Manfaat Cengkeh untuk kesehatan

23 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Yuklihat.com – Manfaat cengkeh untuk kesehatan mungkin tidak begitu umum untuk diketahui oleh banyak orang. Namun padahal didalam cengkeh memanglah beragam manfaat yang begitu bermanfaat bagi tubuh manusia. Tanaman cengkeh sendiri sring kali disebut sebagai tanaman apotik hidup, yang mana bisa mengatasi berbagai macam penyakit yang ada pada tubuh. Mengenai manfaat dari tanaman cengkeh ini memanglah tidak bisa lagi untuk diragukan kebenarannya.

Baca Juga : 16 Manfaat Daun Manggis Untuk Kesehatan Tubuh

Karena sudah banyak dilakukan penelitian mengenai hal ini. Dan bahkan orang-orang dulu sudah mempercayai tentang banyaknya manfaat dari tumbuhan cengkeh untuk kesehatan. Misalnya saja cengkeh sering digunakan sebagai obat didalam mengatasi masalah sakit gigi yang cukup ampuh. Selain itu, cengkeh sendiri menjadi tanaman yang banyak di incar oleh bangsa eropa karena khasiatnya itu, dan bahkan dulunya tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang amat mahal.

Baca Juga : 52 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Sifat cengkeh yang hangatlah yang membuat bangsa eropa berlomba-lomba untuk mengambil cengkeh dari Nusantara, untuk dibuat menjadi minuman serta berbagai olahan lainnya untuk menghangatkan tubuh. Bagi masyarakat nusantara sendiri, cengkeh sering kali dimasukkan kedalam campuran masakan khas, minuman dan juga rokok. Kandungan minyak atsiri yang ada pada cenngkeh sering kali digunakan sebagai obat tradisional masyarakat Indonesia.

Selain dimanfaatkan untuk kesehatan dan masakan, minyak cengkeh juga turut dicari sebagai salah satu bahan pembuatan parfum karena memiliki aroma yang khas serta menghangatkan. Lalu apa sajakah menfaat lain dari cengkeh ini bagi kesehatan ? Berikut adalah beberapa manfaat cengkeh untuk kesehatan. Yuk Lihat

Kandungan Didalam Cengkeh

Manfaat Cengkeh untuk tubuh

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat apa saja yang terkandung didalam cengkeh ini. Alangkah lebih baik jika terlebih dahulu kita mengenal tentang apa saja kandungan yang terdapat didalamnya, yang mana tentu saja sangat bermanfaat untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa senyawa atau zat yang terkandung didalam tanaman cengkeh silahkan disimak.

-Cengkeh mengandung Minyak asiri 16-20%
-Cengkeh mengandung Flavanoid
-Cengkeh mengandung Eugenol 80-82%
-Cengkeh mengandung Asetil Eugenol
-Cengkeh mengandung Kariofilen
-Cengkeh mengandung Furfural
-Cengkeh mengandung Metal-amilketon
-Cengkeh mengandung Vanillin
-Cengkeh mengandung Kariofilen
-Cengkeh mengandung Tannin
-Cengkeh mengandung Gom
-Cengkeh mengandung Serat
-Cengkeh mengandung Air
-Cengkeh mengandung Asam Galatanat
-Cengkeh mengandung Kalsium Oksalat
-Cengkeh mengandung Kalium
-Cengkeh mengandung Natrium
-Cengkeh mengandung Fosfor
-Cengkeh mengandung Zat Besi
-Cengkeh mengandung Vitamin A dan C

Manfaat Cengkeh

Manfaat Cengkeh untuk kecantikan

Cengkeh merupakan tumbuha yang termasuk kedalam keluarha Myrtaceae, yang mana pohonnya dapat tumbuh hingga mencapai tinggi sekitar 45 meter. Dan disaat ia mekar, maka nantinya batang dari cengkeh ini akan mengeluarkan sebuah aroma yang begitu khas dan harum. Cengkeh sendiri, termasuk tumbuhan yang tumbuh subur dengan ciri-ciri rimbun, dan berbentuk seperti segitiga memanjang.

Lalu untuk letak dari daunnya sendiri, adalah berhadapan, dengan bentuk bundang seperti telur sungsang hingga melonjong. Pangkal daunnya juga berbentuk seperti lancip, ujung pada bagian daunnya berbentuk lancip, hingga sampai tumpul, dan pada bagian atas permukaan daunnya terlihat begitu mengkilap. Selain ciri fisiknya yang khas, ternyata tanaman cengkeh memiliki manfaat banyak cukup banyak sekali bagi kesehatan. Berikut adalah beberapa diantaranya. Yuk Lihat !

1. Cengkeh bermanfaat untuk mengatasi masalah sakit gigi

Selama berabad-abad, minyak dari cengkeh ini memanglah dipercaya begitu ampuh dalam mengatasi masalah sakit gigi. Cara yang bisa dilakukan cukup mudah, yakni hanya dengan mengoleskan minyak cengkeh ini, pada bagian lubang tempat dimana sakit gigi tersebut. Dan hasil yang diperoleh benar-benar luar biasa. Kandungan yang terdapat didalam cengkeh ini, dapat membantu didalam membunuh bakteri dan sangat ampuh dalam mengatasi sakit gigi.

2. Cengkeh bermanfaat untuk mencegah peradangan

Berbagai macam zat aktif yang terkandung didalam tanaman cengkeh memang memiliki manfaat yang beragam. Misalnya zat aktif flavanoid, yang mana dapat dengan mudah ditemui pada minyak asli dari cengkeh. Flavanoid ini sendiri bisa bekerja dengan sifat yang anti inflamasi, sehingga nantinya bisa dimanfaatkan untuk mengurangi terjadi peraangan dan juga penyakit seperti misalnya rematik. Rasa hangat yang dirasakan dari minyak ini bisa menjadi ekspekroran, yang mana mampu untuk mengatasi dan mengobati berbagai macam peradangan.

3. Cengkeh bermanfaat untuk mengatasi gangguan pernapasan

Cengkeh yang sifat ampuh dalam menghangatkan juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pada gangguan pernapasan anda. Hangatnya minyak cengkeh ini memanglah bisa memberikan efek baik didalam mengatasi gangguanm pada sistem pernapasan anda. Misalnya saja seperti sesak nafas, tinggal mengoleskan pada area dada dan tenggorokan, maka masalah anda ini bisa diatasi.

4. Cengkeh bermanfaat untuk mengatasi rasa mual dan muntah

Cengkeh sendiri memiliki zat atau senyawa yang mana bisa meminalisir datangnya rasa muntah dan mual pada perut anda. Selain dari cengkehnya sendiri, zat ini juga terdapat didalam minyaknya, dan dapat dengan mudah  untuk membantu anda mengatasi keluhan dengan rasa mual dan muntah.

5. Cengkeh bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan

Cengkeh bisa dimanfaatkan untuk membantu anda dalam melancarkan sisitem percernaan, yang mana nantinya akan sangat membantu sekali, didalam meringankan masalah seperti misalnya diare, sakit perut dan gas pada usus. Namun mengenai cara penggunaannya haruslah diperhatikan, jangan sampai asal saja takarannya, karena zatnya yang kuat cukup mampu untuk membuat lambung menjadi iritasi.

6. Cengkeh bermanfaat untuk mengatasi pilek

Masalah pilek memanglah sangat menggangu sekali, apalagi disaat saat yang penting dan memerlukan suara yang sehat. Namun masalah ini ternyata juga bisa diatasi dengan menggunakan minyak cengkeh. Anda hanya cukup mencampurkan minyaknya dengan madu lalu meminumnya sekitar satu hingga dua kali didalam seharinya, agar bisa memberikan efek yang hangat. Selain itu, dengan mengoleskan minyak ini pada hidung, juga akan tetap membantu didalam meringankan rasa pilek yang diderita.

7. Cengkeh bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap hangat

Sifat dari cengkeh yang bisa menghangatkan tubuh, sering kali dimanfaatkan untuk sebagai salah satu obat gerbal yang ditujukan untuk masalah tersebut. Cara pengaplikasiannya pun tidaklah sulit, anda bisa mengunyahnya langsung, atau bahkan juga bisa dengan mengoleskan minyaknya pada bagian tubuh yang terasa dingin, dan secara efektif nantinya akan memberikan rasa hangat pada tubuh.

8. Cengkeh bermanfaat untuk mengatasi sinusitis

Sudah ada berbagai penelitian yang meneliti terkait dengan hal ini, yakni manfaat cengkeh didalam mengatasi masalah sinusitis. Yang mana bisa mengatasi masalah yang begitu rumit sinusitis ini. Caranya anda hanya cukup mengambil bubuk cengkeh ini, lalu aplikasikan pada hidung anda.

9. Cengkeh bermanfaat untuk menyehatkan jantung

Sudah menjak lama sekali, penyakit yang satu ini menjadi sebuah momok yang begitu menakutkan bagi kebanyakan orang. Namun kandungan yang bernama Eugenol yang terdapat didalam cengkeh ini, ternyata bisa dimanfaatkan dalam mencegah pembekuan pada darah, yang mana digunakan untuk mencegah terjadinya penyakit jantung serta Stroke.

10. Cengkeh bermanfaat untuk meredakan batuk

Hanya dengan mengunyah cengkeh ternyata bisa bermanfaat untuk mengatasi masalah batuk, yang disebabkan oleh adanya rasa gatal pada area tenggorokan. Rasanya disaat anda mengunyah mungkin akan terasa sedikit geti dan juga pahit, namun kandungan yang terdapat didalamnya bisa mengencerkan dahak anda dan meredakan batuk.

11. Cengkeh bermanfaat untuk meringankan infeksi saluran pernafasan

Didalam cengkeh terdapat berbagai macam kandungan yang menjadi antioksidan. Serta juga terdapatnya berbagai macam zat yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit serta juga ampuh dalam membunuh kuman, yang mana menjadi penyebab utama dari masalah infeksi pada saluran pernapasan seseorang.

12. Cengkeh bermanfaat untuk mengatasi jerawat

Minyak dari cengkeh menjadi salah satu bahan herbal yang ampuh didalam mengatasi masalah jerawat yang dialami oleh seseorang. Cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaatnya dalam mengatasi jerawat hanyalah dengan cara mengoleskan pada area jerawat anda. Lalu kemudian jerawat anda akan hilang, karena kandungan zat dari minyak cengkeh yang dapat membunuh berbagai kuman dengan bantuan dari zat antimikroba dari minyak cengkeh tersebut.

13. Cengkeh bermanfaat untuk mengatasi noda dan guratan di kulit

Minyak herbal cengkeh, memanglah memilik manfaat yang beragam sekali, salah satunya adalah dapat membantu untuk menghilangkan noda dan juga guratan pada area kulit, yang mana sebelumnya disebabkan oleh luka dan masalah lainnya. Minyak ini bisa membantu kulit seserang agar jadi lebih lembut dan nantinya agar tak tampak jelek karena adanya guratan.

14. Cengkeh sebagai sumber antioksidan

Minyak esensial dari cengkeh, memanglah sangat kaya akan mineral, fosfor, zat besi, natrium, dan vitamin A dan C. Dan sangat jarang sekali herbal yang berbentuk minyak memiliki kandungan antioksidan yang baik dalam menjaga kesehatan dari kulit dan juga wajah manusia.

15. Cengkeh bermanfaat untuk menjadi kondisioner

Minyak pada cengkeh bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebgai kondisioner alami, yang mana manfaatnya dapat memperbaiki berbagai macam masalah yang dialami oelh rambut. Seperti misalnya menghitamkan tambuit kembali, mengatasi masalah rambut kering dan lain sebagainya.

16. Cengkeh bermanfaat untuk mencegah rontoknya rambut

Minyak cengkeh juga bisa dimanfaatkan untuk kesehatan rambut lainnya, yakni bisa untuk mencegah kerontokan pada rambut, yang pada akhirnya menyebabkan terjadi kebotakan. Cara yang bisa dilakukanpun cukuplah mudah. Anda hanya cukup mengoleskan pada kulit kepala, dan tunggu sekitar 5 sampai 15 menit lamanya, lalu kemudian bilas hingga bersih.

17. Cengkeh bermanfaat untuk anti bakteri dan anti jamur

Cengkeh dengan manfaat alaminya bisa bermanfaat secara efektif dalam melawan bakteri, terutama pada bagian perut dan juga kuman pada mulut. Selain itu kandungan sebuah zat yang bernbama eugenol didalam cengkeh juga memiliki sifat antijamur yang mana efektif dalam mengatasi masalah penyakit kulit, yang disebabkan oleh cacing cincin.

18. Cengkeh bermanfaat untuk perangsang seksual

Secara tradisional, cengkeh memiliki sifat yang bernama afrodisiak, yang mana bermanfaat untuk menaikkan nafsu syahwat. Dan semua itu dipertegas dengan adanya hasil penelitian yang mengungkapkan bahwa cengkeh memang memiliki manfaat tersebut. Selain bisa merangsang secara seksual, cengkeh juga dapat bermanfat dalam mengatasi masalah ejakulasi dini.

19. Cengkeh bermanfaat untuk menghitamkan alis mata

Cengkeh juga dipercaya memiliki manfaat untuk menghitamkan alis mata seseorang, caranya cukup ambil 5 sampai 7 biji bunga cengkeh lalu kemudian bakarlah sampai hangus. Selanjutnya tumbuklah hingga halus dan kemudian tambahkan juga dengan minyak kemiri lalu oleskan pada area alis mata.

20. Cengkeh bermanfaat untuk mengobati Campak

Caranya hanya dengan mengambil sebayak 10 buji dari bunga cengkeh, lalu selanjutnya rendamlah dengan air matang selama semalam, selanjutnya tambahkan sedikit gula batu dan aduk. Lalu minumlah secara teratur. Agar manfaatnya bisa dengan cepat diperoleh.

21. Cengkeh bermanfaat untuk menghilangkan bau mulut

Masalah bau mulut memang terkadang sangat menggangu bagi kebanyakan orang. Disaat acara pentingpun banyak orang yang berusaha mengatasinya dengan berbagai macam cara. Dan ternyata ada cara alami yang bisa digunakan dalam mengatasi masalah ini yakni dengan cengkeh. Caranya cukup merebut cengkeh dengan air,  lalu kemudian saring, dan kumur-kumurlah dengan itu.

22. Cengkeh bermanfaat untuk mengatasi kembung

Masalah perut kembung sangatlah menggangu. Anda bisa mangatasinya dengan cengkeh, yakni meminum air rebusan dari cengkeh sekitar 2 sampai 3 kali dalam seharinya.

23. Cengkeh bermanfaat untuk obat masuk angin

Masuk angin ternyata juga bisa diatasi dengan bantuan dari cengkeh, caranya anda hanya cukup meneteskan sebanyak 10 tets minyak cengkeh, kedalam air 50 cc. Lalu kemudian tambahkanlah madu secukupnya, dan aduk. Minumlah ramuan ini sekitar 2-3 kali dalam seharinya.

Cara mengolah cengkeh

Manfaat Mengunyah Cengkeh

Merebus

  • Ambillah beberapa butir cengkeh
  • Lalu kemudian rebus dengan air secukupnya
  • Saring dan ambil airnya saja
  • Cara ini bisa anda minum langsung, atau juga bisa untuk kumur-kumur
  • Anda bisa menambahkan beberapa bahan lainnya untuk meminumnya
  • Seperti misalnya madu, gula baru, dan lainnya

Mengoleskan minyaknya

  • Siapkanlah minyak cengkeh
  • Oleskan pada area yang anda inginkan
  • Misalnya pada perut, tenggorokan atau bahkan dada
  • Agar mendapatkan kehangatan

Membuatnya menjadi sebuk/bubuk

  • Ambil cengkeh dan jemurlah hingga kering
  • Lalu tumbuh cengkeh tersebut
  • Setelah halus anda bisa menyeduhnya, atau juga bisa mengaplikasikan pada area tubuh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *