cara mengatasi keputihan saat hamil

Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

Posted on

29 Cara Mengatasi Keputihan – Kebanyakan wanita mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah keputihan. Namun sebenarnya apa itu keputihan ? Menurut wikipedia, keputihan adalah sebuah sekresi vaginal pada wanita. Dimana fungsi dari keputihan ini sendiri ialah untuk memberikan perlindungan terhadap vagina dari berbagai macam iritasi dan infeksi. Wanita yang sedang masa kehamilanpun juga mengalami keputihan ini. Disaat mengalami keputihan seorang wanita akan mengeluarkan sebuah lendir dari vaginanya.

Dan lendir ini sendiri diproduksi oleh kelenjar yang terdapat didalam vagina dan serviks. Lendir ini nantinya akan membawa sel-sel mati serta berbagai macam bakteri agar vagina tetap dalam keadaan bersih. Walaupun keputihan ini sendiri merupakan sebuah kondisi normal yang biasa dialami oleh para wanita. Akan tetapi tak sedikit wanita yang merasa risih serta tidak nyaman oleh keputihan. Apalagi disaat cairan ini keluar dalam jumlah yang banyak sehingga mengganggu aktivitas yang sedang dilakukan oleh seorang wanita.

Baca Juga : Ini Dia, 36 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami, Mujarab, Ampuh serta Efektif

Apalagi jika keputihan yang sedang dialami oleh seorang wanita tergolong kedalam keputihan yang tidak normal. Dimana pada umumnya keputihan yang tidak normal disebabkan oleh adanya infeksi. Dan bahkan kondisi seperti ini juga menjadi indikasi atau tanda-tanda dari berbagai penyakit tertentu yang sedang dialami oleh seorang wanita. Dan tentu saja hal seperti ini sangat harus diwaspadai. Lalu seperti apa saja keputihan yang tidak normal ini ? Berikut adalah beberapa jenis keputihan yang tidak normal, berserta cara mengatasi keputihan secara alami, silahkan disimak.

Jenis-jenis keputihan yang tidak normal

cara mengatasi keputihan gatal

Seperti yang kamu kutip dari alodokter.com, berikut adalah beberapa jenis keputihan yang tidak normal. Yuk lihat.

Baca Juga : 32 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

A. Keputihan dengan lendir yang memiliki warna coklat atau yang mengandung darah

Jenis keputihan ini pada umumnya disebabkan oleh adanya siklus dari menstruasi yang tidak terarut. Namun tetap saja jenis dari keputihan yang tidak normal ini harus diwaspadai, apabila terjadi dalam kurung waktu yang panjang. Kondisi ini bisa menjadi salah satu indikasi bahwa kamu terkena kanker serviks atau kanker rahim.

B. Keputihan yang disertai oleh adanya rasa nyeri atau pendarahan

Rasa nyeri yang timbul pada area tulang panggul atau disaat kamu sedang buang air kecil, yang disertai juga dengan munculnya pendarahan di luar dari siklus menstruasi kamu, atau setelah kamu melakukan hubungan intim, maka ini merupakan salah satu tanda dari masalah genore atau chlarmydia(klamidia). Jika dibiarkan begitu saja, maka kedua penyakit menurlar seksual ini bisa menjadi pemicu dari berbagai infeksi serius pada organ kewanitaan kamu. Oleh sebab itu, segeralah untuk berkonsultasi kedokter disaat kamu mengalaminya.

C. Keputihan dengan lendir kuning, hijau atau berbuih

Keputihan jenis ini biasanya disebabkan oleh trikomoniasis, dimana merupakan sebuah penyakit menular seksual yang terjadi karena ulah parasit bernama Thichomonas vaginalis. Lendir yang dikeluarkan oleh infeksi ini biasanya memiliki jumlah yang cukup banyak, memiliki bau amis, serta biasanya disertai rasa perih disaat buang air kecil. Pembengkakan dan juga gatal-gatal juga sering terjadi disekitaran area vagina serta rasa nyeri disaat berhubungan intim. Infeksi jenis ini juga dapat diatasi dengan menggunakan antibiotik dari dokter.

D. Keputihan yang disertai luka melepuh disekitaran genital

Penyebab dari jenis keputihan yang tidak normal ini ialah masalah herpes genital. Dimana merupakan salah satu jenis penyakit yang memunculkan lepuhan disekitaran area organ intim wanita. Metode pengobatan yang biasa disarankan ialah dengan mengkonsumsi tablet antivirus. Namun, kekambuhannya kembali mungkin saja terjadi akibat dari virusnya yang berada didalam tubuh si pengidap penyakit ini, walaupun gejalanya sudah hilang dan tidak dialami lagi.

Baca Juga : 25 Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami, Efektif & Mujarab

E. Keputihan dengan adanya lendir kental, berwarna putih dan disertai oleh rasa gatal

Keputihan jenis ini disebabkan oleh adanya infeksi jamur pada area vagina. Infikasinya yaitu berupa adanya lendir yang kental, memiliki warna putih seperti susu kental, serta tanpa adanya bau. Gejala lainnya yang biasanya muncul ialah rasa gatal dan juga perih disekitaran vagina. Infeksi jenis ini tidak menular disaat melakukan hubungan intim namun dialami oleh sebagian besar para wanita.

F. Keputihan dengan lendir encer yang berwarna putih atau abu-abu dan dengan bau amis

Perubahan keseimbangan yang terjadi pada bakteri normal didalam vagina dapat menyebabkan masalah vaginosis bakterialis. Dimana lendir keputihan akan memiliki bentuk encer, berbau amis, serta memiliki warna abu-abu atau putih, namun tidak disertai dengan rasa gatal atau iritasi. Masalah ini juga termasuk infeksi umum dan tidak menular dari hubungan intim. Dan dapat ditangani dengan bantuan antibiotik.

Cara mengatasi keputihan dengan secara alami

cara mengatasi keputihan dengan daun sirih

1. Kunyit

Salah satu cara mengatasi keputihan yang gatal tanpa efek samping ialah dengan memanfaatkan bumbu dapur kunyit. Didalam kunyit terdapat beberapa kandungan zat yang memiliki sifat sebagai anti-bakteri. Dan sifat inilah yang membantu kamu dalam mengobati keputihan yang kamu alami. Seperti yang dilansirkan oleh merdeka.com tentang 5 cara mengobati keputihan yang berlebihan secara cepat, alami dan tradisional, kamu hanya perlu meminum air perasan kunyit yang mana tentunya sudah diparut sebelumnya secara rutin setiap harinya. Dan berikut adalah caranya :

  • Siapkan kunyit sebanyak 2 buah dan silahkan kulit serta bersihkan terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, kamu bisa memarut kunyit yang sudah bersih tadi.
  • Berikutnya, peras kunyit dan silahkan ambil sarinya dengan cara menambahkan sedikit air.
  • Jangan lupa untuk menambahkan 1 sendok makan madu.

Minumlah ramuan ini sebanyak 2 kali dalam sehari. Dengan rutin mengkonsumsi ramuan kunyit ini maka masalah keputihanmu bisa dengan cepat teratasi.

2. Biji fenugreek

Sebagian dari kita mungkin agak sedikit asing dengan nama tanaman fenugreek. Biji fenugreek sendiri merupakan biji dari tanaman dengan nama yang sama, atau orang-orang juga biasa menyebutnya dengan nama klebet. Biji fenugreek ini memiliki manfaat yang bisa membantu untuk meningkatkan jumlah pH didalam miss V kamu. Penerapannya sendiri sangatlah mudah, kamu hanya perlu merendam biji fenugreek sebanyak 1 sendok makan, dengan air hangat selama seharian penuh. Lalu silahkan saring airnya dan minum secara rutin sebelum kamu sarapan.

Baca Juga : 36 Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

3. Bawang putih

Bawang putih adalah bahan dapur yang sering dijadikan sebagai resep herbal. Dimana dalamnya terkandungan sifat sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang cukup dapat diandalkan. Cara mengatasi keputihan dengan bawang putih cukuplah mudah dan tidak begitu rumit. Kamu hanya perlu mengkonsumsi bawang putih secara rutin guna untuk menghambat bakteri jahat yang masuk kedalam area kewanitaan kamu. Selain itu pengkonsumsian bawang putih juga bebas, asalkan kamu rutin mengkonsumsinya setiap harinya.

4. Daun sirih

Cara mengatasi keputihan dengan daun sirih juga termasuk cara yang cukup banyak dikenal oleh banyak orang. Daun sirih sendiri terbukti, karena banyak produk pembersih kewanitaan yang mengandung ekstrak daun sirih didalamnya. Zat-zat yang terdapat didalam daun sirih ini berkhasiat karean sifatnya sebagai anti-bakteri dan anti-jamur yang cukup mujarab.

Cara penerapannya cukuplah mudah, kamu hanya perlu mengambil beberapa lembar daun sirih, lalu kemudian merebusnya didalam 2 gelas air. Tunggu hingga air menyisakan setengahnya saja. Dan silahkan kamu minum secara rutin setiap harinya.

5. Daun sambiloto

Cara selanjutnya ialah dengan memanfaatkan daun sambiloto, dimana daun ini dipercaya ampuh untuk menjadi cara memngobati keputihan secara alami. Caranya ialah dengan mengkonsumsinya seperti daun sirih tadi. Yaitu dengan cara merebusnya lalu saring dan konsumsi secara rutin.

6. Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu produk olahan dari apel yang cukup bermanfaat untuk mengatasi permasalahan keputihan yang sering dialami oleh banyak wanita. Terutama jika seandainya kaputihan kamu adalah jenis keputihan yang disebabkan oleh infeksi. Seperti yang kamu kutip dari klubwanita.com tentang 30 Cara mengatasi keputihan gatal dan mengganggu, keputihan yang disebabkan oleh infeksi bisa diatasi dengan asam yang terdapat didalam cuka apel.

Selain itu, cuka apel dapat meningkatkan bakteri baik yang terdapat didalam miss V kamu, sekaligus mengusir bakteri jahat yang mengganggu kesehatan orga kewanitaan. Caranya sangatlah mudah, kamu hanya perlu mengkonsumsi cuka apel dengan air hangat, dan silahkan tambahkan sedikit madu jika ingin menambah cita rasa. Silahkan minum ramuan ini secara rutin hingga masalah keputihan kamu teratasi.

Baca Juga : 37 Cara Menghilang Jerawat Secara Alami, Efektif Dan Mujarab

7. Yogurt

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, olahan susu ini juga bisa menjadi minuman probiotik alami yang bisa mengatasi keputihan yang sedang kamu alami. Kandungan baik didalam yogurt akan membantu untuk mengusir bakteri jahat didalam rongga vagina serta mampu untuk menghambat pertumbuhannya. Kamu hanya perlu mengkonsumsi yogurt secara rutin, dan otomatis infeksi keputihan yang disebabkan oleh bakteri dan jamur bisa teratasi.

8. Pisang

Pisang adalah salah satu cara mengatasi keputihan yang dapat kamu pilih. Hal ini disebabkan karena pisang mengandung zat yang dapat mengurangi produksi keputihan. Pisang akan membantu untuk menyeimbangkan hormon pada tubuh kamu, sehingga akan menstabilkan haid dan keputihan yang kamu alami. Kamu hanya perlu mengkonsumsi pisang sebanyak 2 kali dalam seharinya, baik itu secara langsung atau yang sudah diolah.

9. Jus basil dan susu

Cara mengatasi keputihan selanjutnya ialah dengan menafaatkan jus basil dan susu. Daun basil memiliki kandungan senyawa yang dapat membersihkan rongga vagina, serta membuat pH didalam vagina menjadi lebih stabil. Pengkonsumsian daun basil bisa kamu lakukan dengan mengolahnya menjadi jus lalu mencampurkannya dengan susu. Silahkan konsumsi jus ini sebanyak dua kali dalam seminggu.

10. Jus anggur dan madu

Campuran antara jus anggur dan juga madu merupakan salah sati cara mengatasi keputihan yang cukup mudah dan bisa kamu terapkan sendiri. Hampir sama seperti buah-buahan lainnya, nutrisi yang terdapat didalam anggur bisa membantu untuk mengangkat bakteri yang tidak baik didalam rongga vagina kamu. Selain mampu untuk mengusir bakteri, anggur juga bermanfaat untuk menstabilkan pH di rongga vaginamu. Jika ingin hasilnya semakin maksimal, maka kamu bisa menambahkan jus anggur murni dengan campuran sedikit madu.

Baca Juga : Tidak Selalu Jantung ! Yuk Kenali, 7 Penyebab Nyeri Dada Yang Kamu Alami

11. Jus lemon dan madu

Campuran antara jus lemon dengan madu ternyata bisa memberikan manfaat yang cukup efektif untuk mengatasi masalah keputihan yang sedang kamu derita. Hal ini dikarenakan didalam kedua bahan tersebut mengandung nutrisi antioksidan yang cukup tinggi. Dan seperti yang sudah diketahui, bahwa kandungan antioksidan bisa membantu untuk mengusir racun yang terdapat didalam tubuh. Oleh sebab itu kamu bisa memilih kedua bahan ini untuk atasi masalah keputihan yang sedang kamu alami, terutama untuk keputihan yang disebabkan oleh adanya peradangan di rongga vagina.

12. Jahe

Jehe sering kali dijadikan sebagai salah satu bumbu yang dimasukkan kedalam masakan. Namun ternyata selain biasa dijadikan bumbum masalah jehe juga memiliki kandungan baik yang bisa mencegah datangnya radikal bebas, dan membuat bakteri jahat penyebab keputihan bisa diatasi. Kamu bisa mengolah jahe menjadi minuman yang hangat, atau juga bisa dengan membeli produk olahan jahe yang sudah dibuat menjadi jamu.

13. Jus lemon dan bawang putih

Jus lemon yang diberikan campuran bawang putih didalamnya ternyata memiliki manfaat yang baik untuk atasi keputihan. Hal ini tak lain karena lemon memiliki zat yang bisa membantu untuk mencegah radikal bebas. Selain itu rongga vagina kamu juga akan bersih dari bakteri-bakteri jahat penyebab keputihan. Guna untuk menambah rasa, kamu bisa mencamputkan jus lemon dan bawang putih ini dengan sedikit madu.

14. Delima

Delima yang kamu olah menjadi jus bisa membantu untuk atasi masalah keputihan yang sedang kamu alami. Seperti yang dilansirkan oleh halosehat.com tentang, 25 Cara Mengatasi Keputihan Yang Gatal Berbau Secara Alami, Delima sendiri memiliki kandungan beberapa nutrisi penting yang bisa membantu untuk menyeimbangkan hormon, serta mencegah perkambangan bakteri jahat dan virus. Pengolahannya sendiri sangatlah sederhana, kamu bisa mengolah delima menjadi jus delima dengan tambahan sedikit madu.

Baca Juga : Lakukan 6 Gerakan Sederhana Ini !! Agar Tubuhmu Tetap Bugar Saat “Ngantor”

15. Air rebusan beras putih

Tak banyak yang mengetahui bahwa cara lain yang bisa dicoba untuk mengobati atau mengatasi masalah keputihan ialah dengan memanfaatkan air rebusan beras putih. Kamu hanya perlu merebus beras putih yang sebelumnya sudah di bersihkan terlebih dahulu. Dan tambahkan sedikit madu untuk menambah rasa. Dengan melakukan cara ini secarqa rutin maka masalah keputihan kamu bisa teratasi secara alami. Semua ini berkat bahan aktif yang mampu melawan bakteri penyebab keputihan yang ada didalam beras putih.

16. Biji rami dan alpukat

Salah satu penyebab terjadinya keputihan ialah karena bakteri atau penyakit yang terdapat pada organ reproduksi wanita. Namun selain itu, munculnya bakteri penyebab keputihan juga bisa terjadi karena kurangnya sistem kekebalan tubuh seseorang. Dan salah satu solusinya ialah dengan memanfaatkan biji rami serta alpukat, guna untuk menjaga keseimbangan bakteri didalam vagina kamu. Kamu bisa mengkonsumsi sebanyak 1 sendok biji rami dan juga 1 buah alpukat pada setiap harinya. Kedua bahan ini akan membantu untuk menjaga kestabilan pH didalam organ kewanitaan kamu.

Cara mengatasi keputihan dengan gaya hidup sehat

cara mengatasi keputihan secara alami

17. Tidak menggunakan produk pembersih vagina

Produk pembersih vagina seperti sabun cair memang menjadi salah satu produk kewanitaan yang sering digunakan oleh banyak wanita. Namun ternyata penggunaan sabun cair ini bisa memberikan efek buruk, yaitu peningkatan terhadap produksi keputihan pada organ kewanitaan. Alasannya dikarenakan pH dari cairan pembersih ini tidak sesuai dengan pH yang terdapat didalam area vagina.

Sehingga menyebabkan timbulnya kerusakan pada kondisi pH, yang membuat bakteri baik didalam organ kewanitaan menjadi mati, sehingga pencegahan terhadap keputihan tidak bisa dihindari. Oleh karena ini kamu bisa mengurangi penggunaan produk-produk pembersih kewaanitaan. Terutama kamu yang sering membelinya tanpa adanya resep dokter.

18. Menjaga kebersihan pakaian dalam

Keputihan juga bisa disebabkan oleh tidak terjaganya organ kewanitaan dari kebersihan. Terutama untuk kebersihan pakaian dalam. Pakaian dalam yang tidak bersih bisa menyebabkan ketidakstabilan pH organ kewanitaan yang menimbulkan masalah keputihan. Selain itu, sebaiknya kamu menggunakan pakaian dalam dengan bahan katun yang tidak mudah lembab dan lebih cepat kering.

Dan tentunya cara ini bisa membuat kelembaban dari organ kewanitaan kamu menjadi lebih terjaga pHnya. Tak hanya itu kamu juga harus mengganti pakaian dalam sebanyak 3 kali dalam sehari. Dan hindari juga penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat. Guna untuk mencegah iritasi pada kulit yang ada disekitaran organ kewanitaan kamu.

Baca Juga : Jangan Remehkan, 5 Biji-Bijian Ini “Mujarab” Untuk Jaga Kesehatan Jantungmu !

19. Menjaga kebersihan vagina

Masalah keputihan sangat erat sekali kaitannya dengan kondisi kebersihan dari vagina seseorang wanita. Dengan menjaga kebersihan maka masalah keputihan bisa diminimalisir. Aktivitas yang padat juga turut menjadi penghalang rutinitas wajib ini. Dimana para wanita pekerja akan cenderung lebih sering menggunakan toilet umum yang tidak belum sepenuhnya terjaga kebersihannya.

Selain itu kebiasaan membersihkan area kewanita dari bekalang ke depan juga harus dihentikan. Sebab hal ini bisa membuat peluang kotoran pindah kearea vagina menjadi lebih tinggi. Oleh sebab itu, pastikan kebersihan area vagina kamu selalu dalam keadaan baik, dan sebaiknya gunakan bahan alami untuk membersihan area kewanitaan kamu.

20. Menjaga kadar yodium tubuh

Yodium merupakan kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh guna untuk menjaga tubuh dari serangan bakteri dan juga virus-virus jahat. Dan tentunya jika tubuh kekurangan nutrisi ini, maka jawabannya sudah jelas, yaitu terjadinya gangguan kesehatan karena bakteri dan virus jahat. Salah satunya adalah masalah keputihan pada wanita yang disebabkan oleh bakteri didalam vagina. Oleh sebab itu kamu harus memastikan kadar yodium yang kamu konsumsi setiap hari tetap pas dan stabil. Sumber yodium ini bisa kamu dapatkan dari garam, dan makanan-makanan lainnya.

21. Mengkonsumsi air putih

Kurangnya konsumsi air putih bisa memberikan efek timbulnya masalah keputihan. Air memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah keputihan kamu, karena air bisa mengeluarkan racun didalam tubuh melalui proses sekresi. Keluarnya racun ini mampu untuk membuat sistem metabolisme didalam tubuh seseorang menjadi lebih baik. Selain itu air juga mampu untuk menjaga keseimbangan pH didalam organ reproduksi wanita. Sehingga virus dan bakteri jahat tidak dapat berkembang.

22. Yoga

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga sehat yang cukup banyak peminatnya. Yoga sendiri memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh wanita. Dimana salah satunya ialah untuk memulihkan serta menagtasi masalah keputihan yang banyak diderita para wanita. Yoga akan membantu untuk menyeimbangkan hormon pada wanita. Selain itu yoga juga bisa memberikan manfaat lebih terhadap kesehatan organ kewanitaan dengan melancarkan peredaran darah. Oleh sebab itu kamu yang sering mengalami masalah dengan keputihan, maka mulai sekarang bisa mencoba untuk menerapkan yoga ini.

Baca Juga : Mengejutkan ! Ternyata 5 Makanan Ini Bisa Menjadi ‘Racun’ Saat Dimasak !

23. Tidak mengkonsumsi makanan berminyak

Makanan berminyak memang memberikan sensasi tersendiri saat dimakan, dan cenderung banyak disukai banyak orang. Namun untuk kamu para wanita, sebaiknya kurangi makanan ini. Karena makanan berminyak merupakan salah satu penyebab dari timbulnya keputihan. Makanan berminyak memberikan pengaruh buruk terhadap hormon, sehingga membuat kadar hormon menjadi tidak seimbang. Dengan mengurangi konsumsi makanan ini bisa memberikan efek baik terhadap kesehatan, metabolisme serta organ kewanitaan kamu.

24. Hindari stres

Kondisi tubuh yang sedang stres memang sangat tidak mengenakan. Dan salah satu efeknya ialah menimbulkan masalah keputihan pada wanita. Oleh sebab itu stres ini sebaiknya dihindari. Beban pekerjaan yang menumpuk dan masalah-masalah keseharian menjadi salah satu penyebab dari timbulnya stres ini. Kamu memang tidak dapat menghentikan stres ini secara sepenuhnya, namun bisa mengelolanya dengan baik.

Yaitu dengan cara tidak membiarkan stres terus berkelanjutan menyerang kamu. Mintalah bantuan orang-orang terdekat untuk menyelesaikan masalah yang sedang kamu alami, jangan sampai kamu terlalu memikirkan itu semua sendiri. Carilah pendengar yang baik, guna untuk membuat perasaan kamu menjadi lebih baik. Dan efeknya keputihan berlebihan bisa kamu atasi.

25. Hindari kafein

Selama masa keputihan sebaiknya wanita yang sedang mengalami harus menghindari mengkonsumsi kafein secara berlebihan. Hal ini dikarenakan kafein bisa memberikan kondisi perubahan hormon terutama hormon estrogen. Yang mana hormon ini memberikan pengaruh terhadap kodnsisi pH dan bakteri baki didalam vagina kamu. Dan hal ini akan cenderung untuk membuat masalah keputihanmu semakin memburuk. Oleh sebab itu kamu bisa mengganti minuman kafein dengan minuman-minuman yang lebih sehat, guna untuk mengobati keputihan kamu.

26. Hindari makanan peningkat suhu tubuh

Beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan suhu tubuh ternyata juga bisa memberikan efek samping yang bisa menyebabkan keputihan. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu menjahui jenis makanan ini, seperti ikan laut, lemak dari daging sapi maupun ayam, terong dan nanas. Makanan ini juga bisa merusak keseimbangan pH didalam vagina kamu.

Baca Juga : Jangan Abaikan, 9 Jenis Rasa Sakit Ini Bisa Mengindikasikan Ada Masalah Serius Di Tubuhmu !

27. Makan sayuran hijau

Beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, kubis, kale, aspiragus dan lainnya memiliki efek baik dalam menyembuhkan keputihan. Hal ini disebabkan karena sayuran hijau memiliki beberapa senya baik seperti mineral, vitamin, zat besi, dan zat klorofil alami. Senyawa dan zat inilah yang akan memberikan efek baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi tidak mudah untuk terkena infeksi yang disebabkan oleh jamur dan bakteri didalam vagina kamu. Selain itu mengkonsumsi sayuran hijau juga akan membantu untuk mempertahankan kesehatan tubuhmu secara menyeluruh.

Cara altenatif mengatasi keputihan

cara mengatasi keputihan tidak normal

28. Panty liner

Masyarakat modern tentunya sudah cukup banyak mengetahui alat ini. Dimana bisa cukup diandalkan untuk atasi keputihan. Panty liner sendiri memiliki bentuk seperti pembalut yang bisa memberikan manfaat untuk mengatur pH vagina. Dan kamu bisa mencobanya sendiri guna untuk atasi masalah keputihan, namun pilihlah dari bahan yang tetap dan tidak beresiko.

29. Obat antibiotik

Antibiotik sendiri merupakan salah satu obat yang bisa membantu mengatasi masalah keputihan yang disebabkan oleh infeksi. Namun sebelum menggunakannya sebaiknya kamu lakukan konsultasi ke dokter, dan dokter akan menyarankan solusi terbaik tentang obat antibiotik yang kamu gunakan berserta resepnya. Pemanfaatan obat antibiotik dalam mengatasi keputihan cukup dapat diandalkan karena, bisa membantu untuk membasmi bakteri dan virus yang mengganggu organ kewanitaan. Hanya saja antibiotik ini memiliki efek samping, oleh sebab itu harus menggunakan resep dokter.

Itu tadi beberapa cara mengatasi keputihan secara alami, menggunakan cara altenatif dan melalui gaya hidup sehat. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *