cara memutihkan gigi dengan baking soda

Yuk Coba, 19 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

Posted on

19 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami – Apakah kamu termasuk tipe orang-orang yang mudah mengumbar senyuman ? Dan apakah sekarang ini kamu sudah bisa percaya diri sepenuhnya disaat tersenyum kepada orang lain ? Jika belum, mungkin salah satu masalah kamu berada belum PD untuk tersenyum mempesona ialah karena gigi kamu belum putih sepenuhnya, dan masih terlihat kekuningan. Dan yang terjadi disaat orang lain melihat gigi seseorang yang kuning malahan akan membuat dia merasa jijik, padahal orang tersebut sudah setiap hari melakukan sikat gigi dan menggunakan pasta gigi yang bisa memutihkan gigi dan meharumkan nafas.

Baca Juga : Luar Biasa, 7 Hal Menakjubkan Yang Akan Kamu Alami Setelah Bisa Berhenti Konsumsi Junk Food

Walaupun bagaimanapun orang yang merasa jijik tadi, tidak akan mau tau seberapa kerasnya usaha kamu untuk membuat gigi menjadi putih. Yang tejas sekarang ini dia melihat gigi kamu berwarna kuning atau kekuningan dan itu membuat dia kurang nyaman untuk dekat denganmu. Tentu saja hal ini sangat tidak dinginkan oleh banyak orang, termasuk kamu. Lalu apa sih sebenarnya yang menjadi penyebab dari gigi menjadi kuning ? yuk lihat berikut ini.

Penyebab gigi kuning

cara memutihkan gigi dengan soda kue

1. Cara menyikat gigi yang salah

Jarang sekali orang-orang menyadari bahwa mereka menerapkan cara menyikat gigi yang salah. Padahal seberapa sering dan keraspun mereka melakukan dan menerapakan cara yang salah, hasilnya juga akan terus salah. Menyikat gigi sendiri sebenarnya sangat tidak dianjurkan menerapkan cara yang salah.

Selain manfaat menyikat gigi yang didapatkan jadi tidak optimal, yang terjadi malahan sebaliknya, yakni bisa menimbulkan masalah-masalah pada gigi. Salah satunya yaitu gigi masih kekuningan di bagian-bagian tertentu. Sebaiknya kamu menerapkan cara menyikat gigi yang benar, dan minimal dilakukan selama 2 menit dalam satu kali sikat gigi.

2. Jarang menyikat gigi

Sedangkan orang yang rajin sikat gigi saja, juga bisa membuat gigi menjadi kuning. Apalagi jika tidak ? Disaat kamu jarang melakukan atau malas untuk sikat gigi. Maka sisa makanan akan mulai menumpuk di gigi kamu, dan lama kelamaan akan membuat gigi kamu menjadi kuning atau kekuningan. Oleh sebab itu rajinlah sikat gigi min 2 kali dalam sehari, dan tetapkan cara menyikat gigi yang benar.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Yang Terbukti Mujarab, Silahkan Dicoba !!

3. Kebiasaan merokok

Membahas mengenai penyebab gigi kuning tentu memiliki kaitan yang erat dengan rokok. Dimana didalam rokok sendiri terdapat kandungan zat nikotin, yang jika terus-menerus dihisap, bisa menyebabkan gigi menjadi kekuningan.

4. Kopi

Kandungan kafein yang tertanam didalam kopi bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan gigi kamu, yakni bisa membuatnya menjadi kuning. Dan bahkan jika kamu terus-menerus mengkonsumsi kopi dalam jumlah yang berlebihan bisa membuat gigi kamu menjadi hitam.

5. Alkohol

Selain rokok, alkohol juga menjadi penyebab dari gigi seseorang menjadi kuning. Kebiasan minum-minum alkohol ini, tak hanya memiliki dampak buruk untuk gigi. Tapi juga kesehatan kamu.

Itu tadi sebanyak 5 penyebab dari gigi seseorang yang menjadi kuning atau kekuningan. Lalu apa sih yang harus dilakukan untuk membuat gigi kamu menjadi putih kembali ? yuk lihat cara alaminya berikut ini.

Cara memutihkan gigi secara alami

Cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk memutihkan gigi memang beragam. Mulai dari beberapa progam pemutihan gigi yang dianjurkan oleh dokter. Atau juga bisa menerapkan cara-cara yang alami dalam memutihkan gigi. Dimana tentu saja cara alami ini tidak membrikan efek samping dan ampuh dalam mengatasi masalah ini. Berikut beberapa resepnya.

1. Siwak

cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk

Siwak sendiri dahulunya dikenal sebagai salah satu obat herbat yang memiliki manfaat besar dalam menjaga kesehatan dari mulut kamu. Dimana siwak ini bisa memberikan penghambatan dari pertumbuhan bakteri, mencegah terjadinya gigi belubang, mengikit plak, dan yang terutamanya untuk memutih gigi kembali. Orang-orang dulu juga sudah menerapkan siwak ini untuk kesehatan mulut.

Yakni dengan cara mengunyah batangnya. Dan untuk cara memutihkan gigi secara alami menggunakan siwak bisa kamu lakukan dengan mengoleskan batang siwa beersih yang sebelumnya sudah ditumbuk halus ke gigi kamu dengan merata. Atau juga bisa kamu lakukan dengan mencampurkannya dengan air hingga membuntuk seperti pasta. Dan menggunakannya sebagai odol.

2. Daun sirih

cara memutihkan gigi dengan arang

Daun sirih sering dimasukkan kedalam salah satu resep tradisional orang-orang dulu, karena terbukti ampuh untuk memutihkan gigi kembali secara alami. Selain pemutih gigi, daun sirih ini juga berguna untuk menguatkan gigi, menghilangkan bau mulut yang menggangu, menghentikan pendarahan pada gusi, dan tentu saja memutihkan gigi secara alami.

Baca Juga : Untuk Wanita, Ini Dia, 6 Masalah Kesehatan Yang Bisa Terlihat Dari Kondisi Payud*ra

Penerapannya sendiri sangatlah mudah, yakni anda hanya perlu mengunyahnya atau juga bisa merebus daun sirih ini dan kemudian menggunakannya sebagai obat kumur. Atau juga boleh dengan cara menumbuknya lalu mengoleskan pada gigi kamu secara merata.

3. Daun salam

cara memutihkan gigi dengan jeruk nipis

Daun salam memiliki kandungan yang bisa membantu untuk menjaga kesehatan dari gigi kita secara efektif. Beberapa diantaranya yaitu sitral, minyak atsiri, flavanoid, beberapa jenis vitamin (A,B,C,D), kalsium dan masih banyak lainnya. Berbagai zat dan senyawa baik ini sangat bisa diharapkan dalam memutihkan gigi kamu secara alami.

Caranya sendiri sangatlah mudah, yakni kamu hanya perlu menumbuk halus daun salam. Lalu kemudian mencampurnya dengan air sehingga nantinya akan membentuk seperti pasta, dan selanjutnya tinggal gunakan sebagai layaknyak pasta gigi.

4. Daun mimba

cara memutihkan gigi dalam waktu 2 menit

Didalam daun mimba terkandung sebuah senyawa yang bernama azadirahtin, dimana fungsi dari senyawa ini sendiri ialah sebagai antibakteri. Yang tentu saja sangat efektif untuk membantu memutihkan gigi seseorang secara alami. Yang perlu kamu lakukan dengan daun mimba ialah mengekstraknya menjadi minyak daun mimba, lalu kemudian kamu dapat menggunakannya menjadi pasta gigi.

Baca Juga : Para Pria Wajib Tau, Ini Dia 8 Gejala Kenker Prostat Yang Sering Muncul

5. Kulit jeruk

cara memutihkan gigi dalam 2 menit

Sebuah zat bernama pektin yang terdapat didalam kulit jeruk berserta minyak atsirinya bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi seseorang secara alami. Dan tak hanya bisa diandalkan dalam memutihkan gigi saja, ternyata kulit jerung ini juga memiliki khasiat dan menjaga kesehatan dari mulut seseorang, terutama pada bagian gigi.

Penerapannya sendiri ialah dengan cara mengeringkan kulit jeruk hingga benar-benar kering dibawah sinar matahari. Lalu kemudian kamu bisa menumbuknya hingga menjadi halus. Setelah itu campurkanlah ramuan ini dengan air, hingga nantinya akan membentuk pasta yang mana nantinya bisa kamu gunakan untuk menjadi pasta gigi.

6. Kulit pisang

cara memutihkan gigi dengan lemon

Ternyata selain rasanya yang enak, bagian dari pisang yakni kulit buahnya juga bisa dimanfaatkan. Yakni sebagai ramuan dalam memutihkan gigi kuning secara alami. Dan untuk caranya sendiri sangatlah sederhana. Yaitu kamu hanya perlu menggosokkan kulit buah pisang yang sudah dibersihkan ke bagian gigi kamu.

Baca Juga : Yuk Lihat, 6 Cara Mudah Untuk Terhindar Dari Influenza

7. Lemon

cara memutihkan gigi dengan garam

Asam yang terdapat didalam lemin juga memiliki fungsi sebagai alkali secara alami. Dimana fungsi ini akan membantu menyeimbangan kadar pH. Selain itu, lemon sendiri juga memiliki nutrisi lainnya yang memiliki sifat sebagai antibakteri yang alami, dan sangat efektif didalam membasti bakteri-bakteri yang menjadi penyebab dari gigi seseorang kuning. Caranya yaitu, dengan memeras sebanyak 1 buah lemon, dan memasukkannya kedalam segelas air hangat.

Selanjutnya gunakanlah ramuan ini untuk berkumur-kumur sebanyak tiga kali didalam seharinya agar bakteri jahat yang terdapat didalam mulut kamu bisa hilang sepenuhnya. Atau juga bisa kamu menerapkan cara lain, yakni dengan mencampurkan sebanyak 1 sendok makan air perasa lemon ini dengan sejumput garam hingga nantinya akan menghasilan seperti pasta. Selanjut tingga kamu gunakan sebagai pasta gigi.

8. Jeruk nipis

cara memutihkan gigi dengan garam dan odol

Hampir sama halnya dengan cara penerapan lemon tadi, untuk memutihkan gigi. Yaitu dengan mengandalkan air perasan dari jeruk nipis ini. Air perasan jeruk nipis sendiri sangatlah efektif untuk membasmi berbagai macam bakteri buruk yang terdapt didalam mulut seseorang, dan membantu untuk memutihkan gigi secara alami. Pengaplikasiannya yaitu dengan cara memeras sebanyak 2 buah jeruk nipis, lalu mencampurkannya dengan segelas ait hangat. Dan gunakanlah ramuan ini sebagai obat kumur.

Baca Juga : Awas, 4 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Tumit Pecah-Pecah

9. Strawberry

cara memutihkan gigi secara alami

Stawberry terkandung vitamin C dan juga asam malat yang dalam jumlah yang banyak. Dimana kedua nutrisi ini berfungsi untuk mengikis noda yang terdapat pada gigi seseorang. Selain itu, manfaat lainnya dari bakteri ini ialah juga akan membantu mencegah seseorang dari sariawan, membunuh bakteri jahat yang ada dimulut, dan juga mengatasi gusi yang berdarah. Cara penerapannya yaitu dengan menghaluskan stawberry, dan kemudian oleskanlah kebagian gigi kamu.

10. Apel

cara memutihkan gigi alami

Kandungan serat yantg terdapat didalam apel disaat kita mengunyahnya akan membantu kamu dalam membersihkan noda-noda yang terdapat digigi kamu. Dimana noda-noda ini menjadi masalah utama yang membuat gigi seseorang menjadi kuning.

Baca Juga : Ini Dia, 8 Alasan Yang Menyebabkan Tubuh Kamu Terus Lelah, Padahal Cukup Tidur

11. Pinang

cara memutihkan gigi anak

Didalam buah pinang terkandung astrigent, dan juga hemostatik serta zat tanin dimana senyawa dan zat-zat ini bisa dimanfaatkan untuk memutihkan gigi kamu secara alami. Caranya yaitu ddengan membakar biji buah pinang ini hingga hangus, lalu selanjutnya tumbuklah biji yang sudah dibakar tadi. dan terakhir tinggal kamu terapkan dengan mengoleskan sebagai pasta gigi saja.

12. Susu

cara memutihkan gigi akibat rokok

Susu akan membantu dalam menambah asupan kalsium seseorang. Dimana salah satu fungsi dari nutrisi ini ialah untuk menjaga kekokohan gigi seseorang. Selain itu, kandungan fosfor dan juga magnesium yang terdapat didalam susu juga membantu untuk memutihkan gigi secara alami. Caranya yaitu dengan meminum susu ini secara rutin pada setiap harinya.

Baca Juga : 32 Khasiat & Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

13. Dark chocolate

cara memutihkan gigi alami dengan jeruk nipis

Coklat hitam atau dark chocolat memiliki kandungan sebuah zat yang bisa membantu untuk melapisi gigi kamu dan membuatnya putih. Dan penerapnnya sendiri hanya dengan cara mengkonsumsinya seperti biasa.

14. Jahe

cara memutihkan gigi arang

Didalam jahe terdapat kandungan senyawa yang memiliki sifat sebagai antibakteri dan berfungsi untuk membersihkan noda yang tersisa di gigi kamu. Untuk caranya yaitu hanya dengan memarut sebanyak 1 buah jahe, dan kemudian peraslah airnya. Selanjutnya gunakan air perasan ini sebagai obat kumur. Atau juga bisa kamu olah dengan memarut jahe dan langsung mengoleskannya kebagian gigi.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Nasi Jagung Untuk Diabetes Dan Pengolahannya

15. Minyak cengkeh

cara memutihkan gigi agar putih

Selain bisa diandalkan dalam mengobati gigi seseorang yang sakit, ternyata minyak dari cengkeh ini juga bisa diandalkan untuk memutihkan gigi kuning. Caranya yaitu dengan mengoleskan secara langsung minyak cengkeh ini kebagian gigi kamu.

16. Minyak kelapa

cara memutihkan gigi akibat nikotin

Selanjutnya untuk cara memutihkan gigi secara alami ialah dengan menggunakan minyak kelapa. Yaitu kamu hanya cukup mencampurkan minyak kelapa dengan baking soda. Lalu aduklah hingga membentuk kelapa. Selanjunya sesudah menjadi pasta maka terapkanlah ramuan ini menjadi pasta gigi.

Baca Juga : 16 Manfaat & Khasiat Nasi Jagung Untuk Kesehatan

17. Cuka apel

cara memutihkan gigi aman

Cara memutihkan gigi kuning secara alami selanjutnya yaitu menggunakan cuka apel. Penerapannya yakni dengan mencampurkan sebanyak 1-2 sendok makan cuka apel, dengan setengah gelas air. Lalu selanjutnya gunakan dengan cotton bud, dan oleskan pada gigi kamu.

18. Arang

cara memutihkan gigi bahan alami

Sifat bernama alkali yang terdapat didalam arang bisa membantu pengikisan noda-noda membandel yang membuat gigi seseorang menjadi kuning. Walaupun sekilas terdengar kotor, namun jika penerapannya dengan skala kecil, maka tidak akan berdampak buruk bagi tubuh. Yang perlu kamu malukan ialah arang dari batok kelapa yang ditumbuk halus lalu diayak. Selanjutnya campurkanlah dengan 1 sendok makan air perasan lemon, dan gunalahkan ramuan ini menjadi pasta gigi.

Baca Juga : Khasiat & Manfaat Fiforlif Untuk Kesehatan

19. Baking soda

cara memutihkan gigi berlubang

Baking soda terkenal berkat manfaatnya untuk memutihkan gigi secara alami dan cepat. Dimana penerapannya sendiri sangatlah sederhana, yaitu kamu hanya perlu mengoleskan baking soda dengan air perasan lemon ke gigi kamu.

Baca Juga : Manfaat & 40 Khasiat Bawang Dayak Untuk Kesehatan Dan Pengobatan

Itu tadi sedikit pembahasan tentang “Cara memutihkan gigi secara alami” Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mencari informasi yang kamu butuhkan. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Sumber : Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *