cara mengatasi rambut lepek dan bau

23 Cara Mengatasi Rambut Lepek Dan Bau & Mengapa Rambut Cepat Bau ? Padahal Sering Keramas !

Posted on

23 Cara Mengatasi Rambut Lepek Dan Bau – Kebanyakan wanita pasti sudah mengetahui, bahwa rambut merupakan salah satu aset penting dan berharga bagi kecantikan. Dan mereka tentunya tidak akan membiarkan masalah-masalah kesehatan yang membuat rambut mereka mengalami masalah, seperti kebotakan, lepek, berminyak atau berbau. Menurut wikipedia rambut merupakan organ seperti benang yang tumbuh pada kulit hewan atau manusia. Dan rambut yang dibahas pada kali ini ialah rambut di kepala.

Memiliki rambut yang lebat, hitam, panjang dan tergerak serta tidak kusut merupakan salah satu hal yang dambakan banyak wanita. Dan banyak cara dilakukan oleh wanita untuk mendapatkan itu semua, mulai dari mengikuti tips seputar masalah rambut, menggunakan shampo anti lepek, memakai kondisioner anti lepek, hingga cara-cara lainnya.

Baca Juga : 9 Manfaat Ikan Salmon Bagi Bayi & Apakah Salmon Bahaya Untuk Bayi ?

Dimana semua itu ditujukan untuk membuat rambutnya tetap indah dan jauh dari masalah lepek, berminyak secara bau. Tapi tak hanya wanita, rambut lepek pria juga menjadi masalah yang cukup mengganggu bagi para pria. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara cepat mengatasi rambut lepek yang bisa kamu terapkan sendiri. Seperti apa ? Yuk lihat !!

Penyebab rambut lepek dan bau

Serba Serbi Rambut Lepek

Disadari atau tidak, ternyata ada beberapa penyebab yang menjadi akar permasalahan kenapa rambut seseorang menjadi lepek dan bau, dan berikut adalah beberapa alasannya :

A. Salah memilih sampo

Mungkin dipasaran banyak sekali jenis sampo. Namun dari berbagai macam jenis sampo tersebut juga beragam formula yang ada didalamnya. Oleh sebab itu jika kamu salah dalam memilih sampo yang cocok, maka rambut lepeklah yang kamu dapatkan karena rambut akan memproduksi minyak secara berlebihan.

B. Mengikat rambut disaat basah

Hal ini sering kali dilakukan oleh para wanita, disaat mereka selesai keramas dan rambutnya masih belum kering, mereka langsung saja mengikatnya karena alasan tertentu. Salah satu alasan yang sering digunakan adalah karena terburu-buru dan tak memiliki waktu untuk mengeringkan rambut. Kebiasan ini membuat rambut tidak bisa bernafas dan menjadikannya lembab serta kulit kelapa menjadi berminyak. Dan hal seperti ini pada akhirnya menyebabkan rambut lepek dan bau.

C. Sinar matahari

Disaat kamu melakukan aktivitas diluar ruangan yang sinar mataharinya cukup terik, maka sebaiknya kamu hati-hati dengan kebiasaan tersebut. Karena hal ini bisa membuat kulit kepala menjadi kering dan memicu produksi minyak secara berlebihan yang mana menimbulkan lepek serta bau.

Baca Juga : 14 Manfaat Buah Belimbing Bagi Ibu Hamil Serta Bahayanya !!

D. Genetik

Sebagian orang merasakan faktor genetik atau keturunan menjadi penyebab dari rambutnya menjadi lepek dan bau. JIka kedua orang tuanya mengalami masalah yang sama pada rambut mereka, maka bisa dipastikan anaknya juga mengalami masalah yang serupa.

E. Stres

Kamu sebaiknya berhati-hati dalam menjaga pemikiran. Karena terlalu banyak beban pikiran akan membuatmu terkena stres, sehingga salah satu dampaknya ialah terjadinya produksi minyak yang berlebihan dirambut yang membuat timbulnya bau serta lepek.

Cara mengatasi rambut lepek dan bau secara alami

1. Rutin keramas

Agar rambut kamu bisa terhindar dari masalah lepek, maka pastikanlah terlebih dahulu bahwa rambutmu dalam kondisi yang bersih, dengan cara keramas. Setidaknya sebanyak 2 kali dalam sehati, apabila disaat kamu melakukan aktivitas yang banyak diluar ruangan. Selain keramas dengan terarur, pastikan juga jenis sampo yang kamu gunakan, apakan sesuai dengan rambut dan kulit kepalamu atau tidak.

Baca Juga : 32 Manfaat Jus Delima Untuk Kesehatan, Kecantikan & Kesuburan

2. Kondisioner

Di pasaran banyak sekali bisa ditemukan berbagai jenis sampo yang sekaligus mengandung kondisioner didalamnya. Walaupun hal seperti ini terlihat lebih kompleks, akan tetapi sebaiknya kamu menghindari produk seperti ini. Alasannya ialah karena hair conditioner justru memberikan efek peningkatan terhadap produksi minyak pada rambutmu, jika kamu ingin menggunakan kondisioner maka gunakan yang terpisah dari shampo dan dengan bahan yang baik untuk rambut.

3. Konsumsi makanan bergizi

Tak heran makanan begizi merupakan salah satu cara mengatasi rambut berminyak dan lepek yang bisa dengan mudah kamu terapkan. Konsumsilah makanan-makanan yang memberikan efek baik bagi rambutmu. Selain itu kamu juga perlu memperhatikan makanan-makanan yang tidak dianjurkan untuk kesehatan rambut, seperti makanan berminyak atau yang berlemak.

4. Jeruk nipis

Jeruk nipis sering dimanfaatkan untuk mengatasi masalah-maasalah pada rambut. Salah satunya sebagai cara menghilangkan ketombe dan rambut lepek yang umum diderita oleh banyak orang. Hal ini tak lain dikarenakan nutrisi vitamin C yang termasuk baik dalam mengatasi masalah tersebut serta memperbaiki rambut kamu yang rusak. Penerapannya sendiri ialah disaat selesai keramas, kamu bisa mengoleskan air jeruk nipis ke rambut dan kulit kepalamu secara merata, sebagai pengganti kondisioner.

Baca Juga : 32 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan & Kecantikan, Serta Cara Makannya

5. Strawberry dan lemon

Campuran kedua jenis bahan alami ini bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan rambut lepek dan bau yang sedang kamu alami. Lagi-lagi dikarenakan nutrisi vitamin C yang tinggi. Caranya sangat sederhana, kamu hanya cukup menyiapkan kedua bahan ini belah dan ambil airnya lalu campurkan didalam sebuah wadah. Selanjutnya silahkan kamu oleskan kerambut secara rutin sehabis keramas.

6. Lidah buaya

Seperti yang sudah banyak diketahui didalam lidah buaya terkandung berbagai macam nutrisi baik untuk rambut, seperti Vitamin A, B, C, E. Dimana kandungan ini sangat diperlukan oleh rambut dan kulit kepala. Tak heran lidah buaya sering dijadikan sebagai cara mengobati serta cara mengatasi rambut lepek setelah keramas. Penerapannya sendiri ialah dengan memotong lidah buaya lalu mengambil gelnya dan mengoleskan kekulit kepala serta rambutmu secara merata.

7. Minyak jojoba

Mungkin sebagian orang tidak mengenal minyak ini. Namun dibalik namanya yang cukup asing ternyata minyak jojoba memiliki manfaat yang baik dalam mengatasi lepek serta menjaga rambut agar tidak mudah patah dan mencegah kerontokan. Sehingga menjadi solusi terbaik untuk atasi masalah lepek yang kamu alami.

Baca Juga : 9 Cara Mengobati Batuk Pilek Pada Anak Secara Alami

8. Daun teh hijau

Sebuah senyawa bernama tannic acid didalam teh hijau bisa memberikan efek baik dalam mengecilkan pori-pori kulit kepala kamu. Sehingga bisa membantu dalam mengurangi produksi minyak berlebih yang menyebabkan rambut menjadi lepek serta bau. Selain itu teh hijau juga mampu membuat rambutnya tampak cantik dan berkilau secara alami.

9. Bedak

Jika ada yang bertanya bagaimana cara menghilangkan rambut berminyak tanpa harus keramas, mungkin ini adalah salah satu jawabannya, yaitu menggunakan bedak. Cara ini mungkin akan sedikit membuat kotor akan tetapi cukup efektif untuk diterapkan. Kamu cukup menaburkan secara merata bedak ke rambut dan kulit kepalamu dan biarkan selama beberapa waktu, lalu bersihkan dengan cara menyisirnya.

Cara mencegah rambut lepak dan bau serta berminyak

10. Keramas

Cara ini memang bisa dikatakan sederhana namun mujarab untuk diterapkan. Kamu hanya perlu keramas dengan rutin dan baik setiap harinya, guna untuk membersihkan sisa-sisa debu, keringat, kotoran dan polusi udara yang masuk ke sela-sela rambut dan menghinggapi kulit kepalamu. Langkah ini juga efektif dalam emngatasi rambut pelek setelah smoothing. Setidaknya kebiasaan ini kamu lakukan minimal 2 kali dalam sehari.

Baca Juga : 13 Cara Mempercepat Penyembuhan Patah Tulang Secara Alami

11. Sampo

Gunakan shampo yang sesuai dengan jenis rambutnya sehingga efek samping bisa diminimalisir. Lalu perhatikan juga dengan shampo yang memiliki kandungan perangsang minyak berlebih. Seperti misalnya propylene glycol, dioxane, atau bahkan lauryl sulfate.

12. Hair dryer

Jauhilah kebiasaan ini, walaupun bisa dikatakan instan dan menghemat waktu, akan tetapi tidak baik untuk kesehatan rambutmu. Kamu bisa menggantikan cara ini dengan mengangin-anginkan rambutmu yang basah. Walaupun lebih lama, akan tetapi kesehatan rambutmu tidak rusak dibuatnya.

Cara mencegah rambut berminyak, lepek dan bau dengan menghindari hal berikut ini

13. Air hangat

Kebanyakan perempuan tentunya menyukai kebiasaan ini, namun perlu kamu ketahui bahwa keramas dengan air hangat bisa membuat kulit kepala menjadi lebih banyak mengeluarkan minyak sehingga menimbulkan efek lepek nantinya. Oleh sebab itu pertimbangkanlah untuk menerapkan kebiasaan ini.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Ini Dia 10 Manfaat Daun Jati Belanda Untuk Kesehatan & Pengobatan

14. Sering menyisir rambut

Memang tak bisa dipungkiri bahwa setiap orang selalu ingin tampil maksimal, akan tetapi jika dilakukan secara berlebihan itupun tidak baik. Terutama kebiasan sering menyisir rambut, hal ini bisa menyebabkan rambut rontok sehingga polusi serta debu jadi lebih mudah masuk ke sela-sela rambut lalu menyebabkan lepek dan bau.

15. Mewarnai rambut

Sebagian wanita suka mengikuti kebiasan ini, akan tetapi sebaiknya kamu segera menghentikan hal tersebut. Sebab bisa memberikan efek peningkatan terhadap produksi lemak di kulit kepala kamu yang menyebabkan lepek dan bau tak sedap.

16. Jangan menyentuh tambut dengan tangan

Hal ini perlu kamu hindari sebab, dengan menyentuh rambut secara langsung dengan tangan/jari maka kotoran atau debu yang sebelumnya di tangan akan berpindah kerambutmu. Namun jika memang diperlukan maka gunakan sisir secukupnya.

Baca Juga : Boleh Dicoba, 29 Cara Mengatasi Keputihan Dengan Cepat, Alami, dan Mudah

17. Menggunakan penutup kepala/hair cap

Guna untuk melindungi rambut dari debu, kamu bisa menggunakan helm atau hair cap agar nantinya bakteri tidak dapat menempel dirambut sehingga masalah pelek pada rambut bisa diatasi dengan mudah. Akan tetap pastikan rambutmu kering dan tidak lembat disaat menggunakan helm.

Cara mengatasi rambut bau tak sedap

18. Air putih

Kebiasaan minum air putih tak hanya baik untuk tubuh, namun juga rambut kamu. Karena dengan sering mengkonsumsi air putih bisa membantu mengeluarkan zat berbahaya atau racun didalam tubuh. Dan membuat rambut serta kulit kepalamu menjadi lebih sehat dan teratur dalam memproduksi minyak.

19. Tomat

Kandungan vitamin C yang tinggi didalam tomat memiliki peranan penting untuk menyehatkan kulit kepala serta rambut. Sehingga nantinya masalah seperti bau apek, rambut lepek dan berminyak bisa diatasi secara alami. Caranya ialah dengan menghaluskan tomat, lalu mengoleskannya ke kulit kepalamu secara merata. Tunggu sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Baca Juga : Ini Dia, 36 Cara Menghilangkan Kutil Secara Alami, Mujarab, Ampuh serta Efektif

20. Kulit jeruk

Tak hanya daging buahnya saja yang kaya akan kandungan baik, kulit jerukpun juga baik untuk kesehatan, yakni untuk kesehatan rambutmu. Caranya ialah, silahkan bersihkan kulit kepala dan rambutmu dengan mencucinya terlebih dahulu, lalu iris kulit keruk dan kebus hingga mendidih dan tunggu air rebusannya dingin. Selanjutnya gunakan air tersebut untuk mencucui rambutmu hingga bersih.

21. Minyak lavender

Selain mengusir nyamuk minyak lavender juga bisa diandalkan untuk atasi bau apek dan tak sedap. Caranya dengan mengoleskan minyak lavender ke kulit kepala, diamkan hingga minyaknya meresep sembari melakukan pijatan lembut. Minyak lavender ini berkhasiat untuk membasmi bakteri penyebab bau tak sedap di rambut.

22. Menggunakan parfume rambut

Cara ini tentunya akan memberikan efek wangi pada rambutmu yang bau apek. Selain itu memakai parfum rambut juga membuat kulit kepala serta rambut menjadi terasa segar.

Baca Juga : 32 Cara Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

23. Pisang

Gunakan pisang untuk membuat rambutmu bisa terbebas dari minyak serta bau apek. Caranya dengan melumatkan pisang dan campurkan dengan madu, lalu tetapkan pada rambut serta kulit kepalamu secara merata. Tunggu 30 menit dan bilas dengan air bersih.

Mengapa rambut cepat bau ? Padahal sering keramas !

mengapa rambut cepat bau

Seperti yang dilansirkan oleh kompas.com dalam artikel berjudul ” Rajin Keramas, tapi Kok Rambut Tetap Bau? “, penyebab masalah ini disebut dengan sindrom rambut bau atau bahasa kerennya smelly hair syndrome. Gejala yang begitu menjolok dari sindrom ini ialah bau rambut yang begitu menyengat dan mengganggu orang-orang disekitar, orang-orang ada yang bisa baunya seperti, susu asam, popok basah, hingga ada yang bilang seperti kaus kaki.

Dan bahkan dengan cepatnya bau ini timbul disaat selesai keramas kurang dari 12 jam. Dan bahkan bisa pindah ke handuk atau bantal si penderita. Penyebab dari masalah ini masih belim diketahui secara pasti, dan kebanyakan resep yang diberikan dokter tidak begitu berpengaruh terhadap sindrom yang dialami oleh si penderita tersebut.

Baca Juga : 25 Cara Mengobati Sakit Maag Secara Alami, Efektif & Mujarab

Namun ada solusi lain yang bisa dicoba bagi para penderita smelly hair syndrome, yakni dengan mencuci rambut dengan sabun antibakteri yang mengandung belerang, dimana dalam sudut pandang medispun bahan tersebut menjadi anti jamu dan bakteri. Selain itu Triclosan didalam cabut cairpun juga membantu dalam mencegah tumbuhnya para bakteri. Namun lebih aman lagi, kamu sebaiknya lakukan konsultasi secara jelas ke dokter, bisa saja kondisi ini menjaga gejala dari masalah seperti psoriasis serta berbagai kondisi lainnya.

Itu tadi pembahasan tentang cara mengatasi rambut lepek dan bau serta mengapa rambut cepat bau? . Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
http://temancantik*com/cara-mengatasi-rambut-berminyak-secara-alami/
http://nakita.grid*id/read/02206933/rambut-sering-lepek-dan-bau-atasi-dengan-3-bahan-alami-yuk?page=all
http://cewekbanget.grid*id/read/06871195/5-cara-mengatasi-rambut-lepek-dan-bau-akibat-asap-polusi-karena-naik-motor?page=all
https://kawaiibeautyjapan*com/article/2782/cara-praktis-mengatasi-rambut-lepek-dan-bau-saat-berhijab
https://ariasehat*com/cara-mengatasi-rambut-berminyak/
https://gayarambut*co*id/cara-menghilangkan-bau-pada-rambut
https://www.rambutlebat*com/cara-mengatasi-rambut-lepek-dan-berminyak-tanpa-keramas-secara-cepat/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *