manfaat vitamin b complex bagi ibu hamil

, , , , ,

Khasiat & Manfaat Vitamin B Complex Untuk Ibu Hamil Serta Sumber Makanannya

Yuklihat.com – Seorang wanita yang sedang dalam kondisi hamil memang sebaiknya mendapatkan perhatian khusus dari sang suami atau orang terdekatnya. Semua itu karena dia sedang mengandung anak yang masih lemah. Dan kondisi kesehatan dari wanita yang hamil tersebut, sangat berpengaruh nantinya terhadap sang anak. Oleh sebab itu kesehatan ibu hamil menjadi prioritas utama, agar anak yang dilahirkannya nanti selamat dan dalam kondisi yang sehat. Mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan gizi yang baik harus terus didapatkan.

Baca Juga : Manfaat Quaker Oat Untuk Bayi Dan Resepnya Sebagai MPASI

Misalnya saja kandungan nutrisi vitamin yang terdapat didalam makanan yang dia makan. Banyak sekali vitamin yang dibutuhkan oleh seorang wanita hamil. Termasuk juga vitamin B kompleks. Pembahasan kali ini kita akan melihat tentang manfaat vitamin b complex untuk ibu hamil. Sebetulnya seiring perkembangan zaman sudah banyak jenis vitamin yang ditemukan. Dan semua vitamin B sudah digolongkan dan dikategorikan kedalam vitamin B kompleks. Yang mana vitamin B kompleks ini diantaranya yaitu.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Ibuprofen Untuk Haid Serta Efek Sampingnya

Vitamin B12 (cobalamins), vitamin B9 (asam folat), vitamin H atau vitamin B7 (biotin), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B5 (pantotenat), vitamin B3 (niasin), vitamin B2 (riboflavin), dan juga vitamin B1 (tiamin). Kesemua vitamin B kompleks ini memiliki sifat yang mudah larut di air, dan memiliki khasiat serta manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah manfaat vitamin b complex untuk ibu hamil. Silahkan disimak.

Baca Juga : Efek Samping Kesehatan & Bahaya Bawang Putih Untuk Jerawat Serta Pencegahannya

Manfaat vitamin b complex untuk ibu hamil

khasiat vitamin b complex shaklee

Manfaat vitamin B kompleks memang beragam, dimana jenis vitamin ini sangatlah memiliki khasiat baik untuk tubuh manusia. Apalagi untuk seorang ibu yang sedang hamil. Dimana ibu hamil haruslah dapat mencukupi kebutuhan gizi dan vitaminnya setiap hari. Lalu, apa saja manfaat vitamin b complex untuk ibu hamil ? Silahkan disimak berikut ini.

1. Manfaat vitamin b complex untuk produksi energi didalam tubuh ibu hamil

Vitamin B kompleks yang ada didalam tubuh akan bekerja sebagai pengubah dari karbohidrat menjadi glukosa. Dimana glukosa inilah yang akan menghasilkan energi dalam tubuh. Seperti yang sudah diketahui, bahwa seorang wanita hamil membutuhkan banyak ketimbang ibu yang tidak hamil. Ini semua dikarenakan energi yang ada pada ibu hamil harus dibagi lagi kepada janin yang ada diperutnya. Dengan mendapatkan asupan vitamin B kompleks yang cukup pada ibu hamil, maka kebutuhan energinya pada setiap hari akan terpenuhi. Sehingga membuat ibu hamil dan janinnya menjadi sehat.

2. Manfaat vitamin b complex untuk mengurangresiko bati terlahir cacat

Vmitan B kompleks akan mempu untuk mengurangi resiko seorang ibu melahirkan bayi yang cacat. Semua itu dikarenakan fungsi dari vitamin B kompleks sendiri. Terutama pada vimitan B9 (asam folat. Dimana dengan asupan asam folat yang baik pada seorang ibu hamil. Akan menurunkan resiko yang tidak diinginkan dari kondisi bayi nantinya. Dan hal ini tentu akan membuat ibu hamil menjadi lebih tenang dengan kondisi bayi disaat lahir. Asupan vitamin B kompleks sangatlah dianjurkan agar membuat bayi dalam berkembang dengan normal didalam perut si ibu.

Baca Juga : Khasiat Kesehatan & Manfaat Labu Kuning Untuk Diet Serta Varian Olahannya

3. Manfaat vitamin b complex untuk mengoptimalkan pertumbuhan janin

Nutrisi vitamin B kompleks sangatlah bermanfaat untuk membantu agar janin dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan sehat. Janin yang sehat dan semestinya, tentu saja akan menghasilkan bayi yang sehat dan cerdas. Oleh sebab itu para ibu yang mengandung sangat dianjurkan mengkonsumsi vitamin B kompleks untuk pertumbuhan janinnya.

4. Manfaat vitamin b complex untuk mengatasi masalah kolesterol

Kolesterol yang tinggi didalam tubuh seseorang tentunya akan menyebabkan terjadi gangguan pada kesehatan tubuh. Dan guna untuk mengurangi kolesterol ini maka tubuh membutuhkan kandungan vitamin b kompleks. Apalagi seseorang ibu yang hamil. Guna untuk menghindari kadar kolesterol yang meningkat, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan atau minum yang mengandung vitamim b kompleks yang cukup. Guna untuk menyeimbangi kadar kolesterol pada si ibu.

5. Manfaat vitamin b complex untuk meningkatkan sistem imun

Seorang ibu yang sedang mengandung memiliki sistem kekebalan tubuh yang tidak begitu kuat jika dibanding saat dia tidak hamil. Dan akibatnya ibu hamil bisa dengan mudah terkenal penyakit. Dimana ini sangat menggangu perkambangan janin yang ada didalam perutnya. Namun dengan mengkonsumsi vitamin b kompleks dengan cukup, maka sistem imun pada ibu hamil akan meningkatkat. Dan membuat ibu tidak mudah untuk terkena serangan penyakit, dan juga sang calon bayi nantinya.

6. Manfaat vitamin b complex untuk menjaga kerja sistem pencernaan

Dikarenakan sifat dari vitamin b kompleks yang sangat mudah untuk larut didalam air, sehingga akan membantu saluran pencernaan menjadi lancar. Beberapa vitamin b kompleks yang lebih aktif untuk melancarkan pencernaan yaitu B6, B3, B2, dan juga B1. Apabila untuk ibu hamil, dimana ibu yang sedang mangandung sering kali mengalami ganggaun pada pencernaannya. Dan untuk mengatasi masalah ini, para ibu yang sedang mengandung dianjurkan untuk mengkonsumsi vitamin ini. Agar sistem pencernaan yang bermasalah tidak menggangu ibu dan bayinya.

7. Manfaat vitamin b complex untuk meningkatkan memori

Khasiat dan manfaat lainnya dari vitamin b kompleks inila akan membantu otak untuk meningkatkan memori, serta membuat otak lebih konsentrasi. Beberapa vitamin b kompleks yang berperan untuk ini ialah B12, B9, dan juga B6. Hal ini tentu saja sangat baik untuk perkembangan si bayi nantinya. Agar semakin kuat dalam memori dan konsentrasi.

8. Manfaat vitamin b complex untuk menjaga kesehatan kulit, kuku dan rambut

Ibu hamil memang harus banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai gizi dan vitamin. Salah satunya ialah mengkonsumsi vitamin b kompleks, yang akan berperan untuk membuat kulit dan wambut bayi yang dikandungnya menjadi sehat. Selain itu vitamin b kompleks juga akan berdampak baik untuk kuku dari bayinya. Dimana akan menjadi lebih sehat dan indah.

9. Manfaat vitamin b complex untuk menjaga sistem syarat dalam tubuh

Sistem syarat tubuh memanglah memiliki peranan penting untuk kerja dari organ didalam tubuh manusia. Jika seseorang mengalami gangguan pada sistem syarafnya yang ditandai dengan gejala seperti, pusing, depresi, nyeri perut, dan kram pada otot. Maka sangat memerlukan nutrisi vitamin B kompleks untuk menyempurnakan kinerja dari sistem syarafnya kembali. Agar masalah ini tak terjadi juga kepada ibu hamil. Maka dianjurkan ibu hamil untuk selalu rutin mengkonsumsi vitamin B kompleks dalam jumlah yang cukup pada setiap harinya. Agar masalah pada sistem syaraf, tidak mengimbas ke janin yang dikandungnya.

Setelah kita melihat “Manfaat vitamin b complex untuk ibu hamil” maka pada pembahasan selanjutnya ialah, tentang makanan-makanan yang mengandung vitamin B kompleks yang baik untuk ibu hamil. Silahkan disimak berikut ini

Makanan sumber vitamin B kompleks baik untuk ibu hamil

manfaat vitamin b complex

Kandungan nutrisi dari vitamin b kompleks memang sangat memiliki peranan penting untuk seorang ibu dan bayinya. Oleh sebab itu nutrisi ini haruslah selalu tercukupi pada setiap harinya oleh sang ibu, agar masalah-masalah tak diinginkan tidak terjadi pada sang ibu dan bayinya. Vitamin b kompleks bisa kita temukan pada makanan-makanan berikut ini silahkan disimak.

  • Asparagus : ialah salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin b kompleks yang baik. Dimana memiliki nutrisi asam folat dan juga vitamin K didalamnya
  • Jamur : jamur yang biasanya dikonsumsi untuk ibu hamil ialah jenisan jamur merang, jamur tiram, jamur shitake, jamur kancing dan lainnya
  • Peterseli : merupakan tanaman yang bentuknya mirip dengan selederi. Tanaman ini mengandung vitamin B serta vitamin C didaunnya.
  • Kentang : didalam kentang terkandung vimitan B6 yang cukup tinggi, dimana sangat baik untuk mencegah terjadinya tumor
  • Bayam : sayuran ini begitu kaya vitamin B kompleks. Selain itu kandungan zat besinya juga tinggi.
  • Biji bunga matahari (kuaci) : mengandung vitamin b kompleks dan juga vitamin E.
  • Sawi hijau : Didalam sawi hijau terkandung vitamin B kompleks yang cukup serta vitamin K.
  • Brokoli : brokoli bisa menjaga kesehatan kardiovaskular seseorang yang mengkonsumsinya.
  • Wortel : Selain sumber vitamin A yang baik, wortel juga sumber untuk vitamin B kompleks yang tinggi
  • Terong : Vitamin B kompleks didalam terong cukup dapat diandalkan. Namun selain itu, terong juga kaya akan serat, kolesterol baik dan juga zat besi
  • Klabet : Bisa bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASi seorang ibu hingga 90 %
  • Kubis : memiliki banyak kandungan vitamin b kompleks, kalsium, kalium dan juga mineral alami.
  • Kacang almond : Salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung lemak tinggi dan kaya vitamin B kompleks
  • Kacang pecan : Biasa sering digunakan dalam campuran isian kue, pie, dan lainnya
  • Kacang lentil : Jenis tumbubuhan semak yang mirip lensa
  • Daging merah : baik itu daging sapi, ataupun kambing, dimana banyak terkandung vitamin B kompleks
  • Ikan salmon : kaya akan vitamin B kompleks dan nutrisi lainnya
  • Alpukat : biasa digunakan sebagai makanan diet yang memiliki nutrisi vitamin B kompleks yang cukup baik
  • Apel : kandungan serat yang banyak serta vitamin b kompleks yang tinggi
  • Pisang : mengandung vitamin b kompleks dan juga potasium yang tinggi
  • Blueberry : Kaya akan vitamin b kompleks danb juga antioksidan

Itu tadi “Manfaat vitamin b complex untuk ibu hamil” dan juga “Makanan sumber vitamin B kompleks baik untuk ibu hamil” Semoga infomasi ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan anda. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *