cara mengatasi kolik pada bayi baru lahir

15 Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi Secara Sederhana & Gejala Kolik Yang Wajib Diwaspadai

Posted on

15 Cara Mengatasi Kolik Pada Bayi  – Mungkin masih banyak orang yang belum tau, dan sering mengajukan pertanyaan tentang ” kolik itu artinya apa? “, ” Apa itu kolik pada bayi? “, atau ” apa artinya kolik pada bayi? “. Seperti yang dilansirkan oleh hallosehat.com, kolik merupakan sebuah kondisi yang membuat bayi secara terus-menerus menangis tanpa ada penyebabnya. Bahkan tangisan bayi ini bisa berlangsung selama berjam-jam dalam setiap harinya.

Kondisi yang seperti ini pada dasarnya adalah sebuah hal wajar dan tidak membahayakan bayi. Dan sering kali kondisi ini jarang dianggap sebagai sebuah gangguan kesehatan dan tidak didiagnosis. Biasanya kolik terjadi pada bayi yang baru lahir dan akan mulai terhenti pada usia 4 bulan.

Baca Juga : 13 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi & Gejalanya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kolik ini, yaitu penyebab kolik, gejala kolik, kondisi kolik yang perlu diwaspadai sekaligus memberikan informasi tentang cara mengatasi kolik pada bayi baru lahir atau bayi 1 bulan, yang bisa diterapkan bagi bayi penderita kolik. Silahkan simak infonya berikut ini Yuk Lihat !!

Penyebab kolik pada bayi

Apa itu kolik pada bayi

Seperti yang sudah dijelaskan diawal bahwa kolik masih belum bisa dipastikan penyebabnya. Dan diduga karena adanya gangguan pencernaan, usus yang sensitif terhadap jenis-jenis protein tertentu, lapar hingga terlalu kenyang. Selain itu kolik pada bayi juga disebabkan timbunan gas dalam perut, kondis bayi prematur atau sistem saraf yang belum berkembang. Namun beberapa hal berikut ini bisa kamu lakukan sebelum berkonsultasi ke dokter. Silahkan disimak

-Menghentikan konsumsi susu sapi pada bayi

Ada kemungkinan bahwa bayi mengalami intoleransi terhadap kandungan protein pada susu sapi atau produk olahan susu lainnya. Kamu bisa mulai beralih ke susu berlbel hipoalergenik yakni dengan kadar protein yang rendah. Memberikan susu formula dengan kandungan kedelai tidak direkomendasi bagi bayi yang usianya dibawah 6 bulan karena memiliki kandungan hormon yang dapat mempengaruhi perkembangan seksual serta fisiknya dimasa depan. Jika gejalanya tidak ada perubahan selama seminggu maka kamu bisa kembali memberikan susu sapi kepada bayi.

-Menghentikan konsumsi susu yang diminum oleh ibu menyusui.

Bagi para ibu yang sedang menyusui, sebaiknya cobalah untuk menghentikan sementara pengkonsumsian susu yang sedang diminum. Guna untuk melihat apakah ada perubahan baik dari kondisi bayi yang kolik atau tidak. Jika masalahnya terjadi pada susu formula yang kamu konsumsi maka segelah ganti dengan sumber kalsium lainnya seperti suplemen.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Anak Susah BAB & Tanda-Tanda BAB Yang Wajib DiWaspadai

Gejala / tanda-tanda kolik pada bayi

Apa artinya Kolik pada Bayi

Bayi yang mengalami masalah kolik biasanya akan menangis selama 3 jam atau lebih dalam sepekenanya. Dan kondisi seperti ini bisa berlangsung selama 3 pekan atau bahkan lebih. Yang perlu diketahui dari kondisi kolik ini adalah sebuah hal yang normal dan tidak memiliki dampak buruk dalam jangka panjang. Ciri-ciri bayi kolik ialah menangis dengan kondisi tangan mengepan, wajahnya memerah, mengarik lutut ke perut serta melengkungkan punggungnya.

Gejala kolik yang perlu diwaspadai

Jika bayi mengalami kolik dan diserttai dengan kondisi-kondisi berikut ini maka segeralah periksakan ke dokter. Kondisinya adalah sebagai berikut.

  • Memuntahkan cairan hijau
  • Suara tangisnya bernada tinggi dan terjadi secara terus-menerus
  • Pada saat diangkat, tubuhnya terkulai
  • Mengeluarkan cairan urine yang lebih sedikit jika dibandingkan biasanya
  • Mengalami gangguan pernapasan
  • Ubun-ubun tampak menonjol
  • Beberqapa bagian kulit membebiru atau pucat
  • Kejang
  • Nafsu makan berkurang
  • Diare yang berkepanjangan
  • Terdapat lendir atau darah pada tinja
  • Demam hingga 38 derajat celcius atau lebih jika bayi berusia kurang dari 3 bulan, dan 39 derajar celcius untuk bayi lebih dari 3 bulan

Cara mengatasi kolik pada bayi

Kolik itu artinya apa

1. Peppermint

Cara mengatasi kolik pada bayi 2 bulan atau dibawahnya ialah dengan memanfaatkan peppermint. Aroma yang dikeluarkan dari peppermint akan membantu untuk menenangkan bayi karena memiliki sifat sebagai anti spasmodik yang cukup kuat. Kamu bisa menambahkan satu sendok minyak dari peppermint kedalam minyak pijat bayi, kemudian gosokkan campuran kedua jenis minyak tersebut keperut bayi dengan gerakan melingkar dan lembut. Lakukan pijatan ini sebanyak 2x dalam seharinya. Peppermint bisa menjadi obat tradisional kolik pada bayi yang bisa kamu coba sendiri.

2. Jeruk

Cara mengatasi kolik pada bayi 6 bulan atau diatasnya bisa kamu lakukan dengan memasukkan jeruk kedalam MPASi si bayi. Kandungan vitamin C didalam jeruk bisa membantu dalam melancarkan pencernaan, dan jika sumber masalahnya dari sistem pencernaan bayi. Dengan memberikan jeruk secara rutin kedalam MPASi maka bisa membantu mengatasi masalag kolik bayi secara alami. Namun usahakan untuk memberikan MPASi tidak dalam keadaan dingin.

3. Wortel

Sayuran orange ini bisa diandalkan sebagai salah satu cara mengatasi kolik abdomen pada bayi. Hal ini dikarenakan wortel dapat melancarkan pencernaan bayi sekaligus mengurangi rasa sakit akibat kolik. Kamu bisa memberikan wortel dalam bentuk jus, atau dimasukkan kedalam MPASI, guna meredakan kolik.

Baca Juga : 21 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Secara Alami & Tradisional

4. Mandi air hangat

Cara mengatasi kolik pada bayi 3 minggu juga bisa diterapkan dengan memandikan bayi menggunakan air hangat. Kegiatan ini bisa memberikan ketenangan pada bayi, khususnya yang mengalami masalah kolik. Kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes dari minyak lavender sebagai penambah aroma disaat memandikan si kecil. Selain itu cara ini juga membantu dalam mengatasi bayi kolik kembung.

5. Kompres

Disaat bayi mengalami masalah kolik kamu juga bisa menerapakan cara mengatasi kolik perut pada bayi dengan kompres. Kompres yang dimaksud disini adalah kompres dengan air hangat yang bisa dilakukan sesudah memandikan si kecil. Letakkan sebuah handuk bersih dan silahkan kompres perut bayi hingga kompresan menjadi dingin. Lakukan cara ini selama beberapa kali hingga bayi merasa nyaman.

6. Burping

Burping juga bisa menjadi cara mengatasi kolik pada bayi 3 bulan. Yakni jika kolik bayi kemungkinan karena adanya gas didalam perutnya. Gas tersebut bisa dikeluarkan melalui sendawa atau buang angin. Caranya adalah dengan memposisikan bayi dengan tengkurap atau juga bisa dengan menggendongnya. Selanjutnya silahkan menggosok punggungnya hingga ia bersendawa.

7. Latihan tubuh

Cara mengatasi penyakit kolik pada bayi umur 3 bulan atau dibawahnya juga bisa dilakukan dengan memberikan latihan tubuh. Kamu bisa menekukkan lutut bayi dengan lembut kedalam, disaat ia sedang berbaring terlendang. Setelah itu silahkan dorong lekukan lutur kearah perut dengan lembut. Lakukan gerakan ini sebanyak 5 kali dalam satu kali tekuk.

Baca Juga : Yuk Lihat, 8 Cara Mengatasi Kram Kepala Akibat Stres Secara Alami

8. Berikan sesuatu yang hangat pada perut bayi

Salah satu cara mengatasi kolik pada bayi umur 3 bulan adalah dengan memberikan sesuatu yang hangat. Seperti botol yang berisikan air hangat, mengoleskan perut dengan baby oil atau minyak kelapa, lalu usap dengan lembut dan perlahan.

9. Air madu hangat

Cara lainnya adalah dengan memberikan madu yang bisa membantu dalam mengatasi rasa nyeri akibat kolik yang dialami bayi. Selain itu madu yang manis dan hangat akan membuat bayi merasa lebih baikan.

10. Buat lingkungan nyaman dan tenang

Kolik yang dialami bayi akan semakin memuncak disaat bayi tidak merasa nyeman dengan lingkungannya. Bawa bayi ketempat yang tenang dan jauh dari keributan, redupkan juga pencahayaan di kamar. Selain itu cara mengatasi kolik pada bayi 4 bulan juga bisa dengan memutarkan musim ritmis yang disenangi bayi. Selimuti juga bayi sekaligus mengayun secara perlahan sambil mengendongnya.

11. Hindari makanan atau minuman pemicu kolik

Cara mengatasi kolik pada bayi 4 bulan atau lebih ialah dengan menghindari makanan dan minuman pemicu kolik. Jika bayi masih mengkonsumsi ASi, maka kurangi pemberikan produk susu, atau MPASI dengan kandungan bumbu yang kuat. Setidaknya hal ini dilakukan, guna untuk mempermudah pendiagnosaan dokter.

Baca Juga : Penyebab & 13 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Hamil 8 Bulan

12. Gendong dan dekap bayi

Kamu bisa menerapkan cara menggendong bayi kolik yang menangis tak henti ini.Yakni tenangkan bayi dengan menggendongnya dalam posisi berdiri tegak sambil mengayunkan secara lembut dan stabil. Usap juga punggung bayi guna untuk membuatnya semakin nyaman. Bawa juga ke ruangan yang tenang dan sejuk. Walaupun masih belum ada penjelasan medisnya, setidaknya cara mengatasi kolik pada bayi 5 bulan ini bisa mmebantu dalam membuat bayi semakin nyaman.

13. Ubah teknik menyusui

Silahkan konsultasikan ke dokter, terkait dengan teknik menyusui yang kamu terapkan pada si kecil. Apakah cara tersebut benar atau justru membuat si bayi mendapatkan masukan udara lebih banyak dari air susu.

14. Ganti botol

Cek juga karet dot pada botol susu si kecil. Apakah masih layak digunakan atau tidak. Jika bayi merasa kolik setelah minum susu dari botol tersebut, kemungkinan udara yang masuk lebih banyak ketimbang susu yang keluar. Karena kemungkinan lubang dotnya terlalu kecil. Saat ini banyak beredakan botol susu dengan teknologi yang bisa meminimalisir kolik akibat dok botol.

15. Berikan probiotik

Kolik juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan bakteri baik didalam saluran pencernaan bayi. Oleh sebab itu, kamu perlu memberikan probiotik untuk bayi kolik. Pemberian probiotik dengan kandungan Lactobacillus reuteri diharapakna bisa membantu dalam mengurangi kolik yang disebabkan gangguan sistem pencernaan si bayi secara signifikan. Namun jangan lupa untuk terap konsultasikan hal ini kedokter, karena efek pada setiap bayi tentunya berbeda-beda.

Baca Juga : 12 Cara Mengatasi Sakit Gusi Saat Hamil & Bahayanya !

Cara menenangkan bayi yang mengalami kolik

cara mengatasi kolik pada bayi 1 bulan

Walaupun kolik bisa membaik dengan sendirinya, namun penanganan berikut ini akan membantu dalam menenangkan bayi yang sedang kolik. Jika kamu sudah mengetahui penyebabnya, sebaiknya penanganan dilakukan sesuai dengan penyebabnya tersebut. Namun cara umum berikut ini akan membantu kamu jika masih belum mengetahui penyebabnya, disaat bayi mengalami kolik. Silahkan disimak.

  • Silahkan pijat perut bayi dengan lembut
  • Gendonglah bayi selama dia menangis
  • Mandikan bayi dengan menggunakan air hangat
  • Gendong lagi bayi dengan menggunakan selimut atau kain
  • JIka memungkinkan maka berikan dot ke bayi untuk menenangkannya
  • Bersenandung atau mengeluarkan suara “shhhhh…” pada bayi, mungkin akan membantu dalam membuatnya tenang.
  • Jika bayi sudah cukup mengkonsumsi cairan dan dukup tidur, maka kamu dapat menanngkannya dengan cara menempatkan pada ranjang selama beberapa waktu.
  • Berikutnya bawa bayi kedalam kamar yang tenang, sejuk dan cahayanya redup, guna membuatnya lebih tenang
  • Sebagai altenatifnya, kamu bisa melekerakkan bayi pada kursi goyang atau bouncer khsusus bayi. Atau juga bisa dengan membawanya jalan-jalan dengan mobil untuk menenangkannya jika memungkinkan.
  • Berikutnya jangan pernah mengguncang bayi disaat dia sedang menangis kencang.

Itu tadi beberapa penyebab dan cara mengatasi kolik pada bayi , gejala bayi kolik serta gejala kolik yang wajib diwaspadai. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://www.alodokter*com/kolik-pada-bayi-ditandai-dengan-tangisan-berjam-jam
https://hellosehat*com/penyakit/kolik-pada-bayi/
https://www.motherandbaby*co*id/article/2018/3/9/9501/7-Cara-Mudah-dan-Alami-untuk-Mengatasi-Kolik-pada-Bayi
http://www.ayahbunda*co*id/bayi-gizi-kesehatan/5-fakta-tentang-bayi-kolik
https://hamil*co*id/bayi/kesehatan-bayi/cara-mengatasi-kolik-pada-bayi
https://review.bukalapak*com/mom/ibu-baru-kenali-5-cara-mengatasi-kolik-pada-bayi-agar-bayi-tidak-rewel-24910
https://id.wikihow*com/Mengatasi-Kolik-dengan-Pengobatan-Alami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *