Manfaat Bunga Pepaya bagi kesehatan

21 Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Yuklihat.com – Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan ternyata tak kalah dari buahnya. Tumbuhan pepaya sendiri termasuk kedalam tumbuhan yang begitu populer di Indonesia, apalagi untuk buahnya. Banyak orang yang menggemari dari buah yang berwarna orange ini saat matang. Tanaman yang bernama latin Carica papaya ini, dari dulunya memang terkenal karena memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatabn, mulai dari buahnya, akar dari batangnya, daunnya, hingga sampai ke bunganya sendiri.

Baca Juga : 23 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Yang mana banyak bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Dan tak jarang banyak orang yang rela untuk menanam papaya di perkarangan rumah mereka, atau lebih memilik untuk rutin membelinya di pasar. Jika mengenai buahnya saja suah begitu banyak orang mengetahui tentang manfaatnya. Namun kali ini ada yang sedikit berbeda, yakni dari bunga pepaya, yang tentunya tak semua orang mengetahui tentang manfaat besar yang terkandung dari bunga pepaya ini.

Baca Juga : 16 Manfaat Daun Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

Bunga dari pepaya ini sering kali diolah didalam berbagai masakan, mulai dari menumisnya merebusnya hingga sampai menggulai nya dengan campuran berbagai tambahan lainnya. Bunganya sendiri hanya bisa diambil untuk pohon pepaya yang jantang saja, ukurannya kecil-kecil dan berbentuk seperti terompet, serta jumlahnya selalu banyak didalam satu tangkai.

Bunganya ini nantinya akan besar dan berubah menjadi buah pepaya. Bunga pepaya sendiri memiliki rasa yang pahit saat dimasak, namun jika seandainya orang yang mengolahnya pandai dalam memasaknya, maka rasa sayur ini tak akan kalah sedap dengan sayuran yang pada umumnya.

Kandungan bunga pepaya

Manfaat Bunga Pepaya untuk tubuh

Kandungan bunga pepaya sendiri cukuplah beragam dan banyak sekali nutrisi yang terdapat didalamnya. Misalnya saja kandungan senyawa Alkaloid Capein, yang mana menyebabkan rasa pahit pada bunga pepaya, namun rasa pahit itu akan bisa hilang jika orang yang mengolahnya untuk menjadi masakan pandai dalam menghilangkannya. Selain senyawa Alkoloid Carpein ini, ternyata masih ada lagi berbagai zat-zat atau kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh manusia. Apa sajakah itu ? Yuk Lihat dibawah ini

Memiliki kandungan Energi sebesar 45 kkal /100 gr nya
Memiliki kandungan Protein sebesar 2,6 gr /100 gr nya
Memiliki kandungan Lemak sebesar 0,3 gr /100 gr nya
Memiliki kandungan Karbohidrat sebesar 8,1 gr /100 gr nya
Memiliki kandungan Kalsium sebesar 290 mg /100 gr nya
Memiliki kandungan Fosfor sebesar 113 mg /100 gr nya
Memiliki kandungan Zat Besi sebesar 4,2 mg /100 gr nya
Memiliki kandungan Vitamin A sebesar 0 IU /100 gr nya
Memiliki kandungan Vitamin B1 sebesar 0,01 mg /100 gr nya
Memiliki kandungan Vitamin C sebesar 23,3 mg /100 gr nya

Manfaat bunga pepaya

Manfaat Bunga Pepaya untuk kecantikan

Manfaat bunga pepaya mungkin tidak semua orang mengetahui tentang ini semua. Karena hal yang paling sering membuat banyak orang tidak suka dengan bunga dari buah yang rasanya manis ini ialah rasanya yang pahit. Yang sering kali alasan tersebutlah yang dikemukakan untuk menolak ajakan mengkonsumsi bunga pepaya. Padahal dibalik itu, banyak sekali kandungan yang terdapat didalamnya, benar-benar bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang terdapat didalam bunga pepaya bagi kesehatan manusia. Yuk lihat!

1. Bunga pepaya membantu untuk melancarkan sistem pencernaan

Kandungan yang terdapat didalam bunga pepaya dalam membantu dalam melancarkan pencernaan yang ada didalam tubuh manusia. Yang mana hal tersebut nantinya akan memperlancarkan fungsi dari organ tubuh tersebut dengan cara yang optimal. Selain itu, kandungan nutri yang membantu dalam memperlancar fungsi pencernaan akan membuat metabolismu pada tubuh akan menjadi semakin lancar lagi.

2. Bunga pepaya membantu untuk memperbaiki nafsu makan

Jika seandainya anak anda sedang mengalami masalah kesulitan makan, maka bunga pepaya bisa menjadi solusi yang tepat dan alami dalam mengembalikan nafsu anak anda yang hilang tersebut. Penggunaan bunga pepaya pada tujuan ini memang sudah banyak sekali dilakukan dan diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Dan hasil yang diberikannya juga cukup ampuh dalam mengembalikan seperti sedia kala nafsu makan seseorang.

3. Bunga pepaya membantu dalam menangkal radikal bebas

Didalam bunga pepaya terdapat unsur-unsur yang memegang peran dalam menjadi antioksidan alami. Antioksidan sendiri sangat bermanfaat untuk menangkal masukan radikan bebas kedalam tubuh manusia. Radikal ini sendiri berasal dari adanya polusi asap kendaran, dan polusi lainnya, yang mana pada akhirnya menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit yang berbahaya pada tubuh.

4. Bunga pepaya membantu untuk melancarkan pembuluh darah

Jika seandainya anda mengalami tekanan darah yang tinggi, maka masukkanlah bunga pepaya didalam menu makanan anda sehari-hari. Karena bunga pepaya sendiri memiliki peran yang cukup aktif didalam membantu untuk menormalkan kembali tekanan darah seseorang. Kandungan yang terdapat didalamnya, sangatlah bermanfaat untuk mengatur kembali sirkulasi dari darah yang ada didalam tubuh. Lalu kemudian nantinya akan kembali melancarkan peredaran darah tersebut.

5. Bunga pepaya membantu dalam menjauhkan tubuh dari penyakit kanker

Senyawa yang bernama flavanoid dan juga antioksidan yang terkandung didalam bunga pepaya, memanglah dapat berfungsi sebagai penangkal masuknya zat radikal bebas kedalam tubuh kita. Yang mana zat ini menjadi salah satu penyebab seseorang terkena berbagai macam jenis penyakit dari kanker. Flavanoid serta antioksidan juga memiliki fungsi lain, yang mana bisa untuk menstabilkan sistem imun yang ada didalam tubuh manusia.

6. Bunga pepaya membantu untuk mengobati diabetes

Bunga papaya sendiri, sudah dipercaya dapat untuk menurunkan kadar dari insulin yang ada didalam tubuh kita, Yang mana ini menjadi penyebab utama seseorang, mengalami yang namanya penyakit diabetes. Walaupun mengenai penelitian secara ilmiah, masih belum menemukan bukti pasti bahwa bunga pepaya dari menyembuhkan penyakit diabetes yang diderita seseorang. Akan tetapi orang zaman dulu, banyak yang percaya.

Bahwa dengan mengkonsumsi bunga pepaya, maka bisa memberikan efek yang positif didalam mengontrol gula darah yang ada pada tubuh. Seorang dokter yang bernama Dr. Shika Sharma, mengungkapkan bahwa dia mendapatkan manfaat yang positif dari bunga pepaya dalam menyembuhkan penyakit diabetes yang ia derita. Dia mengungkapkan bahwa didalam bunga pepaya terkandung beragam vitamin dan juga unsur-unsur yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit ini.

7. Bunga pepaya membantu untuk menurunkan berat badan

Bunga pepaya memiliki banyak manfat, yakninya mengandung nutrisi berupa serat, vitamin B, A, dan juga C yang cukup. Walaupun jika dibandingkan dengan buahnya, masih kalah dengan buahnya sendiri. Namun bunga pepaya juga dapat membantu seseorang dalam, menurunkan berat badannya. Hanya dengan cara memasukkan bunga pepaya kedalam menu sehat, lalu mengimbanginya selalu dengan gaya hidup yang sehat. Maka bunga pepaya akan membantu dalam mewujudkan mimpi diet anda.

8. Bunga pepaya membantu untuk menurunkan kolesterol

Bunga pepaya juga terbukti ampuh dalam menurunkan kolesterol seseorang. Yang mana semua itu dikarenakan bunga pepaya kaya akan antioksidan dan juga folat, yang mana itu semua sangat berpengaruh sekali dalam menurunkan kadar kolesterol seseorang. Dengan selalu rutin mengkonsumsi bunga pepaya ini, maka asupan dari folat dan juga antiokdan dapat membantu tubuh melawan kolesterol jahat.

9. Bunga pepaya membantu untuk mencegah penyakit stroke

Didalam bunga pepaya terdapat kandungan yang cukup tinggi, yang mana fungsinya sangat berguna sekali didalam memberikan pencegahan dari terkenanya penyakit stroke, yang mana hal tersebut berdampak buruk pada sirkulasi darah didalam tubuh kita. Yang tentunya akan membuat kita semakin sehat.

10. Bunga pepaya membantu untuk mencegah terjadinya penyakit jantung

Dikarenakan didalam bunga pepaya terkandung zat-zat, senyawa, dan kandungan yang begitu baik untuk memperlancar peredaran darah kita. Maka hal tersebut juga memiliki efek baik untuk kesehatan jantung. Dan pada akhirnya bisa membantu tubuh untuk mengatasi serangan jantung.

11. Bunga pepaya membantu kerja dari ginjal

Ginjal sendiri memiliki fungsi yang cukup vital bagi tubuh kita, yang mana untuk menyaring darah yang kotor dalam tubuh, sehingga bisa kembali dialirkan ke seluruh tubuh yang sudah bersih. Dengan selalu secara rutin mengkonsumsi bunga pepaya ini, maka efek baiknya ialah dapat mempermudah kerja dari ginjal kita tersebut, didalam menyaring darah. Dan tidak terlalu berat lagi didalam melakukan tugasnya.

12. Bunga pepaya membantu untuk meredakan nyeri saat haid

Setiap wanita, tentu saja akan mengalami yang mana fase menstruasi, yang sering kali fase ini ditandi dengan munculnya rasa sakit serta nyeri pada area pinggang dan juga bagian perut. Akibatnya rasa nyeri ini membuat tubuh tak nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas. Namun masalah ini bisa teratasi dengan adanya bunga pepaya, yang mana manfaatnya bisa mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh haid ini.

13. Bunga pepaya membantu untuk menghilangkan jerawat

Bukan hanya memiliki efek yang baik saja terhadap kesehatan tubuh, namun ternyata bunga pepaya sendiri juga memiliki manfaat yang tak kalah memukau untuk mengatasi jerawat. Anda hanya perlu membuatnya menjadi masker, secara rutin pada setiap harinya, dan lihatlah efek baik yang ditimbulkan oleh bunga pepaya ini.

14. Bunga pepaya membantu untuk mengencangkan organ kewanitaan

Setelah proses melahirkan selesa, biasanya para wanita pada bagian organ kewanitaannya akan menjadi longgar. Dan untuk mengatasi masalah ini, anda bisa dengan rutin mengkonsumsi bunga pepaya. Yang mana bisa dengan olahan jamu, dengan cara mencampurkannya dengan jahet, madu, dan juga kuning telur. Jamu ini bisa membantu anda kembali untuk mengencangkan organ kewanitaan, dengan cara memunumnya secara rutin.

15. Bunga pepaya membantu untuk membentuk sistem penglihatan janin

Para ibu hamil, bisa mendapatkan manfaat lebih dari bunga pepaya untuk janinnya. Karena didalam bunga pepaya memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Dan hal ini memiliki manfaat yang baik untuk janin para ibu yang sedang hamil, yang mana bisa memunuhi kebutuhan vitamin A, dan membuat pembentukan sistem penglihatannya menjadi lebih baik.

16. Bunga pepaya membantu untuk menjaga kesehatan tulang

Tulang memanglah membutuhkan asupan dari fosfor dan kalsium yang baik, agar nantinya bisa tetap sehat serta dapat terus berfungsi dengan baik. Dan kabar baiknya, ternyata didalam bunga pepaya terkandungn dua nutrisi tersebut dengan baik, yakni kalsium dan juga fosfor yang bisa dipenuhi.

17. Bunga pepaya membantu untuk mengobati penyakit maag

Sakit maag memanglah sangat menggangu sekali, karena nantinya rasa sakit yang muncul bisa kapan saja dan dimana saja. Dan akibatnya mempengaruhi aktivitas kesehatian. Senyawa yang bernama antioksidan didalam bunga pepaya dapat membantu untuk meredakan rasa sakit yang mengganggu ini, sehingga bisa berkurang secara bertahap.

18. Bunga pepaya membantu untuk mencegah sembelit

Sembelit, atau sulit dalam buang air besar bisa dijadikan petanda bahwa ada yang salah dengan kesehatan organ pencernaan anda. Namun disamping itu, penyebab lain dari sembelit ini ialah kuranganya asupa serat yang ada didalam tubuh, akibatnya tinja begitu sulit untuk didorong melalui usus. Namun anda bisa mencoba bunga pepaya dalam mengatasi masalah ini. Yang mana dengan selalu mengkonsumsinya dengan rutin maka, manfaatnya akan terasa.

19. Bunga pepaya membantu untuk mencegah penyakit demam berdarah

Demam berdarah sendiri merupakan sebuah kondisi dimana, trombosi didalam darah menurun dengan sangat drastis. Dan hal ini bisa dibantu dengan mengkonsumsi bunga pepaya secara rutin. Karena didalam bunga pepaya ini terkandung enzim papain, yang begitu baik untuk meningkatkan kadar trombosit pada darah.

20. Bunga pepaya membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh

Kandungan vitamin dan juga mineral yang cukup tinggi dari bunga pepaya, bisa membantu tubuh dalam meningkatkan imunitasnya, sehingga nantinya tubuh kita tak lagi mudah  untuk sakit.

21. Bunga pepaya membantu untuk meningkatkan vitalitas

Kandungan beragam nutri yang cukup kaya, membuat tubuh bisa memenuhi beragam vitamin dan juga meneral, yang mana kandungan tersebut bisa ditumui pada bunga pepaya. Oleh sebab itu mengkonsumsi bunga pepaya dengan baik dapat meningkatkan vitalitas bagi tubuh.

Pengolahan bunga pepaya

Manfaat Bunga Pepaya bagi kesehatan

Menumis

  • Siapkan bunga pepaya secukupnya
  • Lalu siapkan minyak goreng, yang sudah dipanaskan di kompor
  • Selanjutnya siapkan juga bahan-bahan yang biasa digunakan untuk menumis
  • Tumislah bunga pepaya hingga empuk, sama dengan cara menumis sayur lainnya, dan hidangkan

Merebusnya

  • Silahkan siapkan bunga pepaya secukupnya
  • Lalu kemudian masukkan kedalam air mendidih, bunga pepaya tersebut
  • Jangan lupa jika ingin tambahkan sedikit garam, agar ada rasa gurihnya
  • Tiriskan, dan hidangkan dengan berbagai lauk lainnya

Menghilangkan rasa pahit pada bunga pepaya

  • Siapkan bunga pepaya, dan juga asam jawa
  • Lalu panaskan panci yang berisi air didalamnya
  • Selanjutnya rebuslah bunga pepaya dengan asam jawa tersebut
  • Jangan sampai bunga pepayanya terlalu matang
  • Dan tiriskan, lalu silahkan olah kedalam masakan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *