cara mengatasi masuk angin pada bayi

13 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi & Gejalanya

Posted on

13 Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Bayi – Mungkin masih banyak orang yang kurang begitu mengetahui tentang masuk angin, dan bertanya tentang ” Apa yang dimaksud dengan masuk angin ? “, menurut wikipedia masuk angin adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya pengumpulan gas yang tidak merata didalam tubuh seseorang. Walaupun diyakini sebagai sebuah penyakit yang nyata, akan tetapi masih belum ada bukti medis yang mendukung klaim ini.

Masalah masuk angin ini biasanya diiringan dengan tanda-tanda tertentu, seperti perut kembung, sakit perut, ataupun masalah lainnya yang menyerang area pernapasan ataupun pencernaan. Selain orang dewasa, anak-anak bahkan bayipun juga bisa mengalami masalah masuk angin ini, dan pada artikel ini kita akan membahas mengenai hal tersebut.

Baca Juga : 15 Cara Mengatasi Anak Susah BAB & Tanda-Tanda BAB Yang Wajib DiWaspadai

Masuk angin yang menyerang seseorang tentunya didasari oleh banyak faktor, seperti kehujanan, telat makan, makan atau minum yang dingin hingga terlalu lama terpapar udara luar apalagi malam hari. Pada kesempatan ini kita akan mambahas tetang cara mengatasi masuk angin pada bayi secara alami dan sederhana. Yuk lihat !!

Gejala masuk angin pada bayi dan anak

Gejala yang timbul akibat masuk angin pada bayi dan anak-anak sangat berbeda dengan orang dewasa. Biasanya anak yang mengalami masuk angin akan lebih rewel, nafsu makannya akan menurutn, serta mengeluh tidak enak badan atau kedinginan. Selain itu gejala masuk angin pada anak lebih mirip seperti gejala flu, diantaranya, sakit tenggorokan, hidung pilek, sakit kepala, dan batuk. Jika si kecil mengalami gejala ini lebih dari 2 hari maka segeralah bawa kedokter.

Cara mengatasi masuk angin pada bayi

cara mengatasi masuk angin pada bayi 1 bulan

1. Jaga agar bayi tidak dehidrasi

Cara mengatasi masuk angin pada bayi 1 bulan atau lebih ialah dengan selalu menjaga cairan tubuhnya. Pertolangan pertama yang bisa kita lakukan sebagai orang tua ialah dengan memberikan cairan yang cukup kepada si kecil. Hal ini sangat penting untuk mengatasi masalah dehidrasi akibat kekurangan cairan. Ada banyak cara untuk memenuhi sumber cairan ini, seperti dengan memberikan ASI atau susu formula. Biasanya bayi akan rewel disaat masuk angin, dan tak ingin minum ASI, oleh sebab itu bujuk dengan cara menggendongnya, dan lalu pastikan juga kelapa si kecil lebih tinggi dari perutnya, agar dia tidak mual dan muntah.

2. Atasi demam dengan segera

Biasanya bayi dan anak-anak yang mengalami masuk angin akan disertai dengan demam, oleh sebab itu salah satu cara mengatasi masuk angin pada bayi 2 bulan adalah dengan mengatasi demamnya terlebih dahulu. Berikan obat untuk menurunkan demam si kecil, seperti paracetamol atau ibuprofen. Pemberian obat ini sebaiknya hanya digunakan ketika kondisi demam semakin parah, namun sebelum itu, pemberian ASI yang baik juga tetap harus dilakukan karena bayi pada usia segini nutrisi utamanya berasal dari ASI. Dan apabila tidak ada angsuran segerala bawa kedokter.

Baca Juga : 21 Cara Mengatasi Tumit Pecah-Pecah Secara Alami & Tradisional

3. Atasi hidung tersumbat pada bayi

Anak-anak dan bayi yang mengalami masuk angin akan memberikan gejala seperti flu, seperti hidung tersumbat. Dan apabila si kecil mengalami masalah hidung tersumbat ini, biasanya dia akan rewel, oleh sebab itu segeralah atasi masalah ini, sepergi menggendongnya dan membuai si kecil, mengeluarkan ingus pada hidung sekaligus tetap memberikan asupan ASI.

4. Gunakan humidifier

Disaat si kecil mengalami masuk angin, sangat tidak disarankan untuk menghidupkan AC atau kipas angin diruangan si kecil. Dan kamu bisa memilih untuk menggunakan ruangan yang dengan suhu sedang-sedang sekaligus menggunakan humidifier, guna untuk membuat aroma di rungan semakin membuat bayi nyaman. Kamu bisa memilih aroma herbal seperti mint, mentol atau eucalyptus. Namun sebelum itu, kamu bisa berkonsultasi ke dokter jika bayi mengalami alergi dengan wangi-wangian herbal tersebut.

5. Memijat lembut bayi

Terkadang masalah masuk angin yang dialami bayi, juga disebabkan oleh bayi yang kelelahan, dan rasa lelah ini datang disaat bayi mulai bergerak aktif, seperti merangkak, duduk atau gerakan lainnya. Oleh sebab itu, disaat bayi rewel karena masuk angin yang disebabkan oleh aktivitas ini, kamu bisa memberikan pijatan lembut ke si kecil agar tidurnya lebih nyenyak.

6. Mandikan dengan air hangat dan uap

Masuk angin yang dikarenakan udara dingin, mungkin bisa dibantu mengatasinya dengan cara memandikan bayi dengan air hangat atau uap. Selain itu langkah ini juga menjadi cara mengatasi perut kembung pada bayi. Caranya adalah denagn memanaskan air sebanyak 3 ember air dan letakkan di kamar mandi hingga uapnya keluar. Ajak bayi kedalam kamar mandi, dan tnggu selama beberap saat, setelah itu silahkan mandikan bayi dengan air hangat, selepas itu berikan ASI dan tidurkan si kecil.

Baca Juga : Yuk Lihat, 8 Cara Mengatasi Kram Kepala Akibat Stres Secara Alami

7. Biarkan bayi lebih banyak istirahat

Disaat si kecil mengalami masalah masuk angin, sebaiknya para ibu lebih banyak membiarkan si kecil untuk istirahat. Hal ini bertujuan untuk membuat kondisi si kecil seperti sedia kala. Buatlah posisi tidur si kecil senyaman mungkin agar dia bisa lebih rileks dan banyak beristirahat, sehingga masalah masuk angin yang dia derita bisa cepat mereda.

8. Buat udara di ruangan nyaman

Ketika si kecil sedang masuk angin, maka hindarilah membawa si kecil kerungan yang banyak debu. Dimana disana bisa jadi sarang tungau atau masalah alergi lainnya. Beberapa bayi juga mengalami masuk angin akibat alergi ini. Oleh sebab itu bawa bayi keruangan yang nyaman dan bersih tentunya, agar membuat proses penyembuhan si kecil semakin maksimal.

9. Pijat dengan bawang merah halus

Orang-orang zaman dahulu sering kali memanfaatkan bawang merah halus sebagai cara mengatasi masuk angin. Hal ini dikarenakan didalam bawang merah terkandungan zat yang bisa menghangatkan tubuh. Zat ini akan membantu tubuh si kecil untuk bisa mengeluarkan energi panas dan menurunkan masalah masuk angin. Selain itu, bawang merah juga membuat bayi menjadi lebih rileks dan nyaman untuk beristirahat.

10. Gunakan minyak kayu putih

Jika ada yang bertanya tentang ” Bagaimana cara mengatasi kembung pada bayi akibat masuk angin ? ” maka jawaban yang banyak dikemukakan adalah minyak kayu putih. Minyak kayu putih membantu bayi agar teratasi dari masalah masuk angin. Penerapannya sangatlah sederhana, yakni kamu hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih kekulit bayi seperlunya, jangan terlalu banyak.

Baca Juga : Penyebab & 13 Cara Mengatasi Sakit Pinggang Hamil 8 Bulan

11. Air jahe

Jahe memiliki khasiat menghangatkan tubuh, termasuk juga pada saat masuk angin. Selain itu cara mengatasi bayi masuk angin dan muntah juga bisa diatasi dengan bantuan jahe ini. Berikan air rebusan jahe yang dicampur kedalam teh hangat ke bayi usia 1 tahun keatas. Oleh sebab itu air jahe menjadi obat masuk angin yang cukup mujarab

12. Buat bersendawa

Salah satu ciri ciri bayi masuk angin selain rewel dan menangis adalah perutnya yang kembut. Oleh sebab itu kamu harus membuat si kecil bersendewa untuk membuang angin didalam perut. Caranya adalah dengan menggendong si kecil dengan posisi yang tegak mengharap kebelakang, dan silahkan tepuk-tepung atau menggosok punggu si kecil hingga si kecil bersendawa.

13. Matikan kipas angin dan ac sementara waktu

Pertanyaan tentang ” Bagaimana cara mencegah masuk angin? “, mungkin akan terjawab dengan menerapkan cara ini. KIpas angin dan AC akan membuat masuk angin si kecil semakin parah, oleh sebab itu segera matikan kedua alat ini, agar si kecil menjadi lebih hangat. Selain itu, pakaikan juga si kecil dengan baju hangat yang mampu menyerap keringat, dan selimut hangat agar tidak masuk angin lagi.

Itu tadi beberapa cara mengatasi masuk angin atau masalah masuk angin mencret pada bayi. Sekaligus memperlihatkan gejala awal bayi masuk angin. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://hellosehat*com/hidup-sehat/fakta-unik/gejala-masuk-angin-anak/
https://hellosehat*com/hidup-sehat/tips-sehat/cara-mengatasi-masuk-angin/
https://www.alodokter*com/cara-mengatasi-perut-kembung-pada-bayi
https://mommyasia*id/3840
https://www.popmama*com/kid/1-3-years-old/astri-diana/cara-mengatasi-masuk-angin-pada-anak/full
https://hellosehat*com/parenting/perkembangan-bayi/mengatasi-perut-bayi-kembung/
https://hamil*co*id/bayi/sakit/cara-mengatasi-masuk-angin-pada-bayi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *