Khasiat & Manfaat Nasi Jagung Untuk Diet Dan Cara Pengolahannya

Yuklihat.com – Cara diet alami memang menjadi solusi terbaik dalam menurunkan berat badan. Namun tetap membuat anda dalam kondisi yang sehat. Salah satunya ialah memanfaatkan nasi jagung. Manfaat nasi jagung untuk diet bisa menjadi altenatif yang dapat anda coba karena nutrisi yang terdapat didalam nasi jagung ini yang cukup bisa diharapkan dalam menurunkan berat badan. Walaupun cara diet menggunakan nasi jagung tak banyak diketahui oleh banyak orang. Akan tetap sudah banyak orang yang mendapatkan manfaat dari pola diet menggunakan nasi jagung ini.

Baca Juga : 16 Manfaat & Khasiat Nasi Jagung Untuk Kesehatan

Seperti namanya sendiri, nasi jagung terbuat dari bahan dasar jagung tua atau juga bisa jagung pipilan. Dimana jagung jenis ini tentu lebih murah harganya jika dibandingkan dengan jagung manis pada umumnya. Selain berkhasiat untuk diet, nasi jagung juga memiliki beberapa nutrisi yang cukup melimpah dan dapat diandalkan. Misalnya saja kandungan beberapa jenus vitamin, seperti vitamin E, vitamin A, kalsium, zink, natrium, folat, vitamin B6, viutamin B1, vitamin B 12 dan juga fosfot.

Baca Juga : Manfaat & 40 Khasiat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Dan seperti yang diketahui bahwa nutrisi ini sangatlah memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Jadi selain berat badan anda menjadi turun, nasi jagung juga akan menyehatkan tubuh anda dengan nutrisi baik didalamnya ini. Pada pembahasan berikut ini, kita akan melihat secara cukup mendalam tentang khasiat & manfaat nasi jagung untuk diet. Seperti apa manfaat dan khasiatnya ? Silahkan disimak berikut ini.

Baca Juga : Khasiat & 13 Manfaat Jagung Bagi Ibu Hamil Dan Bayinya

Khasiat & manfaat nasi jagung untuk diet

Nasi jagung merupakan salah satu solusi altenatif dalam menjadi pengganti nasi. Selain cocok untuk para penderita diabates, ternyata nasi jagung juga sangat baik bagi kamu yang sedang melakukan program diet. Dengan cara memanfaatkan nasi jagung ini untuk mengisi menu-menu didalam diet kamu. Lalu apa saja manfaat nasi jagung untuk diet, berikut adalah penjelasannya.

1. Manfaat nasi jagung untuk diet karena bisa menjadi sumbr energi yang cukup

Didalam 100 gram nasi jagung ini, kita bisa menemukan sebanyak 345 kalori didalamnya. Sehingga nasi jagung sangat cocok untuk dijadikan sebagai makanan pengganti nasi yang bisa memenuhi sumber energi kita seharian. Selain itu, karena manfaatnya tadi, kita juga bisa memanfaatkan nasi jagung ini sebagai makanan yang dikonsumsi saat diet. Dimana anda bisa mengganti menu nasi putih menjadi nasi jagung. Pada setiap waktu makan.

2. Manfaat nasi jagung untuk diet karena bisa melancarkan pencernaan

Melancarkan pencernaan adalah hal yang terpenting untuk dilakukan agar diet yang dijalani oleh seseorang bisa sukses. Dan nasi jagung mampu untuk melakukan ini semua. Didalam nasi jagung kita bisa menemukan sebanyak 18,4 % serat didalamnya. Dan tentu saja seperti yang diketahui manfaat serat sangatlah baik untuk mengatasi masalah pencernaan dan melancarkan pencernaan. Misalnya saja seperti masalah sembelit dan juga wasir. Dengan selalu menjaga kelancarkan sistem pencernaan maka zat-zat yang tidak penting akan terbuang dari tubuh. Dan bisa menghindari terjadinya penumpukan lemak.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Jagung Hitam Untuk Kesehatan Dan Anti Diabetes

3. Manfaat nasi jagung untuk diet karena bisa memenuhi serat pangan

Seperti yang kita dilihat manfaat nasi jagung untuk diet no 2. Bahwa nasi jagung cukup kaya akan nutrisi serat. Sehingga nasi jagung mampu untuk memenuhi serat pangan dari tubuh (dietary fiber). Serta didalam nasi jagung juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah jika kita bandingkan dengan beras biasa. Dan dengan kandungan ini, tentunya nasi jagung bisa disarankan untuk para penderita diabates didalam mengisi menu makanan sehari-hari. Selain itu, serat sangatlah memiliki peran cukup besar didalam menjaka pencernaan kita, dan membuat program diet yang sedang anda jalankan bisa berjalan dengan semestinya dan seperti yang diharapkan.

4. Manfaat nasi jagung untuk diet karena bisa mencegah penyakit kardiovaskular

Kandungan lemak baik dan juga senyawa yang memiliki sifat sebagai anti aterogenik yang terdapat didalam jagung ini sangatlah baik untuk menurunkan resiko terkena penyakit kardiovaskular. Semua itu terjadi karena nasi jagung bisa mengurangi produksi kolesterol jahat yang berlebih didalam tubuh. Jadi selain bisa memberikan penurunan berat badan. Anda juga bisa sekaligus terhindari dari penyakit kardiovaskular ini karena disebabkan oleh kelebihan berat badan.

Itu tadi beberapa manfaat nasi jagung untuk diet yang bisa anda ketahui. Selanjutnya kita akan melihat tentang bagaimana cara pengolahan nasi jagung untuk diet yang bisa kita lakukan. Berikut adalah caranya.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Fiforlif Untuk Kesehatan

Cara mengolah nasi jagung untuk diet

Sebenarnya cara yang dapat kita lakukan guna untuk mengolah nasi jagung menjadi bahan makanan untuk diet ternyata tidaklah sulit dan cukup mudah. Berikut adalah penjelasan cara pengolahannya.

  1. Silahkan pilih jagung kering dengan kualitas yang baik.
  2. Lalu silahkan anda pipil dan giling kasar jagung tersebut.
  3. Agar nantinya kulit dan juga bijinya menjadi terpisah
  4. Berikutnya, jagung yang sudah dipisahkan dari kulitnya itu, silahkan anda giling kembali.
  5. Hingga menjadi seperti pasir, lalu kukuslah gilingan halus jagung tersebut hingga setengah matang.
  6. Setelah setengah matang, jemur jagung tersebut dibawah sinar matahari hingga kering.
  7. Waktunya sekitar dua hari tergantung cuaca saat itu.
  8. Jika bubuk jagung sudah mengering, maka anda dapat memasukkannya kedalam wadah yang rapat dan awet.
  9. Jika anda ingin memasaknya, silahkan ambil olahan jagung tadi (jagung karu) dan rendamlah sekitar 10 menit dengan air, hingga mengembang.
  10. Lalu silahkan anda pindahkan kedalam magic jar dan masak seperti memasak beras menjadi nasi seperti biasa.
  11. Maka nasi jagung siap disantap.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Teh Basi Untuk Rambut Rontok Serta Pengolahannya

Demikianlah beberapa “Khasiat & manfaat nasi jagung untuk diet” Serta “Cara pengolahan nasi jagung untuk diet” Semoga artikel ini bisa sesuai dengan informasi yang ingin anda cari. Terima kasih atas kunjungannya dan Semoga bermanfaat.