cara mengatasi sakit gusi saat hamil

12 Cara Mengatasi Sakit Gusi Saat Hamil & Bahayanya !

Posted on

12 Cara Mengatasi Sakit Gusi Saat Hamil – Masa kehamilan merupakan masa dimana seorang wanita harus melalui dengan rasa sabar. Hal ini dikarenakan selama kurang lebih 9 bulan seorang wanita harus membiasakan dirinya terhadap perubahaan-perubahaan yang terjadi. Mulai dari bentuk tubuh, hormonal hingga berat badan dan berbagai hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan lainnya. Dan salah satu yang sering dialami oleh banyak wanita hamil ialah sakit gisi saat hamil atau sakit gigi.

Tentunya banyak para ibu hamil yang merasa risih dengan gangguan gusi atau sakit gigi ini. Dimana walaupun terdengar sepele, akan tetapi para ibu hamil haruslah mewaspadai masalah ini karena ternyata bisa memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin.

Baca Juga : 13 Cara Mengobati Alergi Dingin Dan Debu Secara Alami & Penyebab Serta Gajalanya !

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai penyebab sakit gusi saat hamil, dampak sakit gusi saat hamil, gejala sakit gusi saat hamil serta cara mengatasi sakit gusi saat hamil. Semua itu akan kita bahas secara cukup mendalam pada kesempatan kali ini. Seperti apa pembahasannya ? Yuk Lihat !!

Penyebab sakit gusi saat hamil

sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi

Pembengkakan yang terjadi pada gusi atau gingivitis merupakan sesuatu yang biasa muncul pada ibu hamil. Dan biasanya masalah ini akan datang pada trimester kedua hingga sampai ke trisemester ketiga. Namun kondisi yang cukup mengganggu ini akan mulai menghilang disaat sudah melahirkan. Masalah gingivitis disaat kehamilan disebabkan oleh adanya perubahaan kondisi hormon selama masa kehamilan sehingga membuat peningkatan pada aliran darah yang terdapat pada area gusi.

Dimana hal tersebut membuat gusi lebih rentan untuk terinfeksi bakteri yang menempel pada area-area plak gigi. Sehingga memicu timbulnya sakit gusi, gusi bengkak atau radang gusi selama masa kehamilan. Selain itu ada juga faktor lain yang menjadi penyebab masalah ini seperti diabetes serta merokok. Selain itu sakit gusi atau sakit gigi saat hamil juga bisa disebabkan oleh beberapa hal berikut ini :

  • Perubahaan hormon
  • Muntah
  • Kekurangan kalsium

Dan jika ada pertanyaan ” Apakah sakit gigi saat hamil apakah bawaan bayi ? ” maka jawabannya tentu saja tidak.

Gejala sakit gusi saat hamil

Masalah sakit gigi atau sakit gusi saat hamil memang sudah begitu sering diderita banyak ibu hamil. Namun masalah ini tidak boleh kamu anggap sepele, Yuk Lihat beberapa gejala yang muncul saat menderita sakit gusi saat hami. Silahkan disimak.

  • Napas menjadi berbau tak sedap
  • Gigi menjadi lebih longgar dan menyebabkan mudah untuk tanggal.
  • Rasa sakit yang timbul disaat mengunyah
  • Gigi terasa lebih sensitif
  • Gusi menjadi membengkak dengan warna merah terang
  • Gusi lebih mudah berdarah terutama disaat menyikat gigi.

Jika seandainya masalah ini tidak segera dilakukan penanganan dan diobati maka bisa menyebabkan terjadinya peradangan gusi yang serius yang biasa disebut dengan periodontitis.

Baca Juga : Cara Mengobati Vertigo Dengan Jahe & Manfaat Jahe Untuk Vertigo

Cara mengobati sakit gusi saat hamil secara alami

sakit gigi saat hamil tua

1. Bawang putih

Didalam bawang putih terdapat kandungan yang memiliki sifat sebagai antiseptik yang mana bisa menjadi cara mengobati sakit gigi saat hamil tua atau muda. Penerapannya sendiri sangatlah sederhana, yakni kamu hanya perlu menghaluskan bawang putih lalu selanjutnya mengaplikasikan ke daerah dimana gusi bengkak atau gigi yang sakit.

2. Green tea

Seperti yang banyak diketahui bahwa teh hijau atau green tea memiliki kandungan antioksidan yang kaya. Sehingga bisa dimanfaatkan untuk meredakan pembengkakan pada gusi atau sakiat gigi. Selain itu kandungan polifenol didalamnya juga merupakan zat aktif yang bisa mengurangi plak pada gigi. Oleh sebab itu tak heran jika teh hijau adalah salah satu jawaban dari pertanyaan ” Sakit gigi saat hamil, apa obatnya ? “.

3. Vitamin C

Vitamin C memang baik untuk tubuh, dan salah satu manfaatnya ialah sebagai cara alami untuk sakit gigi saat hamil muda atau tua. Nutrisi ini akan membantu dalam mengatasi proses peradangan yang terjadi pada gusi. Kamu bisa mendapatkan nutrisi vitamin C ini secara alami dari buah-buahan atau juga bisa dengan bantuan suplemen dengan kandungan tersebut.

4. Cukupi gizi

Memenuhi kebutuhan gizi disaat hamil memang menjadi langkah ampuh dalam mencegah sakit gigi saat hamil 7 bulan atau lebih semakin parah. Selain itu memenuhi gizi juga membantu dalam menjaga daya tahan tubuh, sekaligus menyembuhkan sel yang mengalami peradangan. Oleh sebab itu, penuhi kebutuhan gizi kamu.

Baca Juga : 14 Cara Mengatasi Rambut Rontok Pasca Melahirkan, Serta Penyebab & Apakah Normal ?

5. Madu

Selain rasanya yang menis, madu juga kaya akan khasiat dan manfaat untuk tubuh. Jika ada yang bertanya, sakit gigi saat hamil tua apa obatnya ? maka salah satu jawabannya adalah madu. Didalam madu terdapat vitamin dan juga mineral yang membantu penyembuhan gusi. Selain itu madu juga memiliki sifat sebagai anti bakteti yang bisa mencegah infeksi dan peradangan pada gusi.

6. Perbanyak konsumsi air putih

Solusi sederhana untuk atasi sakit gigi saat hamil 9 bulan atau lebih muda adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Air putih akan membantu untuk mengatasi gusi bengkak dan sakit gigi, sekaligus memenuhi cairan tubuh kita dan membuat tubuh tidak mudah dehidrasi. Kumur-kumur dengan air putih juga bisa kamu lakukan guna untuk menyingkirkan bakteri dan kuman penyebab sakit gigi atau gusi nyeri.

7. Garam

Garam memiliki efek baik dalam mengatasi sakit gigi saat hamil 4 bulan atau lebih. Dimana dengan berkumur-kumur dengan air yang diberikan garam bisa membantu dalam mengatasi bakteri yang menyebaban gusi bengkak serta sakit gigi. Selain itu air garam juga membantu dalam membersihkan luka atau infeksi yang terjadi pada area gusi kamu.

8. Hindari iritasi

Salah satu faktor yang memperparah sakit gigi saat hamil 8 bulan atau sebelumnya ialah karena adanya suatu zat yang mengiritasi. Zat ini harus kamu hindari, dan biasanya sering terdapat pada makanan yang kamu konsumsi setiap harinya. Seperti soda, jus banyak gula, permen asam dll.

Baca Juga : 15 Manfaat Kol Ungu Untuk Kesehatan, Serta Harga & Cara Memasaknya

Cara meredakan gusi bengkak saat hamil

sakit gusi saat hamil

9. Kompres

Kompres yang dimaksud disini ialah kompres dengan menggunakan air dingin. Cara ini bisa dikatakan cukup ampuh dalam menghilangkan rasa sakit gusi bengkak pada ibu hamil. Disaat gusi bengkak terdapat reaksi radang akibat dari sel yang mengalami bengkak. Dan biasanya hal ini juga disertai dengan alirah darah tepi atau kepilir yang meningkat. Dan untuk meredakannnya maka kita perlu memanfaatkan kompres ini, dengan harapan agar nantinya pembuluh darah bisa mengecil dan pembengkakan bisa mereda.

10. Hindari stres

Disaat seseorang mengalami stres maka hormonal tertentu didalam tubuh seseorang tersebut tidak akan stabil. Apalagi seorang ibu hamil, tentunya ke tidak stabilan tersebut akan semakin terasa yang menyebabkan timbulnya permasalahan, salah satunya adalah radang gusi. Oleh sebab itu selain memanfaatkan obat-obatan baik itu tradisional ataupun apotik, kamu juga bisa membantu mengatasinya dengan meredakan stres yang kamu alami. Dan setelah aman, usahakanlah untuk menghindari hal-hal yang bisa memicu stres dan buatlah tubuhmu serileks mungkin. Oleh sebab itu menghindari stres adalah salah satu cara meredakan gusi bengkak saat hamil yang sederhana.

11. Obat kumur

Obat kumur betujuan untuk meredakan gusi bengkak saat hamil 6 bulan atau lebih. Karena obat kumur membantu untuk menyingkirkan kuman dan bakteri yang menginfeksi radang pada gusi serta gigi kamu. Sehingga nantinya masalah sakit pada gusi dan gigi akan berangsur-angsur mereda.

12. Hindari makanan asam

Makanan dengan kandungan asam tinggi menjadi salah satu hal yang membuat sakit gusi atau gigi kamu semakin meradang. Oleh sebab itu hindarilah makanan yang memiliki rasa asam yang berlebihan, guna untuk meminimalisir rasa sakit yang muncul. Selain itu makanan asam tinggi juga menyebabkan korosif pada lapisan gigi dan menyebabkan mudah rusak.

Baca Juga : 9 Cara Mencegah Stunting Pada Balita Serta Penyebab & Resikonya

Bahaya sakit gusi saat hamil bagi bayi

sakit gigi saat hamil tua apa obatnya

Walaupun sering kali dianggap sepele, ternyata sakit gigi atau gusi saat hamil bisa menimbulkan dampak buruk terhadap perkembangan kandungan atau janin. Yakni diantaranya prematur, berat badan lebih rendah hingga keguguran. Hal ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Obstetrics and Gynecology dalam artikel hellosehat.com.

Penelitian ini menemukan kasus pada wanita berusia 35 tahun yang melahirkan bayi tak bernyawa pada minggu ke 39 kehamilannya. Dan setelah ditelusuri, para ahli menemukan bahwa penyebabnya adalah gingivitas yang masuk kedalam aliran darah, peru, hingga paru-paru bayi.

Itu tadi beberapa pembahasan mengenai Penyebab sakit gusi saat hamil, gejala sakit gusi saat hamil, cara mengatasi sakit gusi saat hamil hingga bahaya sakit gusi saat hamil bagi bayi. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam menemukan informasi yang sedang kamu cari. Terima kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

SUMBER:
https://lifestyle.kompas*com/read/2017/10/30/093632320/10-hal-tak-terduga-yang-merusak-gigi
https://lifestyle.kompas*com/read/2012/12/19/10572834/mengatasi.radang.gusi.saat.hamil
https://www.alodokter*com/penyebab-gusi-bengkak-saat-hamil-dan-cara-mencegahnya
https://www.alodokter*com/sakit-gigi-saat-hamil-apa-sebabnya.html
https://hellosehat*com/hidup-sehat/gigi-mulut/ibu-rentan-sakit-gigi-saat-hamil/
https://www.haibunda*com/kehamilan/d-3598214/yang-perlu-dilakukan-ibu-hamil-saat-mengalami-radang-gusi
https://hamil*co*id/kehamilan/obat-obatan/obat-gusi-bengkak-untuk-ibu-hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *