cara tradisional mengatasi kulit kering pada bayi

11 Cara Mengatasi Kulit Kering Megelupas Pada Bayi Secara Alami

Posted on

11 Cara Mengatasi Kulit Kering Megelupas Pada Bayi Secara Alami – Pada saat baru lahir, kulit bayi memang sangatlah sensitif, dan masih sagat harus menyesuaikan diri dengan keadaan dari dunia luar. Hampir sama dengan orang dewasa, bayi juga memiliki resiko untuk mengalami kulit kering. Disaat mengalami kulit kering ini, kulit bayi akan mengalami pengelupasan.

Pada umumnya kulit bayi yang mengelupas adalah hal yang normal, akan tetapi terkadang hal tersebut juga bisa terjadi karena adanya faktor lain, seperti dermatitis atau yang lebih sering dikenal dengan istilah eksim. Dan kondisi ini terjadi akibat dari adanya alergi atau iritasi yang dialami oleh bayi. Selain itu masih ada faktor lain yang menjadi penyebab kulit bayi menjadi mengelupas, seperti udara yang terlalu panas atau dingin, penggunaan sabut secara berlebihan dan keringan bayi yang belum secara sempurna terbentuk.

Baca Juga : 7 Makanan Berserat Untuk Bayi Yang Perlu Diberikan Dalam MPASI

Kondisi yang seperti ini harus segera ditangani, agar nantinya tidak semakin parah, dan membahayakan kesehatan dari si kecil. Kulit yang kering jika tidak diatasi dengan cepat bisa mengelupas dan menjadi iritasi jika digaruk atau terkena kotoran. Pada kesempatan kali ini yuklihat.com akan membahas tentang cara mengatasi kulit kering yang mengelupas pada bayi. Berikut adalah caranya.

1. Gunakan pelembab ruangan

Humidifier atau sering juga dikenal sebagai pelembab udara bisa memberikan efek baik dalam melembabkan udara. Dan hal seperti ini tentu saja sangat baik untuk kesehatan dari kulit bayi, yang mana kulit si kecil tidak boleh terlalu banyak terkenal paparan dari udara yang dingin atau panas secara berlebihan. Dengan memanfaatkan humidifier, maka udara akan terap lembab.

2. Manfaatkan pelembab kulit

Kamu bisa memanfaatkan pelembab atau lotion yang cocok dengan jenis kulit si kecil. Lotion biasanya memiliki tekstur yang lebih encer sehingga bisa memberikan efek penyerapan yang lebih cepat untuk kulit bayi. Hal ini tentu saja akan membantu dalam merawat kulit bayi, dan menjadikannya lebih kenyal serta sehat. Kamu bisa memilih lotion dengan kandungan ekstrak Blueberry yang memiliki beberapa nutrisi penting yang kaya, seperti Vitamin A, C, dan E.

Selain itu kamu juga disarankan untuk menggunakan pelembab yang memiliki kandungan moisturizer yang lebih banyak, serta akan lebih efektif. Dengan memilih pelembab yang tepat untuk si kecil, maka kulit bayi akan terus terjaga seharian. Silahkan oleskan pada kulit si kecil paling tidak dua kali dalam sehari. Yaitu pada waktu mandi pagi, siang atau sore hari, dan juga pada malam sebelum tidur.

Baca Juga : 20+1 Cara Cepat Meredakan Nyeri Otot Usai Olahraga

3. Kurangi paparan udara dingin

Udara yang terlalu dingin, akan membuat kulit bayi menjadi lebih cepat untuk menjadi kering. Dan kondisi seperti ini tentunya jika dibiarkan akan membuat semakin parah, yakni kulit si kecil akan mengelupas atau pecah-pecah. Oleh sebab itu usahakanlah agar si kecil tidak terlalu lama berada pada tempat yang memiliki udara dingin yang kering.

4. Batasi waktu mandi

Jika si kacil terlalu lama berada atau berendam di dalam air mandi, ternyata juga bisa memberikan efek buruk terhadap kesehatan kulit bayi. Terlalu lama berendam akan menghilangkan minyak alami yang terbentuk di kulit si kecil. Hilangnya minyak alami ini bisa menimbulkan efek kulit kering dan lebih gampang mengelupas. Dan hal seperti ini tentu saja harus dihindari. Kamu bisa membatasi waktu berendam atau mandi si kecil yaitu maksimal 10 menit saja, dan hindarilah penggunaan sabun yang kasar.

5. Mandi outmeal

Didalam Oatmeal terdpaat kandungan koloid yang bisa membantu untuk mengurangi efek gatal dan inflamasi pada kulit. Dan hal seperti ini tentu saja akan bermanfaat untuk mencegah bayi untuk menggaruk area kulit yang kering tersebut. Dan oatmeal tentunya akan mempu dalam membuat kulit menjadi sehat kembali.

Baca Juga : 10 Cara Menghilangkan Biang Keringat di Muka Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Jenis, Cara mencegahnya)

6. Pilih baju yang tepat

Sebaiknya, kamu memilihkan baju yang tepat untuk si kecil. Seperti baju bayi yang dibersihkan dengan deterjen atau sabun cuci tanpa adanya pewangi tambahan. Hal ini sangat perlu untuk diperhatikan guna untuk menghindari paparan dari bahan kimia yang secara tidak langsung bisa masuk melalui baju si kecil. Pilihlah pakaian yang terbuat dari bahan alami yang tidak ketat dan punya tekstur lembut. Dengan begitu resiko kulit yang mengelupas karena kering akan semakin berkurang.

7. Gunakan air hangat

Paparan dari udara panas yang belebihan juga tidak baik untuk kesehatan kulit bayi. Dan oleh sebab itu, kamu bisa menggunakan air dengan temperatur hangat kuku dalam membersihkan tubuh si kecil. Setelah selesai mandi, kamu juga bisa memberikan pelembab agar kulitnya semakin sehat dan lembab.

8. Batasi penggunaan sabun

Sabun yang didalamnya terdapat kandungan zat kimia tentunya sangat tidak dianjurkan untuk digunakan pada bayi. Hal ini tak lain karena kulit si kecil masih sangat sensitif. Dan oleh sebab itu, maka jangan gunakan sabun secara berlebihan. Akan lebih baik jika kamu menggunakan milk bath, guna untuk tetap menjaga kelembutan kulit dan kelembapannya.

Baca Juga : 6 Cara Mengobati Diare Pada Anak + (Gejala, Penyebab, Gejala Berbahaya, Cara Mencegah)

9. Menjaga hidrasi

Pastikanlah selalu agar si buah hati tidak mengalami dehidrasi. Karenakan masalah dehidrasi ini akan membuat kulit si kecil menjadi kering dan mengelupas. Selalu usahakan agar bayi minum banyak ASI dan tidak kekurangan cairan. Selain itu kamu juga bisa memberikan buah dan juga sayuran untuk si kecil. Guna memenuhi kebutuhan dari mineral dan vitamin untuk kulitnya.

Selain itu, hindari juga bayi dari air garam yang mana bisa memberikan efek kulit kering. Akan tetapi jika si kecil berenang pada air yang mengandung garam dan klorin yang ada di kolam berenang, maka pastikanlah selalu untuk memberikan pelembab setelah mandi.

10. Hindari zat kimia yang tak perlu

Bayi yan baru saja lahir memiliki kulit yang amat sangat sensitif. Selain itu pada umur ini, kulit bayi masih dalam tahap mengenal dan beradaptasi dari dunia luar setelah umur 9 bulan didalam kandungan. Karena itu, kamu harus lebih memperhatikan kontak si kecil dengan zat kimia, seperti sabun pewangi dan parfum. Yang mana bahan-bahan ini bisa memberikan efek kulit kering dan iritasi pada si kecil.

11. Mejaga kenyamanan

Disaat bayi mengalami kulit kering dan mengelupas, maka sebagai orangtua kita harus memperhatikan kondisi kenyamanan si kecil. Kondisi nyaman ini tentunya akan membantu bayi untuk tetap tenang. Selain itu pastikanlah agar posisi tidur si kecil dalam posisi yang tepat agar tidak menekan area kulit yang kering atau mengelupas.

Baca Juga : 19 Cara Mengobati Suara Serak Secara Alami + (Penyebab, Gejala, Cara Mengatasi)

Lakukan pengobatan dokter, jika semakin parah

cara mengatasi kulit kering pada wajah bayi

Kondisi kulit yang mengalami kering serta mengelupas tidak selalu efektif untuk diobati dengan pengobatan rumah. Si buah hati terkadang juga harus membutuhkan perawatan dokter, terutama apabila dia mengalami gejala-gejala seperti dibawah ini. Silahkan disimak, karena bisa jadi ada masalah kesehatan tertentu.

Silahkan periksakan si kecil, apabila mengalami gejala dibawah ini :

-Perawatan dirumah sama sekali tidak membuat kondisi semakin membaik.
-Kulit kering yang terjadi disertai kemerahan pada area tertentu.
-Munculnya rasa gatal yang membuat si kecil menjadi rewel atau bahkan susah tidur.
-Menimbulkan luka bersisik, lecet, dan pengelupasan terus melebar.

Itu tadi beberapa informasi tentang 11 Cara Mengatasi Kulit Kering Megelupas Pada Bayi Secara Alami. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER :
https://www.brilio*net/kesehatan/10-cara-mengatasi-kulit-kering-pada-bayi-secara-alami-191128g.html
https://www.republika*co*id/berita/gaya-hidup/tips/18/07/22/pc8qn3382-10-cara-atasi-kulit-kering-pada-bayi
https://www.merdeka*com/sehat/10-cara-ampuh-atasi-kulit-mengelupas-pada-bayi.html
https://hellosehat*com/parenting/kulit-bayi/kulit-bayi-kering-dan-mengelupas/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *