cara mengatasi anak susah bab

15 Cara Mengatasi Anak Susah BAB & Tanda-Tanda BAB Yang Wajib DiWaspadai

Posted on

15 Cara Mengatasi Anak Susah BAB – Menurut wikipedia, konstipasi atau sembelit adalah sebuah gangguan pada sistem pencernaan seseorang atau juga pada hewan yang mengalami pengerasan pada tinja, sehingga menyebabkan sulit untuk dikeluarkan atau dibuang, sekaligus menyebabkan kesakitan pada si penderita. Pada dasarnya masalah sembelit atau susab buang air besar ini cukup umum dialami oleh kebanyakan orang termasuk juga anak-anak atau bayi.

Namun kamu tidak boleh meremehkan masalah sistem pencernaan ini atau dibiarkan berlarut-larut. Ciri-ciri yang biasanya muncul disaat anak atau bayi menderita sembelit ialah tidak BAB minimal 3x dalam seminggu. Tentu saja sebagai orang tua kita harusnya lebih mengerti tentang kondisi atau tanda-tanda ini.

Baca Juga : 21 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Secara Alami & Tradisional

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai masalah susah BAB atau sembelit pada bayi dan anak. Menyangkup penyebab susah bab pada anak, tanda-tanda bayi susah bab, serta cara mengatasi anak susah bab, baik itu pada usia 4 bulan, 5 bulan, 6 bulan, hingga 3 tahun. Seperti apa pembahasannya ? Silahkan disimak dibawah ini. Yuk lihat !!

Penyebab susah BAB pada anak

Guna untuk memudahkan kamu sebagai orangtua dalam mengatasi masalah sembelit, mungkin sebaiknya kamu harus mengetahui tentang beberapa penyebab susah bab pada bayi dan anak. Berikut adalah beberapa faktornya.

-Anak baru diperkenakan dengan makanan padat

Bayi susah bab dan sering kentut biasanya yang menjadi salah satu penyebabnya adalah transisi dari yang sebelumnya mengkonsumsi cairan ASI menjadi makanan padat. Sistem pencernaan mereka yang masih belum terbiasa dengan kehadiran makanan didalam lambung membuat mereka susah bab. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi minim akan kandungan serat.

-Bayi yang mengalami kekurangan cairan

Kurangnya cairan ditubuh membuat kotoran menjadi kering serta keras dan menyebabkan sangat sulit dikeluarkan, bayi tidak bab 2 hari tapi kentut biasanya disebabkan oleh masalah ini. Selain itu anak-anak dan bayi juga susah menerima makanan jika mulut mereka sedang bermasalah seperti sariawan atau adanya pertumbuhan gigi susu. Begitu juga dengan hal lain yang membuat anak malas untuk minum dan menyebabkan dehidrasi, seperti infeksi telinga, tenggorokan dan pilek.

-Susah buang air besar karena susu formula

Cara mengatasi bayi susah bab umur 4 bulan atau yang sedang mengkonsumsi susu formula adalah menghentikan pemberian susu formula ke anak. Komposisi serta nutrisi susu formula dan ASI sangatlah berbeda sehingga bagi sebagian anak susu formula sangat sulit dicerna. Hal ini membuat tinja si anak menjadi lebih keras susah untuk buang air besar atau sembeli.

Baca Juga : Yuk Lihat, 8 Cara Mengatasi Kram Kepala Akibat Stres Secara Alami

-Kondisi medis tertentu

Kondisi medis tertentu juga turut serta menjadi faktor yang membuat anak susah bab. Anak dibawah 6 bulan yang mengelami sembelit biasanya disebabkan oleh kelainan pada organ pencernaan sejak lahir, seperti kelainan sumsum tulang belakang, penyakit hirschprung, hipotiroid, kadar kalsium di darah terlalu tinggi (hiperkalsemia), penyakit celiac, dan alergi pada susu sapi.

Cara mengatasi BAB keras pada bayi 6 bulan

cara mengatasi bayi mpasi susah bab

1. Mengubah atau mengganti susu formula

Cara mengatasi anak susah bab dan sering kentut pada usia 6 bulan adalah dengan mengganti susu formula. Jika kamu selama ini memberikan anak susu formula sebaiknya diskusikanlah terlebih dahulu dengan dokter, guna untuk memastikan takaran yang baik untuk anak dan mempertimbangkan penggantian susu formula yang cocok untuk si kecil, dalam meminimalisir masalah sembelit pada bayi 6 bulan

2. Memanfaatkan pelembut tinja

Selain cara 1, ada lagi cara mengatasi bayi mpasi susah bab yang bisa kamu terapkan. Yakni dengan menggunakan pelembut tinja yang sesuai dengan anjuran dokter. Pelembut tinja ini bisa kamu tambahkan pada susu si bayi atau pada mpasi si bayi, sebanyak 3x dalam seharinya.

Cara mengatasi bayi susah bab umur 6 bulan – 2 tahun

cara mengatasi bayi susah bab dan sering kentut

3. Membiasakan duduk di toiler secara teratur

Hal ini sebaiknya dilakukan sekitar 3 hingga 5 menit sesudah makan. Karena ini adalah salah satu cara mengatasi anak susah bab usia 2 tahun atau lebih. Mintalah anak untuk duduk di toiler walaupun dia tidak merasa ingin buang air besar. Ciptakan juga suasana nyaman agar si anak nyaman tiap buang air di toiler. Hal ini bertujuan untuk mengajarkan anak agar bisa merespons keinginannya sendiri untuk buang air besar dengan cara selalu duduk di toilet.

Baca Juga : Penyebab & 13 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Hamil 8 Bulan

4. Berikan makanan tinggi serat

Pemberian makanan bayi 6 bulan agar tidak sembeli atau lebih adalah salah satu cara mengatasi anak susah bab keras. Tambahkan porsi sayuran sebanyak 2 dari 3 porsi makan anak. Utamakan juga pemberian asupan serat dari buah-buahan yang berkulit dan bisa langsung dikonsumsi si anak seperti, prune, persik, aprikot, dan plum. Selain buah-buahan dan sayuran, berikan juga roti gandum ke anak. Dan hindari sereal siap saji yang diproses, seperti rice bubble atau corn flake.

5. Batasi pemberikan susu sapi ke anak

Cara mengatasi anak susah bab usia 3 tahun atau kurang selanjutnya adalah dengan membatasi pemberian susu sapi. Jika anak kamu berisua lebih dari 18 bulan, maka usahakan untuk tidak lebih memberikan susu sapi dari 500 ml perharinya. Selain itu hindari juga memberikan minuman manis sebelum waktu makan utama.

Cara mengatasi susah bab pada anak 3 tahun atau lebih

cara mengatasi anak susah bab usia 3 tahun

6. Pastikan anak minum air yang cukup

Cara mengatasi anak yang susah bab yang begitu sederhana adalah dengan memastikan anak mengkonsumsi air yang cukup. Air putih akan membantu memperlancarkan proses pencernaan anak, sekaligus menghindari anak dari dehidrasi akibat kekurangan cairan. Oleh sebab itu, pastikan anak memenuhi pasokan cairan tubuh setiap harinya.

7. Ajak anak untuk banyak bergerak dan berolahraga

Dengan cara banyak melakukan gerakan bisa membantu untuk membuat perasaan ingin BAB anak menjadi lebih baik. Sekalian selain mengajak banyak bergerak, aja juga untuk olahraga, guna untuk memaksimalkan sistem pencernaan dan membantu stimulasi otot dan saraf agar bisa bekerja dengan optimal, sekaligus juha otot pada saluran pencernaan. Cara mengatasi anak yang susah buang air besar yang satu ini bisa kamu tetapkan sendiri bersama si kecil. Mulailah dari cara-cara sederhana, seperti mengajak anak berjalan, bermain, serta merangkak.

Baca Juga : 12 Cara Mengatasi Sakit Gusi Saat Hamil & Bahayanya !

8. Ajarkan agar tidak menahan BAB

Cara mengatasi susah bab pada anak selanjutnya ini, bisa dikatakan sangat wajib diajarkan. Karena bisa membuat keinginan anak dalam BAB semakin tinggi, dan tak enggan untuk melakukannya. Jika anak merasakan sedikit keinginan untuk BAB aja langsung ke toilet terdekat, dan jangan tunda-tunda.

9. Memberikan makanan probiotik

Cara mengatasi susah bab pd anak berikutnya adalah memberikan makan probioktik. Walaupun ada beberapa pertentangan mengenai efek dari makanan ini pada anak. Namun tetap waja makanan ini mengandung bakteri baik bagi usus dan mengatasi sembelit pada anak.

10. Akupuntur

Menerapkan metode akupuntur bisa menjadi cara dalam mengatasi sembelit pada anak. Jika cara ini tidak ampuh, dan membuat anak jadi tidak nyaman, maka kamu bisa memberikan pijatan lembut pada perut anak guna untuk mengatasi sembelinya.

Cara mengatasi anak bayi susah bab

bayi susah bab dan sering kentut

11. Bantu bayi menggerakkan kaki

Cara mengatasi bayi susah bab umur 4 bulan selanjutnya ialah dengan membantu bayi menggerakan kakinya. Gerakan yang dimaksud disini ialah gerakan seperti mengayuh sepeda, atau membuat si bayi menjadi lebih aktif. Caranya dengan memegang telapak kaki bayi dengan baik, dan buat posisi bayi terlentang namun perutnya tetap santai. Selanjutnya gerakan seperti mengayuh sepeda secara bergantian dan lembut. Lakukan hal ini guna untuk menerapkan cara melancarkan bab pada bayi.

Baca Juga : 13 Cara Mengobati Alergi Dingin Dan Debu Secara Alami & Penyebab Serta Gajalanya !

12. Pijat lembut perut bayi

Bayi yang mengalami masalah sembelit bisa kamu bantu mengatasinya dengan memijat lembut perut si bayi. Kondisi susah BAB pada bayi sering kali disebabkan oleh perut yang tidak nyaman, dan cara mengatasi bayi susah bab umur 2 bulan yang satu ini bisa kamu coba. Gerakan ini dilakukan dengan memijat bayi mulai dari punggung hingga kepusar, dan melakukannya serah jarum jam, agar bayi merasa lebih nyaman. Lakukan dengan lembut dan tidak terlalu menekan bayi, selain bayi ini juga menjadi cara mengatasi susah bab pada anak.

13. Mandikan dengan air hangat

Disaat bayi mengalami sembeli, cobalah untuk memandikannya dengan air hangat, dan membiarkan bayi merendam sejak selama beberapa menit. Hal ini bertujuan untuk membuat bagian perut kebawah bayi merasa lebih enaka, sekaligus membuat otot perut bayi menjadi lebih longgar. Kegiatan ini bisa menjadi altenatif dari cara mengatasi bayi susah bab umur 5 bulan atau dibawahnya.

14. Berikan ASI secara terus menerus

Pemberian ASI sangat dianjurkan pada saat anak masih belum diperbolehkan mengkonsumsi MPASI. Selain menjadi nutrisi utama bagi bayi, ternyata ASI juga menjadi cara mengatasi bayi susah bab umur 1 bulan. Dimana ASI sangat aman bagi si bayi, sekaligus menjadi antibodi khusus yang dari nutrisi ibu yang disalurkan ke bayi lewat ASI.

Secara alami ASI dapat melancarkan BAB anak yang susah, dimana hal ini terbukti dari jarangnya kasus bayi yang susah BAB akibat konsumsi ASI, kecuali kekurangan pemberian ASI atau kondisi kesehatan lainnya, oleh sebab itu ASi menjadi salah satu obat tradisional susah buang air besar untuk balita dan bayi.

15. Berikan jus buah prune

Jus buah pune berasal dari buah plum yang dikeringkan, lalu diolah jadi jus. Jus ini aman bagi bayi. Dimana memiliki rasa manis alami dan kandungan serat yang tinggi. Dan sangat cocok menjadi salah satu cara mengatasi bayi susah bab umur 3 bulan. Kandungan serat yang tinggi inilah yang nantinya membantu dalam melancarkan BAB bayi dan menghindarinya dari masalah sembelit, sekaligus menjadi makanan pelancar bab bayi 8 bulan atau dibawahnya.

Baca Juga : Cara Mengobati Vertigo Dengan Jahe & Manfaat Jahe Untuk Vertigo

Tanda-tanda bayi busah BAB yang harus diwaspadai

cara mengatasi bayi susah bab umur 1 bulan

Walaupun susah BAB atau sembelit adalah hal umum diderita anak, akan tetapi ada beberapa tanda-tanda yang harus kamu waspadai sebagai orang tua. Dimana hal ini bisa mennadi masalah serius pada sistem pencernaan bayi yakni konstipasi yang tidak bisa dianggap remehc, dimana dampaknya bisa mengganggu perkembangan anak secara keseluruhan.

Tanda-tanda masalah konstipasi ini hampir sama dengan gejala susah BAB atau sembelit lainnya, akan tetapi jika masalah sembelit sudah lebih dari 2 minggu, segeralah untuk memeriksakannya kedokter, apalagi jika disertai dengan gejala berikut ini.

  • Benjolan di anus
  • Darah pada tinja
  • Berat badan turun
  • Demam
  • Muntah
  • Fisura ani (luka terbuka pada anus)

Jika bayi kamu mengalami tanda-tanda diatas, maka segeralah untuk memberiksakannya kedokter guna untuk mencari tau lebih jauh penyebabnya, konstipasi kronis dan berulah bisa menjadi indikasi adanya masalah serius pada sistem pencernaan bayi.

Itu tadi pembahasan mengenai penyebab sasah BAB pada anak, cara mengatasi susah BAB pada anak dan bayi, hingga ke tanda-tanda bayi susah BAB yang harus diwaspadai. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://hamil*co*id/bayi/kesehatan-bayi/cara-mengatasi-bayi-susah-bab
https://www.alodokter*com/cara-mengatasi-sembelit-pada-bayi-lebih-efektif-setelah-tahu-penyebabnya.html
https://hamil*co*id/anak/kesehatan-anak/cara-mengatasi-anak-susah-bab
https://www.alodokter*com/tanda-tanda-bayi-susah-bab-yang-harus-diketahui
https://www.alodokter*com/panduan-dasar-orang-tua-mengatasi-bayi-tidak-BAB
https://www.alodokter*com/komunitas/topic/bayi-susah-bab-5
https://www.merdeka*com/sehat/anak-susah-bab-atasi-dengan-7-cara-ini.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *