Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang Secara Alami

13 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang Secara Alami

Posted on

13 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang – Masalah patah tulang biosa terjadi karena berbagai macam hal, mulai dari cedera hingga kondisi kesehatan lainnya seperti misalnya tulang yang rapuh. Dan biasanya sekarang ini kebanyakan orang yang mengalami masalah patah tulang akan memilih untuk melakukan metode operasi oleh para tim medis. Guna untuk menghindari berbagai resiko yang mungkin saja bisa terjadi, jika memilih metode pengobatan lainnya.

Namun walaupun sudah dilakukan metode medis guna untuk menyembuhkan patah tulang, tentu saja memakan waktu yang cukup lama, agar tulang kamu yang mengalami patah tersebut benar-benar sepenuhnya sembuh dan tersambung kembali. Biasanya waktu yang dibutuhkan sangatlah berfariasi, ada yang sembuh hanya memakan waktu berbulan-bulan saja, namun ada juga yang memakan waktu hingga 1 tahun atau lebih. Dimana semua ini tergantung dari kondisi patah tulang yang dialami oleh si pasien.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini Dia 10 Manfaat Daun Jati Belanda Untuk Kesehatan & Pengobatan

Namun bukan berarti kamu harus menunggu waktu selama itu tanpa melakukan hal-hal yang mempercepat penyembuhan patah tulang kamu. Proses dari penyembuhan tulang ini bisa dibantu mempercepatnya dengan cara mengkonsumsi beberapa nutrisi yang diperlukan serta beberapa cara lain yang bisa mempercepat proses penyembuhan tersebut. Dan berikut adalah beberapa cara mempercepat penyembuhan patah tulang secara alami yang bisa kamu lakukan. Yuk lihat !!

Cara mempercepat penyembuhan patah tulang dengan nutrisi untuk tulang

Cara mempercepat penyembuhan patah tulang dengan nutrisi untuk tulang

1. Kalsium

Sudah bukan rahasia lagi jika kalsium merupakan salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang. Termasuk juga kamu yang sedang tahap penyembuhan pasca patah tulang. Dimana kalsium sangat berperan penting disini untuk kamu, agar proses penyatuan tulang yang patah cepat menyatunya. Seperti yang dikutip dari merdeka.com, Dokter James Balch dan Mark Strengler, penulis dari Prescription for Natural Cures merekomendasi untuk para pasien patah tulang, agar mengkonsumsi suplemen kalsium sebanyak 500 hingga 600 miligram dalam seharinya.

Baca Juga : Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

Selain dari suplemen kamu juga tetap bisa mendapatkan nutrisi kalsium dari makanan dan minuman, misalnya saja dari susu, kedelai,tahu,yogurt, tenpe, pisang dan lainnya. Selain itu, beberapa jenis sayuran juga memiliki kandungan ini, seperti lobak,kale, serta brokoli. Oleh sebab itu konsumsilah asupan ini setiap harinya agar patah tulang yang kamu alami bisa cepat sembuh.

2. Vitamin D

Vitamin D memiliki peranan yang amat penting bagi tubuh, karena membantu untuk penyerapan terhadap kalsium kedalam darah dan juga tulang. Oleh sebab itu, tanpa adanya vitamin D yang cukup didalam tubuh, kalsium yang sudah kamu konsumsi dari berbagai bahan makanan dan juga suplemen akan sangat sulit terserap oleh tubuh. Sehingga semuanya akan terasa sia-sia saja.Oleh sebab itu sangat penting sekali bagi tubuh mendapatkan asupan vitamin D ini yang tentunya dibarengi dengan nutrisi kalsium.

Cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan vitamin D ini adalah dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi. Karena sinar matahari ini memiliki banyak sekali kandungan vitamin D. Selain itu, beberapa asupan makanan juga memiliki kandungan vitamin D seperti tuna, salmon, sarden, minyak ikan, kuning telur dan lainnya. Setidaknya kamu yang mengalami patah tulang harus mengkonsumsi vitamin D sebanyak 400-800 unit setiap harinya.

3. Vitamin K

Didalam sebuah artikel pada tahun 2012 lalu, seorang ahli tulang menyebutkan bahwa vitamin K sangat begitu amat penting untuk kesehatan tulang seseorang. Karena vitamin K sendiri memiliki peranan penting guna mempercepat proses penyembuhan patah tulang. Vitamin K memiliki tugas untuk memperkuat osteocalcin, kompenen protein didalam tulang, tanpa memberikan peningkatan jumlah dari mineral dalam tulang tersebut. Proses ini akan sangat membantu dalam menyembuhan patah tulang dengan lebih cepat, serta memberikan penurunan resiko rulang retak.

Mendapatkan nutrisi vitamin K ini cukuplah mudah, kamu bisa memperolehnya dari sayur-sayuran seperti kembang kol, brokoli dll. Selain itu dari telur, daging, ikan, dan hati juga memiliki kandungan ini. Setiap harinya seorang pria setidaknya harus memenuhi sebanyak 120 mikrogram vitamin K, dan untuk wanita sebanyak 90 mikrogram. Dan untuk para pasien patah tulang disarakan untuk mengkonsumsi sebanyak 20% lebih banyak dari kebutuhan normalnya pada setiap harinya.

Baca Juga : Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

4. Protein

Protein merupakan salah satu zat gizi mikro yang memiliki peranan penting dalam membangun jaringan baru didalam tubuh. Dimana tentunya kamu sangat membutuhkan nutrisi yang satu ini dalam memperbaiki sel dari jaringan tulang agar kembali normal. Selain itu, protein ini juga sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu proses penyerapan kalsium yang lebih banyak, sehingga tulang kamu menjadi lebih padat dan juga kuat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Tufts Unversity telah mengungkapkan bahwa bila seseorang melakukan diet tinggi protein, maka hal tersebut dapat mempercepat proses penyembuhan tulang yang mengalamai patah serta rapuh.

Untuk pengkonsumsiannya sendiri setiap orang dewasa yang sehat hari mengkonsumsi sebanyak 56-65 gram perharinya. Namun didalam penelitian itu juga disampaikan bahwa peserta studi diberikan protein sebanyak 79 gram perharinya. Kamu bisa memperoleh kandungan nutrisi ini dari makanan yang tinggi akan nutrisi ini. Seperti pada kacang-kacangan, susu, telur, daging ayam, serta daging sapi.

5. Vitamin C

Kebanyakan dari kita tentunya sudah mendengar bahwa vitamin C merupakan antioksidan untuk tubuh dan juga memiliki peranan dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Namun selain itu, ternyata vitamin jenis ini sangat baik untuk memperbaiki sel dari jaringan tulang kita. Apalagi jika kamu sedang dalam tahap penyembuhan pasca patah tulang. Tak hanya itu, vitamin C juga memiliki manfaat lain untuk tubuh, yakni berguna untuk mempermudah penyerapan kalsium dan mineral lainnya didalam tubuh. kamu bisa mendapatkan kandungan ini dari berbagai macam buah dan sayuran seperti pepaya, kiwi, mangga, jeruk, tomat, brokoli, serta bayam.

Baca Juga : 32 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

6. Nutrisi lainnya

Selain beberapa nutrisi diatas masih ada lagi dua nutrisi yang diperlukan untuk mempercepat proses penyembuhan pasca pata tulang yang kamu alami, yakni adalah boron dan juga silica. Kedua nutrisi ini memiliki kegunaan untuk meningkatkan penyerapan kalsium dalam darah dan tulang kamu.

Cara mempercepat penyembuhan patah tulang dengan bahan alami

Cara mempercepat penyembuhan patah tulang dengan bahan alami

7. Teh

Siapa yang tidak kenal teh, teh merupakan minuman yang memiliki banyak penggemar. Namun ternyata minuman yang biasanya dinikmati saat pagi dan sore hari ini memiliki manfaat yang cukup berguna untuk mempercepat penyembuhan patah tulang. Yakni kamu hanya perlu mengkonsumsi sebanyak 5 cangkir teh hijau setiap harinya. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang begitu tinggi.

Baca Juga : 25 Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami, Efektif & Mujarab

Dimana seperti yang sudah kita ketahui bahwa antioksidan ini memiliki peranan penting dalam menghambat pertumbuhan sel kangker dan mempercepat pengembalian jaringan pada tulang yang kamu patah. Pengobatan cina selama berabad-abad juga memanfaatkan teh hijau ini sebagai obat penyembuhan patah tulang kareha sifat penyembuhannya tersebut.

8. Daun komfrey

Daun yang bernama latin Symphytum officinale L ini merupakan obat herbal yang cukup terkenal dalam penyembuhan patah tulang. Tanaman ini memiliki kandungan bahan kimia yang bernama allantoin yang memiliki sifat sebagai anti-inflamasi yang begitu dapat diandalkan. Sehingga bahan ini dapat membantu proses penyembuhamn dari luka dan memicu petumbuhan sel baru. Kamu dapat mengolahannya menjadi teh, atau diseduh secara langsung. Namun jika kamu tidak suka dengan rasanya maka kamu dapat memanfaatkannya untuk dijadikan salap luar.

Cara mempercepat penyembuhan patah tulang dengan terapi sederhana

Cara mempercepat penyembuhan patah tulang dengan terapi sederhana

9. Pemijatan

Pemijatan memiliki manfaat yang cukup beragam bagi tubuh, seperti misalnya meningkatkan sirlukasi darah keseluruh tubuh. Hal ini juga berlaku bagi yang yang mengalami patah tulang atau dalam tahap penyembuhan. Kamu dapat melakukan pemijatan jaringan lunak yang berada dalam sekitaran tulang patah.

Hal ini memiliki tujuan untuk meningkatkan aliran darah dan meningkatkan aliran nutrisi yang menuju ke tempat dimana patah tulang kamu. Sehingga proses penyembuhan dan penyerapan nutrisi untuk perbaikan tulang dalam berjalan dengan lancar. Namun kamu harus melakukan pemijatan dengan cara yang ringan dan lembut, dan harus perlahan-lahan. Jika terasa sakit segera berhenti dan lakukan senyaman mungkin.

Baca Juga : 36 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

10. Terapi panas

Pemanasan yang dilakukan pada daerah sekitaran tulang yang mengalami keretakan atau patah bisa memberikan manfaat untuk meningkatkan aliran darah serta membantu penyembuhan tulang tersebut. Kamu dapat melakukannya dengan berbagai macam cara, seperti dengan menggunakan handuk yang sebelumnya sudah direndam dengan air penas lalu kompreskan. Atau juga bisa dengan cara mandi dengan air hangat, sebanyak 3 kali dalam sehari selama kurang lebih 30 menit. Cara kedua ini sebaiknya dilakukan untuk kondisi patah tulang yang tidak disertai luka disekitarnya.

11. Latihan

Latihan sendiri memiliki tujuan agar membantu dalam memperkuat otot-otot disekitaran area tulang kamu yang mengalami patah. Dan kamu tentunya harus melakukannya dengan cara berhati-hati dan perlahan-lahan. Serta disesuaikan dengan kemampuanmu.

Cara mempercepat penyembuhan patah tulang dengan gaya hidup sehat

Cara mempercepat penyembuhan patah tulang dengan gaya hidup sehat

12. Berhenti merokok

Baca Juga : 37 Cara Menghilang Jerawat Secara Alami, Efektif Dan Mujarab

Para perokok memiliki kepadatan mineral yang lebih kurang ketimbang orang yang tidak merokok. Sebuah studipun juga menunjukkan bahwasanya para perokok memiliki waktu yang rata-rata lebih lama penyembuhannya ketimbang orang yang tidak. Hal ini disebabkan karena rokom dapat mengganggu aliran darah si penggunanya. Oleh sebab itu, hindarilah merokok disaat kamu sedang menajalni proses penyembuhan pasca patah tulang.

13. Pola makan yang seimbang

Tulang yang mengalami patah, tentunya sangat membutuh nutrisi yang baik untuk tulang itu sendiri. Guna untuk mempercepat proses penyembuhannya. Oleh sebab itu kamu sangat diwajibkan untuk memenuhi gizi dengan baik serta seimbang, agar proses penyetuan kembali tulang yang patah dapat berlangsung dengan lebih cepat. Berikut adalah beberapa makanan yang baik dan dan yang harus dihindari :

Makanan baik untuk patah tulang :

  • Makanan dengan kalsium tinggi (susu, sarden, ikan salmon, sayuran hijau, dan sayuran laut).
  • Makanan dengan vitamin K tinggi (Bayam, brokoli, kale, dan lainnya).
  • Makanan dengan protein tinggi (daging-dagingan).
  • Makanan dengan Vitamin C tinggi (tomat, stroberi, paprika, jeruk)
  • Makanan dengan zink tinggi (bayam, biji labu, daging sapi)

Makanan yang dihindari untuk patah tulang :

  • Alkohol (memicu peradangan)
  • Garam (menghilangkan kalsium pada tulang)
  • Gula dan tepung halus (memicu pengikisan kepadatan tulang)
  • Minuman bersoda (Menghilangkan kalsium pada tulang)
  • Kafein (menghambat proses penyerapan kalsium) *kecuali teh hijau

Itu tadi beberapa Cara mempercepat penyembuhan patah tulang yang bisa kamu lakukan dan terapkan sendiri. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam mendapatkan informasi yang sedang kamu kamu. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://hellosehat*com/hidup-sehat/nutrisi/nutrisi-untuk-patah-tulang/
https://mediskus*com/tips/tips-agar-patah-tulang-cepat-sembuh
https://doktersehat*com/tips-agar-patah-tulang-cepat-sembuh/
https://www.merdeka*com/sehat/4-nutrisi-penting-untuk-penyembuhan-patah-tulang.html
http://jambi.tribunnews*com/2016/03/02/wow-daun-ini-ternyata-bisa-sembuhkan-patah-tulang-dan-memar
https://www.deherba*com/tips-agar-patah-tulang-sembuh-lebih-cepat.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *