bahan kimia penyebab diabetes

Waspada, 7 Bahan Kimia Penyebab Diabetes Ini Menghantui Disekitar Kita

7 Bahan Kimia Penyebab Diabetes Ini Menghantui Disekitar Kita – Pada beberapa tahun terakhir ini, terjadi peningkatan kematian yang cukup memprihatinkan yang disebabkan oleh penyakit diabetes. Selain dikarena konsumsi gula atau makanan dan minuman yang mengandung nutrisi gula berlebihan, ternyata penyebab lainnya dari penyakit ialah salah satunya karena paparan dari zat-zat kimia berbahaya. Dimana zat-zat kimia ini hampir setiap hari kita jumpai, dan sangat mudah ditemukan disekitar kita.

Dari sana, kita perlu mewaspadai tentang barang-barang, benda atau makanan dan minuman yang mengandung zat-zat kimia penyebab diabetes ini. Seperti yang sudah dilansirkan oleh thehealthsite.com, yang dikutip dari merdeka.com, berikut adalah beberapa zat kimia yang sering ditemui pada benda-benda disekitar kita. Apa saja ? Yuk lihat !!

8 Bahan kimia penyebab diabates yang sering dijumpai disekitar kita :

Baca Juga : Jarang Diketahui, 8 Manfaat Sehat Ini Bisa Kamu Dapatkan Dari Campuran Madu Dan Lidah Buaya

1. Arsenik

Walaupun akan terdengar sedikit konyol mengkonsumsi arsenik ini. Akan tetapi pada kenyataaannya secara tak sengaja kamu bisa mudah bersentuhan dengan zat ini melalui minuman beralkohol. Dimana biasanya zat kimia ini dapat kamu termui pada minuman alkohol yang difermentasikan dan juga pada makanan kalengan. Penelitian pada tahun 2017 lalu juga menyebutkan bahwa paparan dari artsenik ini bisa memberikan efek induksi intoleransi pada glukosa. Dimana ini adalah awal dari penyakit diabates.

2. Polychlorinated biphenyls (PCB)

PCB merupakan salah satu bahan kimia yang sering juga dikenal dengan nama hidrokarbon terklorinasi. Dimana zat kimia ini sering kali dijumpai pada peralatan-peratalan listrik, kertas fotokopi tanpa karbon dan juga produk dari karet. Terkadang zat ini juga bisa masuk kedalam tubuh kita, dari makanan-makanan laut tertentu. Paparan zat bernama PCB ini dalam waktu yang lama bisa menjadi pencetus dari masalah diabates.

Baca Juga : Selamat Tinggal Kafein, Ini Dia 5 Minuman Sehat Yang Mampu Buatmu Semangat Di Pagi Hari

3. BPA

Pada umumnya, setiap wadah plastik yang kamu temui setiap harinya memiliki kandungan bernama BPA atau juga disebut Bisphenol A. Zat kimia jenis ini diketahui memiliki peranan penting dalam gangguan dari fungsi endokrin seseorang dan memberikan peningkatan terhadap resiko penyakit diabetes tipe 2.

4. Phthalates

Senyawa ini bisa terdapat dimana saja. Mulai dari peratan kosmetik kamu, hingga pastik untuk kelenturan. Sebauh penelitian juga menunjukkan, jika paparan dari bahan kimia bernama Phthalates ini secara langsung, memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap perkembangan penyakit diabetes tipe 2, jangtung dan juga obesitas.

Baca Juga : 33 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami Dan Ampuh

5. Merkuri

Logam berat yang tergolong beracun pada lingkungan ini bisa memberikan efek tak baik para jaringan tubuhmu. Dimana zat ini akan menyebabkan terjadinya perubahan pada jaringan tubuh, dan menyebabkan masalah kesehatan semakin parah. Selain itu, sebuah penelitian juga menegaskan bahwa kadar merkuri yang tinggi didalam tubuh seseorang juga menjadi penyebab peningkatan resiko dari penyakit diabetes.

6. Kadmium

Selain merkuri, logam berat lainnya yang sering ditemui setiap harinya ialah kadmium. Zat ini juga memegang peranan yang cukup besar sebagai penyebab diabetes seseorang. Kadmium ini biasa ditemukan pada asap rokok, dan juga ditemukan sedikit pada sayuran berdaun, ikan, kentang, serta biji-bijian.

Baca Juga : 10 Obat Tradisional Untuk Atasi Batuk Kering

7. Pestisida

Peningkatan kesadaran atas toksisitas dari perstisida memiliki pengaruh cukup besar terhadap produksi dari pangan organik. Pestisida yang disemprotkan pada tanaman akan memberikan perlindungan dari bakteri, hama, atau jamur. Namun juga memiliki efek buruk untuk tubuh, yakni penyebab peningkatan resiko diabates.

Sumber : Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *