilih nasi jagung sebagai altenatifnya. Akan tetapi rasa yang ditawarkan dari nasi jagung ini tak kalah enaknya jika dibanding dengan nasi biasa. Walaupun nasi jagung sering dikenal dengan makanan yang murah, dan untuk kalangan masyarakat menengah kebawah, akan tetapi untuk kandungan nutrisi yang terdapat didalamnya cukup kompleks dan tak boleh dianggap remeh.

Baca Juga : 16 Manfaat & Khasiat Nasi Jagung Untuk Kesehatan

Dimana nutrisi yang terdapat didalam nasi jagung ini tak kalah tingginya jika dibandingkan dengan nasi yang terbuat dari beras biasa. Dan bahkan ada beberapa nutrisi penting yang lebih tinggi jika dibanding dengan beras biasa. Beberapa nutrisi yang dapat kita temukan didalam nasi jagung ialah. Fosfor, zat besi, kalsium, vitamin C, B3, B2, B1, A, Ptotein, Serat dan lainnya. Dari berbagai nutrisi penting yang ada didalam nasi jagung ini tentunya memiliki manfaat yang beragam, salah satunya untuk penderita diabates. Apa saja manfaatnya untuk penderita diabates ? Berikut adalah Manfaat nasi jagung untuk penderita diabetes.

Baca Juga : Manfaat & 40 Khasiat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

manfaat beras jagung untuk diabetes, manfaat nasi jagung bagi diabetes, manfaat nasi jagung untuk diabetes

Khasiat & manfaat nasi jagung untuk diabetes

Salah satu hal yang menjadi pembeda nasi jagung dengan nasi putih biasanya ialah dari nutrisi karbohidrat yang terdapat didalamnya. Kandungan karbohidrat yang ada didalam nasi putih biasa tegolong kedalam jenis karbohidrat sederhana. Sedangkan yang ada didalam nasi jagung adalah karbohidrat berjenis kompleks. Saluran pencernaan manusia akan secara lambat mencerna makanan yang berisikan nutrisi karbohidrat kompleks. Akibatnya orang yang mengkonsumsinya akan merasakan kenyang lebih lama, dan membuat penyerapan gula menjadi lebih lambat dari pada karbohidrat sederhana.

Baca Juga : Khasiat & 13 Manfaat Jagung Bagi Ibu Hamil Dan Bayinya

Tentunya karakteristik makanan seperti ini sangat disarankan untuk mereka penderita diabetes, serta orang-orang yang sedang melakukan diet dalam menurunkan berat badan. Selain itu dengan mengkonsumsi nasi jagung maka kita akan terbantu didalam pengelolaan non-insulin dependent diabetes melitus (NIDDM), dan secara efektif bisa diharapkan untuk mengurangi hipertensi karena terdapatnya senyawa phytochemical fenolik. Dimana senyawa ini bisa kita temukan diseluruh jagung.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Jagung Hitam Untuk Kesehatan Dan Anti Diabetes

Senyawa bernama fitokimia juga memiliki peran penting disini, yaitu untuk mengatur penyerapan serta pelepasan dari insulin didalam tubuh kita. Beberapa zat, senyawa dan nutrisi penting ini sangatlah bisa diharapkan untuk mereka penderita diabates. Selain bisa memperlambat proses penyerapan gula, nutrisi-nutrisi ini juga membantu untuk mengatur setiap penyerapan dan pelepasan insulin dengan teratur dan optimal pada tubuh. Itulah tadi Khasiat & manfaat nasi jagung untuk penderita diabetes.

Cara pengolahan nasi jagung untuk penderita diabetes

khasiat nasi jagung untuk penyakit diabetes, khasiat nasi jagung untuk diabetes, khasiat nasi jagung untuk penderita diabetes

Setelah sebelumnya kita sudah melihat “manfaat nasi jagung untuk diabetes”. Maka dibagian ini kita akan mencoba resep nasi jagung yang bisa kita andalkan untuk menjadi menu bagi mereka para penderita diabates. Apa saja menu dan cara pengolahannya ? Silahkan disimak.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Fiforlif Untuk Kesehatan

Resep nasi jagung + beras untuk penderita diabetes

  1. Silahkan anda siapkan jagung meniran (2500gr), beras(50gr), air(700ml), garam/blueband(1 sdt)
  2. Selanjutnya campurkanlah kesemua bahan tadi menjadi satu
  3. Setelah itu rebuslah campuran bahan tadi diatas api hingga mendidih dan menjadi lunak
  4. Berikutnya angkah dan biarnya air terserap semuanya
  5. Langkah berikutnya silahkan anda kukus campuran bahan tadi hingga matang
  6. Angkat dan sajikan

Cat :
Resep ini ditujukan untuk 4 porsi makan

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Teh Basi Untuk Rambut Rontok Serta Pengolahannya

Itu tadi pembahasan mengenai “Khasiat & manfaat nasi jagung untuk diabetes” Berserta “Cara pengolahan nasi jagung untuk penderita diabetes” Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam menemukan informasi yang sedang anda cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *