Cara cepat meredakan nyeri otot usai olahraga

20+1 Cara Cepat Meredakan Nyeri Otot Usai Olahraga

Posted on

20+1 Cara Cepat Meredakan Nyeri Otot Usai Olahraga – Olahraga memang membuat badan kita menjadi sehat, sekaligus membantu untuk membuat badan kembali bugar dan mencegah berbagai macam penyakit. Namun terkadang sesudah melakukan kegiatan ini, sendi dan otot kita sering kali mengalami yang namanya rasa pegal terutama untuk olahraga yang tergolong berat. Dan rasa pegal ini juga yang membuat banyak orang untuk enggan dalam melakukan kegiatan olahraga tersebut, karena mereka tak mau marasakan efek samping yang seperti itu lagi. Namun perlu kamu ketahui bahwa hal tersebut adalah hal biasa.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Biang Keringat di Muka Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Jenis, Cara mencegahnya)

Seperti yang dilansirkan oleh merdeka.com hal ini terjadi akibat dari proses perbaikan pada serat otot yang terkontak disaat melakukan kegiatan olahraga. Dan parahnya rasa pegal yang timbul tergantung dari seberapa berat olahraga yang kamu lakukan. Biasanya rasa pegal ini akan muncul pada saat kamu melakukan kegiatan olahraga yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya. Proses ini juga biasa dijadikan sebagai penanda bahwa otot sedang beradaptasi dengan jenis olahraga baru yang sedang kamu jalani itu.

Dan dalam waktu sekitar 3-4 hari rasa nyeri ini akan hilang dengan sendirinya. Akan tetapi walaupun rasa nyeri ini bisa hilang dengan sendirinya, tetap saja sakit yang ditimbulkan tersebut membuat kita yang mengalaminya menjadi tidak nyaman. Dikutip dari beberapa sumber, berikut ini adalah cara cepat meredakan nyeri otot yang muncul setelah olahraga. Seperti apa pembahasannya ? Yuklihat..

Cara cepat meredakan nyeri otot usai olahraga secara sederhana

Cara cepat meredakan nyeri otot usai olahraga secara sederhana

1. Lakukan olahraga ringan terlebih dahulu

Melakukan kegiatan olahraga ringan sangatlah penting untuk diterapkan sebelum kamu mencoba olahraga yang lebih berat lagi. Karena dengan melakukan kegiatan ini, maka bisa memberikan efek untuk meningkatkan aliaran darah keseluruh tubuh kamu. Dengan meningkatkan proses aliran darah keseluruh tubuh ini, maka juga akan berdampak pada lebih cepatnya tubuh untuk menyembuhkan luka karena nutrisi yang diserap oleh tubuh tersebut bisa tersalurkan dengan baik akibat lancarnya aliran darah.

2. Mengkonsumsi banyak air putih

Mengkonsumsi air putih akan membantu proses pembersihan racuk didalam tubuh kita. Disaat otot seseorang terkoyak, maka disaat itu sejumlah racun akan terlepas kedalam tubuh. Hal inilah yang bisa meningkatkan rasa nyeri dan juga pegal yang kamu derita. Oleh karena itu, banyak minum air putih menjadi solusi terbaik dan sederhana yang bisa kamu lakukan.

Baca Juga : 6 Cara Mengobati Diare Pada Anak + (Gejala, Penyebab, Gejala Berbahaya, Cara Mencegah)

3. Lakukanlah peregangan otot

Melakukan gerakan peregangan merupakan salah satu cara terbaik yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan masalah pegal dan kaku pada otot. Selain itu hal ini tak hanya akan membuat kamu merasa lebih baikan, namun juga bisa meningkatkan pergerakanmu sehingga menjadi lebih bebas.

4. Terapkan terapi panas

Cara lain yang bisa kamu coba untuk mengatasi nyeri otot usai olahraga adalah dengan terapi panas. Kegiatan ini akan meringankan efek tegang dan nyeri pada ototmu. Selain itu cara ini juga bisa membantu dalam melancarkan sirkukulasi darah serta mempercepat proses penyembuhan nyeri kamu.

5. Dinginkan bagian yang nyeri

Tak hanya dengan cara terapi panas, terapi dingin juga bisa kamu coba untuk redakan nyeri otot setelah olahraga ini. Selain itu manfaat lainnya dari terapi dingin adalah untuk membantu dalam meredakan bengkak serta meminimalisir radang yang bisa terjadi.

6. Tidur yang cukup

Mengistirahatkan badan adalah solusi terbaik untuk atasi nyeri otot setelah olahraga yang kamu temui. Kamu harus menerapkan durasi tidur yang proporsional, agar rasa kelelahan dan nyeri yang dialami oleh tubuh usai olahraga bisa reda dengan cepat. Disaranakan waktu tidur yang kamu coba adalah sekitar 7-8 jam dalam sehari, hal ini bertujuan agar kondisi tubuh kamu bisa kembali fit dengan sepenuhnya dan alami.

Jika kamu mengalami rasa sakit pada bagian tertentu pada tubuhmu, maka mengganti posisi tidur adalah solusinya. Misalnya saja kamu bisa mencoba untuk memberikan bantal pada bagian kaki atau lengan yang mengalami nyeri. Atau juga bisa dengan merubah posisi tidur menyamping sebelah kiri, guna untuk menyamankan organ-organ dalam tubuh kamu.

Baca Juga : 19 Cara Mengobati Suara Serak Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi)

7. Membaluri tubuh dengan olive oil

Bagian tubuh yang mengalami nyeri usai melakukan kegiatan olahraga bisa kamu bantu meredakannya dengan cara memberikan olive oil pada area tersebut sambil memberikan sedikit pijatan. Hal ini bisa membuat otot menjadi rileks. Selain olive oil kamu juga bisa menggantinya dengan minyak kayu putih agar badan menjadi lebih hangat, lalu tutuplah tubuh dengan selimut dan tidurlah dengan lelap.

Cara cepat meredakan nyeri otot usai olahraga dengan mengkonsumsi makanan

Cara cepat meredakan nyeri otot usai olahraga dengan mengkonsumsi makanan

8. Blueberry

Didalam blueberry terdapat kandungan antioksidan yang cukup kaya. Dimana kandungan ini bisa membantu dalam mengurangi inflamasi yang terjadi pada otot kamu setelah melakukan olahraga berat. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di New Zealand seperti yang kamu kutip dari kumparan.com, mengkonsumsi blueberry secara rutin dapat memberikan efek perbaikan pada area jaringan otot seseorang, sekaligus meningkatkan kekuatan otot dari orang yang mengkonsumsinya buah ini.

9. Delima

Pomegranate atau yang lebih kita kenal dengan nama Delima, merupakan buah yang memiliki kesamaan dengan blueberry, yaitu sama-sama memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Dan hal tersebut tentunya akan berdampak pada lebih cepat untuk mengatasi peradangan pada otot. Penelitian dari sebuah universitas di Texas juga semakin menegaskan bahwa buah ini sangatlah handal untuk atasi pegal pada otot dan mengurangi rasa sakit yang timbul.

10. Bayam

Sayuran hijau ini juga terkenal berkat manfaatnya yang baik untuk kesehatan. Yakni adanya kandungan antioksidan yang cukup kaya. Selain antioksidan, bayam juga memiliki kandungan asam nitrat yang bisa dengan cepat membangun jaringan otot, dan membuatnya menjadi lebih kuat.

Baca Juga : 14 Cara Mengobati Batu Ginjal Secara Alami & Tradisional + (Penyebab & Gejala)

11. Daging tanpa lemak

Dalam daging yang tak memiliki kandungan lemak, seperti daging ayam dan sapi sangatlah bisa diandalkan untuk mengatasi permasalahan otot. Hal tersebut karena kandungan protein didalamnya. Oleh sebab itu, cobalah untuk mengolahan bahan ini guna mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan seusai olahraga yang kamu rasakan.

12. Kunyit

Kunyi memiliki kandungan sebuah zat yang bernama kurkumin. Dimana zat ini sangatlah bagus untuk proses penyembuhan secara alami dari rasa sakit. Selain itu kunyit juga terkenal berkat manfaatkan yang bisa mengatasi peradangan pada otot. Kandungan kurkumin ini juga mempercepat proses perbaikan pada jaringan otot tubuh.

13. Jahe

Komponen bernama zat gingerol didalam jahe memiliki efek sebagai anti inflamasi yang sangat bisa diandalkan. Hampir sama dengan kunyit, jahe juga ampuh untuk mengurasi rasa nyeri yang timbul akibat olahraga berat.

14. Gandum

Gandum juga termasuk bahan makanan yang memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain protein didalam gandum juga terdapat kandungan karbohidrat yang sangat bisa diandalkan untuk memperbaiki kerusakan pada otot kamu. Oleh sebab itu konsumsilah karbohidrat ini guna meminimalisir kerusakan otot yang mungkin saja bisa terjadi. Selain gandum, beberapa makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi juga yaitu nasi merah dan oat.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Cacar Air Pada Anak Secara Alami & Medis + (Gejala, Penyebab, Komplikasi)

15. Kentang manis

Kentang manis bisa memberikan efek pengembalian glikogen setelah kamu melakukan latihan berat saat berolahraga, dimana semua ini memberikan efek pegal atau nyeri pada otot kamu. Selain kandungan glikogen, didalam kentang manis juga terdapat kandungan beta karoten serta vitamin C yang bagus untuk pemulihan otot kamu.

16. Air kelapa muda

Air kelapa muda sangat baik sekalio untuk otot, karenakan air kelapa ini tak hanya bisa melembabkan sel-sel otot saja, namun juga sekaligus memulihkan otot kamu yang mengalami nyeri, karena kandungan kalium dan magnesium didalamnya.

17. Nanas

Nanas memiliki sifat anti inflmasi yang cukup dapat diandalkan untuk hilangkan rasa sakit, sehingga buah yang satu ini bisa kamu jadikan obat untuk atasi nyeri otot setelah olahraga. Selain itu kandungan vitamin yang beragam didalam nanas juga sangat berguna untuk proses pemulihan.

18. Daging salmon

Didalam daging salmon terdapat kandungan protein yang kaya dan sangat efektif untuk mengatasi nyeri otot. Selain itu, salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi peradangan.

Baca Juga : 20 Cara Mengobati Leher Tengeng Secara Alami, Medis & Altenatif + Cara Mencegahnya

19. Buah ceri

Solusi lainnya untuk atasi nyeri oto usai olahraga adalah mengkonsumsi buah ceri. Hal tersebut karena secara ilmiah buah ini bisa mengurangi rasa sakit yang dirasakan orang-orang yang mengalami nyeri otot setelah olahraga. Kamu bisa mengolahnya menjadi bolu ceri yang rendah gula dan jus tanpa gula. Dimana kedua olaghan ini bisa kamu minum langsung sesudah olahraga berat.

20. Telur rebus

Telur rebus menjadi pilihan lainnya yang bisa kamu terapkan untuk atasi rasa pegal-pegal pada otot setelah olahraga berat. Hal tersebut tak lain karena kandungan protein didalamnya yang begitu bagus. Selain itu telur rebus juga bagus untuk membantu dalam pemulihan otot kamu dengan cepat.

21. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah cemilan terbaik yang bisa kamu konsumsi seusai melakukan olahraga berat. Semua itu karena didalam kacang-kacangan, terdapat nutrisi protein yang kaya sehingga membantu kamu agar bisa kenyang lebih lama. Selain itu, segenggam kacang juga kaya akan nutrisi baik lainnya, seperti omega-3 yang bersifat sebagai anti inflamasi.

Itu tadi beberapa Cara cepat meredakan nyeri otot usai olahraga yang bisa kamu terapkan sendiri dirumah. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://www.merdeka*com/sehat/6-cara-cepat-meredakan-nyeri-otot-yang-muncul-usai-berolahraga.html
https://hellosehat*com/hidup-sehat/kebugaran/cara-mengatasi-nyeri-otot-setelah-olahraga/
https://kumparan*com/@kumparanfood/7-makanan-yang-ampuh-redakan-nyeri-otot-usai-berolahraga-27431110790536188
https://www.halodoc*com/5-cara-mengatasi-badan-sakit-setelah-olahraga
https://www.idntimes*com/food/dining-guide/andry-trisandy/8-makanan-dan-minuman-yang-ampuh-usir-nyeri-otot-usai-olahraga-berat/full

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *