Manfaat Kulit Jeruk Bali untuk diabetes

17 Manfaat Kulit Jeruk Bali Untuk Kesehatan

Posted on

Yuklihat.com – Apakah anda tau jeruk bali ? Jeruk bali atau didalam nama latinnya bernama Ctitrus mxima ini begitu terkenal karena memiliki ciri yang begitu mudah untuk diketahui, yakni ialah ukurannya yang begitu besar, jika dibandingkan jeni jeruk-jeruk yang lain. Selain ukurannya yang besar, ternyata jeruk ini juga memiliki ketebalan dari kulitnya yang cukup tebal. Biasanya anak-anak sering kali menggunakan kulitnya ini untuk dijadikan salah satu bahan untuk membuat mainan mobil-mobilan, kapal-kapalan dan beragam mainan anak-anak lainnya.

Baca Juga : 23 Manfaat Daun Ubi Jalar Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Seperti yang diketahui bahwa jeruk bali sendiri memiliki beragam kandungan yang beitu bermanfaat sekali untuk kesehatan dan kecantikan. Yang mana ini semua sudah begitu umum untuk diketahui oleh banyak orang. Namun dibalik itu ternyata ada lagi manfaat yang begitu spesial dari jeruk bali ini. Namun manfaat ini bukanlah berasal dari buah jeruk bali itu, namun ialah dari kulitnya. Selain seperti yang tadi diungkapkan bahwa kulit dari jeruk ini kerap digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat mainan anak-anak.

Baca Juga : 21 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Namun juga bisa untuk dimanfaatkan dalam bidang kesehatan, yang mana terkandungan bergam khasiat dan manfaat yang tak kalah dari buahnya. Seperti apa saja manfaat dan kandungan dari jeruk bali ini ? Alangkah lebih baik, jika kita melihat terlebih dahulu, tentang kandungan yang tertanam didalam jeruk bali. Seperti apa saja ? Yuk lihat!

Kandungan Kulit Jeruk Bali

Manfaat Kulit Jeruk Bali untuk obat

Jeruk bali merupakan sebuah jenis jeruk yang memiliki ciri khas yang begitu mudah untuk dikenal yakni karena ukurannya begitu besar. Namun dibalik ukurannya yang mencolok tersebut, ternyata memiliki manfaat yang begitu baik untuk kesehatan tubuh, terkhususnya pada bagian kulitnya yang begitu tebal.

Anak-anak banyak menggunakan kulit yang tebal ini sebagai salah satu bahan untuk membuat mainan anak-anak. Namun ternyata ada manfaat kesehatan dibalik itu. Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang ini, berikut adalah kandungan yang terdapat didalam jeruk balik untuk kesehatan.

-Kulit jeruk bali memiliki kandungan fenolik
-Kulit jeruk bali memiliki kandungan fitoestrogen
-Kulit jeruk bali memiliki kandungan flavonoid
-Kulit jeruk bali memiliki kandungan glikosida
-Kulit jeruk bali memiliki kandungan alkaloid
-Dll

Manfaat Kulit Jeruk Bali

Manfaat Kulit Jeruk Bali untuk penyakit

Kandungan baik yang tertanam didalam kulit jeruk bali inilah yang nantinya akan bermanfaat bagi tubuh. Yang mana semua ini bisa dengan mudah anda dapatkan dari kulit jeruk bali dengan melakukan beberapa pengolahan. Sebelum itu mari kita lihat apa-apa saja manfaat dan khasiat yang terkandung didalam kulit jeruk bali ini. Seperti apa ? Silahkan dilihat dibawah ini :

1. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk mencegah osteoporosis

Kulit dari jeruk bali ini memiliki sebuah kandungan yang bernama fitoestrogen, yang mana kandungan tersebut menurut peneliti bisa bermanfaat untuk menghambat kerja dari osteoklas, atau sebuah zat yang mana bisa menyebabkan terjadinya perombakan pada tulang. Oleh sebab itulah kulit jeruk bali ini sangatlah baik untuk mencegah datangnya osteoporisi, apalagi jika dicampurkan dengan susu kalsium, agar efeknya yang semakin maksimal.

2. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk menyeimbangkan ion pada tubuh

Ion pada tubuh sendiri memiliki fungsi yang cukup penting, yakni untuk selalu menjaga tubuh, agar tidak lemah. Salah satu sumber yang dapat memenuhi kebuituhan dari ion tubuh ialah dari kandungan yang ada didalam kulit jeruk bali. Dengan mengkonsumsinya, maka kebutuhan dari ion tubuh akan bisa untuk terpenuhi sekaligus bermanfaat untuk menyeimbangkannya dengan baik. Semua itu karena peran dari alkoloid, yang mana ini ialah sebuah mineral yang bermanfaat untuk menyeimbangkan tubuh kita.

3. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk mengatasi batuk berdahak

Kandungan vitamin C tidak hanya bisa didapatkan dari daging buahnya saja, ternyata vitamin C ini juga bisa kita dapatkan dari kulitnya. Salah satu khasiat dari vitamin C sendiri ialah untuk mengatasi masakah batuk berdahak. Caranya adalah dengan mengambil ekstrak dari kulit jeruk bali ini, lalu digunakan sebagai salah satu minuman herbal yang bisa mengatasi masalah batu berdahak.

4. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol

Seperti halnya kandungan yang terdapat didalam buah jeruk, yakni membantu untuk membersihkan lemah yang ada didalam tubuh. Ternyata ekstrak dari kulit jeruk bali ini juga memiliki kandungan yang cukup bermanfaat didalam membersihkan lemak kolesterol yang ada di dalam aliran darah yang menempel.

5. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk membantu kerja dari sistem pencernaan

Didalam kulit jeruk bali terdapat kandungan serat yang cukup kaya. Yang mana serat ini bisa membantu dalam memperlancar sistem pencernaan kita. Sehingga nantinya pada sistem pencernaan kita akan jadi lebih sehat dan terjaga dari berbagai permasalahan pada area sekitar sana.

6. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk mengatasi sembelit

Dikarenakan kandungan serat yang tertanam didalam kulit jeruk bali ini, maka tak heran serat ini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah sembelit yang terjadi pada area pencernaan manusia. Masalah sembeli sendiri sangatlah menggangu, karena perut akan menjadi buncit disebabkan oleh susahnya keluar kotoran dari sistem pencernaan.

7. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Serat yang terdapat didalam kulit jeruk bali ini juga bermanfaat dalam menurunkan berat badan seseorang. Semua itu dikarenakan serat dapat mencegah terjadinya penimbunan lemak pada perut. Selain itu kandungan vitamin Cnya didalam kulit jeruk ioni, akan membantu dalam meluruhkan lemak yang ada pada bagian tubuh. Sehingga nantinya berat badan akan berkurang.

8. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk menurunkan demam

Apabila anda mengalami masalah demam yang tinggi, maka penanganan yang sering dilakukan dalam mengatasi itu semua ialah dengan mengkompress atau menggunakan obat penurun demam seperti misalnya parasetamol. Namun selain menggunakan kompress dan meminum obat parasetamol, ternyata masalah demam juga bisa diatasi menggunakan kulit jeruk bali. Yakni membuat ekstrak dari kulit jeruk ini.

9. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk menyegarkan tubuh

Tidak hanya bisa ditemukan pada sayuran saja, ternyata senyawa yang bernama alkoloid, juga dapat kita temukan didalam jeruk bali. Senyawa ini bermanfaat dalam menyegarkan tubuh kembali seperti semua. Yang mana nantinya tubuh tidak akan menjadi lemas lagi, dan dapat beraktifitas dengan begitu baik.

10. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk mencegah kanker

Didalam kulit jeruk bali terdapat sebuah zat yang bernama flavanoid. Yang mana zat ini lebih sering dikenal sebagai salah satu senyawa yang memiliki sifat anti kanker. Sehingga senyawa ini sendiri bisa membantu dalam menghambat pertumbuhkan dari sebuah sel kanker didalam tubuh manusia.

11. Kulit jeruk bali bermanfaat sebagai antiinflamasi

Tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai pencegah dan penghambat sel kanker saja, namun zat flavanoid didalm kulit jeruk bali juga memiliki sifat yang begitu baik untuk tubuh, yakni sebagai antiinflamasi. Beberapa masalah kesehatan seperti misalnya peradangan yang terjadi pada area tenggorokkan, sendi, atau bahkan pada bagian tubuh lainnya, ternyata bisa diatasi dengan bantuan dari kulit jeruk bali.

12. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk mencegah diabates

Flavanoid didalam kulit jeruk bali, lagi-lagi memiliki manfaat yang begitu bermanfaat bagi tuuh. Yakni dalam membantu dalam menurunkan kadar dari gula darah seseorang. Yang mana kulit jeruk bali ini bisa bermanfaat alam mencegah dan mengatasi masalah diabates. Anda hanya cukup memmanfatkan kulit jeruk bali ini dengan cara mengambil ekstaknya, lalu dibuat menjadi obat.

13. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk mengatasi penyakit jantung

Jantung sendiri merupakan sebuah organ yang begitu memiliki peran yang sangat penting didalam tubuh manusia. Karena jantung sangat memerlukan tekanan darah yang lancar, guna untuk membuat kinerjanya semakin maksimal dan tak terganggu. Oleh sebab itulah kesehatan dari jantung haruslah dijaga. Salah satunya ialah dengan mengkonsumsi kulit jeruk bali, yang mana kantungan bernama Glikosida didalamnya bisa menjadi obat yang baik bagi otot jantung. Sehingga nantinya jantung bisa bekerja dengan maksimal.

14. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk menjadi cadangan makanan

Glikosida yang tertanam didalam kulti jeruk balik itu, ternyata juga memiliki manfaat lain yakni bisa dimanfaatkan oleh tubuh sebagau cadangan makanan. Yang mana selain itu juga dapat berperan dalam menghilangkan racuin sianida yang tertanbam didalam kulit jeruk bali.

15. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk mengembalikan ingatan

Dikarenakan kandungan fitoestrohgen yang ada didalam kulit jeruk ini, maka bisa bermanfaat baik didalam mengambalikan ingat wanita yang mengalmi penurunan dari daya ingat mereka. Yang mana nantinya juga bisa mengurangi rasa depresi yang muncul dan dialami oleh wanita.

16. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk menghambat endometrium

Selaput lendir rahim atau juga dikenal juga dengan nama endometrium merupakan sebuah penyakit yang sering diderita oleh para wanita yang sudah memasuki masa menopause. Namun kilit jeruk bali dapat membantu dalam mengatasi pertumbuhan dari peyakit ini. Semua itu dikarenakan kandungan didalam jeruk bali yang memiliki zat bernama fitoestrogen, yang mana bermanfat baik didalam mengambat pertumbuhan dari endometrium ini.

17. Kulit jeruk bali bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovasculer

Zat bernama fitoestrogen didalam kulit jeruk bali juga bermanfaat didalam menghambat perkembangan dari aterosklerosis. Yang mana jika seandainya zat ini tidak dilakukan penghambatan, maka hanya akan menyebabkan terjadinya penyakit kardiovasculer.

Pengolahan Kulit Jeruk Bali

Manfaat Kulit Jeruk Bali untuk kesehatan

Mengekstrak :

  • Siapkan kulit jeruk bali secukupnya-
  • Cuci hingga bersih
  • Lalu oven/jemur kuli hingga kering
  • Jika sudah kering lalu giling/tumbuk
  • Atau anda juga bisa memblendernya
  • Masukkan kedalam kapsul

Mencampurnya dengan teh :

  • Siapkan 1 buah kulit bali
  • Siapkan teh yang sudah diseduh dan masih hangat
  • Masukkan potong-potong memanjang kulit jeruk bali
  • Masukkan kedalam teh
  • Tunggu sebentar
  • Dan minumlah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *