Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk kesehatan

42 Manfaat dan Khasiat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Posted on

Yuklihat.com – Mungkin kebanyakan orang sudah tau dengan daun yang satu ini yakni daun kelor. Namun tdaik semua orang mengetahui tentang manfaat dan kashiat daun kelor, padahal sebenarnya dari daun kelor sendiri memiliki banyak sekali nutri yang begitu bermanfaat bagi tubuh manusia, selain itu daun kelor sendiri juga memiliki manfaat untuk obar herbal yang bisa dimanfaatkan sebagai obat penyembuh dari berbagai penyakit.

Baca Juga : 52 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

Tak jarang banyak orang yang mengetahui tentang manfaat dan khasiat daun kelor tersebut, berbondong-bondong untuk berenovasi dalam menciptakan berabagai olahan dari daun yang satu ini. Salah satunya dijadikan teh. Daun kelor sendiri memiliki kandungan dari polyphenol yang tinggi, yang mana memiliki fungsi baik sebagai antioksidan, yang memiliki manfaat untuk mendetoksifikasi tubuh seseorang sehingga menjadi kebal, dan tak mudah terserang oleh panyakit yang masuk.

Oleh sebab itu lah tanaman yang satu ini dikenal dengan sebutan The Miracle Tree atau tanaman ajaib. Sebelum kita lebih jauh membahas tentang manfaat dan khasiat daun kelor, terlebih dahulu kita akan melihat apa-apa saja kandungan yang terdapat didalam daun kelor ini. Seperti apa ? Yuk lihat berikut ini.

Kandungan Daun Kelor

Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk diet

Tanaman yang memiliki nama latin yakni Moringa Oleifera ini termasuk kedalam suku Moringaceae, yang memiliki batang tingginya mencapai 11 meter, dengan bunga yang berwarna putih, serta memili buah yang berbentuk seperti segitiga memanjang, atau orang-orang indonesia biasanya menyebut dengan nama kelentang. Telah banyak dilakukan berbagai penelitian terhadap tumbuhan ini, mulai dari batangnya, daunnya, buahnya, hingga sampai kebijinya.

Sepeti yang diketahui semenjak tahun 1980 para penduduk somalia, sudan dan juga etiopia sering mengkonsumsi tumbuhan ini, untuk dijadikan sebgaua sayuran. Selain itu mereka juga percaya bahwa daun kelor memiliki manfaat yang begitu baik untuk kesehatan. Dan hingga akhirnya daun ini sudah mereka perjual belikan. Lalu bagaimanakah kandungan gizi yang terdapat didalam daun kelor ini, Berikut ini adalah beberapa kandungan yang ada didalam daun kelor. Yuk lihat dibawah ini.

– Daun kelor memiliki kandungan vitamin C 7x lebih banyak dari pada buah jeruk.
– Daun kelor memiliki kandungan potassium 3x lebih banyak dari pada pisang.
– Daun kelor memiliki kandungan vitamin A 4x lebih tinggi dari pada wortel.
– Daun kelor memiliki kandungan kalsium 4x lebih banyak dari pada susu.

Selain beberapa perbandingan diatas tentang kandungan yang ada didalam daun kelor, ini adalah beberapa rincian dari kandungan daun kelor :

-Memiliki Jumlah Kandungan Lemak Daun Kelor = 1,7 gr /100gr nya
-Memiliki Jumlah Kandungan Karbohidrat Daun Kelor = 14,3 gr /100gr nya
-Memiliki Jumlah Kandungan Protein Daun Kelor = 6,7 gr /100gr nya
-Memiliki Jumlah Kandungan Fosfor Daun Kelor = 70 mg /100gr nya
-Memiliki Jumlah Kandungan Zat Besi Daun Kelor = 7 mg /100gr nya
-Memiliki Jumlah Kandungan Kalsium Daun Kelor = 440 mg /100gr nya
-Memiliki Jumlah Kandungan Energi Daun Kelor = 82 kkal /100gr nya
-Memiliki Jumlah Kandungan Vitamin B1 Daun Kelor = 0,21 mg /100gr nya
-Memiliki Jumlah Kandungan Vitamin C Daun Kelor = 220 mg /100gr nya
-Memiliki Jumlah Kandungan Vitamin A Daun Kelor = 11300 IU /100gr nya

Khasiat dan Manfaat Daun Kelor :

Manfaat dan Khasiat Daun Kelor untuk kecantikan

1. Daun kelor bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung

Sebuah studi ilmiah sudah dilakukan pada hewan yang ada dilaboratorium yang mana diterbitkan kedalam “Juornal of Medicinal Food” pada tahun 2009 lalu, dan disana menjelaskan bahwa daun kelot memiliki kemampuan untuk mencegah kerusakan yang terjadi pada jantung dan juga bermanfaat menjadi antioksidan.

Didalam penelitian tersebut juha menjelaskan bahwa dosis yang dipakai sebanyak 200 mg didalam per kilogram berat badan disetiap harinya, selama dalam kurun waktu 30 hari lama, dan menghasilkan tingkat yang jauh lebih rendah dari lipid teroksidasi, serta pada jaringan jantung dapat dilindungi dari kerusakan struktural. Oleh sebab itulah banyak pakar yang berkesimpulan bahwa daun kelor memiliki manfaat yang begitu signifikan bagi jantung seorang manusia.

2. Daun kelor bermanfaat untuk anti kanker

Sebuah studi kurtur pada jaringan sel kanker serviks manusia yang sudah berhasil diterbitkan didalam sebuah jurnal penelitian yang bernama ” Food and Chemical Toxicology” pada edisi tahun 2011, menjelaskan bahwa ekstrak daru daun kelot bisa bermanfaat didalam mendukung kematian dari sel kanker.

Serta memberikan pencehan untuk sel kanker tersebut tumbuh dan bereproduksi kembali. Penelitian terkemuka juga telah memberikan kesimpulan bahwa daun kelor bisa menunjukkan sebuah potensi besar didalam pencegahan secara alami.

3. Daun kelor bermanfaat untuk anti diabetes

Kadar nutrisi seng yang tertanam didalam daun kelor, yang mana mineralnya bisa bermanfaat untuk memproduksi zat insulin. Pada tahun 2012 lalu, sebuah jurnal diterbitkan berjudul “Journal of Diabetes”, yang mana sebelumnya dilakukan ujicoba terhadap hewan yang ada di laboratorium, memberikan kesimpulan bahwa ekstrak daun kelor sebanyak 150 mg bisa bermanfaat sebagai anti dari diabates secara cukup signifikan.

4. Daun kelor bermanfaat untuk mengatasi alergi

Daun kelor dinilai ampuh dalam mengatasi alergi, hanya dengan cara merebusnya berserta bawang merah, didalam tiga gelas air, lalu kemudian rebuslah hingga menyisakan sebanyak 1 gelas saja. lalu kemudian minumlah secara rutin.

5. Daun kelor bermanfaat mengobati penyakit herpes, luka bernanah dan  kurap

Cara pengolahannya sendiri cukuplah mudah, yakni dengan menumbuknya sebanyak tujuh gagang daun kelor, hingga halus, dan kemudian tempelkanlah pada luka atau kulit yang bermasalah.

6. Daun kelor bermanfaat untuk mengobati sakit mata

Jika seandainya anda sedang menderita sakit mata, maka mungkin daun kelor bisa menjado solusi alami dalam mengatasi itu, caranya cukuplah mudah, ambilah sebanyak tiga gagang daun kelor, lalu kemudian tumbuk atau blenderlah daun tersebut hingga halus, selanjutnya tambahkan sebanyak 100ml air. Peraslah, hingga anda mendapatkan sarinya. Gunakanlah sari tersebut untuk pencuci mata anda, atau juga bisa denga cara menteteskannya.

7. Daun kelor bermanfaat untuk mengatasi rematik, nyeri sendi, dan pegal linu

Penyakit nyeri sendi, rematik atau bahkan pegal linu bisa diatasi dengan menggunakan daun kelor, denganc ara mengambil sebanyak 2 gagang daun tersebut, kemudian tumbuklah hingg ahalus, kemudian tambahkan sebanyak satu sendok makan kapur sirih kedalamnya, dan kemudian gunakanlah ramuan tersebut sebagai param.

8. Daun kelor bermanfaat untuk mengatasi penyakit kuning

Menafaatkan daun kelor untuk mengatasi masalah sakit kuning ternyata cukuplah mudah, anda hanya perlu membuat ramuan dengan cara menumbuk sebanyak 3 sampai 7 gagang daunnya hingga sampai jalus, selanjutnya tambahkanlah dengan 1 gelas air kelapa muda, selanjutnya peras dan saring. Dan sebelum anda meminumnya silahkan terlebih dahulu menambahkan madu. Minumlah secara teratur 1x sehari.

9. Daun kelor bermanfaat untuk menyembuhkan mara rabun senja dan juga iristasi pada mata

Tumbuklah hingga benar-benar halus sebanyak 3 gagang daun kelor. Lalu kemudian seduhlah dengan menggunakan 1 gelas air yang mendidih, selanjutnya saringlah ramuan tersebut. Selanjutnya tambahkan beberapa sendok madu kedalamnya, dan minumlah ramuan tersebut disaat anda menjelang tidur malam hari.

10. Daun kelor bermanfaat untuk masalah cacingan

Daun kelor bisa juga mengatasi masalah cacingan, dengan cara mengambil sebanyak 3 gagang daun kelor, lalu 1 gagang daun cabai, ditambah dengan 1-2 batang mineran. Ketiga jenisbahan tersebut silahkanlah anda rebus dengan menggunakan 2 helas air, hingag sampai menyisakan 1 gelas saja. Minumlah ramuan ini secara teratur.

11. Daun kelor bermanfaat untuk menurunkan berat badan

Jika anda memiliki masalah dengan kegemukan, atau perut buncit. Maka salah satu solusi yang alami adalah dengan menggunakan daun kelor, anda hanya cukup mengkonsumsi daun kelor yang sudah dibuat menjadi “teh” pada setiap harinya secara rutin. Prinsip kerjanya adalah daun kelor akan merangsang metabolisme pada tubuh guna untuk membakar kalori secara lebih cepat, karena teh daun kelor akan mudah untuk disertap oleh usus.

12. Daun kelor bermanfaat untuk sumber energi

Dengan selalu mengkonsumsi teh daun kelor secara rutin, maka anda akan mendapatkan manfaat untuk menguatkan bagian tubuh yang sering pro aktif pada sepanjang harinya. Tubuh akan secara otomati untuk merasa baik, serta kembali berenergi seperti sebelumnya.

13. Daun kelor bermanfaat untuk penyedia nutrisi

Teh dari daun kelor sangat memiliki peran besar dalam membantu untuk memberikan nutri pada otak dan juga mata manusia. Gizi yang maksimal terhadap otak bisa membantu untuk mempermudah dalam mengambil sebuah keputusan, walaupun disaat situasli sulit sekalipun.

Manfaat lainnya :

14. Daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan fungsi ekskresi
15. Daun kelor bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut
16. Daun kelor bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam pada wajah
17. Daun kelor bermanfaat untuk menurunkan panas pada anak
18. Daun kelor bermanfaat untuk diet
19. Daun kelor bermanfaat untuk obat alami mata
20. Daun kelor bermanfaat untuk sumber dari beta karoten
21. Daun kelor bermanfaat untuk menjadi antioksidan
22. Daun kelor bermanfaat untuk sumber dari zat besi
23. Daun kelor bermanfaat untuk sumber dari asam amino esensial
24. Daun kelor bermanfaat untuk sumber energi alami bagi tubuh
25. Daun kelor bermanfaat untuk mengatasi berbagai macam penyakit
26. Daun kelor bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI
27. Daun kelor bermanfaat untuk sebagai suplemen makanan alami
28. Daun kelor bermanfaat untuk sumber dari falvanoid dan juga anti oksidan
29. Daun kelor bermanfaat untuk mengatasi masalah saluran produksi
30. Daun kelor bermanfaat untuk penyakit dalam
31. Daun kelor bermanfaat untuk mengatasi kolesterol jahat
32. Daun kelor bermanfaat untuk memperbaiki sistem metabolisme tubuh manusia
33. Daun kelor bermanfaat untuk anti bakteri dan jug anti racun
34. Daun kelor tanpa memiliki efek samping
35. Daun kelor bermanfaat untuk menambah kebugaran tubuh
36. Daun kelor bermanfaat meningkatkan kekebalan tubuh bagi penderita HIV
37. Daun kelor bermanfaat untuk anti inflamasi
38. Daun kelor bermanfaat sebagai sumber klorofil yang tinggi
39. Daun kelor bermanfaat untuk tonik penguat jantung
40. Daun kelor bermanfaat untuk mengatasi masalah tekanan darah
41. Daun kelor bermanfaat untuk mengatasi jerawat
42. Daun kelor bermanfaat untuk memutihkan kulit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *