Manfaat Daun Salam untuk kesehatan

25 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted on

Yuklihat.com – Manfaat daun salam, mungkin menjadi sebuah hal yang tidak semua orang mengetahui. Padahl sebenarnya daun yang sering kali digunakan sebagai salah satu bahan campuran untuk penyedap rasa pada masakan ini. Memiliki beragam sekali manfaat dan khasiatnya. Daun salam sendiri biasanya sering kali digunakan untuk campuran pada masakan rumahan, atau bahkan sampai ke bumbu-bumbu restoran bintang lima.

Baca Juga : 21 Manfaat Bunga Pepaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Biasanya para ahli masak, koki, atau ibu-ibu yang menggunakan daun salam ini sebagai salah satu penyedap pada masakannya. Akan menggunakan daun salah dalam dua bentuk. Yang mana berbentuk daun salam yang masih segar, serta yang kedua adalah sudah dalam bentu daun salam yang kering. Daun salam sendiri memang sudah begitu menjadi primadona untuk dijadikan bumbu-bumbu masakan.

Baca Juga : 23 Manfaat Cengkeh Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Namun ternyata dibalik itu, daun salam sendiri memiliki manfaat yang begitu baik untuk kesehatan tubuh serta kecantikan. Dan bahkan hingga ada yang bisa menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu. Kira-kira apa saja manfaat yang terkandung didalam daun salam ini ? Namun sebelum itu, sebaiknya terlebih dahulu kita melihat tentang apa saja kandungan-kandungan zat dan senyawa baik yang terdapat didalamnya. Berikut adalah rincihannya. Yuk Lihat !

Daftar Isi (Cepat)

Kandungan Daun Salam

Manfaat Daun Salam untuk obat

Kandungan daun salam memanglah cukup beragam, yang mana semua itu memiliki manfaat-manfaat yang begitu baik untuk kesehatan tubuh kita. Walaupun biasanya banyak orang, mulai dari ibu rumah tangga, hingga sampai koki di restoran bintang lima menggunakan daun yang satu ini untuk dijadikan bahan penyedap pada masakan mereka yang begitu memiliki efek yang terasa pada masakan. Namun taukan kamu tentang kandungan apa saja yang terdapat didalam daun salam ini ? Kalau belum ? Yuk Lihat berikut ini.

-Daun salam memiliki kandungan Antioksidan
-Daun salam memiliki kandungan Rutin
-Daun salam memiliki kandungan Salisilat
-Daun salam memiliki kandungan Asam Caffeic
-Daun salam memiliki kandungan Fitonutrien
-Daun salam memiliki kandungan Flavanoid
-Daun salam memiliki kandungan Asam Laurat
-Daun salam memiliki kandungan Vitamin A
-Daun salam memiliki kandungan Vitamin C
-Daun salam memiliki kandungan Quercetin
-Daun salam memiliki kandungan Euganol
-Daun salam memiliki kandungan Catechin
-Daun salam memiliki kandungan Phytonutrient

Selain beberapa kandungan diatas, masih banyak lagi zat-zat dan senyawa baik yang terdapat didalam daun salam. Namun hanya dalam jumlah yang sedikit, namun walaupun begitu tetap saja bermanfaat bagi tubuh kita ini. Dan selanjutnya ini, adalah tentang manfaat dan khasiat yang terkandung didalam daun salam. Yuk lihat !

Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam untuk diabetes

Daun salam memiliki kandungan yang cukuyp kaya aka senyawa vitamin dan juga mineral yang memiliki manfaat begitu baik untuk kesehatan. Tanaman ini sering kali dipercaya oleh orang-orang Yunani dan juga Romawi, sebagai sebuah tanaman yang melambangkan perlindungan, kedamaian, dan juga kebijaksanaan. Dan berikut ini adalah manfaat yang dimiliki oleh daun salam. Silahkan disimak.

1. Daun salam bermanfaat untuk kesehatan pencernaan

Hanya dengan meminum air rebusa ari daun salam ini, maka kita akan bisa mendapatkan manfaat yang beguna agar selalu bisa menjaga kesehatan pencernaan kita. Kandungan mineral dan juga vitamin yang ada didalamnya, mampu untuk memberikan kelancaran dan juga mencegah terjadinya masalah pada sistem percernaan kita. Penerapannya sendiri, kamu hanya perlu untuk merebus sebanyak 15 hingga 20 lembat daun salam ini, didalam 1/2 liter air putih. Dan resbulah bahan tersebut, lalu minumlah.

2. Daun salam bermanfaat untuk mengatasi hipertensi

Manfaat yang begitu membantu orang-orang yang berusia lanjut dari daun salam, ialah membantu mereka dalam mengatasi masalam hipertensi atau juga sering disebut sebagai darah tinggi. Walauapun begitu, penyakit yang tergolong berbahaya ini juga kerap diderita oleh mereka yang masih muda. Namun masalah tersebut bisa dibantu dengan adanya daun salam, yang mana bisa bermanfaat untuk mengatasi penyakit ini. Kandungan senyawa salisilat, rutin, fitontrien, dan juga asam caffeic yang begitu kuat pada daun salam, bisa membantu untuk meningkatkan kesehatan dari jantung kita. Maka oleh sebab itulah sering-seringlah mengkonsumsi daun ini.

3. Daun salam bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung

Selain manfaat yang diberikan oleh daun salam bisa untuk mengatasi masalam hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ternyata kandaungan mineral yang begitu bermanfaat tersebut, juga bisa bermanfaat dalam selalu menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung kita. Prinsip kerjanya sendiri, nantinya daun salam ini akan memperlancarkan perdaran darah dari jantung keseluruh tubuh, dan begitu juga sebaliknya. Walaun rasanya sedikit pahit, namun anda bisa menambahkan madu atau gula batu, kedalam rebusan daun salam ini, lalu minumlah secara rutin.

4. Daun salam bermanfaat untuk mengatasi sembelit dan diare

Kandungan vitamin dan juga mineral yang cukup tinggi pada daun salam ini, memiliki manfaat yang begitu berguna dalam mengatasi masalah sembelit yang sedang anda alami, atau bahkan diare. Anda hanya perlu merebus daunnya dengan air seperlunya, lalu meminumnya. Tapi jika seandainya anda tidak suka dengan rasa air rebusan saja, maka tambahkanlah madu atau gula batu kedalamnya.

5. Daun salam bermanfaat untuk mengobati asam urat

Asam urat sendiri merupakan salah satu penyakit yang menyerang area persendian kita, dan disaat seseorang menderita penyakit ini, akan terasa begitu sakit dan nyeri sekali pada area sendi mereka. Namun masalah ini ternyata juga bisa diatasi dengan bantuan daun salam. Yakni karena adanya kandungan flavanoid serta tannin didalamnya, yang membantu untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit sendi ini.

6. Daun salam bermanfaat untuk mengobati diabetes

Penyakit yang terjadi karena insulin yang dihasilan oleh prankeas yang tidak berfungsi dengan baik ini, sering kali menjadi momok yang begitu menakutkan bagi banyak orang. Bahkan penyakit diabates sendiri menjadi penyakit ke 2 yang mematikan didunia, apabila tidak ditangani dengan begitu serius. Dan daun salam sendiri, bisa membantu meringankan penyakit ini bagi anda yang menderitanya. Yang mana daun salam terbukti ampuh dalam menurunkan kadar glukosa pada darah. Biasanya daun salam akan dibuat kedalam bentuk bubuk, lalu kemudian dimasukkan kedalam kapsul atau juga bisa langsung menyeduhnya seperti teh.

7. Daun salam bermanfaat untuk mengurangi kadar kolesterol jahat

Pada dasarnya ada dua jenis kolesterol yang ada pada tubuh manusia, yakni kolesterol baik dan juga kolesterol jahat. Dan kolesterol jahat inilah yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang begitu buruk, jika tidak cepat ditangani. Namun nutrisi yang terdapat didalam daun salan bisa membantu dalam mengatasi kelebihan kolesterol jahat ini. yakni anda hanya perlu merebus daun ini didalam 3 gelas, hingga nantinya hanya tersisa 1 gelas saja. Lalu kemudian minumlah ramuan tersebut dua kali dalam sehari.

8. Daun salam bermanfaat untuk pencegah kanker

Dengan terdapatnya beberapa jenis senyawa seperti asam caffeic, euganol, catechin, dan juga quercetin didalam daun salam, ternyata zat-zat dan senyawa tersebut dapat memiliki peran baik untuk melawan kanker yang ada didalam tubuh si penderita. baik itu kanker yang sudah tetap, ataupun yang baru menjadi cikal bakal. Selain itu, zat bernama phytonutrient juga memiliki manfaat yang baik dalam menahan proliferasi pada sel kanker serviks. Pengaplikasiannya pun tidaklah sudah, anda hanya perlu menambahkan dalam salam ini sebanyak 2 lembar kedalam setiap masakan anda. Atau pilihan lainnya, juga bisa yakni dengan membuat daun salam ini menjadi teh lalu menyeduhnya.

9. Daun salam bermanfaat untuk obat flu, pilek dan batuk

Jika seandainya untuk berbagai macam penyakit sebelumnya yang bisa dibantu oleh daun salam ini haruslah ditumbuk terlebih dahulu. Namun untuk menjadi obat flu, pilek dan juga batu, anda hanya perlu mengkompres air rebusan daun salam ini. Rendamlah sebuah kain atau handuk didalam air rebusan daun salam, lalu kemudian gunakan kain tersebut untuk menjadi kompres pada bagian hidung atau bahkan dada anda.

10. Daun salam bermanfaat untuk mengatasi masalah ginjal

Meminum air rebusan dari daun salam, ternyata juga bisa bermanfaat untuk membantu dalam mengatasi infeksi atau batu pada ginjal. Minumlah ramuan ini sebanyak dua kali didalam satu harinya, agar nantinya hasil yang didapatkan semakin maksimal. Dan mengenai kondisi meminumnya sendiri, minumlah ramuan tersebut disaat masih sedang hangatnya.

11. Daun salam bermanfaat untuk mengatasi masalah rambut

Beragam masalah rambut, seperti misalnya ketombe, rontok, kutu dan berbagai masalah lainnya, ternyata bisa dibantu dengan daun salam. Cara penerapannya sendiri cukuplah mudah. Anda hanya harus mebilas rambut anda dengan air rebusan dari daun salam ini disaat keramas. Lalu kemudian lakukanlah sedikit pijatan pada kulit kepala anda, disaat membilasnya.

12. Daun salam bermanfaat untuk mengobati sakit mata

Mungkin banyak dari anda yang sedang bermasalah dengan kesehatan mata. Seperti misalnya sakit karena adanya virus, bakteri dan juga lainnya. Maka daun salam bisa menjadi solusi yang tepat untuk itu semua. Anda hanya perlu merebus daun salam ini, lalu kemudian basuhlah mata anda dengan perlahan menggunakan air rebusan tersebut.

13. Daun salam bermanfaat untuk mencegah datangnya maag akut

Penyebab yang sering kali menjadi latar belakang timbulnya maag kronis adalah datangnya stress yang berkepanjangan. Selain itu penyebab lainnya ialah dari mengkonsumsi obat-obatan yang terlarang, seperti misalnya kokain, serta juga meminum minuman yang ber alkohol dan merokok. Dan penyakit maag kronis ini juga bisa disembuhkan dengan cara alami, yakni denagn menggunakan daun salam. Caranya hanya cukup merebus daun salam, lalu kemudian meminumnya secara rutin.

14. Daun salam bermanfaat untuk meredakan rasa sakit

Selain kerap dijadikan bahan masalah, daun salam juga memiliki manfaat yang begitu baik dalam meredakan rasa nyeri yang diderita seseorang. Baik itu rasa nyeri yang dikarenakan penyakit atau lainnya. Anda hanya perlu mempersiapkan air rebusan dari daun salam ini, lalu kemudian masukkan kedalam gelas dan minumlah aiar tersebut. Selain meminumnya secara langsung, anda juga dapat menambahkan madu atau gula batu didalamnya. Agar rasanya lebih enak.

15. Daun salam bermanfaat untuk mengobati diare secara alami

Diare, sering kali menjadi masalah begitu menyebalkan jika terjadi disaat-saat penting. Dan solusi yang sering kali diberikan oleh banyak orang adalah dari jambu biji. Namun ternyata daun salam juga memiliki manfaat yang sama dengan jambu biji. Yakni dapat membantu mengatasi masalam Diare. Caranya rebuslah daun salam, dengan ditambahkan sedikit garam. Tiriskan dan tunggulah hingga dingin. Lalu kemudian minumlah ramuan tersebut.

16. Daun salam bermanfaat untuk mengatasi radang tenggorokkan

Apakah kamu termasuk orang-orang yang sedang menderita radang ternggorokkan ? Maka salah satu solusi alaminya adalah dengan mengkonsumsi daun salam. Caranya anda hanya perlu merebus daun salam ini sebanyak 10 hingga 15 buah daunnya. Selanjutna tiriskan dan konsumsilah ramuan tersebut. Agar hasilnya semakin maksimal, maka rutinlah meminumnya.

17. Daun salam bermanfaat untuk merangsang kehamilan

Didalam daun salam terkandung asal folat yang begitu baik untuk wanita hamil. Namun selain itu, ternyata daun salam juga menjadi tanaman baik yang bermanfaat untuk memberikan rangsangan kehamilan. Kandunagn dari asam folat ini nantinya akan bermanfaat bagi ibu yang sedang berada pada periode penconception atau 3 bulan sebelum dan sesudah kehamilan. Dan manfaat lainnya dari asam folat adalah untuk mencegah terjadinya bayi yang cacat.

18. Daun salam bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tubuh seseorang memanglah berbeda denagn orang lainnya, ada yang kuat dan ada yang lemah. Dan daun salam disini juga memiliki manfaat baik dalam meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Kandunagn vitamin dan berbagai zat lainnya, bisa bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Cara penerapannya adalah dengan memasukkan daun salam kedalam masakan anda.

19. Daun salam bermanfaat untuk mencegah dan mengobati penyakit kulit

Anda memiliki masalah dengan penyakit kulit, yang begitu mengganggu dan membuat anda tidak PD dalam beraktivitas, maka anda bisa memilih tanaman daun salam untuk mengobati sakit kulit anda serta mencegahnya datang kembali. Caranya, hanya dengan cara menumbukkan dengan halus, lalu menambahkan sedikit air, dan kemudian oleskan pada area kulit anda yang terkena penyakit kulit.

20. Daun salam bermanfaat untuk obat mencret

Mungkin banyak anak anda yang mengalami masalah gangguan pada sistem pencernaannya, maka daun salam bisa menjadi solusi dari itu semua. Yang mana menjadi obat herbal alami yang cocok menangani masalah ini. Caranya hanya dengan mengambil beberapa helai daun salam, lalu merebusnya. Selanjutnya minumlah air rebusan tersebut secara teratur agar hasilnya semakin maksimal

21. Daun salam bermanfaat untuk mengobati mimisan

Manfaat lainnya yang terdapat dari daun salam, adalah bisa menjadi obat alami disaat anda mengalami mimisan. Efek yang diberikannyapun hampir sama dengan daun siri. Caranya anda hanya cukup menghaluskan sebanyak dua atau tiga lembar dari daun salam ini, tambahkan air dan rebus dalam 200ml air. Rebuslah hingag menyisakan setengah. Saringlah airnya, dan minumlah ramuan ini.

22. Daun salam bermanfaat untuk meredakan kulit stress

Selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata daun salam juga memiliki manfaat lebih untuk kecantikan, yakni bisa membantu dalam mengatasi masalah kutli stress, dan membuatnya menjadi lebih kencang. Cara penerapannya cukuplah mudah, anda hanya cukup menggiling daun salam ini hingga menjadi seperti bubur, lalu selanjutnya oleskan pada kulit anda yang terkena stress, diamkan selama beberapa jam, dan bilaslah dengan air. Lakukanlah kegiatan ini secara rutin.

23. Daun salam bermanfaat untuk memutihkan gigi

Warna gigi yang kekuningan memanglah berarti kurang sehatnya gigi anda saat itu. Dan penyebabnyapun beragam, mulai dari alkohol, minuman soda, hingga rokok. Namun daun salam bisa menjadi silusi dalam mengatasi masalah ini. Caranya jemurlah beberapa helai daun salan, dan siapkan kulit jeruk. Lalu tumbukkan kulit jeruk dengan daun salam. Selanjutnya gosokkan hasil tumbukkan kedua ramuan tersebut pada gigimu.

24. Daun salam bermanfaat untuk menghuoangkan kutu pada rambut

Kutu memanglah menjadi parasit yang begitu menggangu bagi manusia. Apalagi jika berada di kepala, maka akan sangat merasa ternggangu sekali mereka yang menderita hal tersebut. Namun daun salam bisa menjadi solusi alami dalam mangatasi masalah ini. Caranya hanya dengan merebus daun salam, dan selanjutnya basuhlah kulit kepala anda dengan air rebusan tersebut, biarkan selama 3-4 jam, dan kemudian bilaslah dengan air bersih.

25. Daun salam bermanfaat untuk menyedapkan masakan

Mungkin manfaat ini menjadi manfaat yang begitu umum untuk diketahui dari daun salam. Apalagi bagi anda yang menjadi ibu rumah tangga, pasti sudah tidak asing lagi dengan daun salam. Penerapannya sendiri cukuplah mudah, dengan memasukkan beberapa helai dari daun salam kedalam masalah anda, yang pada umumnya adalah gulai. Agar nantinya memberikan sebauh aroma dan rasa yang khas.

Pengolahan Daun Salam

Manfaat Daun Salam untuk kecantikan

Merebusnya :

  • Siapkan beberapa helai daun salam
  • Selanjutnya panaskan air, dan rebuslah daun salamnya
  • Lalu tiriskan dan pastikan anda menyisakan setengah dari air resbusannya
  • Masukkan kedalam gelas
  • Anda juga bisa menambahkan madu atau gula batu seuai selera

Menggilingnya :

  • Siapkan beberapa helai daun salam
  • Cucilah bersih
  • Lalu tumbuh hingga halus atau juga bisa memblendernnya
  • Tambahkan air dan oleskan pada bagian kulit anda yang bermasalah

Membuat jadi sebuk/bubuk :

  • Cucilah daun salam
  • Jemur/oven hingga kering
  • Blender atau tumbuh hingga halus
  • Masukkan kedalam kapsul
  • Atau juga bisa dibuat menjadi teh untuk diseduh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *