shampo untuk mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

14 Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan, Serta Penyebab & Apakah Normal ?

Posted on

14 Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan – Jika kamu para wanita yang mengalami masalah kerontokan rambut setelah melahirkan sebaiknya tak usah panik akan hal itu. Walaupun seperti yang kita ketahui, apabila kondisi ini dibiarkan begitu saja yang terjadi bisa saja menyebabkan kebotakan, dan hal seperti inilah yang banyak dicemaskan para wanita setelah melahirkan. Seperti yang dijelaskan di laman alodokter.com, hal seperti ini adalah hal yang wajar bagi para ibu yang baru saja melahirkan.

Biasanya kondisi seperti ini terjadi pada saat bulan-bulan pertama pasca melahirkan, hingga sampai sekitar 1 tahun setelah melahirkan. Seiring dengan berjalannya waktu, keadaan akan semakin membaik dan membuat rambutmu kembali tumbuh seperti semua, atau normal kembali.

Baca Juga : 15 Manfaat Kol Ungu Untuk Kesehatan, Serta Harga & Cara Memasaknya

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi rambut rontoh pasca melahirkan atau cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan, cara alami mengatasi rambut rontok setelah melahirkan, hingga penyebab rambut rontok setelah melahirkan dan tips atasi rambut rontok setelah melahirkan. Semua itu akan kita bahas secara menyeluruh dan semaksimal mungkin. Yuk lihat !!

Penyebab rambut rontok setelah melahirkan

Kerontokan rambut memang biasa terjadi setiap harinya, dan hal ini adalah sirklus yang normal. Namun bagi para wanita hamil siklus ini tentunya tidak terjadi seperti biasanya dan terjadi secara berlebihan. Hal ini disebabkan oleh kadar hormon estrogen didalam tubuh yang mengalami lonjakan sehingga menyebabkan perpanjangan pada fase hidup rambut. Dan hasilnya para wanita hamil biasanya akan memiliki rambut yang lebih terasa tebal serta lebih sedikit rambut yang mengalami masalah kerontokan.

Namun setelah melahirkan semua ini menjadi terbalik, dimana produksi estrogen kembali ke normal atau sedia kala, dan siklus pertumbuhan rambut kembali normal juga. Sehingga menyebabkan jumlah rontoknya rambut menjadi terlihat lebih banyak seperti biasanya. Lalu berapa lama rambut rontok setelah melahirkan ? Kondisi seperti ini akan berlangsung selama awal-awal bulan setelah melahirkan hingga si kecil berusia 5-6 bulan, dan ada juga hingga setahun lamanya.

Cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan

shampo untuk rambut rontok pasca melahirkan

1. Gunakan shampo yang tepat dan sesuai

Jika ada yang bertanya tentang shampo untuk mengatasi rambut rontok terlah melahirkan, maka jawabannya adalah sampo yang tepat dan sesuai dengan jenis rambutmu. Disaat seseorang jarangan melakukan keramas maka yang terjadi adalah produksi minyak berlebih dirambur menjadi tidak dapat dikontrol, dan menyebabkan masalah-masalah kesehatan rambut menjadi terganggu, seperti ketombe hingga kerontokan rambut.

Baca Juga : 9 Cara Mencegah Stunting Pada Balita Serta Penyebab & Resikonya

Masalah ini akan semakin diperparah disaat kamu selesai melahirkan yang menyebabkan kadar hormon estrogen serta siklus rambut kembali normal. Pilihlah shampoo dan kondisioner yang cocok dengan jenis rambutmu, sehingga rambut tetap sehat dan meminimalisir kerontokan yang terjadi atau dalam kata lain tidak memperburuk siklus kerontokan ini. shampo untuk rambut rontok pasca melahirkan ini bisa kamu pilih sesuai dengan anjuran dokter, maka konsultasilah terlebih dahulu.

2. Hindari kucir rambut untuk sementara waktu

Cara alami mengatasi rambut rontok setelah melahirkan berikutnya adalah dengan mengindari kuci rambut. Rambut yang terikat atau terkucir dengan kuat bisa memperburuk siklus kerontokan pasca melahirkan. Oleh sebab itu kamu sebaiknya menghindari kucir rambut untuk sementara waktu, dan biarkan saja rambutmu terurai. Akan tetapi jika kamu memang ingin rapi dan memang keadaan yang mengharuskanmu mengkucir rambut, maka gunakan ikatan kucir yang tidak terlalu erat, serta batasi penggunaannya yaitu jangan lebih 2 jam sehari, atau bisa dengan solusi lain, yaitu memotong pendek rambutmu.

3. Sisirlah sesuai keadaan rambut

Sisir juga menjadi penyebab rambut rontok setelah melahirkan semakin parah. Oleh sebab itu hindari penggunaan sisir yang rapat karena akan memperparah kerontokan rambutnya, sekaligus batasi kegiatan menyisir. Dan jika terpaksa harus menyisir, maka gunakan sisir yang jarang dan tak terlalu rapat namun tetap dalam batas waktu yang tidak terlalu lama.

4. Hindari penggunaan hair dryer atau alat catok rambut

Rambut rontok setelah melahirkan anak laki-laki ataupun perempuan bisa kamu minimalisir kerontokannya dengan menghindari penggunaan hair dryer atau alat catok. Pasalnya kedua alat ini bekerja dengan konsep yang hampir sama, yaitu mengeringkan rambut, dan membentuk rambut sesuai keinginan. Dan penggunaan kedua alat ini akan semakin memperparah kerontokan kamu.

Baca Juga : 15 Cara Mengobati Sakit Gigi Pada Anak Secara Alami & Obat Apotik

5. Mengkonsumsi makanan sehat

Solusi menyuburkan rambut setelah melahirkan selanjutnya adalah dengan memenuhi gizi dari makanan sehat. Hal ini akan membantu mempercepat fase kerontokan pasca melahirkan. Utamakan untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin dan protein yang tinggi. Seperti buah-buahan, sayuran, susu, serta telur. Selain itu tambahkan juga asupan omega 3, magnesium, vitamin C, vitamin C, serta zat besi. Yang mana semua nutrisi ini sangat baik untuk rambut.

6. Hindari stres

Stres adalah penyebab atau salah satu faktor rambut rontok. Maka cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan yang sederhana adalah menghindari stres ini. Stres maupun gangguan emosional akan membuat oto syarat di kepala menjadi tegang dan membuat akar rambut lebih lemah. Hal ini semakin diperparah karena fase pasca melahirkan yang kadar hormon sedang berangsur normal. Oleh sebab itu, perbanyak relaksasi dan tenangkan diri agar kamu tidak gampang stres.

7. Perlakukan rambut dengan lembut

Saat menghadapi rambut rontok setelah melahirkan kamu semestinya memperlakukan rambutmu dengan lembut, agar tidak memperparah kerontokan. Perlakukan ini diantaranya yaitu, menghindari mengikat rambut ekor kuda, mengucienya, serta mengepang. Pastiklan juga kamu jika kamu memang harus menyisir, makqa lakukan secar lembut dan perlahan, terutama disaat selesai kermas. Karena ini menjadi cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan secara alami dan sederhana yang bisa kamu terapkan sendiri.

Baca Juga : 23 Cara Mengatasi Rambut Lepek Dan Bau & Mengapa Rambut Cepat Bau ? Padahal Sering Keramas !

8. Memakai kondisioner

Penerapan kondisioner bisa membantu dalam membuat rambut lebih berkilau, lembut serta lebih mudah untuk diatur. Namun kamu tetap harus memastikan, jika seandainya kondisioner hanya membuat rambut menjadi lemas, tipis serta lepek maka disarankan untuk kamu menggunakan sampo yang bisa mengembangkan rambut.

9. Lengkapi vitamin

Vitamin tak boleh ditinggalkan pada fase ini, karena vitamin sangat berperan dalam menjadi mengurangi kerontokan rambut. Konsumsilah suplemen vitamin jika kamu kekurangan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi agar nutrisi vitamin dalam tubuhmu menjadi seimbang. Guna untuk meminimalisir kerontokan yang terjadi.

10. Aksesoris yang tepat

Salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menutupi rambutmu yang rontok adalah dengan menggunakan scarf atau headband yang terbuat dari bahan yang lembut. Kamu bisa menerapkan aksesoris ini juga dirasa akan membuat penampilan kamu jadi lebih menarik atau meningkatkan rasa percaya dirimu. Caranya dengan melingkarkan kedebagian depan rambut guna untuk menutupi rambut bagian depan.

Baca Juga : 9 Manfaat Ikan Salmon Bagi Bayi & Apakah Salmon Bahaya Untuk Bayi ?

Cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan dengan bahan alami

berapa lama rambut rontok setelah melahirkan

11. Ragi

Didalam ragi terdapat kandungan riboflavin, biotin dan juga folat yang mana bisa membantu rambut jadi tampak berkolau serta membuatnya menjadi lebih kuat. Penerapannya sangatlah sederhana yakni cukup gunakan sebagai masker rambut dengan mengoleskan secara merata pada kulit kepala setiap kali kamu hendak mandi.

12. Asam lemak esensial

Mengkonsumsi ikan yang mengandung minyak omega 3 sangat disarankan untuk kamu sehabis melahirkan. Selain dari ikan kamu juga bisa mendapatkan nutrisi tambahan dari suplemen omega 9, 6, dan 3. Selain baik untuk kolesterol nutrisi ini juga akan menyehatkan rambut serta membuatnya jadi lebih berkilau.

13. He shou wu

He shou wu merupakan salah satu tanaman asal Tiongkok Selatan yang bisa kamu manfaatkan. Tanaman ini bernama latin (fallopia multiflora), yang mana salah satu khasiatnya adalah untuk menyehatkan serta menghitamkan rambut yang sudah memutih, serta mencegah kerontokan. Hal ini dikarenakan kandungan zat anti inflamasi, seng dan lain baik lainnya. Kamu bisa mendapatkan tanaman ioni di toko obat Cina yang ada dikotamu.

Baca Juga : 14 Manfaat Buah Belimbing Bagi Ibu Hamil Serta Bahayanya !!

14. Bahan alami lainnya

Masalah kerontokan setelah melahirkan juga bisa kami minimalisir dengan memanfaatkan bahan alami berikut ini, diantaranya :

  • Lidah buaya – Kamu bisa menggunakan bahan ini sebagai masker saat tidur atau disaat sebelum keramas.
  • Jeruk nipis – Jeruk nipis akan membantu dalam mengurangi produksi minyak sehingga membuat rambutmu tampak lebih segar, dengan cara mengoleskan ke kulit kepala.
  • Buah alpukat – Nutrisi dalam alpukat juga baik untuk rambut, yakni membuat rambutmu tampak lebih berkilau, dengan cara membuatnya menjadi masker
  • Bawang putih dan jahe – Diyakini bisa menguatkan rambut, dengan mengolahnya menjadi masker dan menerapkan rambut dan kulit kepala.

Apakah kerontokan setelah melahirkan normal ?

cara alami mengatasi rambut rontok setelah melahirkan

Seperti yang sudah disinggung para awal-awal paragraf pembahasan ini bahwa kerontokan setelah melahirkan merupakan sebuah hal wajar yang tak perlu dikawatirkan oleh para ibu. Jika seandainya kamu masih mengalami hal seperti ini setelah si kecil berusia lebih dari 1 tahun, maka konsultasilah kedokter, guna meyakinkan bahwa tidak ada penyebab lainnya dari kerontokan yang kamu alami.

Itu tadi pembahasan mengenai cara mengatasi rambut rontok pasca melahirkan, penyebab rambut rontok setelah melahirkan dan menjawab pertanyaan tentang ” Apakah kerontokan setelah melahirkan normal ? “. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://hellosehat*com/kehamilan/melahirkan/mengatasi-rambut-rontok-setelah-melahirkan/
https://lifestyle.kompas*com/read/2016/01/05/145500323/6.Tips.Atasi.Rambut.Rontok.Setelah.Melahirkan
https://www.merdeka*com/sehat/cara-mudah-mengatasi-rambut-rontok-pasca-melahirkan.html
http://www.ayahbunda*co*id/kelahiran-gizi-kesehatan/normal2c-rambut-rontok-pasca-persalinan-
https://id.theasianparent*com/6-cara-alami-mengatasi-rambut-rontok-sesudah-melahirkan/
https://bidanku*com/rambut-rontok-pasca-melahirkan-berikut-penyebab-dan-tips-mengatasinya
https://hamil*co*id/pasca-hamil/perawatan-rambut-rontok-setelah-melahirkan
https://www.pagunpost*com/2017/01/cara-mengatasi-rambut-rontok-pasca-melahirkan-alami-mudah-cepat.html

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *