pengolahan Buah Naga Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

,

8 Manfaat Buah Naga Untuk Penderita Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi dan Cara Mengolahnya

Yuklihat.com – Masalah tekanan darah tinggi, atau yang juga sering dikenal dengan nama hipertensi merupakan sebuah kondisi yang mana terjadinya peningkatan terhadap tekanan darah seseorang didalam arteri atau didalam pembuluh darahnya. Lalu akibatnya, jantung akan otomatis bekerja secara lebih ekstra, guna untuk mengedarkan darah keseluh tubuh. Pada dasarnya, tekanan darah seseorang dapat dxiukur dalam dua pengukuran, yakni diastrol dan juga sisto.

Baca Juga : 47 Manfaat Bawang Putih Hitam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Untuk tekanan darah sistol sendiri sebesar (100-140mmHg) yang mana ini adalah disaat jantung sedang berkontraksi, lalu sedangkan untuk diastrol sebesara (60-90 mmHg) dan kondisi ini adalah disaat jantung sedang mangambil waktu jedanya atau waktu istirahatnya. Lalu untuk sebuah kondisi yang dikenal dengan nama tekanan darah tinggi atau hipertemsi ialah, apabila tekanan darah sistol diastol berada pada 140/90 mmHg secara beruntun dan terus-menerus atau bahkan lebih dari pada itu.

Baca Juga : 17 Manfaat Kulit Jeruk Bali Untuk Kesehatan

Mengenai hipertenti sendiri terbagi kedalam dua jenis, yakni ada yang bernama hipertensi sekunder dan ada juga yang bernama hupertensi primer. Masalah dari hipertensi ini terkadang memang menjadi salah satu mimpi buruk banyak orang. Yang mana bisa mengakitbatkan timbulnya berbagai macam penyakit berbahaya bagu tubuh seseorang, seperti misalnya Stroke, penyakit jantung, penyakit emboli paru serta berbagai macam penyakit kardovaskuler lainnya yang begitu menghantui.

Hipertensi sendiri, biasanya diikuti dengan beberapa gejala diantaranya, sakit kepada terutama pada area belakang, vertigo, pusing, gangguan penglihatan menjadi kabur, telingan menjadi berdengung, bahkan hingga pingsan. Dan apabila penangan menegntai hipertensi tidak dilakukan dengan segera maka bisa berakibat fatal.

Kandungan Buah Naga Yang Bermanfaat Untuk Penderita Hipertensi Atau Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Buah Naga Untuk Penderita hipertensi

Berbagai macam penyakit tentu saja memiliki penawar atau obatnya, dan salah satunya dari penyakit hipertensi yang mana bisa dibantu permasalahannya dengan bantuan buah naga. Didalam buah naga sendiri kita bisa menemukan beragam manfaat yang begitu baik untuk kesehatan tubuh. Diketahui pada tahun 2006 lalu telah dilakukan sebuah penbelitian dan kemudian diterbitkan kedalam  Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Dan penelitian tersebut berisikan tentang perbandingan tanaman tropis buah naga yang merah dan buah naga yang putih yang tumbuh di Florida dengan beragam buah-buahan seperti, peach, blueberry, apel dan lain sebagainya. Dan ternyata didapatkan sebuah hasil, yang mengatakan bahwa kandungan antioksidan, vitamin C, serta Serat didalam buah naga lebih besar dari pada tanaman yang mereka bandingkan itu. Oleh sebab itu buah naga memiliki manfaat yang begitu besar bagi tubuh. Dan berikut ini adalah beberapa kadungan didalam buah naga yang bermanfaat untuk penderita hipertensi.

-Buah naga memiliki kandungan Vitamin B1
-Buah naga memiliki kandungan Vitamin B2
-Buah naga memiliki kandungan Vitamin B3
-Buah naga memiliki kandungan Vitamin C
-Buah naga memiliki kandungan Karbohidrat
-Buah naga memiliki kandungan Protein
-Buah naga memiliki kandungan Serat
-Dll

Dari beberapa kandungan yang terdapat didalam buah naga ini, memiliki manfaat dan khasiat yang begitu baik untuk kesehatan tubuh, dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah membantu untuk penderita darah tinggi atau hipertensi. Lalu apa saja manfaat dan khasiat dari buah naga ini bagi penderita hipertensi ? Yuk lihat !

Manfaat Buah Naga Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi Hipertensi

cara pengolahan Buah Naga Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi

Manfaat yang terdapat didalam buah naga memanglah tak bisa dibilang sedikit, karena buah naga sendiri ampuh dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, baik itu mulai dari peyakit ringan hingga penyakut berat. Selain itu khasiat dan manfaat buah naga juga baik dalam menangkal timbulnya atau datangnya penyakit tersebut. Salah satu manfaat yang cukup terkenal ialah buah naga bisa bermanfaat bagi mereka penderita tekanan darah tinggi, atau juga sering disebut hipertensi. Seperti apa saja manfaat dan khasiatnya ? Silahkan disimak berikut ini.

1.Buah naga membantu untuk melawan radikal bebas

Kandungan senyawa antioksidan yang terdapat didalam buah naga begitu tinggi, sehingga buah yang memiliki rasa manis asam ini bisa membantu tubuh dalam mengatasi serangan radikal bebas yang berada di lingkungan tak sehat. Selain itu antioksidan seniri bisa bisa membantu dalam mengatasi beraham penyakit salah satunya adalah penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

2.Buah naga membantu untuk menetralkan kandungan racuk didalam tubuh

Salah satu penyebab dari munculnya penyakit tekanan tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah darai adanya zat-zat yang berbahaya didalam aluran darah seseorang, termasuk diantaranya yaitu kandungan racun dan juga kandungan logam berat yang mana pada akhirnya menjadikan tekanan darah menjadi tidak lancar. Salah satu solusi alami yang bisa diambil ialah dari buah naga. Dengan mengkonsumsi buah naga secara teratur maka bisa menjadi pembersih alami didalam darah, guna untuk menyingkirkan beragam racun dan juga logam berat yang ada didalam aliran darah seseorang.

3.Buah naga membantu untuk melenturkan kapiler darah

Adanya kandungan vitamin C yang tinggi didalam buah naga memanglah bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Selain itu kandungan flavanoid dan juga antikdidan didalamnya, bisa memberikan efek yang begitu bermanfaat untuk lementurkan arteri darah

4.Buah naga membantu untuk melancarkan peredaran darah

Terdapat kandungan beragam zat dan nutri didalam buah naga, bisa memberikan efek baik didalam melenturkan peredarag darah. Dari itu semua nantinya aliran darah akan menjadi lebih lancar dan lapang, sehingga tekanan darah yang ada pada tubuh bisa jadi lebih terkontrol dengan baik.

5.Buah naga membantu untuk mencegah resiko serangan jantung

Salah satu jenis komplikasi dari aliran darah seseorang yang tidak lancar ialah daranganya penyakit serangan jantung. Maka oleh sebab itulah mengkonsumsi buah naga secara rutin bisa mengatasi masalah ini, selain itu juga bisa menghanmbat dan mencegah datangnya sedangan jantung.

6.Buah naga membantu untuk terhindari dari stroke

Mengkonsumsi buah naga secara rutin dan berkala bisa membantu tubuh didalam mencegah datangnya penyakit Stroke. Stroke sendiri terjadi karena pembuluh darah seseorang terseumbat an aklibatnya terjadi ketidak lancaran disana didalam aliran darah. Hal tersebutlah yang pada akhirnya bisa menyebabkan sebuah masalah yang bisa berakibat fatal, terutama pada pembuluh darah kapiler yang mengarah ke otak.

7.Buah naga aman bagi penderita diabates

Pada penderita diabetes, buah naga bisa bermanfaat dalam memperlancarkan melabolisme tubuh, yang mana pada akhirnya bisa memberikan penurunan terhadap kadar gula darah yang ada didalam tubuh. Sehingga bisa membantu dalam menurunkan resiko terkenanya tekanan darah tinggi.

8.Buah naga membantu untuk mengurangi lemak jahat yang menghambat aliran darah

Kandungan vitamin baik seperti misalnya Vitamin B3, B2, B1 didalam buah naga, ternyata bisa memberikan manfaat dalam meningkatkan nafsu makan seseorang, dan sekaligus memberikan efel dalam menurunkan kadar kolesterol yang jahat didalam tubuh. Yang mana ini menjadi sebab dalam pemicu terjadinya tekanan darah tinggi . Selain itu, kadar lemak baik yang terdapat didalam buah naga juga dapat mengkontrol lemak jahat, sehingga bisa membantu untuk mengurangi terjadinya resikoa terkena gangguan dari kardiovaskular.

Pengolahan Buah Naga Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi Atau Hipertensi

Manfaat Buah Naga Untuk Penderita Tekanan Darah Tinggi yang baik

Mengkonsumsi langsung :

  • Siapkan buah naga secukupnya
  • Lalu kemudian kupas dan cuci bersih buahnya
  • Selanjutnya belahlah buah naga yang sudah dicuci bersih tadi
  • Dan konsumsilah

Membuatnya menjadi Jus :

  • Siapkan buah naga secukupnya
  • Lalu kupas dan cuci bersih buah naganya
  • Blenderlah buah naga tadi dengan menambahkan sedikit air tanpa pemanis
  • Sajikan dan konsumsilah

Mencampurnya dengan madu asli :

  • Siapkan buah naga secukupnya dan madu
  • Cucilah buah naga tadi sampai bersih
  • Dan potong dadu buah naganya
  • Masukkan kedalam mangkok dan tambahkan beberapa sendok makan madu asli
  • Dan sajikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *