Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

,

33 Manfaat Jahe Bagi Kesehatan dan Pengolahannya

Yuklihat.com – Mendengar nama jehe mungkin anda yang mendengarnya sudah begitu tau dan familiar dengan tanaman yang satu ini. Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale, merupakan salah satu jenir rempah-rempah yang memiliki bentuk rimpan, yang sangat begitu mudah untuk ditemui dipasar-pasar tradisional indonesia. Dimana tanaman yang satu ini sering digunakan sebagai salah satu campuran bumbu yang ada pada masakan, minuman atau jamu.

Baca Juga : 20 Manfaat Minyak Biji Bunga Matahari Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Seperti yang sudah diketahui, bahwa didalam jahe ini memiliki sebuah kandungan bernama minyak atsiri, yang mana salah satu khasiat dari minyak atsiri ini ialah guna untuk memberikan kehangatan pada tubuh seseorang, apabila mereka berada di tempat atau cuacanya sdang dingin. Walauapun begitu, sudah semenjak lama sekali tanaman ini begitu akrab dibuat kedalam beragam ramuan yang sangat begitu bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga : 20 Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Bahkan tak heran tumbuhan yang juga digunakan sebagai salah satu bahan pembuatan jamu ini, sering kali dikonsumsi dengan cara yang bergam, mulai dari yang paling sederhana hanya dengan merebusnya guna untuk menghangatkan tubuh, hingga sampai dibuat kedalam ramuan yang memiliki khasiat dan manfaat yang begitu baik untuk kesehatan.

Dari dulunya sudah banyak penelitian yang dilakukan guna untuk mengungkap tentang apa saja manfaat dan khasiat dari jahe ini untuk kesejatan.Lalu kira-kira apa sajakah manfaat yang bisa kita temukan didalam tumbuhan jahe ini untuk kesehatan tubuh ? Mari kita lihat lebih lenjut dibawah. Namun sebelum itu, alangkah lebih baiknya jika kita melihat tentang kandungan apa saja yang terdapat dijehe, Yuk Lihat !

Kandungan Jahe

Manfaat dan pengolahan Jahe untuk Kesehatan

Jahe memanglah dianggap sebagai salahg satu tumbuhan yang memiliki manfaat guna untuk menghangatkan tubuh, apabila saat cuaca dingin atau malam hari. Namun dibalik itu, ternyata ada banyak khasiat dan manfaat yang bisa kita dapatkan dari tumbuhan yang sering dijadikan salah satu bahan untuk jamu ini.

Yang mana tak semua orang mengetahui atau sadar tentang manfaat lain yang bisa didapatkan dari jahe ini. Namun sebelum kita membahas lebih jauh tentang apa saja manfaat yang bisa diberikan oleh tumbuhan jahe ini untuk kesehatan, lebih baik kita lihat dulu apa saja kandungan yang terdapat didalamnya. Apa-apa saja kandungannya ? Silahkan disimak berikut ini.

-Jahe memiliki kandungan Energi Jahe = 51 kkal/100 gr
-Jahe memiliki kandungan Protein Jahe = 1,5 gr/100 gr
-Jahe memiliki kandungan Lemak Jahe = 1 gr/100 gr
-Jahe memiliki kandungan Karbohidrat Jahe = 10,1 gr/100 gr
-Jahe memiliki kandungan Kalsium Jahe = 21 mg/100 gr
-Jahe memiliki kandungan Fosfor Jahe = 39 mg/100 gr
-Jahe memiliki kandungan Zat Besi Jahe = 2 mg/100 gr
-Jahe memiliki kandungan Vitamin A Jahe = 30 IU/100 gr
-Jahe memiliki kandungan Vitamin B1 Jahe = 0,02 mg/100 gr
-Jahe memiliki kandungan Vitamin C Jahe = 4 mg/100 gr
-Jahe memiliki kandungan Vitamin B2
-Jahe memiliki kandungan Sodium
-Jahe memiliki kandungan Niasin
-Jahe memiliki kandungan Minyak atsiri zingiberena (zingirona)
-Jahe memiliki kandungan Zingiberol
-Jahe memiliki kandungan Bisabolena
-Jahe memiliki kandungan Kurkumen
-Jahe memiliki kandungan Gingerol
-Jahe memiliki kandungan Filandrena
-Jahe memiliki kandungan Resin Pahit

Itulah tadi beberapa zat atau kandungan yang terdapat didalam jahe. Yang mana kandungan tersebut sangatlah bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan kita. Sebenarnya masih banyak lagi senyawa atau zat lainnya yang bermanfaat bagi tubuh, hanya saja jumlahnya tidak terlalu banyak dari pada kandungan-kandungan diatas. Namun akan tetapi tetap saja bermanfaat bagi tubuh. Lalu apa saja kira-kira manfaat dan khasiat tumbuh jahe bagi kesehatan ? Yuk lihat dibawah ini.

Manfaat Jahe

Manfaat Jahe untuk Kecantikan

Tumbuhan yang bernama latin Zingiber officinale, memanglah bisa dengan mudah kita ditemui diberbagai pasar tradisional atau kedai-kedai kecil yang menjual berbagai bahan masakan. Biasanya jahe sendiri sering kali diolah sebagai salah satu bumbu campuran pada masakan, minuman, pada ramuan dan jamu, hingga hanya sekedar direbus dan diminum begitu saja.

Memang manfaat jahe ini tak semua orang mengetahuinya, kebanyakan orang mengetahui bahwa jahe dapat bermanfaat untuk mengahangatkan tubuh saja, namun padahal dibalik itu ada lagi manfaat luar biasa yang terkandung didalam jahe ini. Kira-kira apa sajakah itu ? Silahkan disimak berikut ini.

1. Jahe bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan

Jahe bisa membantu untuk memberikan kelancaran pada sistem pencernaan anda, cara kerjanya sendiri jahe nantinya akan membantu dlam membersihkan usus besar, membersihkan perut anda dari gas, serta membantu dalam meningkatkan produksi cairan didalam sistem pencernaan. Oleh sebab itulah nantinya sistem pencernaan anda semakin sehat.

2. Jahe bermanfaat untuk menghangatkan tubuh

Mungkin manfaat ini memanglah sudah begitu umum untuk diketahui, semua itu dikarenakan kandungan zat dan senyawa antioksidan didalam tumbuhan jahe, yang sangat bagus sekali didalam memberikan kehangatan bagi tubuh mereka yang mengkonsumsi olahan dari jahe ini

3. Jahe bermanfaat untuk mengatasi batuk

Selain bisa memberikan manfaat guna untuk memberikan kehangatan bagi tubuh, ternyata kandungan antioksidan didalam jahe juga bisa berkhasiat didalam mengatasi masalah batu, dan memberikan kelegahan di hidung anda yang tersumbat. Selain itu sebuah senyawa yang bernama Gingerol didalam jahe ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi demam yang sedang anda derita.

4. Jahe bermanfaat untuk menyembuhkan sakit perut

Sebuah kandungan yang bernama analgesih didalam tumbuhan jahe diketahui memiliki sebuah manfaat yang bisa anda manfaatkan sebagai salah satu obat untuk masalah sakit perut. Jika seandainya anda menderita sakit perut, maka cobalah untuk memiliki jahe didalam mengatasinya.

5. Jahe bermanfaat untuk membantu dalam mengobati batu empedu

Kandungan didalam tumbuhan jahe ternyata juga bisa kita manfaatkan guna untuk mengobati masalah dari penyakit batu empedu, yang mana sering kali menggangu si penderitanya yang membuat sangat sulit sekali untuk beraktivitas. Salah satu solusi alaminya bisa mencoba penyembuhan dari bahan alami yang terdapat didalam jahe.

6. Jahe bermanfaat untuk mencegah beragam jenis kanker

Eksta jahe yang terdapat didalam tumbuhan jahe bisa membantu untuk menghambat pertumbuhan dari berbagai macam jenis sel kanker. Misalnya saja seperti kanker payudara, kaus usus besar, kanker paru-paru dan lainnya.

7. Jahe bermanfaat untuk meredakan migrain

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan didalam jahe, sebuah zat yang bernama prostaglandin yang mana menyebabkan timbulnya nyeri serta salah satu faktor dari migrain bisa dibantu penghentiannya dengan bantuan dari jahe.

8. Jahe bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan juga pembengkakan

Jahe bisa bermanfaat untuk mengurangi datangnya nyeri remakit, yang mana semua itu dikarenakan adanya sebuah sifat didalam jahe yang disebut anti inflamasi, yang bisa bermanfaat untuk menjadi obat untuk mengatasi rasa sakit yang cukup kuat.

9. Jahe bermanfaat untuk mengurangi sakit gigi

Anda yang sedang mengalami sakit gigi, mungkin bisa mencoba jahe sebagai obat yang dapat mengatasi masalah ini. Semua itu karena adanya sifat antijamur dan antibakteri yang terkandung didalam jahe. Yang mana bisa membantu dalam mengrangi masalah sakit gigi.

10. Jahe bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol

Salah satu manfaat yang cukup berguna dari tumbuhan jahe ialah bisa membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat yang terdapat didalam darah. Selain itu jahe juga bisa membantu untuk melancarkan sirkulatasi darah seseorang. Jadinya tidak usah sungkan-sungkan lagi untuk mengkonsumsi jahe.

11. Jahe bermanfaat untuk mengatasi perut kembung

Masalah perut yang kembung memang sering kali membuat mereka yang menderita masalah ini menjadi tidak nyaman. Namun anda bisa mencoba ramuan alami dengan mengambil ekstrak jahe. Yang mana bisa bermanfaat untuk mereka yang sedang mengalami masalah masuk angin atau bahkan perut kembung.

12. Jahe bermanfaat untuk mengatasi arthritis

Selain untuk perut kembung ekstrak dari jahe juga bisa dimanfaatkan untuk orang-orang yang menderita penyakit membantu dalam mengatasi arthritis dan juga osteoarthritis. Semua itu dikarenakan kandungan kompenen didalam ekstrak jahe bisa bermanfaat untuk menghambat COX. Dimana COX sendiri menjadi salah satu bahan kimia yang bertanggung jawab dalam timbulnya masalah peradangan.

13. Jahe bermanfaat untuk menutunkan gula datang dan tekanan darah tinggi

Manfaat lainnya dari jahe ialah bisa membantu dalam menuruhnkan kadar gula darah didalam darah seseorang yang tinggi. Selain itu bagi penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa dibantu menggunakan jahe ini. Oleh sebab itu, salah satu bahan alami yang bisa anda pilih didalam mengurangi masalah ini adalah jahe.

14. Jahe bermanfaat untuk anti alergi

Memanfaatkan jahe dengan ekstrak dari biji anggur, ternyata bisa membantu dalam mengurangi masalah dari demam, serta masalah serupa yang terjadi selama musim alergi. Penderita alergi yang mengkonsumsi jahe, tidak akan merasakan kantuk dan efek samping lainnya, yang mana semua itu sering terjadi pada pengkonsumsian obat antihistamin atau obat alergi.

15. Jahe bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung

Sebuah penelitian terbaru juga menyebutkan bahwan salah satu manfaat dari ekstrak jahe ialah bisa membatu untuk menjaga kesehatan dari jantung anda. Semua itu dikarenakan jahe dapat membantu dalam mencegah aterosklerosis. Selian itu manfaat jahe yang serupa dengan zat aspirin ialah bisa membantu dalam mengurangi pembekuan darah.

16. Jahe bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes

Salah satu manfaat yang begitu berguna dari jahe ialah bisa membantu dalam mengontrol kadar gula darah yang berada didalam tubuh seseorang. Yang mana hal seperti ini tentu saja sangat membantu sekali jika dia sedang menderita diabetes.

Manfaat Lainnya Dari Jahe :

  1. Jahe bermanfaat untuk menurunakan berat badan
  2. Jahe bermanfaat untuk mengatasi mabuk perjalanan
  3. Jahe bermanfaat untuk mengatasi morning sickness
  4. Jahe bermanfaat untuk mengobati penyakit rematik
  5. Jahe bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  6. Jahe bermanfaat untuk menghilangkan gatal pada tenggorokan
  7. Jahe bermanfaat untuk membasmi bakteri atau zat berbahaya yang menginap dalam tubuh, khususnya bagian perut, usus dan lambung
  8. Jahe bermanfaat untuk menangkal radikal bebas karena mengandung antioksidan kuat
  9. Jahe bermanfaat untuk obat kompres untuk menurunkan suhu tubuh
  10. Jahe bermanfaat untuk meringankan rasa nyeri ketika datang bulan
  11. Jahe bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada otot akibat mengangkat beban berlebihan
  12. Jahe bermanfaat untuk mengatasi jerawat dengan mengaliri atau mengoleskan pada wajah
  13. Jahe bermanfaat untuk mengobati luka terkena bisa ular
  14. Jahe bermanfaat untuk menjaga kondisi jantung
  15. Jahe bermanfaat untuk meredakan diare
  16. Jahe bermanfaat untuk mengobati selesma
  17. 33. Jahe bermanfaat untuk merangsang nafsu makan

Pengolahan Jahe

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Merebusnya :

  • Siapan jahe secukupnya
  • Rebus jahe dalam tiga gelas air
  • Sisakan hanya segelas air
  • Saring
  • Dan Minumlah

Mengekstraknya / Membuat jadi bubuk

  • Siapan jahe secukupnya
  • Jemur hingga kering disinar matahari
  • Atau juga bisa dengan mengovennya
  • Lalu tumbuklah hingga halus
  • Jia mau mengkonsumsi langsung masukkan kedalam pil

Olahan lainnya :

  • Minyak atsiri
  • Anggur jahe
  • Asinan jahe
  • Sirup jahe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *