cara mengatasi keputihan saat hamil secara tradisional

Lengkap, Ini Dia 30 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Pencegahan)

Posted on

30 Cara Mengatasi Keputihan Saat Hamil Secara Alami – Keputihan merupakan sebuah sekresi yang terjadi pada area vagina wanita. Masalah keputihan ini juga dialami oleh wanita yang sedang hamil. Dan keputihan pada saat hamil adalah sebuah hal yang normal dan umum dialami oleh para ibu hamil. Banyak sekali faktor yang memperngaruhi hal tersebut bisa terjadi. Walaupun normal keputihan saat hamil haruslah tetap diwaspadai dan cepat diatasi agar nantinya tidak bertambah buruk.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai hal ini, yakni keputihan saat hamil. Mulai dari penyebab keputihan pada saat hamil, bagaimana cara mengobati keputihan saat hamil, hingga langkah pencegahan keputihan saat hamil yang bisa kamu terapkan. Seperti apa saja pembahasannya ? Silahkan disimak berikut ini. Yuk Lihat !!

Baca Juga : Mujarab, Ini Dia 32 Cara Mengobati Pilek Secara Alami, Cepat & Ampuh Serta (Gejala & Pencegahannya)

Penyebab keputihan saat hamil

Pada saat hamil leher dari rahim serta dinding vagina akan menjadi lebih lembut dan juga akan menghasilkan lebih banyak lendir yang disebut dengan keputihan ini. Semua itu disebabkan oleh adanya peningkatan hormon estrogen dan lebih banyaknya darah yang mengalir kedaerah leher rahim. Keputihan ini pada dasarnya memiliki fungsi, yakni untuk memberikan perlindungan terhadap leher rahim dan vagina dari bergai jenis kuman dan bakteri dari luar. Sehingga langkah ini bisa membantu dalam mencegah terjadinya infeksi pada vagina yang mana bisa saja berpindah ke rahim dan pada akhirnya membahayakan janin.

Pada masa-masa akhir dari kehamilan, kepala bayi akan semakin menekan rahim sehingga menyebabkan peningkatan jumlah keputihan, Seperti yang dilansirkan oleh NHS yang kami kutip dari hellosehat.com, mungkin terkadang banyak wanita tidak bisa membedakan mana yang keputihan dan mana yang air kencing. Dan pada saat minggu-minggu akhir kehamilan, keputihan akan diiringi oleh bercak darah, sekaligus ini menjadi tanda-tanda bahwa tubuh sudah siap untuk melahirkan.

Keputihan yang harus diwaspadai saat hamil

Keputihan saat hamil memang menjadi sebuah kondisi yang normal dialami oleh banyak wanita, namun sangat penting sekali untuk terus kamu pantau. Jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang aneh dari keputihanmu, maka kamu bisa segera memeriksakannya ke dokter. Berikut adalah beberapa tanda-tanda terjadinya infeksi pada vagina yang harus kamu waspadai.

  • Keputihan yang berubah warna, misalnya menjadi lebih kehijauan atau kekuningan
  • Mengeluarkan bau yang tidak sedap
  • Adanya rasa gatal atau nyeri pada area vagina

Keputihan pada saat hamil bisa dikatakan normal apabila memiliki ciri-ciri seperti memiliki warna putih (susu) dan juga jernih, serta tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Mata Ikan Secara Alami & Medis (Penyebab,Gejala,Pencegahan)

Cara mengatasi keputihan saat hamil dengan bahan alami

cara mengobati keputihan gatal saat hamil

1. Daun sirih

Cara mengobati keputihan saat hamil 9 bulan atau dibawahnya yang pertama adalah dengan memanfaatkan daun sirih. Yang perlu kamu lakukan hanyalah merebus daun sirih, lalu menggunakan air tersebut sebagai air pembasuh organ kewanitaan kamu. Daun sirih ini bermanfaat untuk membunuh kuman atau jamur penyebab keputihan dan membuat orga intim menjadi terhindari dari infeksi.

2. Pisang

Pisang juga bisa membantu dalam menjadi obat keputihan untuk ibu hamil muda. Yaitu dengan cara mengkonsumsi buah pisang seperti biasanya, kandungan seratnya yang baik bisa membantu proses detoksifikasi didalam tubuh menjadi semakin maksimal.

3. Bawang putih

Bumbu dapur yang satu ini ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi keputihan saat hamil 5 bulan atau lebih, karena adanya sifat alami antibakteri didalamnya. Hampir sama dengan daun sirih, kamu hanya perlu merebus dan menjadinya air rebusan tadi untuk membasuh daerah kewanitaan.

4. Anggur dan madu

Didalam anggur terdapat kandungan zat anti radikal bebas yang cukup dapat diandalkan dalam membunuh kuman atau bakteri penyebab keputihan. Tak heran pemanfaatan kedua bahan ini cukup bisa bersaing dengan merk obat keputihan untuk ibu hamil yang dijual di pasaran. Kamu hanya perlu mencapur kedua bahan ini dan mengolahnya menjadi jus. Konsumsilah jus ini secara rutin.

Baca Juga : 8 Cara Mengobati Ruam Popok Pada Bayi Yang Ampuh & Mujarab

5. Kunyit

Kunyit adalah salah satu bahan rempah-rempah yang memiliki khasiat yang begitu kaya. Salah satunya adalah sebagai cara mengatasi keputihan saat hamil 8 bulan atau dibawahnya secara tradisional. Penerapannnya sendiri adalah dengan mengkonsumsi air rebusan dari kunyit sebanyak 2x dalam seminggu.

6. Daun jambu biji

Didalam daun jambu biji terkandu zat yang tak hanya bisa mengatasi diare saja, namun juga bisa menjadi cara mengatasi keputihan saat hamil muda secara alami. Zat tersebut bersifat sebgai anti bakteri yang bisa membunuh kuman atau bakteri didaerah kewanitaan dengan memanfaatkan air rebusannya untuk membasuh organ kewanitaan kamu.

7. Daun kenari

Daun kenari juga memiliki senyawa yang bisa meringankan infeksi jamur yang disebabkan oleh adanya keputihan. Zat ini juga bersifat sebagai antibakteri yang sangat baik. Tak heran juga daun kenari menjadi salah satu cara mengatasi keputihan saat hamil 7 bulan atau dibawahnya. Kamu bisa mengolahnya dengan cara merebus airnya, lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk membasuh daerah kewanitaan secara rutin.

8. Delima

Delima termasuk salah sati buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Dimana salah satu khasiatnya bisa menjadi cara menghilangkan keputihan saat hamil secara alami. Cukup dengan menghancurkan biji delima, lalu campurkan dengan air. Lalu gunakan air tersebut untuk membasuh organ kewanitaan kamu secara rutin.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi Secara Sederhana & Gejala Kolik Yang Wajib Diwaspadai

9. Biji fenugreek

Masalah keputihan yang disebabkan oleh perubahan pH didaerah kewanitaan bisa diatasi dengan memanfaatkan biji fenugreek. Kamu hanya perlu menggunakan air bekas dari rendaman biji fenugreek ini sebagai air pembasuh organ kewanitaan.

10. Cuka sari apel

Cara mengatasi keputihan pada saat hamil selanjutnya adalah menggunakan cuka sari apel. Caranya adalah dengan mencampurkan cuka sari apel dengan air sebelum menggunakannya sebagai air pembasuh organ kewanitaan.

11. Yogurt

Yogurt memiliki kandungan bakteri baik didalamnya bernama acidophilus yang bisa membantu bekteri baik didalam organ intim bisa tumbuh dengan baik. Selain itu bakteri baik ini juga membantu untuk melawan para jamur atau bakteri jahat penyebab keputihan. Pemanfaatannya adalah dengan mengkonsumsi yogurt secara langsung. Cukup mengkonsumsi setidaknya sebanyak dua botol yogurt organik tanpa pemanis.

12. Buah cemai dan madu

Buah cemai adalah buah kecil yang memiliki warna kuning dengan rasa yang asam. Sering kali buah ini diolah menjadi manisan dengan tambahan gula sehingga membuat rasanya menjadi lebih lezat. Namun selain itu buah ini juga bisa menjadi cara menghilangkan keputihan saat hamil tua atau muda. Caranya dengan menghancurkan buah cemai hingga halus lalu dicampurkan dengan madu hingga berbentuk pasta. Berikutnya silahkan konsumsi buah ini dipagi hari untuk menghentikan keputihan.

Baca Juga : 13 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi & Gejalanya

13. Buah ara

Buah ara memiliki cukup banyak khasiat, salah satunya untuk menghentikan pertumbuhan jamur dan mencegah sembeli pada ibu hamil, karena efek sebagai pencahar alaminya. Kandungan didalam buah ini juga bagus untuk membuang racun dari dalam tubuh. Pemanfaatkan buah ara dalam menjadi cara mengobati keputihan saat hamil secara alami adalah dengan mengeringkan buah ini, dan kemudian campurkan dengan segelas air, diamkan selam 24 jam. Selanjutnya pada pagi hari silahkan konsumsi airnya. Namun bagi ibu hamil yang memiliki masalah kehamilan lainnya, sebaiknya tidak mengkonsumsi buah ini, karena bisa memberikan efek samping.

14. Okra

Selanjutnya untuk cara mengatasi keputihan saat hamil 7 bulan adalah dengan menggunakan sayuran okra. Okra merupakan jenis sayuran berlendir yang baik untuk ibu hamil. Hal ini karena okra bisa mencegah perkembangan jamur dan bakteri jahat didalam tubuh ibu hamil, termasuk juga bakteri penyebab keputihan. Pengolahannya adalah dengan merendam potongan okra dengan air dingin. Kemudian silahkan gunakan air rendaman tersebut untuk membersihkan organ kewanitaan.

15. Jus buah cranberry

Cranberry merupakan salah satu buah yang bisa menjadi obat herbal dalam mengatasi masalah kesehatan. Salah satu kandungan baiknya adalah adanya sifat antibiotik didalamnya. Dimana sifat ini bisa menjadi cara menghilangkan keputihan saat hamil 8 bulan atau dibawahnya. Kamu bisa mengkonsumsi jus dari buah cranberry ini sebanyak 1 gelas seharinya untuk mengatasi masalah keputihan saat hamil.

16. Air daun neem

Daun neem adalah tanaman herbal yang berasal dari India yang biasa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan keputihan disaat hamil. Semua itu dikarenakan sifat antiseptik dari daun tanaman ini. Pengolahannya sendiri adalah dengan mengeringkan daun neem lalu rendam dalam air selama 24 jam. Selanjutnya silahkan gunakan air rendaman tersebut untuk membersihkan vagina secara langsung.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Anak Susah BAB & Tanda-Tanda BAB Yang Wajib DiWaspadai

17. Akar bayam merah

Cara mengatasi keputihan saat hamil tua berikutnya adalah menggunakan akar bayam merah. Kandungan baik yang bisa melawan infeksi didalam akar bayam merah cukup dapat diandalkan dalam membersihkan organ kewanitaan dari berbagai jenis bakteri penyebab keputihan. Caranya adalah dengan merebus akar bayam merah dengan air mendidih. Saring, lalu dinginkan. Silahkan konsumsi air rebusan tersebut sebanyak 2x dalam sehari. Selain mengatasi keputihan akar bayam merah juga bisa mencegah anemia pada ibu hamil karena kandungan zat besinya.

18. Biji mangga

Sering kali orang yang sehabis mengkonsumsi daging buahnya, biji dari mangga dibuang begitu saja. Namun padahal bisa menjadi salah satu cara mengobati keputihan gatal saat hamil. Biji mangga disini adalah biji mangga yang masih segar dan baru dikupas. Kamu hanya perlu menghancurkan biji mangga hingga lembut dan tambahkan air secukupnya. Saring, dan gunakan air tersebut untuk membersihkan organ kewanitaan.

19. Ketumbar

Selain biasa dimanfaatkan untuk bahan masakan, ternyata ketumbar juga bisa menjadi cara engatasi keputihan saat hamil muda secara alami. Yaitu dengan membunuh jamur atau bakteri penyebab keputihan. Caranya dalah dengan merendam biji ketumbar dengan segelas air selama semalaman. Dan pada pagi harinya, silahkan konsumsi air rendaman tersebut. Setelah itu silahkan minum air hangat untuk menghilangkan aroma ketumbarnya dimulut. Konsumsilah ramuan ini sebanyak 1x dalam dua hari.

20. Air beras

Selama ini air beras hanya dibuag begitu saja atau digunakan untuk menyuburkan tanaman. Namun ternyata air beras juga bisa menjadi cara mengatasi keputihan saat hamil secara tradisional. Didalam air beras terkandungan mineral yang cukup bermanfaat, termasuk juga seng dan magnesium. Kamu bisa merebus beras organik, lalu ambil airnya dan tambahkan dengan madu dan silahkan konsumsi.

Baca Juga : 21 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Secara Alami & Tradisional

21. Minyak cendana

Minyak kendana sering dimanfaatkan sebagai obat keputihan di daerah Eropa sana. Tak hanya wangi minyak ini juga memiliki kandungan atsiri yang mana bisa membantu dalam mengatasi keputihan dengan cepat. Caranya adalah dengan mencampurkan sebanyak 2 tetes minyak cendana kedalam segelas air, dan gunakan air tersebut untuk membasuh organ kewanitaan. Setelah itu, silahkan bilas dengan air bersih.

22. Biji jintan

Biji jintan mungkin selama ini dikenal sebagai salah satu bumbu pada masakan yang memiliki aroma yang cukup kuat. Namun selain iut ternyata biji jintan juga mampu untuk mengatasi masalah peradangan akibat bakteri didalam tubuh. Para ibu hamil yang memiliki masalah keputihan bisa merendam biji jintan selama 12 jam, lalu saring airnya dan gunakan air tersebut untuk membasuh organ kewanitaan.

23. Asparagus

Merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa diandalkan untuk atasi masalah keputihan para ibu hamil. Selain itu asparagus juga memiliki kandungan vitamin B9 yang penting untuk atasi cacat pada janin. Kandungan serat tinggi juga membantu dalam mencegah sembelit pada ibu hamil. Kamu bisa mengolah asparagus menjadi sayuran harian atau merendamnya dalam air selama semalaman dan digunakan untuk membasuh organ intim.

Cara mengatasi keputihan saat hamil dengan gaya hidup

cara mengatasi keputihan saat hamil muda secara alami

24. Selalu jaga kesehatan Miss V

Pastikan Miss V kamu selalu bersih selepas buah air kecil atau besar, dengan cara membasuhnya menggunakan air bersih dari arak depan kebelakang. Selain itu, pilihlah toilet yang bersih, dan jika kepepet menggunakan toilet umum, maka hindari pengggunakan air yang tidak higienis untuk membasuh area kewanitaan kamu. Kamu bisa menggunakan air minum kemasan untuk membasuh organ kewanitaan pada saat menggunakan toilet umum yang airnya tidak higienis.

Baca Juga : Yuk Lihat, 8 Cara Mengatasi Kram Kepala Akibat Stres Secara Alami

25. Gunakan celana yang nyaman

Pastikan kamu menggunakan celana dari bahan yang mudah dalam menyerap keringan, seperti katun. Selain itu pastikan juga untuk menghindari jenis celana luar yang terlalu ketat. Serta segeralah ganti jika seandainya pakaian dalam kamu terasa lembab atau basah.

26. Hindari penggunakan pantyliner

Mulailah untuk menghindari penggunakan pantyliner, karena bahan kapas yang ada didalamnya bisa membuat organ kewanitaan menjadi lembab, sehingga sangat mudah bagi bakteri dan jamur penyebab keputihan untuk berkembang.

27. Hindari berendam dengan air hangat

Kegiatan ini bisa membuat keputihan lebih gampang untuk berkembang karena suhu tersebut sangat cocok bagi bakteri dan jamur keputihan untuk tumbuh.

28. Kurangi konsumsi makanan yang tidak sehat

Kamu sebaiknya memperhatikan jenis makanan yang kamu konsumsi. Jika termasuk makanan yang tak sehat sebaiknya hindarilah, seperti junk food, perpengawet atau makanan kemasan yang dikeringkan. Selain itu makanan dengan kandungan gula tinggi juga bisa meningkatkan produksi hormon pada area kewanitaan yang menyebabkan keputihan.

Baca Juga : Penyebab & 13 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Hamil 8 Bulan

29. Hindari penggunaan tisu pewangi

Penggunaan tisu dengan pewangi, deodoran area kewanitaan, serta sabun wangi bisa membuat bakteri baik didalam organ kewanitaan mati dan membuat keputihan parah.

30. Hindari penggunakan douching

Hal ini bertujuan untuk tetap menjaga keseimbangan bakteri baik didalam area kewanitaan agar masalah keputihan bisa terasi secara alami dan aman.

Cara mencegah infeksi akibat keputihan

Mencegah keputihan memang tidak mungkin dilakukan pada saat masa kehamilan, karena ini adalah hal yang normal. Namun akan tetapi ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya infeksi pada area kewanitaan akibat dari masalah keputihan ini. Seperti apa caranya ? Silahkan disimak.

  • Hindari penggunakan tampon
  • Gunakan deterjen tanpa pewangi untuk mencuci pakaian dalam
  • Hindari penggunakan cairan antiseptik di didalam bak mandi
  • Selalu cuci tangan sesudah menyentuh kemaluan
  • Pastikan untuk selalu melumasi area intim sebelum berhubungan seksual, guna mencegah iritasi
  • Berhenti merokok
  • Konsumsi makanan tinggi probiotik
  • Sebelum membeli obat keputihan, konsultasilah terlebih dahulu kedokter

Itu tadi beberapa cara mengatasi keputihan saat hamil, penyebab keputihan saat hamil, dan cara mencegah keputihan saat hamil. Semoga dengan adanya informasi ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://hellosehat*com/pusat-kesehatan/perawatan-kewanitaan__trashed/cara-mengatasi-keputihan-saat-hamil/
https://bidanku*com/tips-mengatasi-keputihan-saat-hamil
https://hamil*co*id/masalah-kehamilan/keputihan-saat-hamil/obat-keputihan-untuk-ibu-hamil
https://www.prenagen*com/id/3-cara-mengatasi-keputihan-saat-hamil-dengan-tepat
https://www.halodoc*com/5-cara-mengatasi-keputihan-saat-hamil
https://hamil*co*id/masalah-kehamilan/keputihan-saat-hamil/cara-mengatasi-keputihan-saat-hamil-secara-tradisional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *