manfaat air teh basi untuk wajah jerawat

, , , , ,

Khasiat kesehatan & Manfaat Teh Basi Untuk Wajah Serta Pengolahannya

Yuklihat.com – Kebiasaan meminum teh sudah tidak asing lagi bagi setiap orang. Dimana kebiasaan ini sangat cocok untuk dijadikan teman menemani cemilan disore hari. Atau untuk minuman dipagi hari yang segar. Teh memang memiliki aroma yang begitu khas dan wangi dan tak heran selain aromanya tersebut rasa dari teh juga banyak disukai. Namun dibalik itu semua terdapat manfaat dan khasiat yang baik dari teh ini. Seperti misalnya manfaat teh basi untuk wajah. Dimana mengenai khasiat dan manfaat yang satu ini belum banyak orang yang mengetahuinya.

Baca Juga : Khasiat Kesehatan & Manfaat Teh Basi Untuk Mata Serta Caranya

Karena teh yang sudah basi dianggap tidak memiliki nutrisi dan khasiat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Padahal sebenarnya didalam teh basi anda bisa menemukan kandungan-kandungan yang sangat bisa diandalkan untuk kesehatan kulit wajah anda secara alami. Teh basi atau teh yang sudah semalaman sering dibuang begitu saja setelah sebelumnya sudah dikonsumsi. Namun anda bisa memanfaatkan teh basi ini untuk kesehatan kulit wajah.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Rebusan Daun Salam Dan Bawang Bombay Untuk Obat

Beberapa kandungan dan nutrisi yang bermanfat didalam teh basi untuk wajah yaitu, adanya polifenol, beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, E, dan juga vitamin C. Dimana khasiat ini tidak akan dengan begitu saja hingga disaat kita sudah meninggalkan teh bekas pakai selama semalaman. Apa sajakah manfaat teh basi untuk wajah ? Dan cara atau pengolahan seperti apa yang bisa kita lakukan. Pada pembahasan kali ini kita akan mengulas mengenai hal tersebut. Namun sebelum masuk ke cara pengolahannya berikut adalah manfaat teh basi untuk wajah. Silahkan disimak.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Rebusan Daun Salam Untuk Diet Dan Pengolahannya

Manfaat teh basi untuk wajah

khasiat teh basi untuk kulit wajah

Teh basi atau teh bekas sisa yang sudah diendapkan sekitar kurang lebih 1 malam. Dimana teh yang bekas atau basi ini biasanya hanya dibuang begitu saja tanpa mengetahui manfaat dan khasiatnya. Walaupun kita tidak akan mengkonsumsi kembali teh basi ini akan tetap manfaatnya masih bisa kita terapkan untuk kecantikan wajah. Apa saja manfaat teh basi untuk wajah ? Berikut adalah diantaranya :

1. Manfaat teh basi untuk wajah berguna sebagai pencerah alami kulit wajah

Terdapatnya kandungan vitamin E didalam teh basi sangatlah bisa diandalkan didalam menjaga kesehatan dari kulit. Walaupun teh ini sudah basi, akan tetapi kandungan vitamin E nya tetap saja masih ada dan terdapat didalam teh basi tersebut, dan bisa dimanfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah dan juga memberikan efek elastisitas tetap terjaga pada kulit, sehingga kulit anda tidak akan mudah untuk menjadi kendur.

Dan bahkan kandungan nutrisi vitamin C didalam teh basi ini 508 kali lebih banyak dari pada nutrisi vitamin C pada jeruk lemon. Untuk penerapannya sendiri, anda bisa memanfaatkan ampas dari teh yang sudah didiamkan selama kurang lebih semalaman. Dan kemudian usapkanlah ampas teh tersebut seperti scrub atau anda juga bisa menggunakannya sebagai masker di wajah anda. Lakukanlah penerapannya ini pada setiap harinya guna untuk mendapatkan khasiat dan manfaatkan yang maksimal.

Baca Juga : Manfaat Oatmeal Untuk Diet & Varian Resep Oatmeal Untuk Diet

2. Manfaat teh basi untuk wajah berguna untuk menghilangkan masalah jerawatan

Masalah jerawatan yang terjadi pada wajah seseorang memanglah sangat memberikan gangguan pada penampilan si penderitanya. Dan salah satu solusi alami yang bisa anda terapkan ialah dengan memanfaatkan teh yang sudah basi guna untuk menghilangkan jerawatan ini. Semua itu dikarenakan endapan didalam air teh basi memiliki sebuah sifat yang berkhasiat untuk tubuh dan kulit yakni ialah sebagai anti inflamasi.

Anti septik dan juga anti bakteri dimana bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bakteri yang menjadi penyabab dari munculnya jerawata pada kulit sekaligus memberikan pencegahan terhadap peradangan pada jerawat. Selain itu teh basi ini juga brkhasiat didalam mengurangi dari jumlah sebum yang biasanya sering menggangu sirkulasi pada pori-pori wajah seseorang sehingga dapat mencegah datangnya jerawat. Anda dapat melakukan dua cara ini untuk penerapannya.

  • Memanfaatkan kantung teh celup bekas Bila seandainya anda menggunakan teh berjenis celup dan sudah bekas, anda tinggal penerapkannya denagn cara menempelkan kentung dari teh celup tersebut yang sebelumnya sudah direndam selama semalaman ke bagian kulit wajah anda yang sedang mengalami jerawatan. Kemudian diamkanlah sekitar kurang lebih 10 menit lamanya. Dan selenjutnya silahkan anda bilas wajah menggunakan air hangat.
  • Menggunakan air teh basi Air teh basi yang sudah didiamkan semalaman bisa anda gunakan untuk cara kedua ini. Silahkan oleskan saja atau juga bisa anda basuh wajah menggunakan air teh basi ini disaat pagi harinya. Lakukanlah penerapan ini sebanyak tiga kali didalam seminggunya guna manfaat dan khasiatnya untuk jerawat bisa lebih optimal.

3. manfaat teh basi untuk wajah berguna dalam menghilangkan mata panda yang menggangu

Kantung mata yang menghitam atau juga sering disebut dengan nama mata panda merupakan sebuiah kedaaan dimana kantung mata dan lingkaran yang berada dibawah mata menjadi mirip dengan mata panda. Dan hal yang menyebabkan terjadinya ini ialah diantaranya , dehidrasi, alergi, terlalu lama menangis, kelelahan kurang tidur dan lain sebagainya.

Disaat anda mau melakukan aktivitas dipagi hari tentu saja tidak menginginkan mata panda ini muncul di kantong mata anda, teruma bagi para kaum hawa, karena akan sangat mengganggu penampilan sekali. Mungkin masalah mata panda ini masih bisa disamarkan dengan bantuan kosmetik bedak, krim dan sebagainya. Namun ternyata ada cara alami yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan mata panda ini, yakni dengan memanfaatkan teh basi. Berikut caranya :

  • Penerapan air teh basi Silahkan anda letakkan air rendaman teh selama semalam didalam baskom. Lalu kemudian silahkan celupkanlah wajah anda kedalam baskom tersebut yang sebelumnya berisikan air teh basi dengan mata dalam kondisi melek atau terbuka. Selanjutnya diamkan sebenta didalam sana selama beberapa saat. Maka anda akan mendapatkan manfaat hilangnya mata panda anda serta mata akan menjadi lebih jelas didalam melihat.
  • Memanfaatkan kantung teh celup bekas Masukkanlah dua buah kantung teh bekas kedalam lemari es selama kurang lebih semalam, atau anda juga dapat merendamnya didalam air es. Terapkanlah kantung teh tersebut sebagai alat untuk kompres pada bagian kantung mata anda. Jika seandainya anda ingin mendapatkan sesasi yang lebih dingin lagi bisa mencoba dengan cara memasukkan kantung teh basi bersamaan dengan potongan es batu didalam kain tipis. Lalu silahkan kompreskan ke mata anda. Rasa dingin yang ditimbulkan dari es atau air es, serta nutrisi baik didalam teh basi akan membantu untuk menghilangkan mata panda anda.

4. manfaat teh basi untuk wajah sebagai penyejuk kulit wajah

Sifat yang bernama anti-inflmasi yang terdapat didalam teh bisa bermanfaat untuk menyejukkan wajah anda. Caranya sangatlah sederhana yakni anda tinggi memanfaatkan air teh basi guna untuk mengkompres wajah anda. Jangan lupa juga untuk menggunakan kain atau bahkan kapas yang sebelumnya dicelupkan kedalam air endapan teh selama semalam atau air teh basi. Selanjutnya silahkan anda oleskan kebagian wajah anda guna untuk memberikan efek penyejuk bagi kulit wajah.

5. manfaat teh basi untuk wajah sebagai pembersih wajah

Selain anti-inflamasi, sifat anti bakteri yang tertanam didalkam teh basi juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan wajah anda. Sehingga nantinya teh basi ini akan membantu dalam mengusir bakteri yang sering menghinggapi wajah anda. Caranya silahkan gunakanlah air teh basi sebagai pembasuh muka pada setiap harinya yakni disaat pagi hari ataupun disaat menjelang anda tidur. Lakukanlah kebiasaan ini secara rutin agar efeknya semakin terasa.

6. manfaat teh basi untuk wajah sebagai tabir surya

Seperti yang sama-sama kita ketahui bahwa sinar ultra violet yang berasal dari matahari memanglah tidak baik untuk kesehatan kulit manusia. Oleh seban itu anda yang sering melakukan aktivitas diluar ruangan alangkah baiknya menggunakan tabir surya untuk antisipasi. Namun produk sun block atau sering disebut tabir surya ini dibuat dari bahan-bahan kimia yang tentu saja memiliki efek samping bagi kulit kita.

Dan alangkah lebih baiknya kita menggunakan tabir surya yang terbuat dari bahan-bahan yang alami dan tidak berbahaya. Salah satunya dengan memanfaatkan air teh basi untuk dijadikan tabir surya alami. Caranya sendiri hanyalah cukup dengan membasuh wajah anda menggunakan air teh basi sebelum memulai melakukan aktivitas diluar ruangan. Air teh basi ini memiliki banyak manfaat dan khasiat, salah satunya ialah untuk memberikan berlindungan bagi wajah dari sinar UV.

7. manfaat teh basi untuk wajah sebagai penghalus kulit wajah

Air teh basi ini memiliki cukup banyak kandungan baik, salah satunya ialah vitamin E, dimana sangat bermanfaat untuk menghaluskan kulit wajah anda. Dan oleh sebab itu anda bisa mendapatkan khasiat dan manfaat dari teh basi ini yang tentu saja sebelumnnya sudah diendapkan semalam semalam dengan cara mencuci muka anda sebelum bangun tidur di pagi harinya.

8. manfaat teh basi untuk wajah sebagai pengencang kulit wajah

Terdapatnya banyak kandungan vitamin E didalam teh basi memang sangat bisa diandalakan untuk kulit. Salah satunya ialah untuk menjaga elastisitas dari kulit kita, agar nantinya tidak mudah untuk mengalami kendur. Sehingga dapat dengan mudah untuk mengencangkan kulit wajah dan dapat juga dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit bagian wajah. Caranya sebagai berikut :

  • Memanfaatkan air teh basi Silahkan anda gunakan dan manfaatkan air teh basi atau air teh yang diendapkan selama semalam untuk mencuci muka pada setiap paginya.
  • Memanfaatkan ampas teh  Caranya yaitu memanfaatkan ampas teh bekas sebagai scrub dan mengusapkannya ke kulit wajah anda. Lalu kemudian diamkanlah sebentar dan kemudian bilaslah dengan air.

9. manfaat teh basi untuk wajah untuk menghilangkan komedo

Hampir sama dengan jerawat, komedo juga menjadi salah satu masalah yang begitu menggangu pada wajah seseorang. Komedo sendiri adalah bintik-bintik hitam yang biasanya sering muncul pada area sekitaran hidung. Dan komedo ini muncul akibat kurangnya menjaga kebersihan dari wajah terutama setelah sebelumnya anda berpergian serta menggunakan make up. Guna untuk menghilangkan masalah menggangu ini anda bisa memanfaatkan kandungan vitamin E yang terdapat didalam teh basi.

Caranya begitu mudah. yaitu anda hanya perlu menggosokan area sekitaran hidung yang terdapat komedo menggunakan ampas teh basi ini. Dan lakukanlah penerapan ini secara rutin agar komedo cepat hilang. Dan jangan lupa untuk selalu memberishkan wajaah anda setelah beraktivitas atau menggunakan make up agar masalah ini tidak muncul lagi.

10. manfaat teh basi untuk wajah sebagai penghilang kemerahan pada kulit wajah

Terdapatnya kemerahan dibagian wajah memang bisa terjadi karena berbagai macam faktor, misalnya saja seperti adanya bekas luka pada wajah atau bahkan bekas gigitan dari nyamuk. Cara penerapannya sangatlah mudah untuk dilakukan, yakni anda hanya perlu untuk mencelupkan air atau bahkan kapas kedalam air teh basi, dan kemudian oleskanlah kebagian wajah anda yang terdapat masalah kemerahan tadi. Lakukanlah aktivitas ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang optimal dan membuat kulit menjadi semakin mulus.

Itulah tadi beberapa manfaat teh basi untuk wajah yang bisa dengan mudah untuk anda terapkan sendiri dirumah. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda cari serta menambah wawasan anda. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *