kenapa bangun tidur perut begah

Perut Kembung di Pagi Hari ? Ini Dia Penyebabnya !! Serta Cara Mengatasinya

Posted on

Alasan Perut Kembung di Pagi Hari – Apakah kamu termasuk orang yang sering mengalami perut kembung di pagi hari saat bangun tidur ? Jika iya maka kamu berada pada artikel yang tepat. Karena Yuklihat.com akan membahas itu pada kesempatan kali ini. Kembung sendiri pada dasarnya menjadi salah satu masalah pada sistem pencernaan seseorang yang bisa terjadi pada siapapun. Dan tentunya seperti yang sama-sama kita ketahui, perut kembung ini benar-benar membuat kita menjadi tidak nyaman.

Disaat kamu makan, minum atau bahkan menelan air liur, biasanya kamu akan secara otomatis juga menelan sedikit udara dan kemudian terakumulasi di usus kamu. Dan saat gas tersebut menumpuk, maka tubuh perlu mengeluarkannya, baik itu dari mulut melalui sendawa ataupun buang angin. Lalu sebenarnya apa sih penyebab perut kembung di pagi hari ? Yuk kenali berikut ini. Silahkan disimak

Baca Juga : 20 Cara Menghilangkan Kerutan Dibawah Mata Secara Alami

Penyebab Perut Kembung di Pagi Hari

bangun tidur perut buncit

1. Makan malam terlalu banyak

Makan terlalu banyak pada malam hari akan memberikan efek perut kembung di pagi harinya. Hal ini karena disaat kamu makan terlalu banyak, maka sistem pencernaan kamu menjadi kesulitan dalam mencerna makanan yang sudah kamu malam dalam jumlah besar tersebut. Apalagi disaat kamu selesai makan malam hari, kamu langsung tidur. Maka di kesokan paginya kamu akan merasakan begah dan kembung dikarenakan makanan yang kamu makan belum bisa dicerna dengan baik.

2. Makan di larut malam

Tubuh kira memiliki jam biologisnya sendiri, dimana setiap organ tubuh kamu memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Dan setiap organ ini bekerja sesuai dengan jadwalnya pada setiap hari. Dan dari sana, sistem pencernaan yang ada ditubuh kita tidak dapat bekerja secara maksimal pada malam hari, yakni disaat kita terlelap. Dan jika kamu makan pada malam hari, otomatis, makanan tersebut tidak bisa dicerna dengan baik oleh pencernaan.

Makanan yang kamu makan nantinya akan bercampur dengan gas yang membuat perut menjadi kembung. Sementara itu, pada saat malam hari, sistem pencernaan tidak bisa mengeluarkan gas yang berlebihan tersebut, dan membuat perut menjadi penuh. Oleh sebab itulah pada keesokan paginya kamu akan mengalami perut kembung.

3. Cemas dan stres

Disaat kamu merasa cemas atau bahkan stres karena berbagai macam sebab, maka dari sinilah masalah perut kembung di pagi hari kamu rasakan. Gangguan kecemasakan tersebut akan membuat terjadinya ketidakstabilan pada hormon tubuh, sehingga memicu reaksi antara perut dan juga otak. Terkadang penyebab dari stres ini bisa juga disertai dengan diarea yang tiba-tiba saja muncul tanpa sebab yang jelas. Oleh karena itu, kamu harus bisa menangani masalah stres serta kecemasan yang kamu alami tersebut. Agar masalah kembung di pagi hari bisa terasa.

Baca Juga : 10 Gejala Penyakit Jantung Usia Muda + Penyebabnya !!

Bagaimana cara mencegah perut kembung setiap pagi ?

Masalah perut kembung pada dasarnya bisa kamu hindari, yakni dengan tidak mengkonsumsi makanan yang menyebabkan perut kembung ini terjadi. Misalnya saja, seperti makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang sulit dicerna. Selain itu, diskusikanlah terlebih dahulu dengan dokter guna untuk memilih mana makanan yang baik untuk kamu konsumsi disaat perut kembung. Sangat penting untuk diketahui juga bahwa tubuh kita tetap harus membutuhkan makanan dengan kandungan nutrisi harian, seperti vitamin, kalori, mineral dan lainnya.

Disarankan juga untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang mudah dicerna oleh perut misalnya anggun, pisang, selada, nasi, dan yogurt. Lalu hati-hati juga bagi penderita intoleran terhadap laktosa, karena makanan yang mengandung laktosa seperti susu juga bisa menjadi penyebab perut kembung. Dan hal yang tak kalah pentingnya ialah, selalu perhatikan waktu kamu makan.

Pastikan bahwa kamu sudah makan kira-kira 3 jam sebelum kamu tidur. Dan juga sebaiknya kamu tidak makan dengan porsi yang besar disaat malam hari, guna untuk mencegah perut kembung di pagi hari.

Makanan Untuk Mengatasi Perut Kembung di Pagi Hari

cara mengatasi perut kembung

1. Yogurt

Kefir atau yogurt memiliki kandungan probiotik atau bakteri baik yang membantu untuk menyehatkan sistem pencernaan kita. Sekaligus membantu untuk mengurangi masalah inflamasi yang bisa terjadi. Probiotik ini sangat bagus untuk menangani masalah perut kembung, selain itu kamu bisa mengkonsumsi yogurt dengan campuran potongan buah segar, guna untuk menambah nutrisinya.

2. Jahe

Jahe memang terkenal sebagai obat herbal yang tertua di dunia. Hal ini karena kandungan anti-inflamasi yang terdapat didalam tanaman ini. Dan salah satu khasiatnya adalah untuk mengatasi masalah perut kembung. Selain itu kandungan enzim pencernaan didalam jahe yang bernama zingibain juga akan memecah protein. Dan memberikan efek rileks di sistem pencernaan kita.

Baca Juga : 15 Makanan Yang Dihindari Saat Malam Hari

3. Pisang

Terdapatnya kandungan potasium didalam pisang merupakan alasan utama kenapa pisang sangat bisa diandalkan untuk mengatasi masalah perut kembung. Tubuh kita menyimpan banyak air, dan salah satunya karena kekurangan sodium. Dan pisang ini akan membantu untuk bisa membuang sisa air tersebut.

4. Lemon

Keasaman dari lemon sangat mirip dengan keasaman pada cairan cerna yang terdapat didalam lambung. Yang mana salah satu kegunaannya ialah untuk meredakan perut kembung dan masalah pencernaan lainnya. Oleh sebab itu, dengan rutin mengkonsumsi sari lemon ini bisa membantu tubuh kita tetap dalam keadaan terhidrasi, sekaligus membantu untuk menambah asam di saluran pencernaan yang bisa mengatasi perut kembung.

5. Melon

Buah melon sangat mirip dengan semangka, yakni hampir 90% dari buah ini terdiri dari air. Sehingga dengan mengkonsumsi buah ini bisa membantu tubuh agar tetap terhidrasi, dan meredakan masalah kembung. Selain itu buah lemon juga menjadi diuretik alami, yang bisa membantu dalam mengeluarkan garam dan air lewat cairan urine kita.

Baca Juga : 10 Manfaat Tidur Bersama Bayi Bagi Mental & Fisik Untuk Ibu & Anak

6. Alpukat

Jika kamu sedang menjalankan program diet rendah karbohidrat seperti misalnya diet keto, maka alpukat menjadi salah satu solusi yang tepat dalam mengatasi perut kembung. Hal ini tak lain karena kandungan potasium didalamnya. Selain itu alpukat juga memiliki kandungan antioksidan yang hanya mengandung sebanyak enam jenis karbohidrat saja, serta berbagai deretan nutrisi lainnya.

7. Ketimun

Kandungan air didalam ketimun memanglah sangat banyak, sehingga bisa tetap menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi. Serta sekaligus membantu untuk menyingkirkan sisa air dari berbagai sel-sel dan juga gas-gas yang ada si saluran pencernaan. Terlebih lagi, ketimun juga mengandung silikon dan sulfur, yang akan bekerja sebagai diuretik alamiah yang membantu kita untuk tetap kencing dengan baik. Selain itu ketimun juga membantu untuk melancarkan usus dalam bergerak.

8. Kiwi

Walaupun kecil ternyata kiwi memiliki kandungan enzim yang sangat baik untuk pencernaan, yakni actinidin yang akan membantu untuk memperepat proses pencernaan di tubuh kita. Kamu bisa mengkonsumsi buah kiwi ini guna untuk meredakan masalah perut kembung di pagi hari. Ditambah lagi kandungan serat yang tinggi serta potasium didalamnya juga sangat baik untuk tubuh, dan kalorinya hanya berjumlah 90 kalori saja.

Baca Juga : 26 Makanan Penambah Darah Secara Alami

9. Pepaya

Zat pepain didalam pepaya merupakan salah satu jenis enzim yang membantu dalam memecahkan makanan dan membantu tubuh dalam melawan inflamasi. Pepain bisa membantu untuk memperlancar sistem pencernaan, terutama bagi wanita yang sedang dalam siklus haid. Didalam pepaya juga kaya akan serat, vitamin A dan juga fruktosa yang bisa membuatmu tercegah dari hipoglikemia.

10. Nanas

Nanas juga kaya akan air, yang mana juga mengandung enzim yang membantu sistem pencernaan bernama bromelain. Bromelain ini bisa membantu sistem pencernaan untuk memecahkan protein dalam perut kita, yang menjadi penyebab dari perut kembung. Oleh sebab itu kamu bisa mengkonsumsi nanas ini sebagai bahan smoothie kamu atau juga bisa dijadikan cemilan di siang hari.

Itu tadi informasi mengenai alasan kenapa perut kembung dipagi hari, cara mencegah perut kembung dipagi hari, serta makanan untuk mengatasi perut kembung dipagi hari. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://lifestyle.kompas*com/read/2017/09/26/053200220/perut-kembung-setiap-pagi-ini-penyebab-dan-cara-menghentikannya?page=all
https://health.detik*com/berita-detikhealth/d-4606480/perut-terasa-kembung-pagi-ini-10-makanan-ini-bisa-jadi-obat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *