manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan

23 Manfaat Daun Ubi Jalar Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Yuklihat.com – Tanaman ubi jalar atau yang juga dikenal sebagai ubi rambar merupakan sebuah tanaman yang bernama latin Ipomoea L. Yang mana jeni umbi-umbian ini sering di olah umbinya sebagai salah satu makanan yang sering dipandang rendah. Padahal manfaat yang terkandunga didalamnya, sama sekali tak dapat dianggap remeh untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini juga sering dibudayakan, dan diambil umbinya untuk dioleh dengan cara direbus atau juga bisa dimasukkan kedalam campuran makanan lainnya.

Baca Juga : 21 Manfaat Ubi Jalar Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bahkan beberapa darah didunia juga memanfaatkan jenis ubi ini sebagai salah satu makanan pokok mereka yang digunakan untuk menggantikan nas atau jagung. Semua itu dikarenakan kandunga karbohidrat dari tanaman ini begitu tinggi untuk kesehatan tubuh kita. Dan bahkan banyak orang yang masih belumj mengetahui tentang manfaat dari tumbuhan ini. Namun yang akan kita bahas kali ini bukanlah dari umbinya.

Baca Juga : 17 Manfaat Ubi Ungu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Namun ialah dari daun tanaman ubi jalar ini. Yang mana masyarakat indonesia sering mengolahnya menjadi sayur yang enak. Selain itu, bagi mereka yang ahli obat tanaman, juga bisa menafaatkan daun ubi jalar ini sebagai salah satu tanaman herbal. Dan semua itu tak terlepas dari manfaatnya dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari penyakit yang bisa dibilang ringan hingga sampai ke yang berat.

Kandungan Daun Ubi Jalar

manfaat daun ubi jalar untuk kecantikan

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang manfaat dan khasiat yang terkandung dari daun ubi jalar ini. Alangkah lebih baiknya kita lihat dulu. Apa-apa saja kandungan yang dimiliki oleh daun ubi jalar ini untuk kesehatan tubuh. Yang mana tanaman ini umbinya sering kali dianggap makanan kampung, dan untuk daunnya sering kali dibuang begitu saja, dan bahkan dijadikan makan ternak. Padahal memiliki kandungan begitu luar biasa. Berikut adalah beberapa kandungan yang tertanam didalam daun ubi jalar ini. Silahkan disimak dibawah ini.

-Daun ubi jalar memiliki kandungan protein
-Daun ubi jalar memiliki kandungan kalsium
-Daun ubi jalar memiliki kandungan zat besi
-Daun ubi jalar memiliki kandungan karoten
-Daun ubi jalar memiliki kandungan lutein
-Daun ubi jalar memiliki kandungan vitamin E
-Daun ubi jalar memiliki kandungan vitamin C
-Daun ubi jalar memiliki kandungan vitamin B1
-Daun ubi jalar memiliki kandungan vitamin B2
-Daun ubi jalar memiliki kandungan vitamin B6
-Dll

Itulah dia beberapa kandungan yang begitu mendominasi daun ubi jalar, yang mana semua itu begitu bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Selanjutnya mari kita bahas lebih dalam lagi, tentang apa saja manfaat dan khasiat dari daun ubi jalar ini. Seperti apa ? Yuk lihat berikut ini

Manfaat Daun Ubi Jalar

manfaat daun ubi jalar untuk obat

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang kandungan apa saja yang terdapat pada daun ubi jalar. Namun sekarang ini adalah saatnya untuk mengupas tentang apa saja manfaat yang diberikan oleh tanaman yang satu ini. Yang mana tentunya akan sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh, dan bisa dijadikan obat. Seperti apa saja khasiat dan manfaat dari daun ubi jalar ? Silahkan disimak berikut ini :

1. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mengatasi bengkak

Jika seandainya anda mempunya masalah kesehatan, yang mengakibatkan munculnya bengkak atau bahkan memar ? Mungkin solusi yang daapt anda pilih dalam mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan daun dari ubi jalar. Caranyapun cukuplah muda. Anda hanya perlu untuk mengambil beberapa helai daun ubi jalar muda, lalu menggilingnya. Selanjutnya tempelkanlah pada area yang bengkak dan memar. Maka kasiat yang ada didalam daun ubi jalar ini bisa mengatasi bengkak tersebut.

2. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mengatasi bisul

Bisul sendiri merupakan sebuah benjolan yang muncul pada kulit dengan bentuk yang memerah dan begitu terasa sakit serta didalamnya ada nanah yang mana pada akhirnya menyebabkan timbulnya peradangan. Penyakit dari bisul ini memang benar-benar menyakitkan sekali, apalagi disaat munculnya di area bokong. Namun salah satu obat alami dalam mengatasinya adalah dengan menggunakn daun ubi jalar. Caranya anda hanya cukup memanaskan daun ubi jalar hingga layu. Lalu selanjutnya tempelkanlah pada area bisulnya.

3. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mengobati demam berdarah

DBD atau demam berdara, merupakan salah satu jenis penyakit demam akut yang mana disebabkan oleh adanya virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Namun salah satu solusi yang bisa digunakan dalam mengatasi demam ini adalah menggunakan obat tradisional dari ubi jalar dengan cara. Anda hanya perlu untuk mengambil daun ubi jalar muda dan rebuslah hingga mendidih. Lalu selanjutnya minumlah air rebusan tersebut setiap 2x dalam seharinya.

4. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mencegah mabuk saat berkendara

Bagi sebagian orang, melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan seperti mobil, kapal atau pesawat, bisa menjadi sebuah momok yang cukup menakutkan. Karena timbulnya rasa mabuk saat berkendara tersebut. Yang mana pada akhirnya menyebabkan timbulnya rasa mual dan juga muntah-muntah hingga sampai lemas. Namun salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan daun dari ubi jelar. Caranya anda hanya cukup merebus daun ubi ini. Lalu selanjutnya memakannya saat perjalanan.

5. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mengatasi mata rabun

Mata rabun ialah sebuah kondisi gangguan para mata yang mana membuat fungsi dari mata menjadi tidak berjalan dengan baik dan menyebabkan penglihatan menjadi rabun. Obat alami yang bisa digunakan dalam mengatasi masalah ini adalah dengan daun ubi jalar. Caranya anda hanya perlu mengambil segenggam daun ubi jalar ini. Lalu melumatnya dan mencampurkan dengan 3 sendiok air hangat serta 3 sendok madu. Dan minumlah air tersebut secara rutin.

6. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mengatasi sakit tenggorokan

Sakit pada area tenggorokokkan, radang pada tenggorokkan, atau yang juga sering disebut dengan nama faringitis, merupakan sebuah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh infeksi oleh virus atau bakteri. Gejala awalnya sering kali disertai dengan adanya batuk atau pilek pada tubuh. Namun salah satu solusi alami yang dapat mengatasi masalah ini ialah bisa menggunakan daun ubi jalar. Caranya, anda hanya cukup menyduh daun yang sudah terlebih dahulu dikeringkan, seperti halnya teh.

7. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mengobati cacingan pada anak

Gangguan kesehatan akibat adanya parasit jenis cacing pada tubuh kita ialah penyakit yang dinamakan dengan cacingan. Walaupun ganggaun kesehatan yang satu ini sering diderita oleh anak-anak, namun orang dewasa tak menutup kemungkinan untuk menderitanya pula. Jangan sampai anda menganggap remeh penyakit yang satu ini. Karena bisa menyebabkan berbagai hal, seperti malas beraktivitas, temas lemas, menurunnya IQ, hingga anemia. Salah satu cara alami yang dapat anda pilih ialah menggunakan daun ubi jalar. Dengan cara menyduh daunnya dan meminum secara rutin pada setiap harinya.

8. Daun ubi jalar bermanfaat untuk susah BAB atau sembelit

Susah BAB atau juga dikenal dengan nama sembelit, merupakan sebuah konsisi gangguan yang terjadi pada sisitem percnernaan seseorang, yang mana orang yang menderitanya akan kesulitan dalam buang air besar. Gangguan kesehatan pada sistem pencernaan ini bisa diatasi dengan bantuan dari daun ubi jalar. Dengan cara merebus daunnya, lalu meminum air rebusan tersebut, sebanyak dua sampai tiga kali didalam seharinya.

9. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mencegah diabates

Diabetes merupakan sebuah penyakit yang terjadi karena tubuh tidak dapat menghasilkan insulin, yakni sebuah hormon yang berfungsi untuk mengatur gula darah, Oleh sebab itulah nantinya si penderita akan mengalami peningkatan gula darahnya. Namun masalah ini bisa dibantu dengan daun ubi jalar, yang mana memiliki manfaat untuk menurunkan gula darah seseorangf dengan cara meminum air rebusan daunnya, atau juga bisa menjadikan daunnya sebagai lalapan.

10. Daun ubi jalar bermanfaat untuk menaikkan trombosit

Apakah anda sedang mengalami penurunan Trombosit ? Faktor penurunan ini memanglah banyak sekali, misalnya saja, karena penyaruh dai obat tettentu, leukimia, halamilan dan persalinan, demam berdarah, cacar air dan sebagainya. Namun didalam beberapa kasus ternyata penurunan trombosit ini juga bisa mengakibatkan sebuah resiko yang fatal. Solusi yang dapat anda pilih ialah bisa menggunakan daun ubi jalar, dalam menaikkan kembali trombosit anda. Hanya cukup dengan merebus dan meminum aiarnya secara teratur, maka masalah trombosit yang turun bisa teratasi.

11. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mengobati radang lambung

Tukak atau radang pada lambung merupakan sebuah gangguan yang terjadai pada dinding lambung dan usus si penderitanya. Dan biasanya ini semua memiliki gelaja dengan adanya rasa perih dan juga nyeri pada perut. Oleh sebab itulah anda bisa memilih ubi jalar untuk mengatasinya. Dengan memanfaatkan daun ubi ini menjadi sayur atau meminum air rebusannya dengan rutin, maka masalah radang lambung anda bisa diobati.

12. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mengatasi penyakit arthritis

Arthritis sendiri merupakan sebuah penyakit yang kronis, dan terjadinya pada semua umur. Walaupun lebih banyak diderita oleh orang yang berusia 55 tahun keatas. Kondisi ini akan menyebabkan terjadinya pembengkakan dan juga kekakuran pada area sendi. Shingga nantinya si penderita jika ingin menggerakkan sendirinya akan teras begitu kaku serta sakit. Obat tradisional yang bisa membantu untuk mengatasi masalahg ini ialah dengan daun ubi jalar, yang diolah dengan cara memasaknya atau merebusnya.

13. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mengobati asam urat

Asam urat sendiri merupakan sebuah ganggaun yang terjadi pada are persendirian kita, seperti munculnya rasanya linu, nyeri kesemutan hingga sampai adanya sebuah pembengkakkan dan merasang. Biasanya kondisi seperti ini datang disaat pagi hari, hingga sampai saat tidur pada malam harinya yang memiliki suhu dingin. Namun masalah ini bisa anda atasi dengan menggunakan daun ubi jalar, yakni dengan meminum air rebusan dari daun tersebut secara rutin.

14. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mengobati bronkitis

Bronkitis ialah sebuah infek yang terjadi pada area saluran udara utama yang terdapat pada paru-paru atau juga disebut dengan bronkus yang mana menyebabkan terjadinya peradangan serta inflamasi pada saluran udara tersebut. Kondisi yang seperti ini termasuk kedalam penyakit pada saluran pernapasan. Dan daun ubi jalar merupakan salah satu solusi yang bisa anda pilih dalam mengatasi masalah ini yang begitu menggangu. Caranya dengan selalu mengkonsumsi air rebusan dari daun ubi jalar ini secara rutin, agar dapat membantu untuk menyembuhkan penyakit bronkitis ini.

15. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mengatasi kanker

Kanker merupakan sebuah istilah yang sering kali digunakan untuk sebuah penyakit yang mana terjadi karena adanya sel-sel abnormal, yang membelah tanpa adanya kontrol saa sekali, dan akhirnya mempu untuk menyerang jaringan lain pada tubuh. Sel-sel tersebut nantinya akan selalu menyebar ke bagintubuh, melalui darah si penderitanya, hingga sistem limfe. Kandungan didalam daun ubi jelar bisa membantu dalam menyembuhkan beberapa jenis kanker, karena adanya kandungan antioksidan betakaroten dan nutrisi baik lainnya.

16. Daun ubi jalar bermanfaat untuk kesehatan dari jantung

Organ jantung adalah sebuah organ yang sangat begitu vital bagi tubuh manusia, yang mana tugasnya sendiri selalu memberikan pompaan pada darah agar selalu mengalir keseluruh tubuh, jika seandainya ini bermasalah, maka yang ada hanya akan menyebabkan sebuah masalah yang lebih serius. Didalam daun ubi jalar terdapat beberapa nutri baik, seperti adanya Potassium, dan juga vitamin B6, yang mana dapat berfungsi untuk menyeimbangi cairan elektrolit pada tubuh, sehingga nantinya jantung akan semakin sehat dari berbagai penyakit.

17. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mencegah Stroke

Penyakit yang satu ini memanglah membuat banyak orang mimpi buruk jika mendengar namanya. Yang mana dikarenakan terjadinya penyumbatan pada area pembuluh darah. Yang mana jika tak segera ditangani akan menimbulkan sebuah masalah yang begitu serius bagi tubuh. Stroke ini bisa dicengah dengan selalu mengkonsumsi daun ubi jalar dengan baik, karena manfaat yang diberikannya bisa memberikan pencegahan dari penyakit Stroke, serta membantu untuk menyehatkan jantung.

18. Daun ubi jalar bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh

Manfaat lainnya dari daun ubi jalar ialah dapat membantu untuk selalu menjaga kekebalManfaat lainnya dari daun ubi jalar ialah dapat membantu untuk selalu menjaga kekebalan dari tubuh kita. Yang mana semua ini dikarenakan kandungan zat besi yang terdapat diadalam daun ubi jalar. Zat besi ini bermanfaat untuk memproduksi sel darah putih sehingga nantinya tubuh semakin tahan dari berbagai ganggaun.

19. Daun ubi jalar bermanfaat untuk selalu menjaga mood

Jika seandainya anda sering mengalami perubahn mood yang begitu drastis sewaktu-waktu. Mungkin hal seperti ini akan membuat orang terdekat anda menjadi terganggu. Nutris vitamin yang cukup banyak didalam daun ubi jalar bisa bermanfaat untuk selalu menjaga mood anda dengan baik.

20. Daun ubi jalar bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan

Daun ubi jalar bisa bermanfaat untuk selalu menjaga sistem pencernaan dalam kondisi yang baik. Semua itu dikarenakan tingginya serat serta magnesium yang terdapat didalam daun ubi jalar, yang mana bisa membantu organ pencernaan seperti misalnya saja pada lambung dan juga usus agar selalu sehat.

21. Daun ubi jalar bermanfaat untuk mencegah anemia

kekurangan sel darah merah atau juga disebut dengan anemia. Memanglah tidak boleh dianggap sepele. Apalagi jika seandainya anda mengalami beberapa gejala seperti tidak nafsu makan, malas, kepala terasa pusing, pucat, dan mudah letih. Maka alangkah baiknya anda memperhatikan ini. Salah satu solusi alami yang bisa membantu untuk mencegah datangnya anemia ialah menggunakan daun ubi jalar. Semua itu dikarenakan kandungan zat besi yang begitu kaya didalamnya, sehingga trombisi darah lebih bisa dirangsang untuk pembentukannya, dan dapat mencegah datangnya anemia.

22. Daun ubi jalar bermanfaat untuk sumber antioksidan alami

Senyawa antioksidan merupakan salah satu kelompok dari mineral, enzin, dan vitamin, yang mana bertugas untuk membantu dalam melincungi tubuh dari adanya radikal bebas. Dan didalam daun ubi jalar terdapat kandungan polifeno yang kaya, sehingga bisa membantu untuk pembentukan antioksidan secara alami, dan selalu menjaga sistem imun tubuh tetap baik.

23.Daun ubi jalar bermanfaat untuk meningkatkan produksi asi

ASI atau air susu ibu, adalah sebuah cairan yang penu akan gizi yang bisa membantu untuk melindungi batu dari penyakit dan melawan penyakit. Dan bagi seorang ibu yang sedang menyusui anaknya, keseimbangan dari gizi-gizi yang terdapat didalam asi ini memanglah harus selalu dijaga dengan baik. Agar bayinya selalu sehat dan berada pada tingkat yang terbaik. Daun ubi jalar, ternyata juga memiliki manfaat utnuk meningkatkan produksi ASI bagi seorang ibu. Namun, carilah daun ubi jalar yang masih alami, tanpa adanya pertisida (yang berbaha bagi bayi).

Cara Pengolahan Daun Ubi Jalar

pengolahan daun ubi jalar untuk obat

Merebusnya

  • Siapkan daun ubi jalar secukupnya
  • Panaskan panci yang berisikan air
  • Masukkan daun ubi jalar dan rebuslah
  • Jika sudah matang, saring dan minumlah airnya

Memasukkan kedalam masakan

  • Masaklah masalah seperti biasanya
  • Disaat masakan tersebut setengah matang
  • Maka masukkan daun ubi jalar ini
  • Dan sebaiknya masakan yang anda masakah adalah menjelas gulai atau tumis

Menempelkan pada bagian masalah tubuh (Bisul/luka luar)

  • Siapkan daun ubi jalar secukupnya
  • Panasnya hingga kering
  • Tambahkan sedikit air
  • Lalu tempelkan pada bagian tubuh yang bermasalah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *