Manfaat Daun Manggis untuk kesehatan

16 Manfaat Daun Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

Yuklihat.com – Manfaat daun manggis mungkin menjadi sesuatu yang cukup asing ditelinga beberapa orang. Yang mana mereka lebih sering mendengar manfaat buah manggis ketimbang daunnya. Namun pada kenyataannya daun manggis sendiri ternyata memiliki beragam manfaat yang terkandung didalamnya. Nama manggis sendiri begitu populer di berapa tahun ini, karena banyak perusahaan yang berlomba-lomba dalam membuat beragam olahan dari kulit manggis, karena memiliki manfaat yang begitu kaya.

Baca Juga : 52 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Namun ternyata, buah yang memiliki rasa asam manis ini juga memiliki kekayaan manfaat yang terkandung didalam daunnya juga. Sudah banyak para peneliti yang mencari tau tentang apa saja manfaat dan khasiat dari manggis bagi kesehatan manusia. Sebelum itu, masyarakat dahulu juga sudah begitu tau tentang manfaat yang diberikan oleh manggis untuk manusia, terutama pada bagian daun, buah dan kulit buahnya.

Baca Juga : 42 Manfaat dan Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Manggis dulunya biasa dikenal sebagai obat herbal yang dipercaya dapat mengatasi berbagai keluhan kesehatan manusia dengan cara yang alami tentunya. Namun sekarang semakin majunya teknologi, sudah banyak mendapat informasi dan penelitian yang lebih muktahir terhadap tumbuhan manggis ini. Langsung saja lihat dibawah ini, tentang manfaat dan khasiat daun manggis untuk kesehatan tubuh manusia. Yuk Lihat !

Manfaat Daun Manggis

pengolahan Daun Manggis

Tanaman manggis ini termasuk kedalam salah satu tanaman yang bisa dikatakan tanaman tua. Karena dia bisa berbuah pada setiap musimnya. Oleh sebab itulah untuk mendapatkan buah manggis ini hanya bisa mudah ditemukan pada musimnya saja, namun walaupun begitu untuk daunnya, kita tak perlu menunggu musim manggis dulu baru bisa mendapatkannya. Daunnya bisa kita perolah kapan saja, tanpa harus menunggu kapan musimnya dulu. Dan berikut ini adalah manfaat daun manggis.

1. Bermanfaat untuk mencegah kanker

Manfaat daun manggis yang begitu terkenal, ialah karena bisa membantu dalam mencegah pertumbuhan dari sel-sel kanker pada tubuh. Daun manggis dapat mengatasi beberapa jenis penyakit kanker ini, misalnya saja kanker pada usu, kanker paru-paru hingga kanker hati. Penyakit ini begitu menjadi mimpi buruk bagi penderitanya dan orang yang mengetahuinya. Karena begitu serius dan harus ditangan dengan serius pula.

Karena jika seandainya dibiarkan begitu saja, malahan akan menyebabkan kematian bagi penderitanya. Pemicu dari penyakit menakutkan ini memang begitu beragam, mulai dari faktor yang muncul dari internat misalnya seperti kelainan gen, hingga sampai ke faktor eksternal, seperti dari makanan dan lingkungan yang tidak sehat. Daun manggis sendiri bisa membantu menghindari pemicu penyakit yang satu ini. Karena daun manggis memiliki pelengkap preventif terhadap penyakit kanker, secara alami tentunya.

2. Bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Bagi anda yang sedang mengami masalah dengan berat badan, atau sedang melakukan program penurunan berat badan (diet). Mungkin anda bisa meanfaatkan daun manggis untuk membantu anda. Karena didalam daun manggis ini memiliki zat yang dapat bermanfaat dalam mengurangi lemak pada tubuh dengan begitu cepat dan efisien.

Sehingga nantinya berat badan anda bisa dengan mudah diturunkan. Selain itu daun manggis juga bisa memberikan yang namanya tenaga ektra secara alamai bagi tubuh. Sehingga nantinya anda tidak mudah untuk merasakan lelah dan lapar, serta juga bisa untuk meminimalisir porsi anda makan pada setiap harinya.

3. Bermanfaat dalam mengurangi rasa sakit

Selain itu, manfaat lainnya dari daun manggis adalah bisa untuk menjadi obat herbal didalam menghalangi atau bahkan mengurangi rasa sakit yang sedang anda derita. Rasa sakit memang bisa muncul dengan cara yang beragam serta macam-macam tergantung dari jenis penyakit yang sedang ana derita.

Misalnya saja sakit akibat rasa nyeri, sakit pada bagian dada, sakit pinggang dan beragam lainnya. Manfaat daun manggis yang satu ini, tentunya bisa sangat membantu anda saat mengalami rasa sakit begitu mengganggu. Misalnya saja saat menderita sakit gigi, maka daun manggis ini bisa membantu anda dalam mengatasinya.

4. Bermanfaat dalam meningkatkan sistem daya tahan tubuh

Didalam daun manggis ini terdapat sebuah senyawa yang bernama catechins. Yang mana ini menjadi zat antioksidan yang begitu alami bagi tubuh manusia. Serta mengenai fungsinya, dapat menjadi penangkal dari radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Zat ini diklaim bisa ampuh didalam mengatasi radikal bebas, yang lebih baik jika dibandingkan pada vitamin C atau vitamin E.

Jadi hanya dengan mengkonsumsi daun manggis ini, anda bisa jadi lebih sehat dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh anda, agar tidak mudah untuk sakit. Terlebih lagi, radikal bebas ini begitu mudah untuk ditemui, diberbagai tempat, seperti pada polusi dijalan raya.

5. Bermanfaat dalam mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi merupakan sebuah kondisi dimana terjadinya sebauh penyumbatan pada area pembuluh darah jantung. Yang mana nantinya mengakibatkan aliran darah menjadi tidak lancar, hingga pada akhirnya membuat jantung bekerja lebih cepat atau kencang dari pada yang biasanya. Jika seandainya detak jantung tidak dapat dikendalikan, yang terjadi malahan otot pada jantung menjadi melemah, dan pada akhirnya jantung tidak dapat lagi untuk memompa.

Dan oleh sebab itulah banyak para ilmuan yang mengatakan bahwa penyakit tekanan darah tinggi ini sebagai penyakit pembunuh seseorang secara perlahan, dan lebih mengerikan lagi, biasanya pada penderitanya sama sekali tidak menyadari akan hal itu. Didalam daun manggis terdapat sebuah senyawa yang mana mampu untuk melunakkan lemak yang terdapat pada pembuluh darah seseorang, sehingga nantinya darah akan menjadi lebih lancar.

6. Bermanfaat dalam mengatasi diare

Manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari daun manggis ialah bisa untuk mengatasi diare yang anda derita. Khasiat yang satu ini memang sudah dari dulu diketahui oleh para leluhur. Jika seandainya anda mengalami masalah ini, yang pada akhirnya membuat anda sering bolak-balik kekamar mandi, maka ramuan dari daun manggis ini bisa anda coba.

Dan untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda juga harus memilim obat oralit, istirahat dengan cukup, serta cukupilah asupan air putih pada tubuh anda. Walaupun hal ini terdengar sepele, namun ini benar-benar akan sangat membantu anda dalam mengatasi diare yang sedang anda derita.

7. Bermanfaat dalam mengatasi kolesterol

Kolesterol sendiri memang menjadi sebuah momok yang benar-benar menakutkan bagi kebanyakan orang dewasa. Penyakit yang tergolong baru ini, memanglah sangat berbahaya, apalagi dengan tidak adanya gejala yang signifikan terlihat dari orang yang sedang menderita ini, sehingga nantinya hanya akan diketahui disaat sudah menjadi parah. Penumpukan kolesterol yang terlalu banyak didalam pembuluh darah seseorang.

Karena disebabkan oleh kurang tanggapnya mekanisme tubuh seseorang karena pola makan orang tersebut yang tidak sehat. Namun masalah ini bisa dibantu oleh adanya daun manggis, yang mana didalam daun manggis sendiri, bisa membantu dalam meluruhkan lemak yang ada pada darah, sehingga kolesterolpun juga ikut terurai disana. Apalagi daun manggis sendiri adalah solusi alami dalam mengatasi kolesterol tinggi, sehingga tidak akan menimbulkan efek samping.

8. Bermanfaat dalam mengatasi lemak pada mata

Lemak yang dalam komposisi banyak yang menumpuk pada area pada, bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit mata. Misalnya saja penyakit katarak pada mata. Yang mana biasanya penyakit satu ini membuat pengliatan mereka yang menderita penyakit ini menjadi buram dan menggangu sekali.

Biasanya penyakit katarak sendiri diderita oleh mereka yang sudah berusia lanjut, namun masalah ini bisa diatasi dengan bantuan operasi yang tentunya membutuhkan biaya mahal. Namun untuk anda yang lebih suka mencari obat alami, maka daun menggis ini bisa menjadi solusinya. Walaupun efek yang dirasakan tidaklah secara langsung menghilangkan pandangan buram karena lemak mata.

9.Bermanfaat dalam menyehatkan mata

Selain dapat mengatasi masalah lemak pada mata, kandungan nutrisi yang tertanam didalam daun manggis juga akan membantu anda dalam menjaga selalu mata agar tetap sehat. Manfaat ini tentunya akan sangat membantu sekali didalam menjaga organ indra anda yang satu ini. Selain dikarenakan fungsinya yangt begitu bermanfaat didalam membantu keseharian dan aktivitas kita.

Mata ternyata sangatlah perlu dijaga, karena ini sangat bersangkutan sekali dari kehidupan seseorang. Jika seandainya ada masalah didalam pengliatan maka rasanya akan sangat fatal sekali bagi seseorang manusia.

10.Bermanfaat dalam menjadi Anti-Inflamasi

Didalam daun manggis sendiri terdapat sebuah zat yang memiliki sifat untuk menjadi anti inflamasi, yang mana sifat dari zat ini sendiri bisa membantu dalam mengurai berbagai peradangan yang berada didalam tubuh seseorang. Radang ini tentunya sangat menyakitka sekali. Maka oleh sebab itulah daun manggis ini kerap kali dipilh dalam mengatasi peradangan.

Manfaat lainnya Daun Manggis :

11.Bermanfaat dalam mengatasi disentri
12.Bermanfaat dalam melancarkan pencernaan
13.Bermanfaat dalam pereda nyeri
14.Bermanfaat dalam mencegah penyumbatan darah
15.Bermanfaat dalam menjadi Anti hipertensi
16.Bermanfaat dalam menjadi sumber anti oksidan yang tinggi

Cara mengolah daun manggis

Manfaat Daun Manggis untuk Tubuh

Merebus daunnya :

  • Silahkan anda siapkan daun manggis sebanyak tiga lembat
  • Lalu kemudian cuci bersihlah daun manggis itu
  • Selanjutnya rebuslah dengan air sebanyak 2 gelas hingga mendidih
  • Setelah matang dan hanya menyisakan 1 gelas saja saringlah
  • lalu minumlah ramuan tersebut selagi hangat
  • Selain merebusnya langsung, anda juga bisa menambahkannya dengan madu atau gula jawa dan sereh.

Membuatnya menjadi ekstrak :

  • Silahkan anda cuci bersih beberapa lembar daun manggis
  • Kemudian jemurlah dibawah sinar matahari
  • Atau juga bisa dengan meng ovennya
  • Setelah kering, silahkan anda tumbuk hingga benar-benar halus
  • Boleh menggunakan cara tradisional atau juga bisa dengan blender
  • lalu hasil tumbuhan tersebut silahkan anda masukkan kedalam kapsul untuk diminum
  • Atau juga bisa menyeduhnya seperti teh atau kopi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *