Manfaat Bunga Matahari untuk kesehatan

,

20 Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Yuklihat.com – Bunga matahari memiliki nama latin sebagai Helianthus annuus, yang mana merupakan salah satu tanaman yang beradal dari daerah Amerika Utara dan juga sekitarnya. Pada tahun 1919 tanaman yang satu ini sudah bisa untuk ditanaman dan juga dibudidayakan di Indonesia. Biasanya tanaman ini terdapat pada daerah Pergunungan, dan juga pada yang memiliki tingkat kelembaban yang cukup. dan juga untuk sinar mataharinya juga cukup. Bagi kebanyakan orang, yang sekilas mendengat nama bunga matahari, mungkin yang terlintas didalam pikirannya adalah bijinya, atau yang sering dikenal dengan sebutan kwaci.

Baca Juga : 14 Manfaat Bunga Mawar Untuk Kecantikan

Bunga matahari memang memiliki biji yang dikenal dengan nama kawai, yang mana selain biasanya sering dikonsumsi, bijinya ini juga sering diambil untuk ditanaman pada area perkarangan rumah, karena bunganya yang indah saat mekar. Perkarangan akan semakin menarik dan terlihat indah juga ditanami dengan bunga yang satu ini. Ciri-ciri yang begitu spesial dari bunga ini ialah warnanya yang begitu mencolok.

Baca Juga : 8 Manfaat Buah Naga Untuk Penderita Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi dan Cara Mengolahnya

Selain itu didalam kesatuan bentuk bunga ini dibagian tengahnya terdapat sebuah tempat yang menjadi bijinya melekat yang berwarna coklat, dan berbentuk seperti bulatan. Namun taukah kamu, bahwa sebenarnya selain memiliki bentuk yang indah. Tanaman yang satu ini juga memiliki khasiat dan manfaat yang begitu berguna untuk kesehatan tubuh ? Mungkin mengenai hal ini tak semua orang mengetahui. Sebelum itu, mari kita lihat terlebih dahulu tentang kandungan apa saja yang terdapat didalam bunga matahari ini. Yuk lihat !

Kandungan Bunga Matahari

Manfaat Bunga Matahari untuk obat

Bunga matahari memang dikenal sebagai salah satu bunga yang begitu indah untuk ditatap. Apalagi jika bunga yang satu ini diletakkan pada perkarangan hunian anda. Namun walaupun begitu, selain bunga yang bernama latin Helianthus annuus ini bisa dinikmati keindahannya yang bisa menyejukkan mata. Ternyata bunga ini memiliki beberapa manfaat dan khasiat yang berguna untuk kesehatan.

Yang mana sering kali digunakan sebagai obat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit didalam tubuh seseorang. Sebelum kita membahas tentang apa saja manfaat dan khasiat yang terkandung didalam bunga matahari ini. Alangkah baiknya kita lihat dulu apa-apa saja kandungan yang ada didalamnya, berikut adalah beberapa diantaranya :

– Bunga matahari memiliki kandungan Quercimeritrin
– Bunga matahari memiliki kandungan Helianthoside A
– Bunga matahari memiliki kandungan Helianthoside B
– Bunga matahari memiliki kandungan Helianthoside C
– Bunga matahari memiliki kandungan Oleanolic Acid
– Bunga matahari memiliki kandungan Echinocystat
– Dll

Seperti yang sudah kita lihat diatas, bahwa kandungan yang terdapat didalam bunga matahari berisikan zat kimia yang memiliki manfaat dalam menyembuhkan penyakit. Sebenarnya masih banyak lagi kandungan yang ada didalam bunga matahari ini, hanya saja jumlahnya tak mendominasi dari kandungan yang lainnya. Jadi tidak ditulis apa-apa saja kandungan tersebut. Berikut ini kita akan memabahas tentang apa saja khasiat dan manfaat dari bunga matahari bagi kesehatan. Seperti apa ? Silahkan disimak.

Manfaat Bunga Matahari

Manfaat Bunga Matahari untuk mengobati penyakit

Bunga yang begitu terkenal karena bentuk dan kemenarikannya ini, ternyata menyimpan sebuah hal yang begitu menarik seperti bentuknya, yakni memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Walaupun kebanyakan dari orang hanya mengenal bunga ini dari bijinya saja yakni dikenal dengan sebutan kwaci, ternyata masih ada lagi manfaat dan khasiatnya yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh, seperti misalnya dapat menyembuhkan penyakit. Lalu kira-kira apa saja manfaatnya ? Silahkan disimak berikut ini.

1. Bunga matahari bermanfaat untuk mengobati penyakit rematik

Kandungan yang terdapat didalam bunga matahari ini bisa dimanfaatkan dalam menyembuhkan penyakit rematik yang sedang anda derita. Penerapannya sendiri, adalah hanya cengan merebus kepala dari bunga matahari ini secukupnya, serta ditambahkan dengan jahe merah. Tunggu rebusan tersebut menjadi mengental. Selanjutnya tinggi anda tambahkan dengan sedikit air putih, dan kemudian tempelkan pada area yang terkena rematik secara rutin setelah ramuan tersebut dingin.

2. Bunga matahari bermanfaat untuk mengobati bisul

Masalah bisul memanglah terkadang begitu menggangu, rasa sakit dan nyeri yang dirasakan bisa membuat anda menjadi tidak dapat menjalani aktivitas dengan normal. Namun masalah bisul ini bisa dibantu meredaknnya dengan bantuan bunga matahari. Dengan cara mengambil beberapa kepala bunga matahari. Selanjutnya tumbuklah hingga halus bunga matahari tadi. Selanjutnya tambahkan minyak mijen secukupnya dan aduk hingga rata. Tempelkanlah pada area dimana bisul anda terdapat.

3. Bunga matahari bermanfaat untuk mengobati radang payudara

Radang payudara bagi kebanyakan wanita memanglah harus diperhatikan dan dilakukan perawatan dengan segera. Karena bisa saja menjadi petanda dari penyakit lainnya yang bisa saja lebih berbahaya. Namun salah satu obat yang bisa anda pilih dalam mengatasi radang ini ialah bunga matahari. Dengan cara menumbuk secara halus bunga matahari. lalu kemudian tambahkan dengan minyak wijen, dan mengoleskannya pada area yang sakit secara rutin.

4. Bunga matahari bermanfaat untuk mengobati sakit kepala

Penerapan bunga matahari didalam mengobati sakit kepala ternyata tidaklah sulit. Anda hanya cukup mengambil beberapa bunga matahari, lalu kemudian merebusnya. Selanjutnya tambahkanlah dengan jahe merah secukupnya dan 1 butir telur ayam kampung yang kuningnya tidak pecah. Selanjutnya tunggulah air rebusan tersebut hanya tersisa separoh dari takaran awalnya. Selanjutnya saring, dan minumlah ramuan ini sebanyak 2 x alam sehari setelah makan.

5. Bunga matahari bermanfaat untuk mengobati pusing

Penerapannya hanya dengan menggiling biji dari bunga matahari. Lalu selanjutnya anda tinggal mengsangrai biji matahari, yang sudah sebelumnya dikupas kulitnya. Selanjutnya seduhlah dengan air hangat, dan minumlah ramuan ini selagi masih hangat agar manfaatnya semakin maksimal.

6. Bunga matahari bermanfaat untuk mengobati sakit gigi

Masalah sakit gigi memanglah menimbulkan rasa yang amat tidak nyaman. Apalagi jika seandainya sudah tengah malam, maka rasa sakit yang ditimbulkan memang amat mengganggu. Salah satu ramuan alami yang bisa anda ambil ialah bunga matahari. Yakni dengan cara merebus bunga matahari dengan jahe merah, yang ditambahkan dengan air yang secukupnya.

7. Bunga matahari bermanfaat untuk mengobati batuk

Masalah karena adanya bakteri diara tenggorokkan atau sesuau yang menggung tenggorokkan lainnya, yang mana menyebabkan timbulnya rasa gatal hingga berakhir dengan batuk. Batuk sendiri adalah cara normal tubuh dalam memberikan reflek yang tak sehat di area tenggorokkan. Namun jika sudah berlebihan, tentu saja sangat menggangu. Dan ramuan yang satu ini bisa anda coba dalam mengatasinya. Yaitu dengan cara merebus bunga matahari dengan gula batu, dan meminumnya secara teratur.

8. Bunga matahari bermanfaat untuk mengatasi asma

Masalah asma bagi mereka yang menderi memanglah begitu merepotkan. Dan terkandang bisa kambuh kapan saja. Obat alami satu ini bisa anda pilih dalam membantu meringankan hingga mengatasi penyakit asma yang sedang anda derita. Caranya dengan cara merebus bunga matahari dengan campuran jahe. Dan minumlah ramuan ini secara teratur agar efeknya semakin maksimal

9. Bunga matahari bermanfaat untuk mangatasi sesak nafas

Sesak nafas terkadang bisa disebabkan oleh beragam hal. Yang mana masalah pada area pernafasan ini pada kondisi-kondisi tertentu bisa saja kambuh yang pada akhirnya menyebabkan si penderita begitu merasa terganggu. Cobalah untuk mengkonsumsi ramuan yang satu ini untuuk mengatasi masalah sesak nafas. Yaitu anda hanya perlu meminum air rebusan dari bunga matahari dan juga jahe merah secara teratur dan rutin.

10. Bunga matahari bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi memang menjadi sebuah momok yang begitu mengerikan bagi sebagian orang. Apalagi bagi mereka yang pernah menderitanya. Karena bisa saja menjadi pemicu beragam penyakit berbahaya dan mematikan. Obat tradisional dan alami juga kerap kali dipilih dalam mengatasi ini, salah satunya dengan memanfaatkan air rebusan dari bunga matahari. Lalu mencampurkannya dengan rambut jagung serta gula secukupnya. Konsumsilah ramuan ini secara teratur.

11. Bunga matahari bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker lambung

Kanker memanglah termasuk kedalam salah satu penyakit mematikan bagi manusia didunia. dan salah satu jenis kanker yang begitu amat mematikan ialah kanker lambung, yang apabila tidak dilakukan penanganan serius bisa berakibat fatal. Selain mencoba pengobati dari dokter, orang-orang juga mencoba membantu dalam mencegahnya dengan cara meminum air rebusan dari bunga matahari. Yang mana bisa membantu mencegah datangnya penyakit ini.

12. Bunga matahari bermanfaat untuk mengatasi maag, kembung dan juga nyeri lambung

Rasa sakit karena maag, memanglah terkadang tak tertahankan. Oleh sebab itu harus sesegera mungkin meminum obatnya. Dan solusi alami yang bisa anda pilih untuk membantu dalam mengatasi masalah maag adalah dengan bantuan air rebusan bunga matahari dan beberapa ramuan lainnya. Caranya rebuslah bunga matahari, dengan menambahkan beberapa bahan seperti kapulaga, adas, dan juga ketumbar. Dan minumlah secara rutin. Selain maag, ramuan ini juga bisa mengatasi nyeri lambung, dan juga kembung.

13. Bunga matahari bermanfaat untuk mengobati sakit perut, dan sakit pada ulu hati

Salah satu penanganan alami yang dapat anda terapkan guna untuk mengatasi masalah sakit pada perut, dan juga ulu hati ialah dengan memanfaatkan ramuan yang terbuat dari bunga matahari. Caranya, hanya cukup mengeringkan bunga matahari di sinar matahari atau juga bisa mengovennya. Selanjutnya tumbuh, dan seduhnya tumbukan dari bunga matahari kering tadi. Minumlah ramuan ini sebanyak 3 kali dalam seharinya.

14. Bunga matahari bermanfaat untuk mengatasi susah buang air kecil dan BAB

Apakah saat sekarang ini anda sedang mengalami masalah susah BAB dan BAK ? Mungkin ramuan alami satu ini bisa membantu anda. Caranya silahkan siapkan akat dari bunga matahari, dan selanjutnya campurkan daun kumis kucing serta daun ubi jalar didalam sebauh rebusan. Tunggulah hingga menyisakan separoh dari jumlah air pada awalnya. Dan minumlah dengan rutin.

15. Bunga matahari bermanfaat untuk mangatasi infeksi pada saluran kemih

Rasa sakit dan nyeri pada area saluran kemih atau dibawah perut memanglah harus diatasi. Karena bisa jadi ini menjadi petanda dari penyakit lainnya. Salah satu obat alaminya bisa menggunakan air rebusan dari akar bunga matahari yang ditambahkan dengan sedikit gula merah. Minumlah ramuan ini secara rutin agar efeknya semakin maksimal.

16. Bunga matahari bermanfaat untuk mengobati sakit perut saat datang bulan

Masalah datang bulan mungkin bagi sebagian wanita menjadi sebuah masalah yang serius. Apalagi jika diiringi oleh rasa nyeri pada area perut yang begitu amat mengganggu. Salah satu obat alami, untuk membantu mangatasi masalah ini ialah bunga matahari. Caranya hanya cukup merebus bungamatahari, sambiloto dan juga daun sendok. Lalu minumlah air rebusan ketiga bahan tersebut secara teratur.

17. Bunga matahari bermanfaat untuk mengatasi masalah keputihan

Keputihan bagi kebanyakan wanita memang menjadi masalah begitu menggangu. Dan salah satu solusi dalam mengatasi masalah ini ialah dengan meminum air rebusan dari campuran bunga matahari dengan beberapa bahan lainnya. Seperti misalnya buang angco merah, dan juga buah angco hitam. Minumlah ramuan ini secara teratur.

18. Bunga matahari bermanfaat untuk mengatasi lemas paska melahirkan

Saat melahirkan seorang wanita tentu saja akan menggunakan seluruh tenaganya dalam menjalani proses ini. Dan tentu saja seorang wanita akan menjadi lemas setelah selesai melahirkan, apalagi untuk melahirkan denagn proses normal. Namun air rebusan dari batang bunga matahari bisa membantu dalam mengatasi masalah ini. Dan membuat wanita sehabis melahirkan kembali kuat seperti sedia kala.

19. Bunga matahari bermanfaat untuk mengatasi pendarahan

Masalah pendarahan, sehabis mengalami sebuah luka memang harus segera ditangani dan diobati. Agar masalah fatal tak terjadi selanjutnya. Salah satu solusinya ialah dengan meminum ramuan dari bunga matahari dan juga akar rimpang teratai dengan teratur. Agar masalah pendarahan bisa segera dihentikan.

20. Bunga matahari bermanfaat untuk mengobati penyakit hernia

Hernia merupakan sebuah tonjolan yang berupa kantong yang berdinding peronium melalui sebuah defek pada dinding perut seseorang. Dan masalah ini sering kali ditandai dengan adanya benjolan pada daerah inguinal hingga meluas sampai ke daerah skrotum. Namun masalah ini bisa dibantu dengan cara meminum air rebusan dari akar bunga matahari yang dicampurkan dengan biji jeruk dan juga biji mangga kering secara teratur.

Penting : Dilarang meminum bunga matahari bagi wanita hamil !!!!

Cara Pengolahan Bunga Matahari

Manfaat Bunga Matahari untuk kesehatan tubuh

Merebusnya :

  • Siapan bunga matahari seperlunya (bunga, batang, akar atau biji)
  • Selanjutnya panaskan air hingga mendidih
  • Dan masukkan bagian bunga matahari yang diperlukan
  • Tunggu selama beberapa saat
  • Hingga hanya menyisakan air dari rebusan tersebut setengah saja
  • Saring dan dan konsumsilah

Obat Luar :

  • Siapkan bunga matahari yang diperlukan (bunga, batang, akar atau biji)
  • lalu rebuslah hingga mengental
  • Atau juga bisa dengan menggilingnya langsung
  • Dan oleskan para area yang sakit

Mengekstraknya :

  • Siapkan bunga matahari seperlunya
  • Jemur hingga kering
  • Atau juga bisa dengan mengovennya
  • Kemudian tumbuk hingga halus
  • Dan silahkan masukkan kedalam kapsul
  • Atau juga bisa dengan menyeduhkan seperti teh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *